in

Profil dan Fakta Jimin BTS serta Rencana Perilisan Albumnya!

Jimin BTS – Park Ji-min atau yang akrab dipanggil Jimin adalah pria yang lahir di Distrik Geumjeong, Busan, Korea Selatan, pada 13 Oktober 1995. Jimin dikenal sebagai penyanyi asal Korea Selatan dan anggota dari grup musik BTS. Di grup vokal BTS, Jimin menempati posisi sebagai vokalis dan penari. Jimin adalah anak pertama dari dua bersaudara.

Ketika SMP, Jimin adalah siswa yang pandai dan selalu menjadi ketua kelas. Lalu, ketika SMA, Jimin melanjutkan sekolah di Busan Arts High School. Jimin mengambil jurusan balet kontemporer dan tari modern. Jimin di sekolah cukup berprestasi, dibuktikan dengan keberhasilannya menjadi siswa terbaik, karena nilai akademik yang baik dan bakat menarinya.

Guru Jimin yang melihat potensinya pun menyarankan ia untuk ikut audisi menjadi idol K-pop. Jimin pun menurutinya, dan akhirnya ia berhasil diterima di Big Hit Entertainment. Setelah diterima, Jimin pun pindah dari Busan ke Seoul untuk menghadiri proses training. Maka itu, Jimin juga harus pindah sekolah ke Korean Arts High School.

Di sekolah itu, Jimin bertemu dengan Kim Taehyung atau yang dikenal dengan panggilan V. Mereka berdua kemudian menjadi teman satu grup di BTS. Jimin pun menjalani masa training di Big Hit Entertainment selama kurang dari 1 tahun sebelum akhirnya debut dengan BTS pada 13 Juni 2013. Jimin diketahui berkuliah di Global Cyber University di kota Cheonan, Korea Selatan, yang merupakan universitas publik yang proses belajar mengajarnya berbasis online. Jimin menjadi anggota terakhir yang masuk BTS.

Fakta Jimin BTS

Supaya Grameds lebih mengenal pria berzodiak Libra ini, di bawah ini akan dibahas sejumlah fakta menarik tentang sosok idola para wanita ini. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Jimin adalah seorang pekerja keras

Jimin diketahui sebagai sosok pekerja keras. Hal ini diakui oleh anggota BTS lainnya, yang mengatakan bahwa Jimin adalah salah satu anggota yang senantiasa bekerja paling keras. Keenam member BTS lainnya mengatakan bahwa Jimin dapat latihan terus-menerus setiap hari saat ia mempunyai waktu luang. Ia bahkan rela menggunakan waktu istirahatnya untuk berlatih, supaya ia bisa mempelajari lagu dan tarian dengan baik.

2. Memang memiliki cita-cita sebagai penyanyi dan juga polisi

Jimin memang memiliki cita-cita sebagai penyanyi, karena ia menyadari talentanya di bidang tarik suara. Namun, sebelum akhirnya ia masuk ke dalam dunia idol, Jimin juga memiliki cita-cita lain untuk menjadi seorang polisi. Dalam sebuah interview, Jimin menyatakan bahwa jika ia tak memiliki minat dan bakat dalam bidang musik, kemungkinan besar ia akan menjadi seorang polisi.

3. Jimin mempunyai banyak sahabat

Jimin tentunya bersahabat dengan keenam orang yang tergabung dalam satu grup vokal bersamanya. Selain para member BTS, Jimin juga mempunyai banyak sahabat lain yang juga  sesama selebriti.

Hal ini diketahui, karena Jimin tergabung dalam Padding Squad yang merupakan sebuah grup pertemanan. Grup pertemanan itu berisi sejumlah idol populer, seperti Kai EXO, Taemin SHINee, Sungwon Wanna One, Ravi VIXX, dan Timoteo HOTSHOT.

4. Dijuluki sebagai “Baby Mochi”

Seperti kebanyakan idol lainnya yang memiliki julukan dari para fansnya, Jimin juga mempunyai nama julukan kesayangan dari para Army. Jimin dijuluki sebagai “Baby Mochi” yang berarti “bayi mochi”. Julukan untuk Jimin ini semakin populer ketika James Corden memanggil Jimin dengan julukan Baby Mochi di acaranya. Menggemaskan sekali, ya!

5. Sempat alami depresi

Menjadi seorang idol yang memiliki banyak penggemar dan dikenal banyak sekali orang ternyata tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Para idol juga sempat merasakan masa sulit, tak terkecuali Jimin. Jimin mengalami masa sulit pada awal perjalanan debutnya bersama BTS. Diketahui bahwa hal ini disebabkan, karena Jimin merasa tubuhnya lebih besar dibandingkan para anggota BTS yang lain.

Dengan penampilan fisiknya yang seperti itu, Jimin hingga menyebut dirinya sebagai member BTS yang paling gemuk. Selama Jimin belum menerima keadaan tubuhnya yang dinilai terlalu besar, ia sempat mengalami depresi. Maka dari itu, Jimin juga sempat mencoba diet ekstrim yang kerap kali membuat dirinya merasa kelaparan.

Itu dia Grameds 5 fakta menarik dari sosok Jimin BTS. Ternyata, Jimin yang dikenal energik dan ceria juga pernah merasa insecure ya. Namun, dari sosok Jimin, kita juga dapat belajar untuk terus berusaha mengasah talenta dan potensi yang ada pada diri kita. Setelah mengenal profil Jimin, selanjutnya akan dibahas perjalanan karier sang idol tampan ini.

We Are Different but Together: BTS x TXT

Perjalanan Karier Jimin

jimin bts
sumber: allkpop.com

Jimin memulai debutnya sebagai member boy group BTS pada 13 Juni 2013 dengan merilis single berjudul “No More Dream”. Di grup vokal tersebut, Jimin menempati posisi sebagai vokalis dan penari. Pada tahun 2014, Jimin sempat berkolaborasi dengan sesama Jungkook yang merupakan sesama member BTS untuk merilis lagu “Christmas Day”. Lagu ini adalah lagu “Mistletoe” karya Justin Bieber yang liriknya diterjemahkan ke Bahasa Korea oleh Jimin.

Selain itu, di bawah grup BTS, Jimin juga sudah merilis dua lagu solo, yakni “Lie” yang merupakan bagian dari album Wings dan dirilis pada 2016, serta “Serendipity” yang masuk ke dalam album Love Yourself: Her dan dirilis pada tahun 2017. Kedua lagu solo Jimin itu berhasil sukses dengan mendapatkan lebih dari 70 juta stream di Spotify. Pencapaian ini menjadi rekor pertama dalam lima tahun terakhir untuk lagu solo K-Pop yang paling banyak didengarkan, setelah lagu “Gentleman” milik Psy.

Kedua lagu itu juga menjadi satu-satunya lagu solo yang dibawakan member BTS, yang masuk ke daftar Official Chart’s 20 di Inggris. Lagu Serendipity juga menjadi lagu solo pertama yang dibawakan member BTS, yang mendapatkan lebih dari 100 juta views di Youtube.

Pada tahun 2016, Jimin juga mulai berpartisipasi dalam sejumlah acara variety show seperti Please Take Care of My Refrigerator, Hello Counselor, dan God’s Workplace. Pada tahun yang sama, Jimin juga mulai menjadi MC khusus di sejumlah acara besar seperti M Countdown dan Show! Music Core. Pada Desember 2016, Jimin juga berpartisipasi dengan duet bersama Taemin dari Shinee dalam KBS Song Festival.

Kemudian, pada tahun 2017, Jimin kembali berkolaborasi dengan Jungkook dan merilis cover lagu “We Don’t Talk Anymore” milik Charlie Puth dan Selena Gomez. Pada 31 Desember 2018, Jimin juga sempat merilis lagu solo ciptaannya yang berjudul “Promise” di SoundCloud. Lagu itu ditulis oleh Jimin dan Slow Rabbit, salah satu produser Big Hit Entertainment.

Lagu Promise berhasil memecahkan rekor streaming paling banyak selama 24 jam pertama di SoundCloud, yakni sebanyak 8,5 juta kali. Rekor ini mengalahkan lagu Duppy Freestyle dari Drake yang telah menembus 100 juta kali streaming dalam kurun waktu 42 hari yang terhitung sejak tanggal rilis. Pada tahun 2019, Jimin bersama Jungkook dan Jin berkolaborasi dengan Charli XCX, penyanyi asal Inggris, untuk menyanyikan lagu yang berjudul “Dream Glow”. Lagu ini dijadikan sebagai soundtrack album Game BTS World.

Diskografi

Adapun, karya-karya Jimin secara individu dan bersama BTS terangkum sebagai berikut.

Solo:

  • Sofa (Cover dari Crush) – 2014
  • Working (Cover dari Zion.T) – 2014
  • Paper Hearts (Cover dari Tori Kelly) – 2015
  • Lost Stars (Cover dari Adam Levine) – 2015
  • Nothing Like Us (Cover dari Justin Bieber) – 2016
  • Begin – 2016
  • Purpose (Cover dari Justin Bieber) – 2016
  • 2u (Cover dari Justin Bieber) – 2017
  • ?? (Cover dari Roy Kim) – 2018

Grup:

  • Like A Star – Rap Monster (2014)
  • Fools (Cover dari Troye Sivan) – Rap Monster (bersama Jeon Jung-kook) (2014)
  • I Know – Rap Monster (bersama Jeon Jung-kook) (2016)
  • We Don’t Talk Anymore Pt. 2 (Cover dari Charlie Puth & Selena Gomez) – “BTS Festa” (bersama Jeon Jung-kook)

Nah, itu dia Grameds rangkuman perjalanan karier Jimin BTS. Selain memiliki peran dalam bidang entertainment dengan terus berkarya, Jimin bersama BTS juga dinilai memberikan pengaruh dan dampak kepada bidang sosial juga negara asal mereka, Korea Selatan. Di bawah ini akan dijelaskan pengaruh dan dampak yang diberikan Jimin BTS.

BTS Uncover: Fakta-Fakta BTS yang Nggak Semua Orang Tahu

Pengaruh dan Dampak yang Diberikan Jimin BTS

jimin bts
sumber: allkpop.com

Penghargaan

Pada tahun 2016, Jimin berhasil menempati peringkat ke-14 dalam survei tahunan yang dilakukan oleh Gallup Korea, sebagai sebagai idola paling populer. Pada tahun berikutnya, peringkat Jimin berhasil naik menjadi ke-7. Kemudian, pada tahun 2018 dan 2019, Jimin berhasil menempati peringkat pertama secara berturut-turut.

Dari Januari sampai  Mei 2018, Jimin berhasil memenangkan Peeper x Billboard Award bulanan untuk kategori “Top K-Pop Artist – Individual”. Peeper x Billboard sendiri merupakan kolaborasi antara aplikasi media sosial Peeper bersama Billboard Korea, di mana mereka mengumpulkan suara penggemar untuk para artis K-Pop favorit, dan akan mengumumkan pemenang setiap bulannya. Hadiah itu kemudian disumbangan kepada badan amal UNICEF atas nama Jimin.

Pada tahun 2018, Jimin juga menjadi selebriti ke-9 yang paling banyak dibahas di media sosial Twitter, dan menjadi musisi ke-8 yang paling banyak dibahas di Twitter, di dunia. Selain itu, Jimin juga dinobatkan oleh The Guardian sebagai anggota boy group ke-17 terbaik dalam sejarah. Dari Januari sampai Desember 2019, Jimin mendapatkan peringkat pertama brand reputation dari The Korea Brand Reputation Research Institute.

Bersama dengan grup vokal BTS, Jimin berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi, juga tampil di beberapa acara penghargaan besar di Korea, seperti Mnet Asian Music Awards (MAMA), Asian Artist Awards (AAA), Golden Disc Awards (GDA), Melon Music Awards (MMA), Soribada Awards, dan Seoul Music Awards (SMA). Tak hanya di Korea saja, BTS juga sudah tampil di ajang penghargaan Amerika Serikat, yakni Billboard Music Awards (BBMAs) dan American Music Awards (AMAs).

Di Billboard Music Awards (BBMAs), BTS menjadi grup idol K-Pop pertama yang berhasil mendapatkan Billboard Music Awards untuk kategori Top Social Artist selama 3 tahun berturut-turut, yakni tahun 2017, 2018, dan 2019. BTS juga menjadi grup idol K-Pop pertama yang berhasil menempati peringkat 1 di chart Billboard 200 selama dua kali, yakni untuk Album Love Yourself: Tear pada bulan Mei 2018, dan album Love Yourself: Answer pada bulan Agustus 2018.

Kedua pencapaian itu berhasil didapatkan dalam waktu selang 3 bulan saja. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengapresiasi pencapaian BTS yang merepresentasikan negaranya. Ia pun mengucapkan selamat kepada BTS melalui Twitter resmi Blue House, yang merupakan sebutan untuk istana Presiden Korea Selatan.

Berpartisipasi dalam UNICEF dan PBB

BTS juga ditunjuk oleh UNICEF sebagai Goodwill Ambassador dengan melakukan kampanye Love Myself dan #EndViolence. Mereka dipilih UNICEF tak lama usai merilis Album Love Yourself: Her pada September 2017. BTS diketahui mendonasikan sebanyak 500 juta Won dari uang pribadi mereka, dan 3% dari penjualan seri Album Love Yourself untuk kampanye UNICEF itu.

Selain itu, BTS juga sempat diundang oleh UNICEF untuk berpidato di Sidang Umum PBB ke-73 yang dilaksanakan pada 24 September 2018. Pidato itu disampaikan dalam rangka kampanye Generation Unlimited 2030. BTS yang diwakili oleh RM menyerukan “Speak Yourself” dalam pidato tersebut.

Pidato yang disampaikan RM itu mendapatkan reaksi yang positif dan dipuji oleh banyak pihak. Dalam Sidang Umum PBB ke-73 itu, BTS didampingi oleh Kim Jung Sook selaku Ibu Negara Korea Selatan, dan Henrietta H. Fore selaku Direktur Eksekutif UNICEF.

BTS Off The Record

Order of Cultural Merit

Pada tanggal 24 Oktober 2018, ketujuh anggota BTS mendapatkan penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit dari Moon Jae-in, Presiden Korea Selatan. Satu per satu anggota BTS dipanggil sesuai nama lahir dan nama panggungnya untuk diberikan piagam, medali, piala, dan juga buket bunga, kemudian menyampaikan pidato terima kasih satu per satu.

Penghargaan ini diberikan, karena BTS sudah berjasa dalam menyebarkan budaya Korea ke seluruh dunia. BTS menjadi artis termuda yang pernah mendapatkan penghargaan tersebut.

Masyarakat Konservasi Tari Kipas Kim Baek Bong

Jimin mendapatkan penghargaan dari Masyarakat Konservasi Budaya Kim Baek Bong pada 27 Februari 2019 untuk tarian kipas tradisional Korea di acara Melon Music Awards 2018.

Masyarakat Konservasi Tari Kipas Kim Baek Bong sendiri memberikan penghargaan itu, karena dengan menampilkan tarian kipas Korea yang indah, Jimin dinilai sudah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan nilai estetika dan juga status tarian kipas Korea secara global. Jimin kemudian menggunggah foto piala yang didapatkannya itu di Twitter.

Bersama dengan foto itu, Jimin menyampaikan kebahagiaannya yang menerima banyak penghargaan besar. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya. Jimin juga menyampaikan bahwa ia akan membagikan pencapaian itu melalui musik dan penampilannya di panggung yang lebih baik lagi di masa depan.

Grameds, sekian artikel “Profil, Perjalanan Karier, serta Pengaruh dan Dampak yang Diberikan Jimin BTS”. Sekarang Grameds sudah lebih mengenal sosok idol yang tampan dan bertalenta ini, kan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, dengan menambah informasi baru.

Bagi kalian para Army atau penggemar BTS yang ingin mengenal lebih dalam para member BTS atau BTS secara grup, kalian dapat mendapatkan informasi dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com.

Dalam artikel ini, dicantumkan beberapa rekomendasi buku yang mungkin Anda suka. Selain buku-buku tersebut, Anda juga bisa mendapatkan berbagai buku lain tentang BTS, atau buku apapun di Gramedia.com, lho.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap menyediakan berbagai buku yang dapat menunjang minat dan kegiatan Anda. Yuk dapatkan bukunya sekarang! Selamat membaca!

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Park_Ji-min

https://www.orami.co.id/magazine/jimin-bts



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.