in

8 Ikan yang Mengandung Protein Tinggi

8 Ikan yang Mengandung Protein Tinggi – Salah satu gizi yang diperlukan oleh tubuh adalah protein. Nutrisi satu ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. Sebagai sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan membentuk enzim dan hormon. Lantas, di manakah kita bisa mendapatkan protein? Pada tulisan kali ini, kita akan mengulas ikan-ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kebutuhan Tubuh Akan Protein

Sebagaimana karbohidrat dan vitamin, protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar. Begitu Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein, sistem pencernaan Anda akan memecah protein menjadi asam amino yang diperlukan oleh banyak bagian tubuh manusia.

Demi tercapainya fungsi protein yang ideal, asupan protein yang diterima tubuh manusia harus memadai. Pada umumnya, protein yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 1,2-1,5 gram/KgBB/hari. Jika berat badan seseorang 50 kg, ia memerlukan sekitar 60-75 gram protein setiap harinya. Untuk memudahkan perhitungan, berikut ini kami rangkumkan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan usia:

Balita memerlukan sepuluh gram per harinya. Untuk anak usia sekolah, yakni usia 6-12 tahun, per harinya memerlukan 19-34 gram protein. Remaja pria memerlukan protein 52 gram setiap harinya, lebih banyak dibandingkan remaja perempuan yang hanya membutuhkan 46 gram protein per hari. Sementara pria dewasa membutuhkan 56 gram protein per hari, sepuluh gram lebih banyak dibanding perempuan dewasa yang hanya memerlukan 46 gram protein.

Ikan yang Mengandung Protein Tinggi

Anda tidak perlu bingung makanan apa saja yang mengandung protein tinggi. Karena dalam tulisan ini kita akan mengetahui jenis-jenis ikan yang mengandung protein tinggi.

1. Ikan Salmon

Ikan SalmonIkan salmon dikenal memiliki kandungan banyak nutrisi, tidak terkecuali protein. Selain mengandung protein yang tinggi, ikan salmon juga mengandung omega 3.

Ikan salmon yang dijual di pasaran ada dua jenis, yakni ikan salmon ternak dan ikan salmon liar. Pada dasarnya, warna daging ikan salmon berwarna putih keabu-abuan. Hanya saja, ikan salmon liar mengkonsumsi udang-udang kecil yang mengandung pigmen astaxanthin. Pigmen ini kemudian diserap oleh ikan salmon dan inilah yang menyebabkan daging ikan salmon liar menjadi pink kemerahan.

Sementara itu, warna daging ikan salmon ternak ada yang berwarna putih dan ada juga yang pink kemerahan. Yang berwarna putih tidak diberikan tambahan pigmen astaxanthin di dalam makanannya. Sementara ikan salmon ternak yang berdaging pink kemerahan, mendapatkan tambahan pigmen astaxanthin pada makanannya.

Namun demikian, warna pink kemerahan yang terdapat pada ikan salmon liar dan ternak sedikit berbeda. Dan konon, ikan salmon liar memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan ikan salmon ternak. Oleh karena itu, ikan salmon liar harganya lebih mahal dibandingkan ikan salmon ternak.

2. Ikan Tuna

Ikan TunaIkan tuna juga dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak nutrisi. Ikan tuna juga memiliki kandungan lemak yang relatif rendah. Tidak hanya itu, kandungan protein, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12 yang cukup tinggi menempatkan daging ikan tuna menjadi salah satu favorit mereka yang peduli pada nutrisi makanan. Bahkan ikan tuna juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Kami sarankan agar Anda mengkonsumsi ikan tuna yang segar dibanding ikan tuna kalengan. Hal ini karena ikan tuna yang dikemas di dalam kaleng memiliki kadar sodium yang tinggi.

3. Ikan Kod

Ikan kodIkan kod dikenal dengan minyaknya yang banyak memiliki khasiat. Minyak ikan kod memang dipercaya dapat memberikan banyak efek positif pada kesehatan. Selain minyak ikan kod, ikan ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan hebatnya tanpa disertai lemak. Tidak hanya itu, ikan penuh sisik ini juga rendah kalori dan karbohidrat.

Dikatakan dari sumber kesehatan, 85 gram ikan kod matang mengandung 19 gram protein. Selain protein, ikan kod juga memiliki kandungan omega 3 dan vitamin B12 yang melimpah.

4. Ikan Kembung

ikan kembungIkan lainnya yang mengandung protein tinggi adalah ikan kembung. Tidak hanya tinggi protein, ikan ini juga memiliki kandungan omega 3 yang melimpah. Selain itu, ikan kembung juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Ikan kembung juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengatasi peradangan, baik untuk perkembangan janin, antidepresan, hingga mengendalikan kadar gula darah. Cukup banyak bukan khasiat ikan kembung?

Ikan yang Mengandung Protein Tinggi

5. Ikan Bandeng

Ikan bandengIkan yang dikenal memiliki banyak duri ini juga dikenal mengandung protein yang tinggi. Dalam seratus gram daging ikan bandeng, ikan air payau ini mengandung 123 kal, 20 gram protein, 4,8 gram lemak. Ikan bandeng tidak disertai karbohidrat.

Ada banyak resep bertebaran untuk memasak ikan ini. Namun cara yang disarankan untuk mengolahnya adalah dengan pepesan, tumi, kukus, atau tim. Demikian agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

BACA JUGA: 15 Manfaat Ikan Gabus dan Kandungan Nutrisinya

6. Ikan Lele

Ikan leleIkan lele merupakan salah satu ikan yang dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam seratus gram daging ikan lele, didapati kandungan 105 kalori, 1,9 gram lemak, dan protein 18 gram. Artinya ikan lele memiliki kandungan protein sebanyak 18%.

Kandungan protein yang padat pada ikan lele dapat meningkatkan rasa kenyang namun tidak membuat berat badan naik. Selain diolah dengan penggorengan, ikan lele memiliki kandungan kalori yang rendah untuk dikonsumsi.

Sukses Budi Daya Ikan Lele Secara Intensif
Sukses Budi Daya Ikan Lele Secara Intensif

tombol beli buku

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

7. Ikan Tenggiri

ikan tenggiriIkan tenggiri juga tidak ketinggalan. Ikan laut yang juga disebut dengan ikan makarel Spanyol ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam serratus gram ikan tenggiri, didapati kandungan 109 kal, 21,5 gram protein, 2,6 gram lemak. Artinya, protein yang dikandung ikan tenggiri sebesar 21,5 %.

8. Ikan Sarden

ikan sardenIkan sarden merupakan jenis ikan laut yang berminyak dan umumnya berukuran kecil. Nama ikan sarden berasal dari sebuah pulau di perairan Mediterania, yakni Pulau Sardinia. Di sekitar pulau tersebut pernah didapati ikan sarden dalam jumlah yang sangat banyak.

Di berbagai negara, ikan sarden seringkali dijadikan makanan kaleng. Di Indonesia sendiri, makanan kaleng ini disebut ikan sarden kaleng. Makanan ikan sarden kaleng yang berkualitas baik adalah ikan sarden yang tidak memiliki kepada dan insang. Tidak sedikit produsen yang sudah membuang isi perutnya seblum dikalengkan.

Dalam seratus gram ikan sarden, ditemukan 24,62 gram protein, 11,45 gram lemak, dan lainnya. Artinya, ikan sarden mengandung 24,62 %. Ikan sarden sangat mudah diolah menjadi beberapa jenis makanan. Oleh karena itu, ikan sarden banyak diminati untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: 

Grameds, demikianlah jenis-jenis ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas Anda dengan buku-buku pilihan kami. Referensi mengenai makanan bernutrisi dan masakan bernutrisi juga tersedia di toko kami.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

100 Resep Lezat Sebar Ikan & Seafood
100 Resep Lezat Sebar Ikan & Seafood

tombol beli buku

35 Resep Olahan Ikan Favorit Anak
35 Resep Olahan Ikan Favorit Anak

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih