in

5 Manfaat Menjadi Orang yang Easy Going dan Cara Melakukan-Nya!

unsplash.com

Easy Going adalah – Setiap manusia memiliki watak dan juga sifatnya masing-masing, sehingga banyak orang-orang yang memiliki pribadi yang unik dan berbeda dari pribadi yang satu dengan pribadi lainnya. Banyak sifat manusia yang memang perlu kita miliki atau kita pelajari terutama sifat-sifat baik seseorang.

Dari sekian banyak sifat baik yang dimiliki seseorang, salah satunya adalah sifat easy going. Sifat yang satu ini merupakan salah satu sifat baik karena memiliki banyak sekali manfaatnya. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan easy going? Kamu bisa temukan jawabannya dalam artikel ini beserta dengan cara menjadi pribadi yang easy going.

Pengertian Easy Going

Easy Going adalah
pixabay.com

Secara sederhana, sifat easy going lebih sering kita kenal dengan sifat yang ramah atau supel. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki sifat ramah, supel dan mudah bergaul biasanya akan kita sebut dengan orang yang easy going.

Selain itu, mereka juga dikenal sebagai orang yang supel di dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, bersyukurlah bagi kamu yang terlahir dengan sifat easy going.

Manfaat Menjadi Orang yang Easy Going

Easy Going adalah
pixabay.com

1. Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Karena memiliki sifat yang santai serta supel, maka tak heran jika orang-orang yang easy going ini akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, bagi seseorang yang easy going di lingkungan baru, mereka memiliki motto hidup ‘Enjoy aja’, karena mereka percaya bahwa hidup itu untuk dijalani bukan hanya untuk dipikirkan.

Tidak hanya itu, ternyata sifat easy going ini juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

2. Tidak Suka Membesar-besarkan Masalah

Dikarenakan sudah menjadi sifat alami bagi orang yang easy going, maka ia jarang sekali memusingkan suatu permasalahan yang sedang terjadi, apalagi kalau hanya masalah sepele saja. Meski begitu, bukan berarti mereka menjadi orang yang apatis dan tak mau menyelesaikan masalah.

Namun, mereka lebih berfokus pada solusi serta menanggapi masalah dengan santai dan menggunakan kepala dingin. Jadi, tak heran jika mereka seringkali membuat kita terheran-heran dengan tenang dalam menghadapi suatu masalah.

3. Lebih Disenangi Banyak Orang

Bukan rahasia lagi, apabila mereka yang memiliki sifat ini seringkali lebih disukai oleh banyak orang. Bahkan, orang lain akan cenderung merasa nyaman ketika berinteraksi dengan mereka yang memiliki sifat easy going. Jadi, tak heran apabila, mereka akan lebih mudah untuk bergaul, sehingga memiliki banyak teman.

Tak berhenti disitu saja, mereka juga harus selalu melakukan sesuatu supaya menjadi lebih disenangi banyak orang. Banyaknya teman itu disebabkan karena pada dasarnya orang yang easy going tidak banyak neko-neko dan memang disukai karena kepribadian yang mereka miliki.

4. Cenderung Hidup Sederhana dan Apa Adanya

Bagi kamu yang memiliki sifat ini biasanya cenderung hidup apa adanya dan juga lebih sederhana. Selain itu, mereka juga bukannya tak memiliki ambisi sama sekali, tetapi lebih suka menyederhanakan segala sesuatu, sehingga tak heran jika kamu sering bertemu mereka dengan penampilan yang sederhana dan tidak ribet.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bahkan, sekalipun mereka berasal dari kalangan yang memiliki harta kekayaan berlimpah, tetapi mereka tetap bersikap sederhana dan apa adanya. Tidak hanya itu, mereka juga tak suka membeda-bedakan orang berdasarkan kepada kriteria tertentu, sehingga kamu akan nyaman ketika didekatnya.

5. Lebih Bahagia dan Tak Mudah Stress

Dikarenakan tidak suka membesarkan masalah, maka mereka yang memiliki sifat easy going tidak akan mudah stres, sehingga mereka akan terlihat memancarkan aura positif. Dengan kata lain, hidup yang mereka jalani menjadi lebih bahagia.

Oleh karena itu, alangkah baiknya secepat mungkin untuk bisa melatih diri agar memiliki sifat easy going.

Cara Menjadi Orang yang Easy Going

Easy Going adalah
pixabay.com

Pada dasarnya, setiap orang bisa melatihnya dirinya untuk memiliki sifat easy going. Berikut ini cara untuk menjadi pribadi yang easy going.

1. Kenali dan Tata Ego Pribadi

Kamu tak akan dapat menjadi pribadi yang menarik jika belum mengenal secara utuh dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Bukan hanya itu saja, tetapi kamu juga harus mengenali ego pribadi. Hal ini dapat kamu lakukan dengan membuat pertanyaan untuk diri sendiri. Apakah selama ini ego, emosi, serta hasrat pribadimu selalu didahulukan ketika sedang bersosialisasi?

Ketika telah mulai mengenali karakter yang kamu miliki, maka langkah selanjutnya adalah menatanya. Alangkah baiknya, kamu mengatur kapan ego serta emosi boleh dimunculkan, dan juga kapan harus ditahan. Jika telah mampu menata diri sendiri, maka kamu sudah punya pondasi kuat untuk menjadi sosok yang disukai oleh banyak orang.

2. Ramah Senyum

Di balik senyum yang ikhlas pasti akan muncul rasa bahagia yang dirasakan oleh orang lain. Senyum yang ramah saat kamu menyapa orang lain bisa menjadi cara termudah untuk dapat menjadi pribadi yang baik. Jadi, cobalah bayangkan jika setiap hari kamu bertemu dengan seseorang yang wajahnya selalu cemberut saat disapa.

Seseorang kemudian akan lebih senang bertemu dengan orang yang senang menebar senyuman. Namun, dalam hal ini tentu saja bukan senyuman tebar pesona atau sebagai sebuah pencitraan, tetapi melainkan senyum ramah yang tulus yang menunjukkan karakter hangat yang dimiliki oleh orang tersebut.

3. Rendah Hati

Orang sombong sendiri cenderung akan dijauhi oleh lingkungannya. Oleh karena itu, jangan pernah terpikir untuk kemudian merasa lebih baik dari orang lain. Alangkah baiknya, kamu berpikir untuk menjadi pribadi yang rendah hati serta tak pernah mau mengakui kelebihan, sehingga akan selalu mudah untuk disenangi oleh orang lain.

Jadi, kamu bisa pahami filosofi padi. Semakin dia memiliki kelebihan atau berisi seperti padi, maka semakin rendah hatilah orang ini. Orang-orang seperti ini juga akan selalu dikelilingi oleh teman-teman yang siap membantu kapanpun mereka dibutuhkan.

4. Jadilah Pribadi yang Selalu Berempati

Dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, itulah pengertian singkat empati. Selalu mengetahui kondisi hati serta perasaan orang lain pada peristiwa yang mereka alami. Kemudian menjadi salah satu cara yang dapat membuatmu disenangi oleh banyak orang.

Akan tetapi, untuk bisa mempunyai empati yang besar tidaklah mudah. Hal ini karena kamu sebelumnya harus dapat menghilangkan ego di dalam diri. Ketika orang lain menilaimu memiliki punya empati terhadap dirinya, rasa hormat kemudian akan segera muncul. Mereka akan menjadikanmu sebagai sosok yang patut dijadikan teman atau bahkan menjadi sahabat terdekat.

5. Jadilah Pribadi yang Senang Membantu

Jadilah orang yang ringan tangan. Ketika ada teman yang sepertinya membutuhkan pertolongan, segera ulurkan tanganmu untuk membantunya selagi kamu mampu. Jangan menyimpan rasa pamrih atas pertolongan yang telah kamu berikan.

Dengan senang menolong, maka bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang easy going. Apalagi kamu sering berinisiatif memberikan pertolongan sebelum diminta, maka inisiatif ini akan membuat kepribadian orang lain terlihat menarik. Lakukan semua bantuan atau pertolongan dengan ikhlas.

6. Jadi Pendengar yang Baik

Teman ataupun sahabat merupakan tempat untuk menumpahkan isi hati. Karenanya untuk menjadi pribadi yang menarik jadilah juga pendengar yang baik bagi sahabat ataupun temanmu. Tampunglah setiap keluh kesah yang ia miliki. Berikan masukan jika memang diminta.

Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik bukan penasihat. Ingat, simpan semua cerita sahabat dengan baik-baik. Jadikan cerita ini hanya sebagai rahasia di antara kalian berdua saja.

7. Selalu Bersikap Sopan

Pribadi yang sopan kemudian akan lebih menarik bagi hati orang lain dibandingkan dengan mereka yang tak tahu aturan. Dalam hal ini, bersikap sopan bukan hanya dari tindakan, tetapi juga dari tutur kata.

Selain itu, orang yang sopan juga akan jauh dari berbagai gosip. Karena praktis tak ada banyak kesalahan yang dapat dijadikan bahan celaan. Jadilah orang yang kemudian dapat menjaga kesopanan, sehingga orang lain akan merasa segan.

8. Jadilah Sosok yang Humoris atau Membawa Kebahagiaan bagi Banyak Orang

Teman yang dapat membuatmu tertawa dan bahagia adalah sosok yang selalu dicari oleh setiap orang. Hal ini karena teman seperti ini merupakan teman yang akan selalu dibutuhkan untuk mengubah suasana muram menjadi suasana yang riang gembira. Karakter humoris yang dimiliki oleh seseorang juga akan membuat suasana di sekitarnya menjadi penuh dengan keceriaan.

Apalagi tipe orang seperti ini umumnya tidak cepat baper atau membawa perasaan walaupun sedang diledek serta dicela sekalipun, karena mereka akan menanggapinya dengan humor. Dengan begitu,i kamu akan lebih mudah mendapatkan teman serta selalu menyenangkan bagi orang lain.

9. Jadilah Pribadi yang Dapat Dipercaya

Jadilah orang yang selalu dapat dipercaya. Apa pun amanah yang kamu emban, laksanakan dengan baik. Karena menjadi orang yang dapat dipercaya adalah kunci untuk menjadi sosok yang disukai oleh banyak orang.

Namun ingat juga kalau kepercayaan orang lain tak akan muncul secara tiba-tiba. Pastinya ada banyak sekali kerja keras serta konsistensi yang kuat untukmu agar terus dipercaya. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengalami pepatah “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”. Sekali kamu merusakkan kepercayaan yang telah diberikan oleh orang lain, selamanya kamu akan sulit untuk dipercaya lagi.

10. Belajarlah untuk Selalu Menghargai Orang Lain

Jika kamu ingin dihargai, maka hargailah juga orang lain lebih dulu. Jangan minta dihargai namun kamu sendiri tidak dapat menghargai orang lain. Begitu juga jika kamu ingin menebar keburukan, maka yang dipanen pun keburukan pula. Menjadi pribadi yang dapat menghargai orang lain merupakan sosok yang akan banyak dicari untuk kemudian dijadikan teman. Sangat menyenangkan memiliki teman yang selalu dapat menghargai orang lain. Dan sangat tak menyenangkan ketika bertemu dengan orang yang hobinya selalu nyinyir dan mencibir semua atau apapun yang dilakukan oleh orang lain.

Pada bagian akhir ini apabila kamu termasuk orang yang easy going, maka pertahankanlah. Sedangkan kamu yang yang belum menjadi pribadi yang easy going, maka cobalah untuk melatih diri. Hal ini karena sifat easy going bisa dilatih, sehingga menjadi terbiasa.

Buku-Buku Terkait

1. Gimana Biar Punya Banyak Teman, Best Besties, dan Diterima Sirkel

Easy Going adalah

Kamu merasa kesepian? Sendirian? Tidak punya teman? Sejatinya kamu tidak pernah sendirian. Ada milyaran manusia di dunia. Bahkan, dengan adanya sosmed, kita bisa menjadikan orang yang tidak kita kenal sebelumnya menjadi “teman maya”. Buku ini berisi langkah apa saja yang harus dilalui agar kita dapat memiliki banyak teman atau relasi. Bukan sekadar “teman maya”, tapi teman sungguhan! Sebenarnya bukan soal “kenapa” kita sendirian, tidak punya teman, atau bahkan dijauhi. lni soal “karena” kita membatasi diri sendiri, mengisolasi diri sendiri dalam hidup bersosial dengan berbagai alasan: malu, takut, gengsi, dan lainnya. Do not Iet them out, Let them in. Buku ini hadir untuk memberikan solusi agar kita dapat memahami makna sebuah hubungan.

2. Generation Gap(less): Seni Menjalin Relasi Antargenerasi

Easy Going adalah

Kesenjangan generasi alias generation gap menjadi topik menarik yang booming di dunia kerja lima tahun belakangan ini. Hal ini dipicu oleh banyaknya generasi yang berbeda dalam satu perusahaan di masa kini. Kami melihat bahwa kebutuhan untuk memahami gaya komunikasi berbagai generasi ini menjadi hal mendesak untuk disosialisasikan oleh perusahaan. Generation Gap(less) hadir guna membantu Anda untuk:

  • Mengenali latar belakang masing-masing generasi
  • Memahami generasi milenial yang menempati porsi terbesar dalam dunia kerja saat ini
  • Mengatur strategi komunikasi yang efektif antargenerasi
  • Menyusun gaya komunikasi yang tepat bagi masing-masing generasi; dan Memahami potensi gen Z sebagai pelaku kerja potensial masa depan.

3. Berani Tidak Disukai

Membaca buku ini bisa mengubah hidup anda. jutaan orang sudah menarik manfaat darinya. sekarang giliran anda. Berani Tidak Disukai, yang sudah terjual lebih dari 3,5 juta eksemplar, mengungkap rahasia mengeluarkan kekuatan terpendam yang memungkinkan Anda meraih kebahagiaan yang hakiki dan menjadi sosok yang Anda idam-idamkan. Apakah kebahagiaan adalah sesuatu yang Anda pilih? Berani Tidak Disukai menyajikan jawabannya secara sederhana dan langsung. Berdasarkan teori Alfred Adler, satu dari tiga psikolog terkemuka abad kesembilan belas selain Freud dan Jung, buku ini mengikuti percakapan yang menggugah antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Dalam lima percakapan yang terjalin, sang filsuf membantu muridnya memahami bagaimana masing-masing dari kita mampu menentukan arah hidup kita, bebas dari belenggu trauma masa lalu dan beban ekspektasi orang lain. Buku yang kaya kebijaksanaan ini akan memandu Anda memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran. Cara pikir yang membebaskan ini memungkinkan Anda membangun keberanian untuk mengubah dan mengabaikan batasan yang mungkin Anda berlakukan bagi diri Anda.

4. Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Kehidupan adalah rantai masalah sambung menyambung hingga dunia berakhir. Tidak ada manusia tanpa masalah selama ia bernapas. Kehadiran masalah justru menghubungkan manusia satu dengan yang lain, mempertemukan kebutuhan dengan si pencari, mengeratkan yang lepas kepada yang memiliki. Masalah hadir sebagai ujian yang bisa jadi membawa perubahan nasib, entah baik atau buruk. Semua tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut.

Jika ingin mencari buku tentang mudahnya berkomunikasi dengan orang lain, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 10 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah, Kampus, Chat 
  2. Arti Circle Pertemanan, Manfaat, dan Ciri Circle Pertemanan 
  3. 28 Quotes Persahabatan Penuh Makna Paling Menyentuh 
  4. Support System: Bukan Sekadar Teman atau Sahabat Biasa 
  5. 41 Lagu Persahabatan Terbaik Bahasa Indo, Inggris, dan Korea 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Sevilla

Saya hampir selalu menulis, setiap hari. Saya mulai merasa bahwa “saya” adalah menulis. Ketertarikan saya dalam dunia kata beriringan dengan tentang kesehatan, khususnya kesehatan mental. Membaca dan menulis berbagai hal tentang kesehatan mental telah membantu saya menjadi pribadi yang lebih perhatian dan saya akan terus melakukannya.

Kontak media sosial Linkedin saya Sevilla