in

4 Doa Sakit Perut dan Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut

Shutterstock

Doa Sakit Perut – Membaca doa sakit perut adalah salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan selain mengonsumsi obat. Sebab, hal ini juga pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW dan doanya juga sudah dicontohkan oleh beliau.

doa sakit perut
https://jogja.tribunnews.com/

Perut merupakan salah satu organ paling penting dalam proses pencernaan manusia. Dari sekian banyak gangguan pencernaan, masakah sakit perut memang kerap terjadi. Bagaimana bacaan doa sakit perut yang disarankan? Simak selengkapnya, Grameds!

Doa Sakit Perut dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Islam memperhatikan seluruh umatnya dengan sangar baik, salah satunya ialah yang berkaitan dengan kesehatan. Ada sebuah hadis yang menjelaskan mengenai doa sakit perut dan tata cara melakukannya:

doa sakit perut

Artinya: “Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah ‘Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR Muslim)

Melalui hadis ini, ada langkah yang harus dilakukan ketika tengah mengalami sakit perut, yaitu:

  1. Menempelkan tangan di bagian perut
  2. Membaca basmalah sebanyak tiga kali
  3. Membaca doa tersebut sebanyak tujuh kali

Sebenarnya, ini tidak dikhususkan sebagai doa sakit perut saja, tetapi juga dapat digunakan ketika mengalami sakit pada bagian tubuh lainnya. Doa perlu dibacakan, karena bila tanpa izin Allah SWT setiap penyakit tak bisa sembuh dengan sendirinya.

Berikut ini adalah kumpulan doa sakit perut lainnya:

1. Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dalam hadis riwayat Muslim tersebut, bisa diketahui mengenai apa saja amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika perutnya sedang tak dalam kondisi yang baik.

Yang pertama ialah menempelkan tangan pada bagian perut yang sakit, lalu membaca bismallah tiga kali, dan membaca doa sakit perut singkat, ringkas, dan pendek ini sebanyak 7 kali.

doa sakit perut

(A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru)

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Doa Sakit Perut karena Haid

Ada perempuan yang sedang mengalami sakit perut ketika haid, walaupun ada juga yang tidak. Kondisi ini umumnya terasa pada bagian pinggul, atau bagian-bagian yang ada di sekitar kemaluan.

Bacalah doa sakit perut karena haid ini bagi yang sedang merasakan sakit, perih, mual, maupun pusing untuk memohon kesembuhan:

doa sakit perut

Artinya: “Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah: ‘Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR Muslim)

3. Doa Sakit Perut pada Bayi

Sakit perut pada bayi dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Kondisi perut yang sakit dapat mengakibatkan bayi menjadi banyak menangis, hingga menjadi rewel. Berikut ini adalah bacaan doa sakit perut bagi bayi yang dapat dipanjatkaan oleh ibunya:

doa sakit perut

(Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim)

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabatnya”.

4. Doa Sakit Perut dari Sahabat Ali

Dilansir dari NU Online, ternyata ada juga doa sakit perut yang dapat dicoba berdasarkan dari kisah sahabat nabi, Ali bin Abi Thalib. Suatu ketika, Ali didatangi oleh laki-laki yang mengadu perihal sakit perut yang diderita.

Ia meminta Ali untuk mengobatinya. Anehnya, laki-laki ini bahkan tidak berpikir bahwa Ali adalah dokter. Ia hanya tahu bahwa Ali merupakan orang yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata, sehingga dapat mengatasi masalahnya.

“Aku memohon petunjuk dari engkau untuk mengobati sakit perutku ini,” kata laki-laki tersebut.

Tanpa pikir panjang, Ali bin Abi Thalib dengan segera memberikan resepnya dengan mengatakan:

doa sakit perut

Artinya: “Ambilah dari mahar istrimu sebanyak dua dirham dan belilah madu. Campurlah madu itu dengan air hujan yang baru turun dari langit, lalu minumlah”.

Laki-laki tersebut penasaran mengenai dari mana Ali mengetahui resep itu. Sebelum sempat menanyakan, Ali telah menjawabnya dengan penjelasan berikutnya.

Ali kemudian mengatakan: “Sesungguhnya aku mendengar firman Allah SWT tentang air hujan:

Artinya: “Dan kami turunkan dari langit air yang memberkati.” (QS Qaaf: 9)

Aku mendengar Allah berfirman tentang madu:

“Di dalam madu ada obat bagi manusia.” (QS Al-Nahl: 69)

Dan aku mendengar Allah berfirman tentang mahar istri:

“Kemudian bila mereka menyerahkan kepadamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS An-Nisa: 4)

Ali memadukan tiga unsur keberkahan yang ada dan digunakan untuk mengobati sakit perut pasiennya tadi, yaitu air hujan, madu, dan mahar istri. Dengan keberkahan tersebut, Ali pun berhasil mengobati pasiennya.

Mahar istri seperti menurut para ulama memang memiliki kandungan berupa banyak keberkahan. Meski mahar merupakan hak istri, tetapi jika istri merelakannya untuk digunakan oleh suami, maka dalam pandangan fiqih hukumnya boleh untuk digunakan.

Sebagian ulama bahkan mengatakan bahwa mahar istri baik digunakan sebagai modal untuk usaha suami, tentu setelah melalui proses musyawarah dengan istri.

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut

https://www.siloamhospitals.com/

Sakit perut tidak boleh disepelekan karena dapat menjadi indikasi dari adanya kondisi medis tertentu. Cara untuk menghilangkan sakit perut di rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di rumah, mulai dari jahe hingga yogurt.

Bahan-bahan tersebut mempunyai kandungan yang diyakini ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada perut Grameds. Di samping itu, Grameds pun dapat mencoba sejumlah perubahan gaya hidup untuk meringankan rasa sakit pada bagian perut.

1. Mandi Air Hangat Dan Menggunakan Kantong Pemanas (Heating Pad)

Kehangatan bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi sakit perut. Maka dari itu, Grameds bisa mandi air hangat dengan tujuan untuk melemaskan otot perut yang menegang. Setelahnya, Grameds dapat menggunakan kantong pemanas untuk menghangatkan perut dalam waktu selama kurang lebih 20 menit.

Rasa hangat yang berasal dari kantong pemanas bisa membantu untuk meringankan rasa mual dan sakit di perut. Kantong pemanas bisa dibeli di pasaran, tetapi bila Grameds hendak menggunakan alternatif yang lebih ekonomis, gunakan botol yang diisi air hangat.

2. Mengonsumsi Teh Chamomile

Selain menghangatkan dan menenangkan tubuh, minum teh chamomile bisa dijadikan sebagai cara mengatasi sakit perut. Teh chamomile diyakini dapat membantu mengurangi gas dalam perut yang menjadi penyebab dari rasa sakit.

Selain itu, minuman ini dinilai dapat meredakan rasa sakit dari otot yang tegang karena memiliki kandungan senyawa antiradang.

3. Mengonsumsi Jahe

Khasiat jahe sebagai cara untuk mengatasi sakit perut sudah terbukti secara ilmiah. Grameds dapat mencampur jahe ke dalam teh ataupun minuman yang lainnya. Serupa dengan teh chamomile, jahe merupakan antiradang alami yang memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri.

4. Mengonsumsi Kayu Manis

Selain jahe, kayu manis juga merupakan pilihan yang baik untuk mengurangi sakit perut. Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang diklaim dapat mengurangi iritasi maupun kerusakan pada pencernaan, mengurangi gas yang di perut, serta menetralisir asam lambung.

Bila Grameds tertarik untuk mencobanya, masukkan 1 sendok teh (sdt) atau 1 batang kayu manis ke dalam makanan maupun minuman.

5. Mengonsumsi Daun Mint

Mint tak sekadar berfungsi untuk membuat napas menjadi lebih segar, tetapi juga dipercaya sebagai cara ampuh untuk mengatasi sakit perut. Bahan alami ini dianggap dapat mengurangi rasa sakit di perut, mencegah muntah, mencegah diare, dan meringankan ketegangan di perut.

Grameds bisa mengonsumsi mint secara langsung maupun dengan mencampurnya ke dalam makanan atau minuman.

6. Menerapkan Diet BRAT

Sakit perut bisa diatasi dengan berbagai jenis bahan alami. Diet BRAT merupakan diet rendah serat. Diet ini terdiri dari makanan yang tak terlalu padat sekaligus mempunyai daya serap tinggi.

Diet BRAT adalah singkatan dari pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast). Akan tetapi, secara garis besar, Grameds hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak berbumbu dan pedas, dan memiliki kandungan serat yang rendah maupun mudah dicerna usus.

Mengonsumsi berbagai jenis makanan tersebut dapat membantu meringankan iritasi dari asam lambung.

7. Menghindari Rokok dan Alkohol

Sakit perut yang tidak kunjung mereda dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol bisa memicu maag dan gangguan pencernaan lainnya, misalnya penyakit GERD atau asam lambung naik.

Meninggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol tak sekadar dapat meredakan rasa nyeri pada bagian perut, tetapi juga menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti kanker dan meningkatkan kualitas hidup

8. Menghindari Makanan yang Sulit Dicerna

Saat mengalami sakit perut, cobalah hindari makanan yang sulit dicerna, di antaranya ialah makanan berlemak, asam, produk gandum, jus buah atau buah-buahan seperti semangka, makanan berminyak, dan makanan pedas.

Menghindari berbagai jenis makanan yang sulit dicerna tersebut dinilai dapat membantu meredakan rasa nyeri yang tidak nyaman pada perut.

Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari jenis makanan tersebut dan pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna, seperti sayur dan buah-buahan.

9. Meminum Campuran Air Lemon, Soda Kue, dan Air Putih

Sebuah penelitan yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy & Life Sciences menjelaskan, campuran air lemon atau jeruk nipis, sejumput soda kue, dan air putih bisa menjadi cara ampuh mengatasi perut sakit melilit. Campuran ketiga bahan ini dapat meredakan maag dan nyeri ulu hati dengan cara mengurangi keasaman lambung.

Walaupun demikian, sebaiknya Grameds berkonsultasi terlebih dagulu sebelum mencoba obat alami sakit perut ini. Selain rasanyayang  kurang enak di lidah, minum soda kue dengan berlebihan bisa menyebabkan pernapasan menjadi lambat, otot berkedut, hingga kejang otot.

10. Mengonsumsi Buah Tin

Cara untuk menghilangkan sakit perut tanpa obat yang aman ialah dengan memakan buah ara atau buah tin. Pasalnya, buah yang memiliki rasa manis ini dipercaya memiliki kandungan senyawa laksatif yang dapat memperlancar buang air besar (BAB) dan meringankan sembelit.

Tak hanya itu, buah tin juga mengandung senyawa yang dipercaya mampu meredakan maag. Meski demikian, Grameds harus mengingat bahwa orang-orang yang sedang diare sebaiknya tak mengonsumsi buah ini karena memiliki sifat laksatif.

11. Meminum Air Cuka Apel

Cara untuk mengatasi sakit perut sebelah kiri atau kanan yang dapat Grameds coba di rumah adalah dengan meminum air cuka apel sebanyak satu sendok makan (sdm). Akan tetapi, bila Grameds tidak kuat dengan rasa asamnya, campurkan 1 sdm cuka apel dengan 1 sdt madu dan secangkir air, lalu minum dengan perlahan.

Kandungan asam yang ada di cuka apel bisa membantu mengurangi pencernaan pati sehingga memungkinkan pati untuk masuk ke dalam usus dan menjaga bakteri usus supaya tetap sehat.

12. Mengonsumsi Jinten, Kelapa Kering, dan Bawang Putih

Kombinasi antara biji jinten, kelapa kering, dan dua siung bawang putih diyakini ampuh sebagai cara untuk mengatasi sakit perut bagian bawah maupun bagian lainnya. Pasalnya, biji jinten dinilai dapat meredakan gas berlebih di dalam perut, refluks asam lambung, hingga rasa sakit.

Untuk mencobanya, Grameds dapat mencampurkan 1 sdt biji jinten, kelapa kering, dan dua siung bawang putih. Kemudian, konsumsi semuanya sekaligus. Meski begitu, belum ada penelitian yang dapat membuktikan keampuhan dari campuran jinten, kelapa kering, dan bawang putih sebagai cara mengobati sakit perut yang berkepanjangan.

13. Memijat Bagian Kaki

Melansir dari Parents, menurut Laura Norman, seorang praktisi refleksologi dan penulis buku Feet First: A Guide to Food Reflexology, ada banyak sekali saraf di kaki dan tangan dengan jumlah ribuan yang bisa dipijat menggunakan teknik tertentu untuk membuat tubuh merasa tenang dan rileks.

Salah satu gerakan untuk menghilangkan sakit perut yang dapat dipraktikkan pada anak ialah dengan memijat bagian lengkungan tengah dari kaki kiri.

Cara untuk mengatasi sakit perut ini bisa dilakukan dengan vara memegang kaki kiri menggunakan telapak tangan kanan Grameds.

Lalu, tempatkan tangan kiri Grameds di bawah telapak kaki, kemudian berikan tekanan yang merata dan stabil menggunakan ibu jari Grameds.

14. Mengonsumsi Yogurt

Selain bisa dijadikan sebagai makanan ringan yang lezat, ternyata yogurt diklaim ampuh untuk mengatasi diare dan kram perut.

Umumnya, bakteri baik hidup di dalam usus dan berfungsi untuk membantu pencernaan. Bila ada virus di dalam usus atau Grameds sedang menderita diare, bakteri baik bisa terbuang dan akan berpengaruh, yakni memperpanjang durasi gejala gangguan pencernaan.

Maka dari itu, yogurt dengan live cultures (yogurt yang memakai bakteri ramah usus dalam proses fermentasi) bisa membantu bakteri baik membuat pencernaan kembali normal.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika