in

Intip Daftar Tools Berikut untuk Menambah Ide Menulis

Sumber foto header : Pexels.com

Susah memulai saat ingin menulis karya? Atau tiba-tiba terjebak writer’s block dan butuh bantuan supaya ide dan kreatifitas kembali datang? Saatnya kamu menengok lima tools berikut ini.

Kelima tools ini bisa diakses melalui gadget-mu, yang pastinya memudahkanmu menulis kapan saja dan di mana saja. Apa saja kelima tools tersebut? Cek daftar lengkapnya berikut ini.

1. 750 Words

Kalau sedang kehabisan ide, penulis biasanya membutuhkan tantangan lebih. Dengan tools yang satu ini, kamu akan ditantang merangkai cerita dalam 750 kata, yang tentunya akan membuat otak lebih terstimulasi untuk mendapatkan ide baru.

Tak cuma ditantang menulis, tools ini juga menyediakan fitur penggunaan lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menyelesaikan setiap 750 kata yang dikerjakannya.

2. Hemingway App

Merasa kalimatmu terlalu rumit dan ingin membuatnya ringkas? Namun rasanya ide lain untuk mengubah kalimat tersebut sudah habis.

Tools ini bisa membantumu membuat kalimatmu lebih ringkas. Dengan begitu akan membantumu menemukan ide-ide melanjutkan kalimat berikutnya.

tools
Sumber: unsplash.com

3. Coffitivity

Buntu ide karena suasana terlalu hening. Jangan takut, kamu tidak sendiri. Pasalnya beberapa orang memang butuh musik pengiring saat menulis untuk mendapatkan ide.

Tools yang satu ini bisa membantumu. Dengan menawarkan suara backsound, tools ini bisa membantumu menemukan ide penulisan.

Terdapat berbagai variasi background yang bisa membangun mood kamu yang juga dapat memancing kreatifitasmu dalam menemukan ide.

4. Thesaurus

Berkunjung ke situs satu ini dapat memperkaya kata-katamu. Bertukar ide dengan penulis lain dan juga bisa menanyakan sinonim kata yang masih jarang digunakan.

Kata-kata unik biasanya mampu memancing ide baru untuk menulis. Tak cuma kata unik, di sini kamu juga bisa melihat dan mempertimbangkan kata-kata yang biasa dipakai oleh penulis lain dalam hasil karya mereka.

5. Prompts

Tools ini akan memberikan saran atau kata pancingan untuk kamu. Kamu bisa memulai sebuah cerita dari kata tersebut.

Prompts juga bisa mengatur atau menjadwalkan waktu menulismu. Sehingga kamu bisa lebih teratur dalam menulis dan menghasilkan karya. Selamat mencoba!


Dari kelima tools di atas, ada yang sudah pernah kalian gunakan? Kalau masih belum mendapat ide juga, tandanya kamu masih harus banyak membaca.

Yuk langsung download Gramedia Digital di Android Google Playstore atau iOS App Store. Dengan bergabung di Gramedia Digital dan berlangganan Premium Package kamu bisa membaca ratusan buku digital yang tersedia sesuai dengan keinginan kamu.

Setelah membaca, pastinya ide-ide akan bermunculan. Tunggu apa lagi? Langsung kunjungi halaman berikut untuk mengetahui cara berlangganannya!


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda Hadiyanti