in

15 Contoh Iklan Lowongan Kerja Terbaik serta Cara Membuat-Nya!

pixabay.com

Contoh Iklan Lowongan Kerja – Dalam mencari dan menemukan kandidat yang berkualitas serta kompeten tentunya tidak mudah. Untuk menarik perhatian para pelamar, grameds juga harus membuat contoh iklan lowongan pekerjaan dengan detail dan jelas. Cara membuat iklan lowongan kerja juga tidak dapat sembarangan. Oleh sebab itu, ada beberapa contoh iklan lowongan pekerjaan yang dapat dijadikan sebuah referensi.

Namun, sebelum membahas contoh iklan lowongan kerja, ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian iklan lowongan pekerjaan lebih dulu.

Table of Contents

Pengertian Iklan Lowongan Pekerjaan

Iklan lowongan kerja sebagai sebuah informasi yang disampaikan oleh pihak perusahaan atau perorangan dengan niat merekrut atau mengajak kerja atau kerjasama dengan memperoleh imbalan. Tanpa melalui iklan atau pemasaran untuk melakukan perekrutan karyawan akan sulit.

Mengapa demikian? Karena orang juga tidak tahu bahwa perusahaan itu membutuhkan karyawan atau tidak. Oleh sebab itu, dengan adanya iklan, maka calon karyawan atau pelamar kerja bisa segera membuat surat lamaran pekerjaan, baik bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, dapat dibilang bahwa tujuan melakukan iklan supaya orang bisa tahu tentang loker tersebut baik untuk wilayah sekitar dan berbagai wilayah lain.

Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja

Contoh Iklan Lowongan Kerja
pixabay.com

Lowongan pekerjaan sebagai posisi pekerjaan yang belum terisi, sehingga organisasi atau perusahaan dapat mencari seorang kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Dalam dunia kerja, rotasi kerja selalu terjadi. Rotasi kerja ini yang membuat adanya posisi yang kosong, dan untuk mengisinya perusahaan akan memasang iklan lowongan kerja. Cara membuat iklan lowongan kerja juga tidak sembarangan.

Iklan lowongan pekerjaan harus secara rinci dan jelas. Grameds tidak bisa memasang iklan lowongan kerja yang tidak jelas, kemudian mengharapkan akan ada banyak calon kandidat yang melamar di perusahaan kamu. Jadi, untuk membuat contoh iklan lowongan kerja yang baik grameds harus mengetahui cara membuat iklan lowongan kerja. Di antaranya sebagai berikut:

1. Judul iklan lowongan kerja

Hal pertama dalam membuat contoh iklan lowongan pekerjaan adalah dengan memperhatikan judul iklan lowongan kerja. Cara membuat iklan lowongan kerja dengan menempatkan nama posisi yang dicari dengan teks yang mencolok.

Selain teks yang mencolok, grameds juga bisa menebalkan hurufnya atau ditulis dengan huruf kapital. Misalnya, grameds ingin membuat contoh iklan lowongan pekerjaan untuk posisi staff accounting. Jadi, penulisannya bisa menjadi “STAFF ACCOUNTING”.

Hal ini tentu bertujuan untuk menarik minat para pelamar kerja. sebab hal pertama yang akan dicari dan dilihat adalah posisi yang dilamar.

2. Nama perusahaan

Selain judul iklan, nama perusahaan juga menjadi hal penting dalam cara membuat iklan lowongan kerja. Jangan lupa sertakan nama perusahaan ya grameds, logo, biografi singkat perusahaan hingga reputasi perusahaan yang bagus.

Dalam membuat contoh iklan lowongan pekerjaan, poin-poin tersebut menjadi nilai tambah bagi para pelamar. Dengan begitu, mereka bisa merasa aman mengetahui bahwa perusahaan yang akan dilamar merupakan perusahaan yang mempunyai reputasi baik.

3. Informasi pekerjaan

Setelah judul iklan dan nama perusahaan, cara membuat iklan lowongan kerja selanjutnya adalah dengan mencantumkan informasi pekerjaan. Hal-hal yang perlu dicantumkan terdiri dari:

  • Tipe pekerjaan, misalnya seperti paruh waktu/ penuh waktu/ freelance/ project based.
  • Lokasi penempatan kerja.
  • Status karyawan seperti kontrak/ tetap.

Ketiga poin informasi tersebut merupakan hal wajib dalam contoh iklan lowongan pekerjaan yang baik.

4. Deskripsi pekerjaan

Cara membuat iklan lowongan kerja selanjutnya adalah dengan membuat deskripsi pekerjaan yang jelas. Dalam contoh iklan lowongan pekerjaan, grameds bisa merincikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan posisi di perusahaan.

Saat membuat contoh iklan lowongan pekerjaan, pastikan grameds memberikan informasi mengenai alur atau cara kerja di perusahaan tersebut. Sebab, setiap perusahaan mempunyai cara atau alur kerja yang berbeda-beda.

5. Spesifikasi pekerjaan

Setelah menjelaskan deskripsi pekerjaan, iklan lowongan pekerjaan yang baik juga harus memuat informasi seputar spesifikasi pekerjaan. Cara membuat iklan lowongan kerja adalah dengan menguraikan pengalaman dan keterampilan yang wajib dimiliki oleh calon pelamar.

Selain itu, grameds juga bisa menambahkan syarat tertentu. Biasanya, dalam beberapa contoh iklan lowongan pekerjaan, banyak perusahaan yang mencantumkan atau meminta calon kandidat mempunyai pengalaman yang sama dengan posisi yang dibuka minimal sekian tahun.

6. Kompensasi

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat contoh iklan lowongan pekerjaan adalah kompensasi. Bayaran atau upah yang diterima calon kandidat juga menjadi salah satu daya trik.

Cara membuat iklan lowongan kerja bisa dengan memberikan informasi seputar kisaran gaji yang akan diterima oleh calon kandidat. Selain itu, dalam contoh iklan lowongan pekerjaan juga, sebaiknya dicantumkan benefit yang akan diterima apabila calon kandidat diterima bekerja di perusahaan tersebut ya grameds.

7. Cara mengirim lamaran

Cara membuat iklan lowongan kerja berikutnya adalah dengan mencantumkan informasi mengenai cara mengirim lamaran. Jangan lupa juga sertakan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, email tujuan dan batas waktu pengiriman lamaran.

Jika tidak ada cara mengirim lamaran dalam contoh iklan lowongan pekerjaan yang grameds buat, bagaimana calon pelamar akan mengirimkan lamarannya. Poin ini sangat penting, meskipun grameds menggunakan situs pencari lowongan kerja untuk memasang iklan lowongan kerja.

8. Batas waktu pendaftaran

Tentu rekruter menginginkan cepat mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi. Oleh sebab itu, penting untuk melampirkan batas waktu pendaftaran agar kandidat segera mengirimkan lamarannya sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

9. Gunakan platform yang tepat

Apabila semua poin cara membuat iklan lowongan kerja sudah disusun, maka langkah selanjutnya adalah mencari platform yang tepat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan banyak pelamar dan peluang mendapatkan kandidat terbaik. Salah satu platform yang bisa grameds gunakan adalah situs atau aplikasi pencari kerja.

Tips Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Profesional

Adapun langkah-langkah dalam membuat iklan lowongan pekerjaan yang profesional yaitu :

1. Cantumkan judul pekerjaan dengan lead yang menarik

Pastikan judul posisi pekerjaan yang ditawarkan cukup jelas. Judul pekerjaan mempunyai daya tarik yang melebihi dari sekadar judul karena dari bagian ini grameds akan menarik kandidat yang potensial. Di bagian ini, dapat disertakan beberapa hal yang menarik, seperti cuti berbayar, sistem kerja jarak jauh (remote) atau tersedia training/ program bimbingan.

2. Perkenalkan perusahaan

Tulis paragraf singkat yang menceritakan mengenai perusahaan dengan menguraikan beberapa informasi yang akan diketahui oleh kandidat pelamar. Bagian ini dapat berupa informasi apapun, mulai dari berapa tahun perusahaan telah beroperasi hingga nilai-nilai inti perusahaan atau informasi menarik lainnya. Misalnya, klien kerja yang mempunyai reputasi baik, budaya kerja dan lain-lain.

3. Cantumkan deskripsi pekerjaan

Untuk membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik, grameds tidak perlu membuat paragraf panjang. Untuk membuat kandidat pelamar tertarik dengan posisi yang ditawarkan, maka cukup sertakan dua atau tiga deskripsi yang cukup menarik seperti lingkungan tim atau jam kerja.

4. Sebutkan benefit yang didapatkan

Bagian ini sangat penting karena akan memberikan kesempatan mengenai poin-poin yang diminati oleh kandidat pelamar. Buatlah daftar lima atau enam poin-poin yang menjelaskan alasan mengapa seseorang harus melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

5. Cantumkan informasi kontak dan lokasi

Memposting iklan lowongan pekerjaan akan cukup menarik jika bagian-bagiannya lengkap dan terstruktur. Oleh sebab itu, uraikan mengenai lokasi pekerjaan secara detail, apakah dapat dilakukan secara remote atau on site. Jangan lupa pada penutupan posting iklan lowongan pekerjaan sertakan kontak email atau nomor telepon yang dapat dihubungi serta langkah-langkah untuk proses rekrutmen.

Dengan merinci seluruh proses dari aplikasi hingga perekrutan, seorang kandidat mungkin merasa lebih nyaman mengetahui langkah-langkah apa yang diperlukan. Apabila memungkinkan, sematkan hyperlink ke halaman rekrutmen dan pastikan untuk menentukan dengan jelas tenggat waktu aplikasi.

6. Baca ulang, edit dan posting

Hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum mendistribusikan informasi iklan lowongan pekerjaan adalah meninjau ulang posting. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan mengenai link yang mungkin terlewatkan. Pastikan untuk mengedit posting pekerjaan dan jika memungkinkan mintalah pandangan dari orang lain untuk menilai iklan lowongan pekerjaan sebelum di posting.

Tips Memasang Iklan Lowongan Kerja

Dalam memasang contoh iklan lowongan pekerjaan, grameds tidak boleh membuat atau memberikan informasi yang ambigu. Oleh sebab itu, ada beberapa tips memasang iklan lowongan kerja yang bisa grameds terapkan. Tips memasang iklan lowongan kerja meliputi:

1. Targetkan kandidat yang tepat

Tips memasang iklan lowongan kerja yang pertama adalah menargetkan kandidat yang tepat. Dalam hal ini, kejelasan informasi yang dicantumkan merupakan sebuah keharusan.

Jika grameds membuat contoh iklan lowongan kerja yang tidak jelas, hal ini bisa membuat rameds repot pada saat tahap seleksi. Oleh sebab itu, pastikan gramed menulis deskripsi pekerjaan dengan tepat.

Seperti menggunakan judul generik yang sesuai dengan deskripsi lowongan pekerjaan, kemudian hindari penggunaan istilah atau jargon internal. Selain itu, grameds juga bisa menggunakan desain yang menarik untuk jenis iklan lowongan pekerjaan yang tidak grameds pasang di situs portal pencari kerja.

2. Judul dan deskripsi yang jelas dan sesuai

Tips memasang iklan lowongan kerja berikutnya adalah memperhatikan judul dan deskripsi pekerjaan yang jelas dan sesuai. Tujuan dibuatnya contoh iklan lowongan pekerjaan adalah untuk memberitahu para pelamar kerja bahwa ada lowongan yang kosong di perusahaan grameds.

Selain itu, contoh iklan lowongan pekerjaan juga merupakan media pemasaran bagi perusahaan kamu. Jadi, agar dapat menarik perhatian para pelamar, sebaiknya grameds bisa mempertimbangkan untuk membuat iklan lowongan pekerjaan juga dibuat sesuai dengan tren yang sedang hype.

Perlu diketahui bahwa pembuatan contoh iklan lowongan pekerjaan yang baik dengan judul dan deskripsi yang sesuai dapat mencerminkan profesionalisme perusahaan kamu. Dengan begitu, nantinya akan banyak calon kandidat berkualitas yang melamar.

3. Berikan alasan mengapa harus memilih perusahaan kamu

Tidak banyak perusahaan yang membocorkan informasi tentang perusahaan dengan alasan tertentu. Namun, kini zaman sudah berubah dan banyak para pelamar yang juga tertarik pada informasi lainnya terkait perusahaan yang akan dilamar.

Oleh sebab itu, tips memasang iklan lowongan kerja berikutnya adalah dengan memberikan alasan mengapa harus memilih perusahaan kamu. Pada contoh iklan lowongan pekerjaan, grameds bisa mencantumkan apa yang menjadi keunggulan perusahaan.

Di tahun 2022 ini, semakin banyak generasi milenial yang memasuki dunia kerja. Tidak sedikit dari mereka yang mengharapkan adanya work life balance dan engagement. Hal tersebut bisa grameds manfaatkan saat membuat contoh iklan lowongan pekerjaan dengan mempromosikan keuntungan dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi keunggulan lainnya.

Kesalahan dalam Pembuatan Iklan Lowongan Pekerjaan

Ada beberapa hal penting yang harus dihindari saat pembuatan iklan, seperti berikut :

1. Iklan terlalu panjang

Iklan terlalu panjang seperti isi judul dalam iklan yang banyak, selain dalam poster atau selebaran bisa terlihat aneh serta terlihat kurang professional. Oleh sebab itu, dalam membuat iklan lowongan kerja dibuat dengan singkat, padat dan jelas.

2. Gunakan judul yang jelas

Penggunaan judul yang seperti berikut ini contohnya :

  • Dicari ahli multimedia.
  • Dibutuhkan pembantu rumah tangga.
  • Dibutuhkan graphic design.
  • Di cari manager.
  • Dibutuhkan guru bahasa inggris.
  • Di cari penjahit.

3. Riset keyword

Riset keyword sangat dibutuhkan agar iklan loker kamu dapat muncul di internet. Ada banyak sekali tools yang dapat grameds gunakan salah satunya adalah google trends. Google trends adalah salah satu tools dari google yang dapat menemukan keyword apa saja yang sekarang lagi banyak orang cari dan lebih spesifik. Dengan menggunakan google trends, kamu bisa tahu juga wilayah mana di Indonesia yang paling banyak mencari keyword lowongan kerja.

Situs-Situs untuk Mencari Iklan Lowongan Pekerjaan

Berikut ini merupakan situs website atau media online yang sering memberikan informasi seputar lowongan pekerjaan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Ada 7 situs website yang tepat untuk mencari lowongan kerja yaitu:

  1. Karirhub.kemnaker.go.id
  2. Jobstreet.co.id
  3. Id.indeed.com
  4. Jobs.id
  5. Glints.com
  6. Karir.com
  7. Linkedin.com

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

1. Contoh iklan lowongan pekerjaan kurir

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

2. Contoh iklan lowongan pekerjaan video editor

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

3. Contoh iklan lowongan pekerjaan manager trainee

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

4. Contoh iklan lowongan pekerjaan host live streaming

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

5. Contoh iklan lowongan pekerjaan pengasuh anak

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

6. Contoh iklan lowongan pekerjaan operator produksi

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

7. Contoh iklan lowongan pekerjaan store crew

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

8. Contoh iklan lowongan pekerjaan public relation

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

9. Contoh iklan lowongan pekerjaan HRD

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

10. Contoh iklan lowongan pekerjaan digital marketing

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

11. Contoh iklan lowongan pekerjaan content creator

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

12. Contoh iklan lowongan pekerjaan staff akuntansi

Contoh Iklan Lowongan Kerja
kompas.com

13. Contoh iklan lowongan pekerjaan SEO Specialist

kompas.com

14. Contoh iklan lowongan pekerjaan supervisor

kompas.com

15. Contoh iklan lowongan pekerjaan penulis

kompas.com

Nah itulah penjelasan tentang bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik ya grameds. Dari penjelasan tersebut semoga bisa membantu grameds dalam memahami bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang cara membuat iklan lowongan yang baik dan menarik secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Semoga artikel ini menginspirasimu ya!

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

BACA JUGA:

  1. 7 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia
  2. 30+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
  3. Contoh Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
  4. Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email yang Benar
  5. Tips Membuat dan Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda