in

10 Ciri-Ciri Orang yang Benci Kita! Lihat Bahasa Tubuh dan Bicaranya!

Ciri-ciri Orang yang Benci Kita – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya ada orang yang tidak menyukai kita, di sekolah, di tempat kerja bahkan di lingkungan pergaulan. Meskipun kita tidak tahu mengapa mereka tidak menyukai kita, itu mungkin karena mereka tidak mengenal kita dengan baik.

Itulah mengapa ada trik psikologis yang bisa Anda coba untuk menghadapi orang yang membenci Anda tanpa alasan.

Hal-hal seperti ini sebenarnya cukup umum. Jangan salah paham, orang-orang yang melakukan ini tahu betul bahwa apa yang mereka lakukan salah dan suatu hari kebohongan akan terungkap.  Sayangnya, terkadang keinginan untuk diterima begitu tinggi hingga membuat kita tergila-gila.

Faktanya, tidak peduli seberapa baik kita memperlakukan orang dan apa yang kita lakukan untuk mereka, akan selalu ada orang yang tidak menyukai kita. Memang pahit, tapi itulah kenyataannya. Ada banyak alasan mengapa kebencian muncul kepada diri kita.

Tetapi apapun penyebabnya, jauh lebih penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghadapinya. Ketika seseorang tidak menyukai kita, dendam dan rasa tidak aman adalah dua perasaan pertama yang akan muncul.

Mayoritas orang bahkan tidak ragu untuk menghadapinya secara langsung, yang berakhir dengan kegemparan. Nah, Anda tidak bisa melakukan itu. Sebelum bertemu dengan orang tersebut, ada baiknya melakukan introspeksi.

Seperti kata pepatah, tidak ada asap tanpa api. Selalu ada banyak alasan mengapa seseorang memendam ketidaksukaan dan bahkan kebencian. Bisa jadi karena kita melakukan kesalahan yang menyakiti hatinya, atau bisa juga karena sikap kita yang terlambat.

Berikut adalah ciri-ciri bahwa orang tidak menyukai kita yang dapat langsung kita rasakan.

10 Ciri-Ciri Orang yang Benci Sama Kita

Ciri-ciri orang yang benci kita
pexels.com

Sahabat sejati akan bahagia jika kamu bahagia. Sayangnya, tidak semua orang senang dengan kesuksesan Anda, termasuk teman Anda sendiri. Mereka cemburu saat melihatmu bahagia.

Bahkan seperti dilansir Psychology Today, wajar jika seseorang merasa cemburu karena merasa dirinya lebih rendah, namun seringkali mereka menyangkal bahwa dirinya cemburu. Tapi yang tidak adil adalah ketika terlalu banyak orang tersebut benci dengan diri kita.

Anda dapat mengetahui bahwa mereka iri kepada Anda jika mereka bereaksi negatif terhadap kabar baik yang Anda ceritakan. hal tersebut bisa dicontohkan saat mereka memberi selamat kepada Anda tetapi mereka tampak tidak tulus.

1. Tidak Mau Tersaingi

Ciri lain dari teman yang iri kepada Anda adalah mereka tidak ingin dibandingkan dengan Anda dalam hal apapun. Mereka melihat Anda sebagai pesaing, bukan teman. Mereka akan bekerja lebih keras untuk membuktikan bahwa mereka lebih unggul dari Anda dan akan senang jika Anda gagal atau jatuh di bawah level mereka.

Selain tidak suka melihat kita bahagia, mereka juga tidak akan senang melihat kita selangkah lebih maju dari mereka. Mereka akan selalu merasa kompetitif dengan pencapaian kita, bahkan jika tidak ada persaingan di antara kita.

Tidak peduli seberapa hebat rekor kita dan seberapa keras kita mencoba membuktikan diri, mereka tidak akan percaya. Mereka menyangkal fakta bahwa Anda jauh lebih baik dari mereka.

Mereka bahkan berusaha mematahkan motivasi kita dengan harus menjalankan rencana yang kita miliki agar kita tidak bisa lebih sukses dari mereka. Yah, berbahaya juga punya teman seperti itu, sobat Grameds!

2. Tidak Menyukaimu Tanpa Alasan

Pernahkah kamu menemukan teman meskipun tidak ada angin, tidak ada hujan dan tiba-tiba membencimu tanpa alasan? Jika demikian maka mungkin mereka tidak sepenuhnya membenci kita tetapi hanya iri pada diri kita. Mereka iri bahwa kita lebih pintar, lebih menarik, atau lebih sukses dari mereka.

Jangan salahkan diri Anda karena dibenci oleh teman padahal Anda tidak menyakiti mereka, Sobat Grameds. Dikutip dari laman Entrepreneur, kebencian sering kali merupakan tanda kelemahan, kecemburuan, dan ketakutan. Mereka membenci karena Anda melakukan apa yang mereka tidak bisa, tidak mau dia lakukan, atau terlalu takut untuk mencoba.

3. Membuatmu Buruk Didepan Orang Lain

Meskipun mungkin terlihat baik di depan Anda, berhati-hatilah jika dia membicarakan Anda di belakang. Seorang teman yang cemburu akan mengatakan hal-hal buruk kepada orang lain tentang Anda, yang akan membuat Anda terlihat buruk di mata orang lain.

Teman seperti ini juga akan dengan senang hati memberitahu orang lain tentang aib Anda agar orang lain tidak menyukai Anda

4. Ingin Tahu Berkedok Simpati

Teman yang cemburu mungkin berpura-pura bersimpati dengan Anda, tetapi di balik layar mereka sebenarnya ingin tahu tentang masalah Anda. Mereka mencoba menggali rahasia Anda dan bahkan kelemahan Anda untuk membuktikan bahwa Anda tidak sebaik teman yang cemburu itu. Mereka bahkan mungkin ingin tahu tentang hidup Anda untuk mengosipkannya kepada orang lain..

Duh, seram banget ya punya teman yang diam-diam cemburu dan berusaha menjatuhkan kita? Untuk ini, Anda perlu berhati-hati untuk menemukan teman seperti itu, Sobat Grameds.

5. Tidak Senang Melihat Kita Bahagia

Mereka yang mencintai kita selalu menginginkan yang terbaik. Saat kita sedih, orang-orang ini mencoba menghibur kita dan membuat kita bahagia lagi. Mereka yang tidak menyukai kita akan melakukan yang sebaliknya.

Mereka akan kewalahan ketika melihat kebahagiaan Anda. Nah, jika kebahagiaan Anda merugikannya, frustrasi ini dapat ditanggung. Intinya kebahagiaan Anda tidak relevan, apalagi merugikan siapapun.

Tapi dia masih tidak bisa senang melihatnya. Bukan hal yang aneh bahwa alih-alih memberi selamat, mereka malah melontarkan sindiran yang membuat Anda tidak nyaman atau membuat Anda merasa depresi.

6. Tidak Berhenti Menjelekkan Kita

Sebaik apapun kepribadian dan perilaku kita, orang yang tidak menyukaimu akan selalu melihatnya sebagai sesuatu yang buruk.

Tidak ingin menyimpan pikiran mereka untuk diri mereka sendiri, tidak jarang orang yang membenci kita mencoba menjelekkan kita di depan orang lain. Mereka mencoba menabur kebencian di hati orang lain. Semakin banyak orang terpengaruh, semakin baik baginya.

7. Ingin Menjatuhkan Diri Kita

Dari semuanya, tanda ini adalah yang paling berbahaya. Orang yang tidak menyukaimu akan selalu berusaha menjegal bahkan menjatuhkanmu dengan berbagai cara, jika memungkinkan mereka akan membuat seluruh dunia menentangmu.

Anda harus sangat berhati-hati dengan orang-orang seperti itu karena mereka mungkin tidak akan berhenti sampai mereka melihat Anda jatuh.

8. Selalu Berkomentar Tanpa Ada Solusi

Setiap orang mengatakan, bahwa setiap teman yang kita miliki akan ada yang suka berkomentar mengenai hal-hal yang mengenai diri kita. Entah itu pakaian atau barang yang kita punya.

Tapi, jika orang itu aslinya membencimu, dia akan terus berkomentar hal negatif yang intinya membuat diri kita tidak percaya diri dan kamu merasa menyesal sudah mempunyai barang itu. Sehingga ketika kamu meminta pendapat kepadanya, dia pun akan mengalihkan topik pembicaraan.

9. Selalu Follow Akun Media Sosial yang Kamu Miliki

Seringkali kita merasa dikepoin oleh seseorang, sampai dia ingin tahu semua akun media sosial kita. Awalnya dia meminta secara langsung kepada kita, namun setelah kita mem-follow akunnya, selang beberapa hari, sudah tidak menjadi followers. Terkejut bukan?

Selain itu, komentar yang kita berikan sering diabaikan. Kadang orang itu berkata “Jangan di-tag aku ya nanti, aku gamau nanti spam” komentar ini mungkin menjadikanmu sedih sesaat, tetapi ketahuilah dia malu dengan orang-orang yang menjadi followersnya, ketika mereka tahu, kamu dekat dengannya.

10. Menjaga Jarak

Saat dia mundur selangkah saat berbicara atau mengobrol dengan kita, itu mungkin menandakan bahwa dia ingin menjaga jarak secara fisik atau emosional dari kita. Dalam kasus ini, menjaga jarak mungkin berarti dia merasa tidak nyaman.

Mungkin Sobat Grameds dapat merasakan ketika seseorang sengaja menghindari kita.

Bahkan jarak fisik merupakan indikasi. Dan jujur ??saja, kita juga pasti menghindari orang yang tidak kita sukai, bukan?

Bahasa Tubuh Orang yang Benci Sama Kita

Ciri-ciri orang yang benci kita
pexels.com

Menebak perasaan seseorang memang tidak mudah. Meski begitu, kita bisa benar-benar mengetahui apakah orang tersebut mencintai kita atau membenci kita. Caranya adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh dan bagaimana bahasa itu berbicara kepada kita. Berikut penjelasannya:

1. Menggaruk Leher

Menggaruk lehernya berarti dia tidak yakin tentang sesuatu atau meragukan apa yang dia katakan. Selain itu, jika bahunya mengarah ke telinganya, menutupi lehernya, maka mungkin dia tidak setuju dengan kita atau dia tidak mengatakan yang sebenarnya kepada kita.

2. Mengerucutkan Bibirnya

Jika Anda melihatnya mengerucutkan bibirnya, biasanya itu pertanda ada yang tidak beres.

Jika dia mengerucutkan bibirnya ketika berbicara dengan kita, itu bisa menunjukkan bahwa dia merasa sangat tidak nyaman dengan kehadiran kita.

Tapi bisa juga berarti dia tidak menyukai topik atau pertanyaan yang kita ajukan. Coba ganti topik pembicaraan dan lihat mulutnya lagi. Selain itu, menggigit atau mengerucutkan bibir juga merupakan cara untuk menenangkan diri jika seorang sedang merasa cemas.

3. Menghindari Kontak Mata

Kurangnya kontak mata sejak dini merupakan pertanda buruk saat berbicara dengan seseorang.

Ini bisa berarti bahwa dia tidak terlalu tertarik dengan percakapan atau dia tidak tertarik pada kita. Selain itu, dia mungkin berbohong kepada kita.

4. Pasang Senyum Palsu

Bisakah Sobat Grameds mendeteksi senyum palsu? Perhatikan baik-baik sudut bibirnya dan kerutan di sekitar matanya. Senyum yang tulus menarik banyak otot di wajah. Jadi ketika seseorang benar-benar menertawakan lelucon kita, kita bisa melihat garis di sekitar matanya.

5. Berpaling

Jika dia tidak terlalu tertarik dengan percakapan itu, dia akan mengarahkan kakinya ke arah lain, bukan langsung ke arah kita. Biasanya, bersama dengan kaki, batang tubuh juga berputar. Para ahli menyebutnya “resistensi perut” atau, dengan kata-kata kami biasa disebut ketidaknyamanan.

6. Memberikan Jawaban Singkat

Jika setiap kali kita bertanya atau memulai percakapan, jawabannya sangat singkat, dia mungkin tidak terlalu peduli dengan kita. Jawaban yang sangat singkat hanya 1-3 kata menunjukkan bahwa itu hanya formalitas, atau hanya untuk membalas karena kewajiban atau sopan santun.

7. Nada Suara Berubah

Kita mungkin pernah memperhatikan bahwa ketika seseorang berbicara dengan dingin atau menyela, itu berarti mereka ingin menjaga jarak.

Tips Menyikapi Orang yang Benci sama Kita

Ciri-ciri orang yang benci kita
pexels.com

Mengetahui bahwa seseorang tidak menyukaimu atau benci adalah hal yang menjengkelkan. Apalagi jika orang itu adalah seseorang yang Anda lihat setiap hari. Di sisi lain, orang yang tidak menyukainya juga bisa berbahaya.

Meskipun kami tidak ingin melawan mereka, orang-orang seperti ini tentu tidak dapat dimaafkan, terutama jika apa yang dia lakukan telah merugikan Anda.

Jangan khawatir, Anda tidak selalu harus menyelesaikan konflik dengan berkelahi. Jadi apa solusinya? Inilah cara menghadapi orang yang tidak menyukai kita.

1. Menjauhlah dari Dia

Terkadang menjauh adalah pilihan terbaik ketika berhadapan dengan orang yang tidak menyukai Anda, terutama jika Anda berada dalam hubungan yang sama, seperti pekerjaan atau sekolah. Kamu menjauh bukan karena kamu salah, apalagi karena kamu takut padanya.

Anda menjauh untuk meminimalkan kemungkinan pertengkaran sengit di antara Anda berdua. Namun, bertengkar dengan rekan kerja di kantor, apalagi dalam keadaan terburu-buru, akan sangat merugikan Anda.

Anda tidak hanya akan dipermalukan setelahnya, tetapi Anda juga akan menerima surat peringatan dan bahkan pemecatan langsung. Jika demikian, Anda akan kalah juga, bukan? Jadi, daripada menjadi emosional dengan perilakunya, lebih baik menjauh darinya sebisa mungkin.

2. Tetap Tenang

Kebanyakan orang akan langsung terangsang oleh emosi jika seseorang mencari masalah dengan mereka. Meskipun emosi adalah respons alami, mereka tidak menyelesaikan apa pun. Di sisi lain, emosi hanya akan memperburuk situasi yang sudah buruk.

Bukan tidak mungkin, dia sengaja membuatmu kesal hingga menjatuhkanmu. Alih-alih menjadi emosional, bersikap tenang adalah respons terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini. Sama sekali tidak mudah, tapi siapa tahu, dia akan menyerah setelah dia tidak menangkapmu.

3. Cari Tahu Alasannya

Setelah Anda tenang, langkah selanjutnya adalah mencari tahu mengapa dia jahat kepada Anda. Coba ingat-ingat apakah Anda pernah melakukan kesalahan atau mengatakan sesuatu yang menyinggung dia. Namun, keengganan tidak hanya akan muncul.

Jika ternyata Anda melakukan kesalahan, Anda harus meminta maaf padanya dan mengakhiri masalah. Jika ternyata Anda tidak pernah melakukan kesalahan, itu berarti orang tersebut memiliki kesalahan.

Mungkin karena kepribadiannya yang buruk. Jika demikian, tidak ada yang bisa Anda lakukan.

4. Jangan Meniru Apa yang Dia Lakukan

Dia mungkin mencari banyak masalah dengan Anda. Apa gunanya jika itu tidak membangkitkan emosi Anda. Anda tidak terpancing oleh jebakan, apalagi terlibat dalam menemukannya hanya untuk menariknya.

Sulit untuk tidak emosional dan membalas dendam. Tetapi jika Anda terjebak dalam pencariannya, apa perbedaan antara Anda dan dia?

Lagi pula, jika dia bertingkah seperti anak sekolah dasar, maka setidaknya kamu harus bertingkah seperti anak sekolah menengah. Bahkan tidak terlibat dalam memancing dan mengacaukan hubungan Anda.

5. Ajak Bicara Baik-Baik

Daripada mencoba mencari cara untuk membalas dendam padanya, lebih baik Anda mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Eits, pemecahan masalah bukan berarti harus berdebat apalagi menggunakan kekerasan, kan!

Sebaliknya, berbicaralah dengannya dengan ramah. Katakan dengan jujur ??bahwa Anda tidak nyaman dengan sikapnya. Anda juga bisa bertanya kepadanya mengapa dia memperlakukan Anda dengan buruk dan jangan lupa untuk mencari cara untuk menyelesaikannya agar masalah atau kesalahpahaman yang muncul tidak berlangsung lama.

Tentu saja, melakukan percakapan seperti ini tidak mudah. Anda berdua harus tetap tenang dan tidak terbawa emosi.

6. Tanggapi dengan Kebaikan

Oke, meski kedua belah pihak sudah saling memaafkan, tapi apa yang terjadi di antara keduanya pasti akan sulit untuk dilupakan. Kebanyakan orang ingin menjauh satu sama lain untuk mengantisipasi bahwa konflik serupa tidak akan terjadi lagi.

Tapi itu tidak berarti Anda harus menggunakan cara lama. Bahkan jika dia berperilaku buruk di masa lalu, itu tidak berarti Anda harus terus memikirkannya, terutama karena Anda sudah mengenalnya. Alih-alih diam, mengapa Anda tidak mencoba bersikap baik dan berteman dengannya?

Mengetahui bahwa ada orang yang tidak menyukai kita bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Di tengah perasaan tidak aman, bingung tetapi juga tidak nyaman. Tapi Anda tidak bisa membiarkan hal-hal seperti itu berlalu begitu saja. Bahkan jika Anda takut, cobalah untuk mengatasinya sebelum menjadi lebih buruk.

Demikian pembahasan 10 ciri-ciri orang yang benci kita, jika Grameds juga mau mengetahui cara menghadapi teman yang benci sama kita, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan bacaan terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga artikel terkait:

5 Tanda Orang Tidak Suka kepada Kita dan Cara Menghadapinya

10 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah, Kampus, Chat

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita Tanpa Menghakimi

Tanda-Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Apa Saja?

10 Alasan Kenapa Kamu Selalu Disalahkan Pasangan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi