in

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita Tanpa Menghakimi

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita – Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya jika manusia membutuhkan orang lain untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan sosial. Entah itu dengan cara berkomunikasi atau dengan menjalin sebuah hubungan sosial yang baik satu sama lin. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini, akan ada orang yang tidak suka dengan kita.

Walaupun kita mungkin sudah berbuat baik selama ini. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya perbedaan sifat dan juga pendapat serta hal lainnya. Kita sendiri memang tidak dapat memaksakan seseorang untuk suka terhadap diri kita. Namun, kita juga tidak boleh larut dalam kekecewaan dan kesedihan karena ada orang yang tidak menyukai kita. Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan beberapa cara menghadapi orang yang membenci kita.

Perlu kita pahami bahwa di dunia ini pasti akan ada yang namanya haters. Tidak peduli sebaik apa sifat dan perilaku kita. Akan tetap ada orang yang tidak suka atau bahkan membenci kita. Mereka akan tetap hadir dan muncul di sekitar kita.

Mungkin saja di lingkungan sekolah, rumah, atau media sosial, tempat kerja, dan lain sebagainya. Haters memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam bermasyarakat. Kita tidak dapat terus menerus menghabiskan waktu kita hanya untuk mendengarkan ocehan mereka yang sebenarnya tidak ada gunanya. Nah, agar kita bisa menyikapinya dengan tenang, berikut adalah cara menghadapi orang yang membenci kita dengan elegan.

13 Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

1. Mencari Tahu Apakah Ada yang Salah Dengan Kita

Saat ada yang membenci kita, cobala untuk mulai menyakan terkait apa yang menyebabkan mereka marah atau tidak suka dengan kita. Barangkali kita pernah melakukan kesalahan yang menyakiti hati mereka tanpa kita sadari. Jika ternyata kita pernah melakukan hal yang membuat mereka marah, maka jangan ragu untuk meminta maaf.

Dengan begitu, kita akan bisa menyelesaikan hal tersebut dan kembali menjadi teman. Namun, jika orang tersebut ternyata tidak merespon dengan baik niat baik kita, maka tidak perlu sakit hati. Yang paling penting kita sudah berudaha untuk melakukan apa yang kita bisa. Kembali lagi, kita hanya bisa mengontrol diri sendiri saja, tidak dengan orang lain.

2. Intropeksi Diri

Salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan adalah dengan intropeksi diri kita sendiri. Seringkali kita melakukan sesuatu dan membicarakan sesuatu yang tidak disadari ternyata menyakiti orang lain. Dengan melakukan instropeksi diri, hal itu memberikan keuntungan bagi diri sendiri. Salah satunya yaitu memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan perubahan ke arah yang lebih baik, maka kita dapat mengurangi ego dan rasa benci terhadap orang lain.

tombol beli buku

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Terkadang, di saat kita mengetahui bahwa ada seseorang yang tidak menyukai kita. Secara otomatis kita menjadi cukup sedih, kecewa, dan sedih. Namun sebenarnya kita tidak boleh larut dalam kesedihan itu.

Sebab, kita hanya bisa megontrol diri dan perasaan yang kita sendiri rasakan. Jadi, jika kita memang meyakini bahwa kita tidak melakukan sesuatu hal yang salah, maka kita tidak perlu sedih atau khawatir dengan diri kita. Justru kita harus meningkatkan kepercayaan diri, sehingga kita tidak lagi peduli dengan orang-orang yang membenci kita.

4. Meminta Bantuan Orang Lain

Saat kebencian dari seseorang kepada kita sudah melewati batas hingga mereka melakukan hal-hal yang membahayakan. Maka kita tidak perlu ragu untuk mekinta bantuan orang lain. Kita dapat memulai untuk mengumpulkan bukti yang berkaitan dengan seseorang yang membenci kita. Supaya mereka tidak lagi menggangu kehidupan kita.

5. Tetap Tenang dan Jangan Terbawa Emosi

Seperti yang kita tahu bahwa emosi akan membawa kita ke dalam hal-hal yang justru dapat memperkeruh keadaan. Oleh sebab itu, untuk cara menghadapi orang yang membenci kita adalah dengan menahan emosi kita. Jangan sampai kita terbawa emosi dan melakukan suatu hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain.

Biasanya, orang yang membenci kita akan merasa senang jika kebencian mereka kita tanggapi dengan kebencian dan emosi juga. Mereka akan semakin menjadi-jagi. Sebaliknya, apabila kita tidak membalas kebencian mereka dengan berusaha tetap diam dan tenang.

Maka seseorang yang membenci kita akan merasa malu. Bahkan, mereka mungkin saja akan merasa dihiraukan dan diabaikan. Oleh karena itu, hindari berdebat dengan orang-orang yang membenci kita.

banner-promo-gramedia

6. Tetap Elegan dan Cuek Aja

Mayoritas orang biasanya akan menunjukkan sikap jutek dan mengeluarkan raut muka yang sinis jika bertemu dengan haters. Tapi, sebenarnya kita tidak perlu melakukan hal tersebut. Justru lebih baik kita bersikap elegan kepada seseorang yang membenci kita.

Tidak perlu memasang muka sinis atau jutek, bersikaplah sewajarnya saja. Lagipula bukan kita yang salah. Tapi dia lah yang memiliki masalah dengan kita. Jadi, percaya diri saja. Bila perlu, buktikan kepada mereka bahwa kita bisa mencapai kesuksesan melebihi mereka.

tombol beli buku

7. Saring Perkataan Haters

Tidak selamanya tuduhan dan komentar dari seseorang yang membenci kita itu salah. Bisa saja, rasa benci mereka muncul karena sikap kita sendiri. Barangkali kita pernah berbuat salah atau mengungkapkan kata-kata yang kurang pantas kepada mereka, tapi kita sendiri tidak menyadarinya.

Coba saring lagi perkataan mereka, mungkin mereka tidak berniat membenci kita, malah justru ingin menasehati. Sehingga kita tidak boleh langsung menilai bahwa orang tersebut membenci kita.

Cobalah untuk intropeksi diri melalui perkataan yang mereka lontarkan terhadap kita. Saring semua perkataannya, bedakan mana yang baik dan buruk. Jika memang ucapan mereka bukan untuk merendahkan kita, maka tidak ada salahnya kita renungkan ucapan mereka untuk memperbaiki diri sendiri.

8. Abaikan Saja

Ini adalah salah satu tindakan yang mungkin bisa membuat hidup kita lebih tenang. Dimana jika ada orang yang membenci kita, cara untuk menghadapinya yaitu cara mengabaikan orang tersebut. Percuma saja kita mendengarkan kata-kata mereka yang tidak akan pernah ada habisnya.

Namanya juga orang benci, pasti akan selalu ada kesalahan kita yang mereka cari dan digunakan untuk merendahkan kita. Bagaimanapun caranya sampai kita meras terpuruk dan merasa tidak berguna. Jika terus menanggapi orang yang membenci kita, percayalah kita hanya akan mendapatkan sakit hati.

Maka dari itu, cara terbaik untuk menghadapi mereka adalah dengan mengabaikannya. Terserah para pembenci mau berkata apa, nanti mereka juga akan lelah dengan sendirinya jika tidak kita tanggapi.

Dengan mengabaikan seseorang yang membenci kita menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk membuat mereka berhenti menyebarkan kebencian. Daripada kita terbawa oleh energi negatif yang mereka bawa, lebih baik menghidar saja. Lebih baik lagi, kita sebarkan energi positif dan hal-hal yang bermanfaat lain kepada orang sekitar.

9. Jangan Merasa Dendam Ataupun Membalas Dengan Kebencian

Ucapan yang dilontarkan oleh seseorang yang membenci kita memang terkadang sangat menyakitkan. Bahkan ada yang lebih tajam dari pada mata pisau, begitu menyakitkan hingga kita merasa begitu sedih dan seringkali bikin hati menjadi semakin panas.

Mungkin hal tersebut membuat kita ingin untuk mengutuk mereka dan marah-marah di depan wajah mereka, atau bahkan berkelahi dengan mereka. Memang menyebalkan, tapi walaupun begitu, kita harus tetap menyikapinya dengan tenang.

Jangan sesekali membalas perbuatan orang yang membenci kita dengan cara membenci mereka juga. Itu tidak akan menyelesaikan masalah. Justru sebaliknya, hal tersebut akan memperkeruh suasana. Selain itu, hindari untuk menyimpan rasa dendam.

Selain tidak berpengaruh pada sikap orang tersebut, sifat dendam justru bisa merusak diri kita sendiri. Alangkah lebih baik jika kita isi pikiran kita dengan sesuatu yang bersifat positif. Jangan terlalu mudah untuk hanyut dengan sesuatu hal yang negatif.

10. Buktikan Jika Apa yang Dituduhkan Itu Keliru

Cara terbaik selanjutnya yang bisa kita gunakan yaitu dengan membuktikan bahwa tuduhan paRa haters itu keliru. Kita tidak perlu menjelaskan apapun, tapi cobalah langsung dibuktikan dengan tindakan.

Buktikan bahwa apa yang dikatakan haters itu salah. Misalnya jika kita dituduh sebagai seseorang yang angkuh, sombong, dan jahat. Maka cara untuk menghadapinya yaitu dengan bersikap baik, ramah, dan lainnya. Tunjukkan kepada orang-orang ika kita adalah orang yang baik dan sopan.

Tidak perlu melakukan pencitraan apapun. Cukup bersikap apa adanya yang mencerminkan diri kita sendiri. Dengan begitu, nantinya orang-orang akan bisa menilai siapa yang salah sebenarnya, apakah kita atau orang yang membenci kita? Jika diri kita memang baik, maka orang lain juga akan menganggapnya seperti itu.

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

11. Apabila Sudah Melewati Batas, Lebih Baik Bertindak

Cara selanjutnya jika orang yang membenci kita sudah kelewatan, maka kita bisa bertindak dengan tegas untuk menghentikan hal-hal yang merugikan. Misalnya saja jika kita difitnah melakukan suatu hal yang sebenarnya tidak pernah kita lakukan. Dimana fitnah tersebut diungkapkan berulangkali dan mengganggu kehidupan sehari-hari kita.

Jika sudah seperti itu, maka kita tentu harus bertindak dengan tegas. Caranya bisa dengan minta bantuan orang lain yang memang bisa membantu dan menolong kita atas masalah tersebut. Terkadang, haters juga harus ditindak dengan tegas supaya tidak terus-terusan menginjak haga diri kita. Setidaknya dengan cara seperti itu, mereka bisa lebih waspada dan memiliki rasa takut jika ingin mengganggu kita.

12. Lebih Baik Menjauh Dari Orang yang Membenci Kita

Cara menghadapi orang yang membenci kita selanjutnya adalah dengan menjauhi mereka. Perlu diingat bahwa menjauh bukan berarti menghindar atau tidak berani menyelesaikan malasah tersebut. Namun kita hanya perlu memilih untuk tidak terlibat dengan orang-orang yang mempunyai energi negatif.

Tidak perlu merasa takut dengan mereka jika kita sudah merasa bahwa kita sudah melakukan hal yang benar dan tidak merugikan orang lain. Hidup diantara orang yang membenci kita itu tidak akan pernah ada manfaatnya. Justru hal itu bisa membuat kita selalu merasa sakit hati.

Perlu dipahami bahwa hidup itu cuma sekali. Nikmatilah dan hiduplah bersama orang-orang yang menyayangi kita. Mereka yang sayang dengan diri kita masih banyak. Jadi, tidak perlu memaksakan diri untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang membenci kita.

13. Fokus Dengan Hidup Diri Sendiri

Selama masih hidup di dunia, maka keberadaan seseorang yang membenci kita tetap selalu ada. Tidak peduli dimana dan dengan siapa kita tinggal. Pasti akan ada orang yang tidak suka dengan kita. Seperti sudah menjadi hal yang wajar, bahwa tidak semua orang akan menyukai kita.

Jadi santai saja jika ada orang yang membenci kita. Mereka akan selalu ada meski kita sudah berbuat sebaik apapun. Sikap mereka juga tidak akan berubah meski kita sudah menolongnya. Kebanyakan mereka akan tetap bersikap jahat dan tidak menyukai kita. Maka dari itu, daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan mereka yang tidak ada manfaatnya.

Lebih baik kita fokus pada diri sendiri saja. Fokus bekerja, belajar, beribadah, dan menyenangkan orang-orang yang sayang dengan kita. Jangan sampai kita berfokus pada omongan-omongan orang yang membenci kita. Teruslah maju untuk mendapatkan hidup yang lebih baik dan damai.

tombol beli buku

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

banner-promo-gramedia

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah