in

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah dan Faktor Penyebabnya

https://www.scientificamerican.com/

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah – Sakit dada bagian tengah merupakan kondisi berbahaya yang tak boleh dianggap sepele. Pasalnya, hal ini dapat menjadi sebuah pertanda dari adanya gangguan kesehatan yang serius. Bila tak ditangani dengan tepat, beberapa kasus sakit dada bagian tengah dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

cara mengobati sakit dada bagian tengah
https://www.uchicagomedicine.org/

Nyeri pada area dada dapat dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, umumnya dari gangguan pada jantung dan paru-paru, tetapi ternyata bisa berhubungan dengan saluran pencernaan.

Grameds mungkin merasa panik ketika mengalami gejala sakit dada bagian tengah. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan ialah dengan mencari tahu penyebabnya. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi dapat dihindari serta kemungkinan pengobatan sakit dada bagian tengah menjadi lebih besar.

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Sakit dada bagian tengah bukan sekadar memicu rasa nyeri saja, tetapi juga dalam dada menjadi terasa seperti ada yang mengganjal dan membuat proses bernapas menjadi tidak nyaman. Bila rasa nyerinya hanya terjadi sekali saja, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan dengan berlebihan. Grameds dapat mengatasi rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi berbagai bahan makanan alami, berikut ini:

1. Jahe

Dengan rutin mengonsumsi jahe, dipercaya mampu menurunkan risiko gangguan pada organ jantung dikarenakan jahe dapat mencegah lonjakan darah tinggi. Tak hanya itu, jahe telah terbukti ampuh untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Untuk mengobati sakit dada bagian tengah, Grameds disarankan untuk mengonsumsi jahe dengan rutin setiap harinya. Caranya ialah dengan merebus jahe, lalu mengonsumsi air rebusannya.

2. Kunyit

Bahan alami berikutnya yang dapat berguna untuk mengobati sakit dada bagian tengah ialah kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dinilai bisa menjaga kesehatan otot jantung, sehingga organ tersebut bisa berfungsi dengan baik. Kunyit juga memiliki kandungan antioksidan, serta bersifat antiinflamasi an antikanker. Untuk mengobati sakit dada bagian tengah, Grameds dapat mengonsumsi kunyit yang digunakan sebagai campuran dalam makanan atau diolah menjadi minuman.

3. Flaxseed (Benih Lenan)

Flaxseed bekerja dengan kemampuannya untukmenjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Bahan alami ini juga kaya akan lemak omega 3 yang sangat berguna bagi kesehatan organ jantung. Omega 3 bisa mengurangi penggumpalan keping darah atau platelet, sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri, yang dapat berujung pada terhambatnya aliran darah untuk menuju ke jantung.

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Lemak omega 3 juga bisa menurunkan risiko terjadinya detak gangguan pada irama jantung atau yang disebut juga sebagai aritmia. Untuk mengobati sakit dada bagian tengah, sebaiknya Grameds menghaluskan aritmia terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

4. Bawang Putih

Bawang putih dinilai bisa meningkatkan kesehatan organ jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Di dalam tubuh, sel darah merah akan mengubah kandungan sulfur yang ada di dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida. Gas tersebut berguna untuk melebarkan pembuluh darah. Bila pembuluh darah menjadi fleksibel, alirah darah akan berjalan dengan lebih lancar. Untuk memperoleh manfaatnya, sebaiknya Grameds mengonsumsi bawang putih utuh, atau yang sudah dicampur dengan makanan.

5. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah memiliki fungsi untuk memperlancar aliran darah dengan kemampuannya untuk melebarkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahan alami ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh karena adanya senyawa aktif, yakni senyawa lovastatin.

Faktor Penyebab Sakit Dada Bagian Tengah

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah
GettyImages/yodiyim

Sakit dada bagian tengah tak boleh disepelekan. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kondisi ini, antara lain:

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

1. Serangan Jantung

Sakit dada bagian tengah dapat menjadi tanda serangan jantung, yakni kondisi yang terjadi karena adanya penyumbatan pada arteri, yaitu bagian yang memiliki fungsi untuk memasok darah ke otot jantung. Penyumbatan dapat terjadi pada satu maupun di beberapa arteri. Selain sakit dada bagian tengah, serangan jantung juga umumnya disertai dengan sensasi menusuk, tertekan, dan sesak pada dada.

2. Angina

Angina juga dapat menyebabkan sakit dada bagian tengah. Kondisi ini timbul akibat berkurangnya suplai darah yang mengalir ke jantung. Selain nyeri dada, angina juga membuat sensasi tertekan pada dada dan nyeri pada tubuh bagian atas. Angina dapat muncul kapan saja dan harus diperhatikan, karena dapat memicu serangan jantung.

3. Radang Jantung

Jantung manusia dapat mengalami peradangan, baik pada bagian kantung yang mengelilingi jantung maupun pada bagian otot jantung. Kedua kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri serta virus yang dapat memicu sakit dada bagian tengah.

4. Emboli Paru

Emboli paru ialah kondisi pembekuan darah di vena yang berjalan hingga pembuluh darah paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan Grameds mendadak kesulitan bernapas serta dibarengi dengan nyeri dada. Pada kondisi ini, nyeri dada yang muncul akan terasa seperti serangan jantung.

5. Pneumonia

Nyeri dada pada pengidap pneumonia umumnya akan terasa tajam serta menusuk. Nyeri akan terasa semakin memburuk ketika menarik napas. Selain nyeri dada, kondisi ini juga disertai dengan gejala batuk parah, panas dingin, dan demam. Sakit dada oada bagian tengah juga dapat menjadi pertanda dari kondisi penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

6. Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung alias Gastroesophageal reflux (GERD) juga dapat menjadi pemicu nyeri dada. Hal ini terjadi karena ada pergerakan asam lambung kembali ke kerongkongan. Nyeri dada pada penyakit ini biasanya disertai dengan sensasi terbakar di dada dan rasa mulas.

7. Serangan Panik

Selain gangguan kesehatan, sakit dada bagian tengah kerap muncul berbarengan dengan serangan panik. Meski demikian, kondisi ini umumnya hanya berlangsung sebentar dan akan segera menghilang. Kendati demikian, nyeri dada yang muncul kerap terasa seperti gejala serangan jantung. Selain sakit dada bagian tengah, serangan panik juga menyebabkan pusing, sesak napas, dan detak jantung menjadi tidak beraturan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah
https://www.helpguide.org/

Penyakit jantung menyebabkan pengidapnya mengalami gejala gangguan pada bagian dada. Biasanya, pengidap penyakit jantung akan merasakan beberapa gejala yang umum, seperti nyeri dada, jantung yang berdetak lebih cepat maupun lebih lambat, pusing, cepat lelah, sesak napas, tangan dan kaki menjadi dingin, serta kulit yang berubah menjadi kebiruan.

Berbagai pencegahan dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari rutin untuk berolahraga serta mengatur pola makan yang sehat. Grameds dapat melakukan pencegahan penyakit jantung dengan melakukan kebiasaan sehat, seperti:

1. Jaga Kesehatan Mulut

Tahukah Grameds bila kesehatan antara suatu bagian tubuh dengan bagian yang lainnya saling berkaitan satu sama lain? Berlaku demikian pula pada kesehatan mulut dan jantung.

Masalah pada jantung dapat terjadi saat terdapat gejala penyakit mulut, gusi, dan gigi yang bertambah parah dan tak segera memperoleh perawatan. Saat bertambah parah, baik itu jamur maupun bakteri dapat berpindah ke aliran darah serta meningkatkan protein C-reaktif. Protein tersebut nantinya dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah yang berada di sekitar jantung.

Maka dari itu, cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung ialah dengan menjaga kesehatan mulut Grameds. Cobalah untuk menggosok gigi sebanyak 2 kali secara rutin, pagi sebelum sarapan serta malam hari sebelum tidur. Bersihkan juga gigi Grameds dengan menggunakan benang gigi atau flossing.

2. Batasi Konsumsi Makanan Asin

Makanan yang memiliki rasa asin dan gurih memang nikmat, tetapi bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi) yang adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Ketika tekanan darah Grameds tinggi, maka kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat. Hal ini dapat mengganggu kesehatan jantung.

Batas asupan garam (natrium) bagi tubuh per hari untuk orang dengan usia 19-49 tahun ialah 1500 mg. Grameds dapat mengurangi garam dengan cara membatasi penggunaan garam ketika memasak. Selain itu, batasi juga mengonsumsi makanan tinggi garam yang telah dikemas, seperti daging sapi asap, makanan ringan, dan junk food.

Supaya masakan tetap sedap, Grameds dapat mengganti garam dengan rempah sehat, seperti merah putih, bawang putih, maupun lada.

3. Cukup Tidur

Cara untuk menjaga kesehatan jantung yang perlu Grameds lakukan ialah menjaga kualitas tidur Grameds. Jangan biasakan untuk tidur pada larut malam dan bangun siang hari, atau begadang tanpa tujuan yang jelas.

Perlu Grameds ketahui bahwa tidur merupakan waktu bagi tubuh Grameds untuk beristirahat. Jika Grameds kerap tidur larut malam atau memiliki kebiasaan begadang, maka jam biologis tubuh bisa rusak. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik serta memicu terjadinya peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal serta bangun pagi hari pada tiap harinya, sekalipun Grameds sedang berlibur. Jauhkan segala hal yang bisa mengganggu tidur Grameds pada malam hari, seperti menggunakan ponsel untuk tujuan hiburan atau menonton tv. Pastikan Grameds tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

4. Hindari Duduk Terlalu Lama

Seharian duduk dan menghadap komputer tak sekadar membuat badan Grameds jadi pegal, tetapi juga berisiko menurunkan kesehatan jantung Grameds. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat menyebabkan penggumpalan darah yang dapat memperburuk sirkulasi darah pada tubuh.

Bila Grameds memang menghabiskan waktu bekerja dengan posisi duduk, jangan lupa untuk melakukan gerakan peregangan di rumah maupun di kantor. Cara lain untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat Grameds coba adalah memilih naik tangga daripada elevator serta berjalan kaki menyusuri koridor kantor maupun halaman rumah. Dengan begitu, Grameds akan tetap aktif bergerak walaupun harus bekerja.

5. Berhenti Merokok dan Menghirup Asap Rokok

Past Grameds sudah tahu, bila merokok bisa merusak kesehatan, termasuk jantung? Ya, rokok bisa menyebabkan penyakit jantung karena di dalamnya terdapat kandungan bahan kimia yang dapat mendorong pembentukan plak pada pembuluh arteri di jantung. Plak ini dapat menumpuk seiring dengan berjalannya waktu serta menyumbat aliran darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung kelak.

Maka dari itu, sebaiknya Grameds berhenti merokok. Grameds juga harus menghindari orang yang sedang merokok karena asapnya dapat tercium oleh Grameds.

6. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin serta mineral yang sangat berguna untuk tubuh Grameds. Selain itu, jenis makanan ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat mencegah peradangan, rendah kalori, serta kaya serat. Kandungan nutrisinya ini bisa membantu Grameds untuk menjaga kesehatan jantung.

Grameds dapat menambahkan berbagai jenis sayur untuk menu makan sehari-hari dan buah-buahan untuk camilan sehat. Jangan lupa, mencuci sayur dan buah tersebut lebih dulu menggunakan air mengalir sebelum Grameds konsumsi, ya.

7. Batasi Makanan Berlemak

Lemak memang tubuh Grameds butuhkan, sebagai sumber energi cadangan serta membantu menyerap nutrisi pada makanan. Walau begitu, tak semua lemak baik bagi kesehatan tubuh. Ada jenis lemak dari makanan yang harus Grameds batasi asupannya, yaitu lemak jenuh.

Jenis lemak ini bisa menyebabkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh menjadi tinggi, dan pada akhirnya membentuk plak di pembuluh darah pada jantung, sehingga buruk bagi kesehatan jantung.

Jadi, cara untuk menjaga kesehatan jantung terkait hal ini ialah dengan membatasi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Sebagai contoh makanan tinggi lemak ialah gorengan dan jeroan.

8. Olahraga Rutin

Olahraga dapat menyehatkan tubuh secara menyeluruh, mulai dari ujung rambut hingga kaki Grameds, termasuk jantung. Manfaat dari olahraga bagi jantung sangatlah banyak.

Kegiatan fisik ini membantu mengendalikan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta menurunkan tekanan darah. Ada berbagai jenis olahraga yang dapat menyehatkan jantung, seperti lari, berenang, bersepeda, jogging, maupun senam jantung. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit pada setiap harinya.

9. Kelola Stres Dengan Baik

Stres merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung. Ketika seseorang tengah mengalami stres berat, tekanan darah dapat meningkat. Stres juga dapat menganggu kualitas tidur seseorang sehingga dapat memperburuk kesehatan jantung.

Stres menjadi lebih berbahaya ketika banyak orang menjadikan minuman alkohol, merokok, serta makan dengan berlebihan sebagai cara untuk menghilangkan stres yang mereka hadapi. Padahal, tindakan tersebut justru akan menurunkan kesehatan jantung

Makanan yang Baik Bagi Jantung

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah
GettyImages

Selain dengan melakukan upaya pencegahan seperti yang sudah dielaskan pada uraian sebelumnya, menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan. DI antaranya:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi bagi menjaga kesehatan jantung. Dilasir dari laman Health, kandungan asam omega 3 yag ada pada ikan salmon efektif untuk menghindari pembekuan darah yang mengganggu aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan asam omega 3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Tahu

Dilansir dari situs Healthline, tahu adalah makanan sehat yang berguna untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan kacang kedelai yang ada pada tahu mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung. Selain itu, tahu juga mempunyai kandungan saponin, yakni kandungan senyawa yang mampu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh.

3. Sayuran Hijau

Tentunya berbagai jenis sayuran hijau dapat dengan mudah untuk ditemui. Berbagai jenis sayuran hijau, seperti sawi, bayam, dan juga selada merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi karena dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Hal ini disebabkan karena sayuran hijau mempunya serat, kalori, dan juga rendah lemak. Tak hanya itu, kandungan kalium dan folat yang terkandung di dalam sayuran hijau juga sangat baik untuk membantu fungsi jantung.

4. Tomat

Tomat mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium di dalam tomat. Dilansir dari situs Web MD, walaupun kandungan kalium tidak bisa mengatasi penyakit jantung yang telah terjadi, dengan memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh bisa mencegah penyakit jantung dengan fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

5. Alpukat

Dilansir dari Medical News Today, alpukat mempunyai kandungan betasitosterol yang dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan betasitosterol yang ada di dalam alpukat bisa membantu Grameds untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Oatmeal

Tak ada salahnya untuk mengganti menu camilan Grameds dengan mengonsumsi oatmeal. Selain bisa membuat rasa kenyang menjadi lebih lama, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Kondisi ini tentunya dapat menghindarkan Grameds dari berbagai gangguan pada jantung.

7. Yoghurt

Tak hanya untuk menjaga kesehatan tulang, yoghurt juga dapat dikonsumsi dengan tujuan untuk menjaga kesehatan jantung. Yoghurt mempunyai kandungan kalsium dan kalium di dalamnya. Tak ada salahnya mengonsumsi yoghurt dan dberi campuran buah segar lainnya supaya manfaat yang dirasakan menjadi semakin optimal.

Baca juga:



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 849 / 908
  • Tidak
    6% 6% 59 / 908


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien