in

Cara Menggunakan Tespek yang Akurat dan Cara Kerja-Nya!

Alodokter

Cara Menggunakan Tespek – Bagi para mereka yang sudah berkeluarga khususnya bagi mereka yang baru menikah biasanya berharap akan memiliki kandungan segera mungkin. Jika bicara soal kandungan, rasanya sulit dilepaskan dari yang namanya tespek. Bagi perempuan mungkin sudah tak asing lagi dengan alat pengetes kehamilan ini.

Meski begitu, tak semua orang mengetahui cara kerja dan cara menggunakan tespek. Untuk mengetahui kedua hal itu, kamu bisa simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Cara Kerja Test Pack

Penggunaan tespek tentu merupakan hal yang sangat familiar. Tespek atau test pack (dalam bahasa Inggris) adalah alat pendeteksi kehamilan yang lazim digunakan para wanita. Dengan kata lain, untuk memastikan kamu sedang hamil atau tidak, kamu bisa menggunakan testpack. Tespek dapat Anda temukan dengan mudah di apotek atau supermarket, dengan jenis dan harga yang bervariasi.

Tespek juga merupakan alat yang penting bagi Anda dan pasangan yang aktif secara seksual, tetapi tidak menghendaki kehadiran seorang bayi dengan alasan apapun. Untuk itu, tespek adalah barang yang sangat penting untuk mendeteksi situasi ketika Anda tiba-tiba berhenti mengalami menstruasi.

Cara menggunakan test pack memang terkesan praktis dan sederhana. Namun, penggunaan test pack yang kurang tepat ternyata bisa membuat hasilnya menjadi tidak akurat. Oleh sebab itu, pastikan Anda tahu cara menggunakan test pack yang baik dan benar. Selain itu, pastikan juga untuk membaca petunjuk pada kemasan test pack yang Anda beli.

Alat tes kehamilan test pack atau tespek bekerja dengan mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine atau air seni wanita. Hormon ini hanya akan terdeteksi jika sel telur telah yang dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya sendiri pun akan ikut meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Untuk pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil, maka mereka perlu melakukan pemeriksaan dengan tespek secara rutin. Dengan begitu, pasangan suami istri akan mengetahui apakah program hamilnya sudah berhasil atau belum.

Penggunaan alat tes kehamilan mempunyai tingkat keakuratan sebesar 99%. Akan tetapi, hasil test pack yang kurang dan tidak akurat mungkin saja terjadi. Pasalnya, jika kamu menggunakan tespek dengan cara yang kurang tepat, maka hasilnya pun nanti jadi kurang akurat. Padahal, sangat penting untuk mengetahui status kehamilan selama program hamil ini. Jadi, gunakan ketika menggunakan tespek pastikan kalau sudah benar.

Cara Menggunakan Tespek

Kapan Diketahui Kehamilan

Waktu untuk menggunakan test pack sangat berpengaruh pada keakuratan hasil. Jika Anda menggunakan tespek baru setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif, sebab hormon hCG belum dihasilkan atau terbilang masih sangat rendah.

Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama Anda merasakan keterlambatan haid atau 1-2 minggu setelah berhubungan seksual dengan pasangan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya tunggu kira-kira sampai Anda terlambat haid selama 1-2 minggu. Jika memang hamil, diperkirakan pada waktu itu masa kehamilan Anda sudah mencapai usia 6 minggu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Tespek

Penggunaan tespek yang salah seringkali terjadi ketika melakukan tes kehamilan pada siang hari. Tidak disarankan menggunakan alat tes kehamilan pada siang hari. Hal ini karena lewat dari pagi hari Anda sudah banyak minum dan makan, itu membuat urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan saat pagi hari setelah Anda terbagun dari tidur. Kondisi urine pekat pada pagi hari dapat membuat hasil menjadi lebih akurat. Jangan terburu-buru atau terlalu lama membaca hasil. Terkadang karena terlalu gembira karena mengalami keterlambatan masa haid, seorang istri biasanya terburu-buru melihat hasil menggunakan tespek.

Padahal, ada beberapa jenis test pack yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk menunjukan hasil yang akurat. Tidak jarang pula karena tidak sabar menunggu hasilnya terkadang tespek ditinggal dan kemudian baru dilihat hasilnya dalam jarak waktu yang cukup jauh. Hal ini juga bisa menyebabkan kesalahan dalam membaca hasil tespek.

Sebelum mengetahui cara menggunakan tespek yang benar, kamu wajib paham dulu bahwa alat tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine. Nah, hormon ini hanya akan muncul jika sel telur telah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Kadar hormon ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Perlu dipahami bahwa setiap jenis tespek mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan test pack yang benar supaya hasilnya lebih akurat:

1. Pastikan test pack masih dalam kondisi baik

Sebelum membeli alat tespek secara bebas di apotik atau supermarket, lihatlah tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk.

Tespek yang telah kedaluwarsa akan berkurang tingkat keakuratannya. Selain itu, pilihlah test pack yang kondisinya masih baik dan memiliki sensitivitas tinggi. Semakin sensitif alat tes kehamilan, semakin mampu alat tersebut mendeteksi kadar hormon hCG yang relatif masih rendah di awal kehamilan.

2. Kenali waktu tepat menggunakan tespek

Pemilihan waktu untuk menggunakan test pack sangat berpengaruh pada keakuratan hasil. Jika Anda menggunakan tespek setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif karena hormon hCG belum dihasilkan atau kadarnya masih sangat rendah.

Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan intim. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tunggu sampai Anda terlambat haid selama 1-2 minggu. Jika hasil tes positif, diperkirakan kehamilan Anda sudah mencapai usia 6-7 minggu pada waktu itu.

Selain itu, cara menggunakan tespek yang tepat sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini karena kondisi urine di pagi hari masih pekat, sehingga alat tes kehamilan bisa memberikan hasil yang lebih akurat.

Penggunaan tespek di siang hari tidak disarankan karena Anda sudah banyak minum, sehingga urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi.

3. Gunakan tespek sesuai dengan cara yang direkomendasikan

Pastikan Anda membaca dengan saksama cara menggunakan tespek yang tertera di kemasan produk. Pasalnya, setiap produk tespek mungkin memiliki instruksi penggunaan yang berbeda-beda.

Umumnya, ada 3 jenis test pack yang paling sering digunakan untuk mendeteksi kehamilan, antara lain:

a. Test Pack Strip

Test pack strip adalah alat tes kehamilan berupa strip plastik. Berukuran kecil yang sangat ringan.

Adapun cara menggunakan tespek strip, sebagai berikut:

  • Siapkan wadah kecil untuk menampung urine. Bila Anda kesulitan untuk menemukan wadah yang tepat, bisa dengan langsung mengguyur urine ke tespek, tapi harus hati-hati ya supaya tidak melebihi garis batas.
  • Setelah urine ditampung, celupkan test pack strips ke wadah dengan bagian putihnya dan pastikan untuk mencelupkannya hingga di bawah garis batas.
  • Celupkan sampai dibawah garis batas MAX.
  • Tunggulah kurang lebih 5-10 detik, lalu angkat test pack.
  • Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan garis merah yang ditunjukan oleh alat.
  • Tunggulah sekitar 10 menit sampai warna garis benar-benar tidak berubah lagi.
  • Bila muncul dua garis merah, menunjukan bahwa Anda hamil. Sedangkan satu garis atau tidak ada garis sama sekali, menunjukkan kalau tidak ada tanda kehamilan.

b. Test Pack Digital

Berbeda dengan yang sebelumnya, alat ini punya bentuk seperti stik dengan ujungnya yang dapat dipasang strip untuk menyerap urine.

Cara menggunakan test pack digital juga sebenarnya sama saja dengan tespek strip. Meskipun cara menggunakannya sama, tetapi tespek digital memiliki kelebihan, yaitu bisa digunakan berulang kali dengan cara mengganti stripnya didalamnya saja.

c. Pregnancy Cassette Test

Pregnancy Cassette Test yaitu alat tes kehamilan berupa stick yang digunakan dengan cara meneteskan urin pada alat tersebut. Contohnya adalah test pack Sensitif Compact Unit.

Cara Menggunakan Test Pack

Setelah mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan tespek, maka pembahasan selanjutnya adalah cara menggunakan tespek. Meski terlihat sederhana, cara menggunakan test pack yang tidak tepat dapat membuat hasilnya menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menggunakan alat tes kehamilan dan membaca hasilnya dengan tepat.

Berikut cara menggunakan tespek akurat:

  • Buka kemasan Sensitif Compact, lalu pegang ke arah kucuran urine saat buang air kecil.
  • Pegang Sensitif Compact dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan basah karena urine.
  • Jangan sampai membasahi jendela/tempat penunjuk hasil.
  • Hasil akan keluar dalam waktu 3 menit. Jika dalam waktu 3 menit garis merah belum muncul juga, tunggu 1 menit lagi.
  • Hasil test pack positif baru akan keluar 1 menit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon hCG.
  • Jika setelah 3 menit tidak ada hasil yang muncul, hal ini dapat disebabkan karena ujung resapan kurang dibasahi urin.
  • Sesuai dengan petunjuk pemakaian, urin dikeluarkan minimal 10 detik langsung pada ujung resapan.
  • Pada Sensitif Compact, hasil tespek positif ditandai dengan munculnya garis merah pada jendela control (berbentuk bulat) dan jendela hasil (berbentuk persegi).

Setiap test pack memiliki indikator hasil yang berbeda-beda. Baik itu satu atau dua garis, simbol (+) atau (-), hingga kata “hamil” atau ” tidak hamil”.

Apabila tidak muncul garis, tanda, atau tulisan apapun setelah melakukan tes, berarti ada kesalahan saat menggunakan test pack dan Anda perlu melakukan tes ulang. Namun, jika Anda mengalami gejala atau tanda awal kehamilan sementara hasil test pack masih menunjukkan negatif, maka lakukan tes kembali pada 3 hingga 5 hari setelahnya.

Rekomendasi Tespek Terbaik dan Akurat

Pada dasarnya, ada banyak sekali merek tespek yang beredar di apotek atau supermarket, kamu bisa memilih sesuai dengan harga atau mereknya. Namun, bagi kamu yang masih bingung untuk memilih tespek yang bagus, maka di bawah ini akan diberikan rekomendasi tespek terbaik dan akurat. Berikut ini tespek terbaik dan akurat.

1. Test Pack Sensitif Compact

Cara Menggunakan Tespek
Halodoc

Sensitif Test Pack ini merupakan alat uji kehamilan yang bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG yang meningkat di awal kehamilan. Alat ini memiliki tingkat akurasi hingga 99%. Hasil akan muncul satu menit setelah urine mengenai alatnya.

Terlebih lagi, tespek ini dilengkapi dengan tabel komparasi, test pack ini cukup mudah ketika membaca hasilnya. Tespek Sensitif juga tersedia dalam jenis lainnya, seperti Sensitif Digital, Sensitif Strip, dan Sensitif Urine Container.

2. Test Pack Akurat Strip

Cara Menggunakan Tespek
Halodoc

Alat tespek akurat ini memiliki bentuk strip yang dapat mendeteksi kehamilan secara akurat dengan tingkat 99%. Hasil yang didapat akan keluar 1-3 menit setelah penggunaan. Untuk menggunakan alat ini, cukup celupkan tespek ke urine yang telah ditampung di wadah selama 15 detik. Alangkah baiknya, lakukan tes di pagi hari dan ikuti ketentuan yang tertera di balik kemasan.

3. Incinta Test Strip

Cara Menggunakan Tespek
Halodoc

Alat uji tes kehamilan berbentuk strip ini dapat mengukur kepekaan hCG atau human chorionic gonadotropin. Hormon ini dapat meningkat pada masa awal kehamilan. Ketika Anda merasakan gejala kehamilan setelah beberapa hari melakukan hubungan seksual atau telat menstruasi, maka cobalah untuk melakukan tes dengan Incinta Test Strip.

Cara penggunaan alat ini cukup mudah, pengguna cukup masukan stik ke dalam urine selama beberapa saat. Lalu, tunggu hingga 1-3 menit sampai hasil di indikator keluar. Jika indikatornya menunjukkan 1 garis artinya tidak hamil. Sedangkan 2 garis menunjukkan tanda Anda hamil.

4. Woman Choice Midstream

Cara Menggunakan Tespek
KALCare

Alat tes kehamilan Woman Choice tersedia dalam bentuk midstream dan strip. Untuk Woman Choice midstream dapat memberikan hasil yang akurat seperti hasil dari laboratorium. Woman Choice ini sudah memiliki standarisasi internasional dan bersertifikat FDA 510 K, CE dan ISO 13485, serta Health Canada.

Alat tes kehamilan ini mengklaim dapat memberikan hasil yang akurat hingga 100%. Hasil yang diperoleh bisa didapat dalam waktu di bawah 40 detik setelah melakukan tes. Tidak hanya itu, Woman Choice bisa digunakan pada pagi, siang, atau malam hari. Dapat digunakan untuk mendeteksi hormon HCG 7 hari.

5. Humasis Pregnancy Test Strip

Cara Menggunakan Tespek
HDmall.id

Hormon Glikoprotein atau HCG merupakan hormon yang disekresi oleh plasenta setelah implantasi. Ketika masuk pada fase kehamilan normal, HCG bisa dideteksi melalui urin pada 7 hingga 10 hari setelah terjadi pembuahan.

Untuk mengukur hal tersebut, Anda bisa menggunakan rekomendasi tespek terbaik Humasis Pregnancy Test Strip. Hasil yang didapat dari alat ini bisa didapat dengan cepat serta akurat hingga 99% tanpa perlu menunggu lama.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami gejala atau tanda awal kehamilan, tetapi hasil tespek menunjukkan negatif, Anda dapat melakukan tes ulang 3-5 hari setelahnya. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan, merokok, dan konsumsi minuman beralkohol, hingga mendapatkan kepastian Anda hamil atau tidak.

Perlu diketahui juga, setiap jenis alat tes kehamilan dirancang dengan sensitivitas yang berbeda-beda terhadap hormon hCG. Jadi, jika pada satu jenis test pack hasilnya masih membuat Anda ragu, tidak ada salahnya untuk mencoba lagi dengan test pack jenis lain.

Demikian pembahasan tentang tespek, mulai dari cara kerja hingga cara menggunakan tespek. Semoga semua pembahasan yang ada di dalam artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Grameds.

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih mengenai kehamilan dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Buku untuk Ibu Hamil Best Seller 
  2. Rekomendasi Buku Program Hamil Terbaru 2022 
  3. 7 Larangan Hamil 8 Bulan atau Ketika Memasuki Trisemester Ketiga 
  4. Kenali Ciri-Ciri Hamil Muda yang Umum dan Kurang Umum 
  5. Ragam Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil: Moms, Hati-Hati! 
  6. Cara Cepat Hamil Secara Aman dan Alami 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda