in

Rekomendasi Buku Program Hamil

Untuk sebagian pasangan, kehamilan bisa datang dengan sangat mudah. Tapi sebagian lain harus memerlukan usaha yang lebih banyak agar bisa hamil. Program hamil ini bisa dilakukan sebagai salah satu usaha agar pasangan dapat memperoleh keturunan. Tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk bisa memulai program hamil ini. Bahkan, banyak pasangan muda yang baru saja menikah beberapa bulan dapat melakukan program hamil bila memang ingin segera memiliki anak.

Program hamil merupakan sebuah upaya yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk mempercepat terjadinya kehamilan. Dimana program hamil ini dapat dilakukan secara alami ataupun secara buatan dengan cara mengandalkan teknologi yang ada. Untuk memperbanyak informasi mengenai program hamil, khususnya bagi pasangan muda. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa panduan dalam menjalankan program hamil yang tepat dan beberapa rekomendasi buku program hamil yang bisa Anda baca di rumah.

Table of Contents

Rekomendasi Buku Program Hamil

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi buku program hamil yang bisa Anda baca saat di rumah. Agar program hamil yang Anda jalani bisa membuahkan hasil yang baik sesuai dengan harapan.

Do and Don’t supaya Cepat Hamil

Banyak calon ibu dan bapak yang berharap untuk bisa segera mendapatkan momongan. Akan tetapi, kadang kala langkah untuk mendapatkan anak terhalang oleh banyaknya hal yang menjadi rintangan tersendiri. Menurut ahlinya, yaitu dr. Ivander Utama, Sp. OG, buku yang berjudul Do and Don’t Supaya Cepat Hamil membahas secara detail mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan supaya calon ibu dan juga calon bapak dapat memperoleh momongan dengan cepat.

Di dalam buku ini, ada beberapa hal lain yang dibahas yang berkaitan dengan kehamilan dan kesuburan, seperti halnya makanan serta suplemen, olahraga, berat badan, bagaimana cara menghitung masa subur, dampak dari smartphone bagi kesuburan, pijat kandungan dan juga akupuntur, sampai PCO dan PCOS. Oleh karena itu, buku yang satu ini adalah salah satu rekomendasi buku program hamil yang dapat menjadi panduan untuk para calon ibu dan bapak dalam usahanya mendapatkan momongan. Sehingga dapat memudahkan jalan untuk mewujudkan program hamil yang benar dan efektif.

Aku Ingin Hamil (Aih)

Inilah kisah perempuan Indonesia yang tergabung dalam komunitas facebook Aku Ingin hamil. Buku ini menuturkan perjuangan para perempuan yang telah beberapa waktu merindukan kehadiran sang buah hati. Aku Ingin Hamil berisi tak hanya curhat belaka, namun juga tips dan trik untuk mendapatkan buah hati, baik lewat jalur medis maupun alternatif, yang berujung keberhasilan mendapatkan “testpack positif”.

Kisah-kisah dalam Aku Ingin Hamil sungguh mengispirasi kita, bahwa seorang perempuan dengan segala kehebatan dan kerendahan hatinya, tak putus asa untuk dapat melahirkan dan membesarkan generasi penerus dengan penuh cinta kasih.

Promil Tanpa Galau

Buku ini memuat informasi lengkap yang sangat bermanfaat untuk pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan dan menghadapi infertility. Infertilitas atau ketidaksuburan merupakan sebuah tantangan tersendiri di dalam sebuah pernikahan. Untuk menghadapinya, dibutuhkan dukungan, baik itu dari pasangan, keluarga, ataupun lingkungan sosial.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Hal tersebut sangat penting untuk mengurangi stres dan juga beban pikiran yang sangat bisa mempengaruhi program kehamilan. Informasi yang ada di dalam buku Promil Tanpa Galau ini bisa membantu Anda ataupun pasangan yang sedang mengalami infertilitas.

Perlu Anda pahami bahwa infertilitas bukan hanya masalah perempuan saja, namun juga laki-laki. Jadi, para suami juga harus sadar dan ikut memeriksakan diri sendiri saat istri belum juga hamil secara alami. Adapun penyebab lain yang paling sederhana adalah karena stres. Untuk itu, alangkah lebih baik jika pasangan suami istri menjauhi stres dan membaca buku Promil Tanpa Galau untuk menambah wawasan informasi mengenai infertilitas.

Selain itu, masalah infertilitas juga tidak hanya ada pada pasangan yang sudah menikah saja. Untuk pasangan yang baru ataupun yang akan menikah juga tidak menutup kemungkinan mempunyai masalah gangguan kesuburan. Supaya program hamil dapat berhasil dan sukses, pastinya dibutuhkan informasi yang benar dan akurat. Dengan membaca buku yang satu ini, Anda bisa mengetahui penyebab infertilitas lebih dini dan bagaimana cara menanganinya secara benar dan tepat.

Kitab Herbal Kesuburan Agar Cepat Hamil : 31 Resep Ampuh Kit

Di dalam buku ini akan dijelaskan mengenai 31 resep ramuan tanaman obat yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesuburan perempuan ataupun laki-laki supaya meningkatkan kemungkinan untuk cepat hamil. Upaya agar cepat hamil yaitu dengan cara melakukan terapi peningkatan kesuburan dengan menggunakan tanaman obat yang ada di lingkungan sekitar kita. Secara sederhana, buku ini merupakan bagian dari ikhtiar atau usaha suami istri supaya segera cepat menimang momongan.

Cara Sehat Cepat Hamil

Anak ataupun buah hati merupakan suatu hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan yang telah menikah. Tapi sayangnya, ada beberapa pasangan suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun namun tidak kunjung mendapatkan anak. Hal tersebut tentu akan sangat meresahkan. Apakah Anda mengalami masalah yang sama?

Sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena buku ini menjelaskan berbagai permasalahan tersebut secara lebih lengkap. Diantaranya adalah nutrisi yang diperlukan oleh sel sperma dan juga sel telur supaya kualitasnya tetap terjaga.

Sehingga akan memudahkan proses pembuahan. Selain itu, ada juga ulasan mengenai kebiasaan sehat yang dapat mendorong kesehatan reproduksi sekaligus menghindari kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari bisa mempengaruhi kesulitan untuk mempunyai anak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk baca buku ini dan lakukan berbagai perubahan pada diri Anda dan juga pasangan agar cepat memperoleh momongan.

Cepat Hamil Mau Tips Praktis dan Cerdas Bagi Calon Ibu

Menjadi seorang ibu merupakan sebuah anugerah yang paling indah untuk setiap perempuan. Hadirnya anak atau buah hati seakan melengkapi kodrat perempuan sebagai seorang istri dan pengayom keluarga.

Anak merupakan permata yang bisa menumbuhkan cinta kasih yang tidak pernah terputus dan menumbuhkan rasa syukur yang tidak terhingga kepada Sang Maha Kuasa. Oleh karena itu, ketika diberikan kesempatan untuk menjadi seorang ibu, jarang sekali terbesit keinginan untuk menyia-nyiakan anak tersebut.

Lalu, apa sajakah yang perlu kita persiapkan untuk menjadi seorang ibu yang akan selalu disayangi dan dirindukan oleh seluruh keluarga? Buku yang satu ini akan mengungkap berbagai hal yang terlihat secara nyata dan yang tumbuh di dalam alam pikiran bawah sadar untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ibu yang bisa diandalkan. Tidak perlu dan tidak mungkin bisa sempurna, tapi cukup untuk bisa memenuhi kodrat dan naluri sebagai seorang perempuan yang bahagia dengan anak-anak yang bahagia juga.

30 Langkah Cepat Hamil

Kehamilan adalah suatu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Terlebih untuk mereka yang baru saja menikah. Akan tetapi, ada beberapa pasangan yang meski di dalam pemeriksaan medis tidak ada kelainan ataupun gangguan, normal, dan subur, namun juga tidak kunjung hamil.

Bahkan setelah beberapa tahun menikah, belum juga diberi momongan. Hal penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 11 persen pasangan yang memiliki usia reproduksi memang mengalami kesulitan dalam hamil ataupun mempertahankan kehamilan.

Buku yang satu ini membahas satu persatu permasalahan mengapa Anda tidak kunjung hamil dan bagaimana cara dan tips yang bisa bermanfaat untuk Anda dan asangan supaya segera memperoleh keturunan. Anda akan dibimbing untuk merencanakan secara matang kehamilan yang sehat guna menghindari masalah di masa mendatang.

#BebasTakut Hamil dan Melahirkan – Yesie Aprilia

Rekomendasi Buku Program Hamil

Kehamilan merupakan anugerah yang indah dan nikmat. Tak ayal, kadang kita mendapat berbagai kisah dan anjuran yang membuat kita malah takut. Banyak ibu yang merasa takut saat hendak melahirkan karena mendengar cerita bahwa persalinan itu menyakitkan

Sebagai seorang bidan berpengalaman, Yesie Aprilia memahami dengan rasa ketakutan tersebut. Oleh karena itu, melalui buku ini Yesie Aprilia berusaha memberi pemahaman bahwa melahirkan tidak semenakutkan itu.

Buku ini menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan selama kehamilan dan persalinan. Kita juga akan dikenalkan dengan metode gentle birth yang membantu ibu berfokus pada rasa nyaman saat hamil. Dengan mengutamakan kelembutan dan ketenangan, proses bersalin diharapkan lebih minim trauma.

 

Belahan Jantungku – Andien Aisyah

Rekomendasi Buku Program Hamil

Setiap perempuan mempunyai rimbanya sendiri. Perjalanan perempuan yang satu tidak dapat dibandingkan dengan perjalanan perempuan lainnya. Sama seperti kita yang diciptakan beragam, cerita, tantangan dan serba-serbi yang kita hadapi juga berbeda.

Andien Aisyah merupakan seorang musisi Indonesia yang sekaligus sebagai parenting influencer di Instagram yang menjadi favorit banyak orang. Buku ini bercerita mengenai perjalanan Andien menjadi seorang ibu, mulai dari hamil, melahirkan hingga membesarkan buah hatinya

Hari-Hari Hepi Ibu Hamil – Han Jin Seon, TallTree

Rekomendasi Buku Program Hamil

Tentu kita tidak ingin melewati waktu 9 bulan kehamilan dengan lebih banyak duka dibanding suka, bukan? Oleh karena itu, buku ini dapat dijadikan sebagai pilihan bacaan.

Buku ini mengulas cara menjalani hari-hari kehamilan dengan lebih menyenangkan. Ada berbagai rekomendasi aktivitas menyehatkan yang dapat diterapkan. Ibu hamil yang bahagia tentu akan melahirkan anak yang ceria juga sehat.

Hamil Tanpa Galau – Redaksi Teman Bumil

Rekomendasi Buku Program Hamil

Perubahan bentuk tubuh, mood, hormon, hingga emosi saat hamil sering membuat ibu galau. Rasa ketakutan muncul akibat ketidaktahuan. Apabila kita merasakan hal yang sama, sebaiknya kita membaca buku terlebih dahulu.

Buku ini berisikan informasi yang lengkap mengenai proses kehamilan hingga persalinan. Buku ini mengulas mengenai mitos yang sering beredar serta bagaimana fakta sebenarnya. Sebagai buku pengetahuan dasar untuk ibu hamil, isinya memang kurang mendalam. Meski begitu, buku ini layak dijadikan bacaan awal untuk kedua calon orang tua, baik suami maupun istri.

Prenatal Gentle Yoga – Yesie Aprillia

Rekomendasi Buku Program Hamil

Yoga di masa hamil tentu akan berbeda dengan yoga di hari-hari biasa. Buku ini memberi panduan tentang bagaimana melakukan yoga yang benar selama masa kehamilan. Dilengkapi dengan gambar berwarna, ibu-ibu pun akan mudah mengikuti gerakannya. Dengan membaca buku ini, diharapkan para ibu bisa melahirkan bayi dengan nyaman serta minim trauma.

A-Z Datang Setelah Melahirkan

Rekomendasi Buku Program Hamil

Mempunyai buah hati menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak perempuan. Agar kita mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi segala kemungkinan setelah melahirkan, maka bisa membaca buku ini. Sesuai dengan namanya, buku ini mengulas hal-hal yang mungkin dan banyak terjadi di masa transisi menjadi ibu baru.

Dalam buku ini dijelaskan mengenai baby blues syndrome, motherhood crisis, hingga perubahan hormon yang drastis. Semua hal-hal ini bisa dialami oleh siapa saja. Selama kita membekali diri, kita tidak perlu takut menghadapi. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk membantu kita lebih percaya diri dalam memasuki dunia motherhood yang serupa roller coaster.

Because This is My Baby’s First Journey – Tim Chai’s Play

Rekomendasi Buku Program Hamil

Bagi yang sedang hamil anak pertama, buku ini layak untuk dibaca. Pada buku ini akan dibahas mengenai tahapan perkembangan bayi mulai dari baru lahir hingga usia 24 bulan. Kita pun jadi mempunyai bayangan tentang bagaimana mengasuh dan memperlakukan bayi baru lahir.

Ditulis oleh Tim Chai’s Play yang beranggotakan para ahli pendidikan anak usia dini, buku ini terbilang lengkap. Berbagai area tumbuh kembang bayi juga akan dibahas di buku ini. Selain itu, kita juga mendapatkan ratusan tips stimulasi yang tepat untuk bayi.

Sehat dan Bugar Selama Hamil dan Pasca Melahirkan – Imam Wahyu Winaris

Rekomendasi Buku Program Hamil

Hamil terkadang membuat tubuh menjadi lemah dan lemas sehingga ingin bermalas-malasan saja. Melalui buku ini, kita akan diajak supaya tetap bersemangat, bugar dan sehat selama menjalani kehamilan. Buku ini menjelaskan mengenai cara merawat tubuh selama hamil hingga akan melahirkan.

Selain aneka tips berguna, kita juga akan mendapatkan informasi mengenai gangguan kesehatan pasca melahirkan. Aneka persoalan yang kerap terjadi pada ibu dibahas secara menyenangkan. Buku ini makin menarik karena dilengkapi dengan gambar yang memudahkan ibu untuk mempratikkan aneka tips yang ada.

Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun – Tiga Generasi

Rekomendasi Buku Program Hamil

Masa-masa mengasuh bayi mungkin menjadi hal yang paling ditunggu sekaligus menakutkan. Untuk mengatasi hal tersebut, para ibu bisa membaca buku “Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun” yang dikarang oleh Tiga Generasi. Dengan membaca buku kehamilan ini, para ibu bisa mengetahui dan mendapatkan trik untuk merawat anak yang baik dan tidak membuat si ibu panik.

Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal – Erlysita Lammarisi

Rekomendasi Buku Program Hamil

“Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal” karya Erlysita Lammarisi ini merupakan salah satu buku kehamilan best seller. Buku ini memuat berbagai hal mengenai kehamilan, persalinan, setelah persalinan bahkan saat masa-masa menyusui. Selain itu, terdapat juga aplikasi yang dapat diunduh di Play Store yang menyediakan berbagai video senam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Panduan Hamil Sehat & Syar’I – Sai’datul Nafisah

Rekomendasi Buku Program Hamil

Buku kehamilan karangan Sa’idatul Nafisah ini memberikan berbagai pengetahuan mengenai kehamilan, perkembangan janin, hingga nutrisi kehamilan. Selain itu, para ibu juga dapat mengetahui berbagai ibadah sunnah yang dapat dilakukan saat masa kehamilan. Buku ini akan memperkaya pengetahuan sang ibu mengenai kesehatan dan keamanan si kecil saat dalam perut.

456 Fakta tentang ASI dan Menyusui – dr Meta Hanindita, Sp.A. (K)

Rekomendasi Buku Program Hamil

Buku ini merangkum sejumlah fakta mengenai ASI dan menyusui berdasarkan bukti ilmiah. Dirangkum dengan cara point-to-point dan bahasa sederhana, buku membahasa tentang proses menyusui dan permasalahannya, nutrisi ibu menyusui, manajemen laktasi, cara menyapih serta mitos seputar ASI dan menyusui.

Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat – dr. Irfan rhamtullah, Sp.OG & dr. Nurcholid Umam Kurniawan, M.Sc.Sp.A

Rekomendasi Buku Program Hamil

Dalam buku ini dibahas tentang seputar kehamilan dan persalinan yang lebih dari 500 ilustrasi dan infografis. Menjalani kehamilan dan persalinan yang sehat akan membantu menjawab semua pertanyaan para sang ibu.

Mulai dari pra-kehamilan, proses kehamilan, komplikasi-komplikasi kehamilan hingga proses persalinan dan bahkan semua kekhawatiran tentang keadaan yang akan mempersulit kehamilan dapat ditemukan di buku ini. Buku ini dibuat khusus bagi para calon ibu dan ayah untuk mempersiapkan kehadiran calon anggota keluarga baru dengan informasi dan ilustrasi yang mudah dipahami.

Asuhan Pada Kehamilan – Andina Vita Sutanto Yuni Fitriana

Rekomendasi Buku Program Hamil

Kehamilan merupakan momen terindah dalam hidup seorang iu. Oleh karena itu, sudah pasti semua ibu ingin kehamilan yang dijalani merupakan kehamilan yang sehat. Dan untuk dapat menjalani kehamilan sehat selama 9 bulan, ibu perlu mempersiapkan diri jauh sebelum kehamilan itu terjadi.

Super Lengkap Kehamilan dan Persalinan – Suwignyo siswoharjo, Fitri chakrawati

Buku Super Lengkap Kehamilan dan Persalinan ini hadir sebagai panduan lengkap dalam mempersiapkan kehamilan. Tidak hanya menyajikan hal-hal yang harus dipersiapkan oleh calon ibu, namun juga persiapan yang harus dilakukan calon ayah untuk menyambut momen bahagia tersebut.

Maka, di buku ini disajikan semua hal secara detail, mulai dari masa persiapan kehamilan/pra kehamilan, kehamilan, persalinan hingga pasca persalinan. Selain itu, pembahasan juga dilengkapi dengan aneka tips seputar kehamilan, persalinan dan bayi. Nikmatilah perjalanan kehamilan yang sehat dengan membaca buku ini!

Mama Wajib Tahu : Mitos & Fakta Seputar Kehamilan & Persalinan – Essie Laksana

Buku ini menjelaskan tentang mitos dan fakta seputar kehamilan dan persalinan, seperti benarkah jika ibu hamil cepat lapar, bayinya laki-laki? Jika membatasi makanan bergaram apakah bisa mencegah pre-klamsia? Benarkah selera makan ibu hamil dapat menular ke bayi? Apakah ibu hamil sering buang air kecil? Benarkah jika ngidam tidak dituruti anak akan ngiler? Benarkah jika minum es krim ukuran bayi akan menyusut? Benarkah jika perut turun menandakan bayi segera lahir? Benarkah makan anggur menyebabkan keguguran? Dan berbagai mitos dan fakta lainnya akan kita temukan dalam buku ini.

Kehamilan Ektopik: Hamil di Luar Kandungan – Viani Liwis, Rena Sihpratiti, Permata Ilmu

Buku ini untuk para ibu yang mengalami kehamilan di luar kandungan. Meskipun sebagai kejadian yang jarang ditemukan, namun faktanya kehamilan ini ada di beberapa dari kita. Ada beberapa informasi yang telah dirangkum oleh penulis tentang seluk-beluk kehamilan tersebut.

 Cara Sehat Cepat Hamil – Lenan Sari

Buah hati adalah suatu hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan yang telah menikah. Namun, ada beberapa pasangan suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun belum kunjung mendapatkan anak. Hal tersebut tentu bisa menimbulkan keresehan.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena buku ini menjelaskan berbagai permasalahan yang lebih lengkap. Seperti nutrisis yang diperlukan oleh sel sperma dan juga sel telur agar kualitasnya tetap terjaga, sehingga memudahkan proses pembuahan.

Pengertian Program Hamil

Program hamil merupakan sebuah rangkaian langkah yang perlu diikuti oleh pasangan yang mempunyai rencana menjalani proses kehamilan. Langkah awal dari program hamil biasanya berupa diskusi dan juga pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui berbagai macam risiko pada ibu dan juga bayi saat menjalani masa kehamilan.

Untuk memperlancar program hamil ini, Anda sangat disarankan untuk mengumpulkan lagi data riwayat kesehatan secara lengkap. Terlebih untuk jenis penyakit yang bisa meningkatkan risiko komplikasi ketika masa kehamilan. Misalnya saja, asma, diabetes, dan juga hipertensi serta penyakit lainnya yang sudah diketahui sejak dini. Hal itu akan membuat dokter mudah dalam melakukan tindakan pengobatan sebelum memasuki masa kehamilan.

Cara Program Hamil yang Tepat

Alangkah lebih baik, program hamil harus dilakukan di bawah pengawasan dokter yang sudah kompeten atau dokter spesialis kebidanan dan juga kandungan. Setidaknya, Anda akan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum melakukan program hamil apapun.

Termasuk juga program hamil yang paling sederhana, yakni berhubungan intim secara teratur. Adapun faktor lain yang bisa menentukan keberhasilan kehamilan selain masuknya sperma ke dalam sistem reproduksi perempuan, yakni usia pasangan dan juga waktu berhubungan intim.

Untuk perempuan, usia di bawah 35 tahun akan mendapatkan peluang lebih besar untuk terjadinya kehamilan. Perempuan yang berusia di bawah 35 tahun biasanya masih mempunyai banyak sel telur yang sehat dan siap untuk dibuahi. Selain usia subur, jangan hiraukan juga masa subur atau waktu terbaik untuk berhubungan intim.

Masa subur tersebut biasanya disebut juga dengan periode ovulasi. Jika Anda tidak yakin tentang kapan datangnya masa subur tersebut, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Kemudian, pelajari cara menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi.

Makanan untuk Program Hamil

Supaya program hamil bisa berhasil, ada upaya yang harus dilakukan. Baik dari luar ataupun dari dalam tubuh. Misalnya saja, Anda harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sebab, kesehatan sel telur pada perempuan akan ditentukan oleh makanan yang dimakan.

Karbohidrat, lemak, dan juga protein harus dikonsumsi secara seimbang ketika Anda sedang menjalankan program hamil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi satu porsi atau lebih produk olahan susu yang memiliki tinggi lemak dalam sehari, mempunyai tingkat kegagalan ovulasi 27 persen lebih rendah daripada perempuan yang mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak.

Tidak kalah penting, protein juga bisa membantu meningkatkan kesuburan pada laki-laki dan juga perempuan. Daging, selain mengandung tinggi protein, juga mengandung banyak zat besi yang berperan aktif dalam membantu proses ovulasi yang normal.

Mengenai karbohidrat, cobalah untuk memilih karbohidrat yang tinggi serat. Selain termasuk sumber serat energi, karbohidrat tinggi serat seperti halnya gandum, beras merah, oatmeal juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Kemudian, Anda juga perlu menghindari junk food atau makanan cepat saji yang berpotensi membuat tubuh menumpuk asam lemak yang bisa mengurangi kualitas ovum.

Asam Folat untuk Program Hamil

Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk mendukung masa kehamilan seseorang adalah asam folat yang merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks. Bagi perempuan yang sedang menjalani program hamil, asam folat sangat berguna untuk membantu dalam pembentukan saraf pusat bayi di awal kehidupannya.

Kecukupan asam folat tersebut akan membantu dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan juga saraf janin. US Center for Disease Control mengatakan bahwa perempuan hamil akan membutuhkan asam folat sebanyak 0,4 mg setiap harinya. Asam folat dapat diperoleh dari berbagai makanan sehari-hari, seperti halnya sayuran yang berwarna hijau, buah-buahan seperti lemon, pisang, melon, dan lainnya serta juga kacang-kacangan.

Folavit untuk Program Hamil

Apabila Anda masih khawatir tidak dapat memperoleh asupan asam folat yang banyak dari makanan sehari-hari. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen asam folat. Misalnya saja Folavit. Ketika dikonsumsi oleh perempuan yang sedang hamil atau yang sedang melaksanakan program hamil, Folavit ini bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan harian asam folat.

Untuk dosisnya sendiri, disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi tertentu. Misalnya, pada perempuan yang sedang melakukan program hamil, ibu hamil, dan juga ibu menyusui, Folavit 800 mcg bisa diberikan satu kali dalam sehari. Akan tetapi, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kembali kebutuhan asam folat ini.

Vitamin untuk Program Hamil

Selain asam folat, adapun vitamin lain yang tidak kalah penting untuk mendukung keberhasilan program kehamilan yang sedang Anda jalani. Misalnya, vitamin A untuk membantu pertumbuhan gigi dan juga tulang janin, vitamin B1 yang bisa membantu mengatur sistem saraf dan meningkatkan energi, vitamin B6 yang akan membantu memproduksi sel darah merah, sampai vitamin C yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Anda supaya terhindari dari berbagai macam infeksi.

Vitamin dapat diperoleh dari sumber makanan sehari-hari. Terutama pada sayur dan juga buah-buahan. Supaya penyerapan vitamin menjadi lebih maksimal di dalam tubuh, pastikan Anda mengolah berbagai macam makanan dengan cara yang tepat. Misalnya saja dengan menghindari menggoreng dalam minyak banyak yang justru akan melarutkan kandungan vitamin A. Atau hindari merebus sayur terlalu lama, karena akan menghilangkan kandungan vitamin B dan C.

 

Demikian beberapa penjelasan mengenai program hamil dan rekomendasi buku program hamil yang bisa Anda baca saat waktu senggang. Untuk Anda yang sedang berjuang mendapatkan momongan, jangan lupa untuk selalu berusaha konsultasi dengan dokter ahli. Supaya program yang Anda jalani tidak menimbulkan risiko yang berbahaya, baik untuk bayi ataupun untuk ibunya.

Written by Lely Azizah