in

Ketahui Cara Mengganti Background Foto Online

Cara mengganti background foto online dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, sehingga akan memudahkan kita dalam memilih background foto yang tepat. Kecanggihan teknologi untuk mengganti background foto semakin mudah dilakukan melalui laptop maupun smartphone.

Nah, adanya situs edit background foto, kini bisa menjadi sebuah solusi jika bingung mengedit foto harus memakai aplikasi yang diunduh dahulu. Saat ini, mengedit background foto atau ingin menghapus bagian-bagian foto bisa melalui website atau situs tertentu secara gratis.

Kamu hanya perlu menyediakan koneksi internet terlebih dahulu untuk bisa mengedit atau mengganti background foto ini secara online, dengan format jpeg, png, atau jpg. Remove.bg, photoroom.com, photos for free, hingga clipping magic adalah beberapa laman atau situs edit foto yang bisa kamu gunakan untuk mengganti background foto online. Bahkan, tidak memerlukan aplikasi tambahan. Dimana alamat situs itu tersedia?

Kamu juga bisa mengedit berbagai gambar dan foto melalui Adobe Photoshop. Jika ingin mengedit foto di photoshop, maka kamu bisa membaca buku 40 Kreasi Efek Menggunakan Adobe Photoshop CS6, Efek Gambar Dan Foto, Tombol, Teks, Serta Kreasi Efek Mandiri. Buku ini sangat pas dijadikan panduan agar kamu jadi lebih mudah dalam menggunakan photoshop.

 

Cara Mengganti Background Foto Online di Berbagai Website 

Mungkin kebanyakan orang mengetahui kalau cara mengganti background foto, harus pergi ke studio foto. Padahal sebenarnya, kamu bisa menggunakan website resmi yang bisa mengedit background foto sesuai kebutuhanmu dengan praktis dan cepat, bahkan gratis.

Bahkan, kamu juga tidak perlu menginstal software tertentu di komputer atau laptop, kamu cukup menyiapkan foto atau gambar yang akan kamu edit, dan bisa diubah atau diganti sesuai dengan kebutuhan, baik warna foto maupun tambahan-tambahan lain.

Nah, di sini ada beberapa website atau situs yang menyediakan layanan untuk mengganti background foto atau gambar secara gratis dan otomatis. Ada juga dengan sistem manual, tetapi kamu perlu seleksi foto secara manual.

1. Cara mengganti Background Foto dengan HitPaw Background Remover

Mengganti background foto online pertama bisa menggunakan hitpaw background remover. Hanya melalui tiga langkah saja, background foto akan hilang.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus background foto melalui hitpaw background remover. Berikut caranya :

  • Pertama, kamu buka situs resmi dari web hitpaw background remover, lalu pilih tombol choose file atau bisa juga dengan menyeret dan lepaskan foto kamu ke dalam box. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian, klik “Choose Image” atau kamu pilih gambar yang background-nya akan diganti. Setelah itu, pilih background yang diinginkan. lah itu, Supaya lebih jelas, kamu bisa contoh gambar di bawah ini.  

 

  • Setelah selesai dan foto sudah sesuai yang diinginkan, kemudian tinggal  download, aja deh.

 

2. Cara Mengganti Background Foto dengan Remove.bg

Kemudian, situs untuk mengganti background foto adalah remove.bg. Dengan layanan situs ini, kamu juga bisa mengatur dan mengganti background foto secara online.

Berikut beberapa langkah untuk mengedit foto pada layanan remove.bg :

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan pergi ke situsnya terlebih dahulu. Tampilan situsnya bisa kamu lihat seperti gambar di bawah ini.

  • Setelah sudah masuk ke website-nya, maka langkah selanjutnya adalah pilih foto yang akan diganti background-nya. Lalu, klik “Upload Image” atau fitur yang ada warna birunya.

  • Setelah foto yang akan diedit sudah ditentukan, maka kamu bisa klik “edit” yang ada logo  kuasnya dan nanti akan muncul pilihan background yang diinginkan.
  • Pada tampilan ini, pengguna bisa memilih untuk mengganti background hanya warnanya saja atau ingin background terdapat gambarnya.
  • Setelah itu, background foto pun akan otomatis berganti. Contohnya seperti gambar berikut.

  • Jika sudah yakin dengan pemilihan background-nya, maka kamu bisa tinggal klik “Download”. Nah, tunggu sampai selesai, hasil download-nya dan foto pun bisa digunakan.

3. Cara Mengganti Background Foto dengan Photoscissors

Kemudian, yang selanjutnya ada situs Photoscissors.com. Situs ini juga dapat digunakan untuk mengganti background foto online. Gimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan dulu foto atau gambar yang ingin dirubah background belakangnya, lalu kamu buka situs resmi photoscissors.com
  • Lalu kamu klik tombol upload image, dan format gambar atau foto yang diterima situs ini meliputi, PNG, WebP max. Ukuran 10Mb, dan JPG.
  • Kemudian upload foto, dan tunggu sampai prosesingnya selesai.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa langsung unduh dengan tekan tombol download di bagian pojok atas.

4. Cara Mengganti Background Foto dengan Slazzer

Kemudian cara selanjutnya ialah dengan menggunakan website Slazzer.com, yang mana fungsinya juga dapat mengedit background foto. Situs slazzer ini sudah artifical intelegence, jadi foto yang diedit hasilnya akan bagus atau tidak terpotong.

Bagaimana cara ganti background gambar atau foto dengan slazzer? Berikut langkah-langkahnya yang perlu kamu ketahui:

  • Pertama, silahkan kamu buka situs slazzer.com, dan jangan lupa siapkan gambar atau foto yang akan diubah backgroundnya.
  • Kemudian klik tombol upload image, dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  • Lau, jika sudah, silakan tekan tombol download, kamu juga bisa download dalam size HD jika ukuran file fotonya ukuran besar.
  • Setelah selesai download, coba cek hasil fotonya.

5. Cara Mengganti Background Foto dengan Clippingmagic

Rekomendasi selanjutnya ialah clippingmagic. Situs ini juga dapat digunakan untuk mengganti background foto secara online, dan telah menggunakan teknologi AI.

Kamu dapat menambahkan gambar dengan upload gambar, lalu drag and drop, kemudian paste URL untuk mulai ganti background foto.

Bagaimana caranya? Berikut urutannya:

  • Pertama, buka situs resmi clippingmagic.com, dan seperti biasa, siapkan gambar yang akan kamu edit.
  • Silahkan tunggu beberapa saat hingga prosesingnya selesai, kamu bisa merubah background foto dengan warna sesuai keperluan
  • Setelah selesai, kamu langsung bisa download hasil fotonya.

6. Cara Mengganti Background Foto dengan Removal.ai

Kemudian, rekomendasi situs ganti background foto online selanjutnya ialah removal.ai. Di website ini, kamu juga bisa mengedit atau menghapus background gambar atau foto sesuai kebutuhan.

Bagaimana caranya? Tak jauh berbeda dengan website yang lain, berikut panduan caranya :

  • Pertama, buka situs resmi removal.ai, dan siapkan foto yang akan di ganti backgroundnya. tampilan awal dari removal.ai ini bisa dibilang cukup unik.

  • Setelah masuk halaman awal website removal.ai, maka selanjutnya kamu tentukan gambar yang akan diedit.
  • Jika sudah yakin, kamu pilih tombol “Choose a Photo” yang berwarna biru. Atau kamu juga bisa menarik gambar ke kotak dengan garis-garis biru. Cara lebih mudahnya, kamu hanya klik ctrl+v saja dan gambar yang akan diedit akan muncul.
  • Setelah gambar muncul akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

 

  • Untuk mengganti background, kamu bisa klik “editor tool”. Lalu, pilih logo seperti emot dan pilih warna background yang diinginkan.

 

 

  • Lalu, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, dan disini tersedia dua pilihan download, yaitu download high quality dan ukuran standar. Kamu bisa memilih salah satunya.
  • Nah, langkah terakhir adalah dengan klik tombol “download image” yang ada di bawah. Selesai, tinggal tunggu deh.

7. Cara Mengganti Background Foto dengan Fotor

Kemudian rekomendasi situs ganti background foto online selanjutnya ada Fotor. Aplikasi Fotor ini tidak hanya mengganti background gambar atau foto, namun bisa membuat kolase foto dan menambahkan desain foto.

Namun, disini kita hanya akan menggunakan fitur ganti background gambarnya saja, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka situs Fotor pada www.fotor.com, kemudian siapkan gambar yang akan diubah backgroundnya.
  • Lalu, silahkan klik open image, kamu juga bisa menggeser foto dengan fitur drag and upload.
  • Lalu, klik menu background remover pada menu yang terletak dibagian atas sebelah kiri.
  • Setelah itu, background foto pun akan otomatis hilang, kemudian pilih tombol download  di pojok atas, dan tunggu beberapa saat sampai proses download selesai, dan cek hasilnya.

Buat kamu yang ingin memahami bagaimana mengedit foto digital menggunakan Photoshop, maka bisa membaca buku 12 Jurus Edit Foto Digital dengan Photoshop CC 2018. Jadikan buku ini sebagai panduan agar mahir dalam menggunakan photoshop. Dapatkan segera buku ini dengan klik gambar buku di bawah ini.

Cara Ganti Background Foto Dengan Aplikasi

Mengganti background foto tidak hanya bisa dilakukan melalui website saja, tetap bisa juga dilakukan melalui aplikasi. Saat ini, sebenarnya sudah ada banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengganti background foto. Di bawah ini, akan dijelaskan secara singkat langkah-langkah untuk mengganti background foto melalui aplikasi.

1. Eraser Pro

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk menggunakan background foto adalah eraser pro. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sudah cukup populer atau mungkin kamu sudah sering menggunakannya. Cara untuk menggunakannya pun terbilang cukup mudah.

  1. Pertama-tama kamu download aplikasinya terlebih dahulu.
  2. Setelah aplikasi sudah diunduh, maka kamu perlu memilih dan memasukkan foto yang akan diedit. Pastikan foto yang dipilih tidak salah ya.
  3. Lalu, pilih area yang akan dihapus dan aplikasi pun akan menghapusnya secara otomatis.
  4. Setelah itu, klik download dan sudah selesai.

Mudah bukan? Maka dari itu, tak sedikit orang yang lebih menggunakan aplikasi ini dalam mengganti background foto. Alangkah baiknya, ketika ingin unduh aplikasi ini, kamu pastikan dulu kalau hasil downloadnya aman dan tidak membawa virus, ya.

2. SuperImpose

Aplikasi kedua yang dapat digunakan untuk mengganti background foto adalah Superimpose. Uniknya dari aplikasi yang satu ini adalah bisa Android atau iOS, sehingga mengedit foto pun jadi lebih mudah. Cara mengganti background melalui aplikasi Superimpose adalah sebagai berikut.

  1. Tidak lain dan tidak bukan, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, maka kamu bisa tentukan atau pilih foto yang akan diedit. Pemilihan foto ini, sebaiknya jangan sampai salah, ya.
  3. Setelah itu, letakkan foto dan tinggal klik hapus latar belakang.

Meskipun mengganti background foto dengan aplikasi ini terbilang mudah, tetapi sebenarnya fitur yang ada di dalam aplikasi ini pun tidak banyak, sehingga sulit untuk membuat latar belakang foto yang unik.

Pada umumnya, mengedit foto ini bisa dilakukan dari berbagai macam aplikasi dan salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Photoshop. Bahkan, aplikasi yang satu ini sangat pas untuk para fotografer atau calon fotografer. Bagi kamu yang sedang ingin mencari buku panduan dalam menggunakan Photoshop, maka jawabannya adalah buku Otodidak Photoshop CS6 untuk Fotografi

 

 

Demikian sudah pembahasan tentang cara mengganti background foto online. Setelah mengetahui beberapa cara mengganti background foto, kamu lebih suka menggunakan website yang mana, Grameds?

Jika kamu ingin mencari buku-buku tentang berbagai editing foto, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi 

Rujukan:

  • https://kiaton.kontan.co.id/news/ini-4-cara-edit-background-foto-online-tanpa-aplikasi-anti-ribet-1
  • https://qwords.com/blog/cara-ganti-background-foto/
  • https://www.pinhome.id/blog/ganti-background-foto-online/
  • https://m.kumparan.com/how-to-tekno/cara-mengganti-background-zoom-di-hp-android-dan-iphone-1vz8AEvfki0/full?utm_source=amp

Rekomendasi Buku Terkait

Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto

Menciptakan efek matahari pada foto yang diambil pada lokasi yang tanpa cahaya matahari, mengubah cuaca cerah menjadi berhujan, menciptakan tetesan air di suatu permukaan, pelangi ganda, dan juga menghilangkan flek hitam pada kulit, Anda dapat mempelajari semua itu sekarang secara otodidak!

Terdapat juga berbagai macam metode penerapan efek seperti vintage, serta retro, sketch, texture, vignette, blur, sepia, coloring, selective color, bahkan lomo, sekalipun Anda tidak menjepret foto bersangkutan dengan kamera lomografi sungguhan!

Memamerkan foto-foto berkualitas dan berseni yang seolah bercerita ternyata juga dapat Anda lakukan layaknya seorang fotografer profesional, hanya cukup dengan mengandalkan Photoshop serta sejumlah tutorial penerapan efek pada foto yang terdapat di dalam buku “Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto” ini!

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai mengikuti tutorial di dalam buku ini adalah, pastikan bahwa komputer/laptop yang akan Anda gunakan telah tersedia software Photoshopnya terlebih dahulu. Jika belum ada, Anda bisa mengunduhnya di laman website resmi Photoshop.

 

Aplikasi Foto Editing Gratis

“Saat ini sangat banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk melakukan foto editing, baik berbayar maupun gratisan. Aplikasi Foto Editing Gratis membahas enam aplikasi grafis yang dapat membantu Anda melakukan foto editing.

Keenam aplikasi grafis gratis yang dibahas adalah Gimp, ArtWeaver, Paint.NET, Photoscape, Photobie, dan Zoner Photo Studio. Pembahasan dimulai dari cara mengunduh aplikasi sampai dengan penggunaan editor untuk melakukan foto editing, termasuk penggunaan berbagai fitur yang disediakan untuk memberi efek-efek pada foto, penambahan teks, pengaturan layer, dan lain-lain.

Materi yang diberikan dapat memberi Anda gambaran lengkap tentang kemampuan masing-masing aplikasi sebagai salah satu alternatif dalam melakukan foto editing. Jika ada yang gratis, buat apa beli?”

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gilang Okatviana

Banyak orang kerap mengaitkan menulis dengan pekerjaan “elit” yang tidak bisa dilakukan semua orang. Namun bagi saya, menulis itu seperti membicarakan sesuatu kepada orang lain.
saya lebih suka menulis hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, pendidikan, anime, manga, dan pop culture.

Kontak media sosial Linkedin saya Gilang Oktaviana