in

6 Cara Membuka Pola HP yang Lupa

unsplash.com

6 Cara Membuka Pola HP yang Lupa – Demi privasi dan keamanan, kita pasti akan mengunci HP menggunakan password. Salah satu bentuk password yang bisa dipilih adalah password berupa pola. Dengan password ini, kamu hanya perlu menghubungkan beberapa titik hingga membentuk pola tertentu. Kamu pun harus mengulang pola tersebut untuk membuka kunci HP.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Namun, apa jadinya kalau sewaktu waktu kamu lupa pola HP dan akhirnya HP malah terkunci? Pasti bingung banget kan? Tenang saja Grameds, ada cara membuka HP yang lupa pola atau terkunci caranya adalah:

1. Gunakan Fitur Forgot Pattern.

Pertama, kamu bisa menggunakan fitur Forgot Pattern yang dapat diakses setelah beberapa kali salah memasukkan verifikasi keamanan saat membuka lock screen.

Disini kamu hanya membutuhkan HP Android dengan koneksi internet yang stabil dan akun Email terdaftar. Untuk langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah beberapa kali gagal membuka kunci, pilih menu Forgot pattern.
  • Lakukan Sign in pada akun Gmail yang terdaftar pada smartphone android.
  • Nanti kamu akan diberikan opsi penggantian password, pola atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti kamu akan dibawa ke tampilan halaman muka utama.
  • Kamu bisa menggunakan password, pola atau PIN selanjutnya atau menonaktifkan fitur keamanan ini pada menu pengaturan smartphone.

2. Manfaatkan Find My Device

Langkah selanjutnya kamu bisa mengakses Find My Device melalui laptop atau komputer kamu. Caranya juga simpel kamu tidak usah menghapus semua data data memori penting yang sudah ada di internal. Berikut caranya yang bisa dicoba:

  • Buka aplikasi browser di PC atau laptop lalu kunjungi website Find My Device. Jangan lupa untuk login dengan akun Gmail yang terdaftar.
  • Akun muncul 3 opsi, play sound, secure device dan erase device. Pilih menu Secure Device yaitu:

Pertama, ganti password baru.

Kedua, setelah selesai HP android kamu akan tetap terkunci, tapi kamu bisa membukanya dengan password yang baru, kamu buat pada website Find My Device tadi.

3. Buat Lockscreen Crash

Kalau kamu masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi android 5.0 hingga 5.1.1 alias lollipop, kamu bisa memanfaatkan bug berupa celah keamanan dengan membuat Lockscreen crash:

  • Buka menu emergency call. Selanjutnya kamu tinggal ketikkan * pada dialer hingga karakter penuh dan nggak bisa ditambahkan lagi.
  • Salin karakter lagi lalu buka akses kamera pada lock screen dan tarik notification bar untuk membuka pengaturan.
  • Kamu bakal tetap diminta untuk memasukkan password. Namun kamu tinggal paste karakter tadi untuk menyebabkan lock screen crash.
  • Setelah itu Anda bisa langsung masuk ke tampilan utama smartphone.
  • Kalau cara membuka pola yang lupa ini belum berhasil, ulangi lagi ya Grameds.

4. Masuk ke Safe Mode Android

Jika masalah penguncian smartphone android berasal dari aplikasi pihak ketiga, BB kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode Android untuk menonaktifkannya. Cara membuka pola HP ini berbeda beda, tapi yang paling umum sebagai berikut:

  • Tekan tombol power beberapa saat. Selanjutnya akan muncul pilihan restart dan power off.
  • Selanjutnya kamu tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih ok untuk melanjutkan proses.
  • HP android akan melakukan restart dan masuk ke dalam safe mode.
  • Disini kamu bisa uninstall aplikasi lock screen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan restart.

5. Buka Pengaturan Menghapus Pola di ADB.

Cara mengatasi lupa pola HP ini cuma bisa dilakukan kalau kamu sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer sebelumnya sudah dihubungkan dengan HP lewat ADB. Persiapkan HP android dan kabel data untuk dihubungkan ke komputer kamu. Jangan lupa masukkan kedalam direktori instalasi ADB.

Selanjutnya kamu bisa memasukkan perintah ADB Shell rm/ data/ System/ gesture.key, lalu tekan Enter. Reboot HP dan lock screen kamu akan hilang. Segera lakukan penggantian password karena proses ini hanya bisa dilakukan sebentar saja.

6. Factory Reset

Kalau cara membuka pola yang lupa tadi masih belum berhasil, kamu terpaksa melakukan factory reset untuk mengubah ke peraturan awal dan menghilangkan lock screen.

  • Matikan HP android terlebih dahulu.
  • Masukkan dalam Recovery Mode dengan menekan tombol Power dan volume down bersamaan dan tahan.Cara ini bisa berbeda pada setiap HP.
  • Setelah masuk Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menggerakkan pilihan.
  • Pilih Wipe Data / Factory Reset, lalu tekan tombol power. Ketika proses selesai, silahkan pilih Reboot System now.

Pengertian Telepon dan Sejarahnya

Telepon seluler atau telepon genggam disingkat ponsel atau handphone disingkat HP adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan juhdan konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa kemana mana (bahasa Inggris: portable atau mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (bahasa Inggris: wireless communication).

Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi 1-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola corp menemukan telepon genggam pertama dan diperkenalkan kepada publik pada 3 April 1973. Telepon genggam yang ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram.

Penemu telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang pegawai Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$ 1 juta. Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$ 4 ribu (36 juta) setara dengan US$ 10 ribu (90 juta).

Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima kanal TV yang tersalur ke seluruh dunia.

Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi seluler adalah Amos Joel Jr. yang lahir di philadelphia 12 Maret 1918. Ia memang diakui dunia sebagai pakar switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi ia memulai karirnya selama 43 tahun (dari Juli 1940- Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi khususnya di bidang switching.

Amos E Joel Jr. membuat sistem penyambung (switching) telepon genggam dari satu wilayah sel ke wilayah sel lainnya. Switching ini harus bekerja ketika pengguna telepon genggam bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel yang lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos E Joel Jr. inilah penggunaan telepon genggam menjadi nyaman.

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, telepon genggam umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service,SMS) . Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videografi, sebagai alat pembayaran maupun untuk televisi daring di telepon genggam mereka. Sekarang telepon genggam menjadi gawai multifungsi.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini telepon genggam juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, permainan dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G, 4G, 5G). Selain fitur fitur tersebut, telepon genggam sekarang sudah ditanamkan fitur komputer untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan di dalam handphone. Sehingga orang dapat memfungsikan handphone sebagai mini komputer yang mana dapat menyelesaikan pekerjaannya dimanapun orang itu berada. Di dunia bisnis fitur ini sangat memudahkan bagi para pebisnis untuk melakukan pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu singkat.

Sejarah penemuan telepon genggam tidak lepas dari perkembangan radio. awal penemuan telepon genggam dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan mobil satu arah. Kemudian pada tahun 1928 Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. Pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah “frequency modulated “(FM).

Tahun 1940 Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan portable handie talkie SCR536 yang berarti sebuah alat komunikasi di Medan perang saat perang dunia ke II. Masa ini merupakan generasi o telepon genggam dan O-G dimana telepon genggam mulai diperkenalkan.

Setelah mengeluarkan SCR 536 kemudian pada tahun 1943 Galvin Manufactory Corporation mengeluarkan kembali portable FM radio atau arah pertama yang diberi nama SCR 300 dengan model backpack untuk tentara U.S. Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dan dapat bekerja secara efektif dalam jarak operasi sekitar 10 Sampai 29 mil.

Sistem telepon genggam 0-G masih menggunakan sebuah sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung pada PSTN landline. Kelemahan sistem ini adalah masalah pada jaringan kongesti yang kemudian memunculkan usaha usaha untuk mengganti sistem ini.

Generasi O diakhiri dengan penemuan konsep modern oleh insinyur insinyur dari Bell labs tahun 1947. Mereka menemukan konsep penggunaan telepon hexagonal sebagai dasar telepon genggam. Namun konsep ini baru dikembangkan di 1960 an.

Telepon genggam generasi pertama disebut juga IG. I-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dan Motorola Corp menemukan telepon genggam pertama dan diperkenalkan kepada publik pada 3 April 1973. Telepon genggam yang ditemukan oleh Cooper seberat 30 ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yang mengubah dunia selamanya. Teknologi I-G masih bersifat analog dan dikenal sebagai istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 MHz- 894 MHz dan dioperasikan pada Band 800 MHz. Karena bersifat analog maka sistem yang digunakan masih bersifat regional.

Salah satu kekurangan generasi I-G adalah karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini maka keperluan tenaga dan performa baterai yang kurang baik. Selain itu generasi I-G masih memiliki masalah dengan mobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telepon genggam.

Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990- an. 2-G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 MHz dan frekuensi 1800 MHz. Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2-G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital.Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu dan SMS.

Telepon genggam pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2-G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna.

Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Data Rates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA dan CDMA 2000. Pada generasi ini telepon genggam mulai dimasukkan sistem operasi (yang sering disebut smartphone) sehingga membuat fitur semakin lengkap bahkan mendekati fungsi komputer personal. Sistem operasi yang digunakan antara lain Android, IOS, Symbian dan windows mobile.

Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem telepon genggam yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasi teknologi nirkabel yang telah ada termasuk Wireless Broadband(WiBro), 802.16e, CDMA, Wireless LAN, Bluetooth dan lain lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti video conferencing, online game dan lain-lain.

Generasi ini disebut juga Fifth Generation (5G). 5G atau generasi kelima adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi selular melebihi standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi dirilis untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020 sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Jenis-jenis Telepon

Jenis telepon genggam berdasarkan fungsi yaitu sebagai berikut:

1.    Telepon genggam bisnis

Telepon genggam jenis ini ditujukan untuk orang yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman kita. Biasanya telepon genggam yang telah memiliki kemampuan ini tergolong telepon cerdas. Berbagai aplikasi bisnis terdapat dalam telepon genggam ini dan dapat membuat pekerjaan kantor dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah telepon genggam.

2.    Telepon genggam hiburan

Telepon genggam jenis ini ditujukan untuk orang yang menginginkan perangkat multimedia,dimana untuk semua jenis musik, video, foto dan lainnya yang ada di handphone ini. Banyak telepon genggam jenis ini yang memiliki varian tersendiri, seperti telepon genggam musik, telepon genggam kamera dan telepon genggam jejaring sosial.

3.    Telepon genggam mode

Telepon genggam jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. Tetapi dibalik itu semua, sebuah telepon genggam mode dapat berharga berkali kali lipat dari harga telepon genggam tercanggih. Baru baru ini dapat ditemukan telepon genggam yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan, bahkan lebih mahal harga dari sebuah rumah.

4.    Telepon genggam standar

Telepon genggam jenis ini diperuntukkan untuk kita yang menginginkan telepon genggam yang sederhana, fitur yang disematkan dalam telepon genggam ini merupakan fitur inti tanpa teknologi baru yang relatif rumit.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Jika Grameds memiliki telepon yang rusak atau lupa dalam membuka sandi/password. Grameds bisa membaca buku sebagai referensi dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 6 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Segala Kondisi 
  2. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dan Handphone 
  4. 6 Cara Mengatasi Lupa Password di Laptop 
  5. Penemu Handphone dan Sejarah Perkembangan Handphone 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda