in

15 Cara Diet Cepat yang Mudah untuk Dilakukan Di Rumah!

Cara Diet Cepat – Dewasa ini, banyak orang yang sudah mulai memperhatikan pola hidup sehat supaya di hari tua nanti, mereka tidak terserang penyakit mematikan. Salah satu pola hidup sehat adalah dengan berdiet.

Selain untuk menurunkan berat badan, diet yang dilakukan secara rutin dapat menjadi bagian dari pola hidup sehat. Dalam melaksanakan diet, tentu saja harus secara bertahap dan konsisten. Hal yang harus dihindari dari melaksanakan diet adalah dengan tidak mengkonsumsi pil penurun berat badan yang tidak jelas dosisnya.

Sayangnya, tidak semua orang betah melakukan diet sehingga mereka justru akan merasa tersiksa dalam menjalaninya. Padahal sebenarnya, ada banyak lho cara diet cepat yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus dapat dijadikan sebagai rutinitas sehari-hari.

Asal disiplin dan memiliki komitmen tinggi, maka cara diet cepat ini pasti akan terasa mudah dilakukan. Lantas, apa saja sih cara diet cepat yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus menjadi pola hidup sehat? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/id-id/

15+ Cara Diet Cepat yang Mudah dan Sehat

1. Biasakan Minum Air Sebelum Makan

Dilansir dari alodokter, minum air sebelum makan dapat menjadi cara diet cepat terutama untuk menurunkan berat badan. Ketika minum air sebelum makan, nantinya perut akan terasa lebih kenyang, sehingga keinginan untuk makan dalam porsi banyak pun juga akan berkurang. Singkatnya, cara ini dapat membuatmu lebih cepat kenyang.

Lagipula, sudah banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita untuk minum air dalam jumlah banyak banyak, sebab tubuh manusia memang mengandung 60% air. Artinya, air sangat berperan penting untuk setiap fungsi tubuh, mulai dari meningkatkan sistem metabolisme tubuh, menekan nafsu makan, hingga mengurangi stress.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Berprotein dan Berserat

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/id-id/

Cara diet cepat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat. Misalnya seperti putih telur, daging tanpa lemak, yoghurt, ikan laut, kacang-kacangan, dan keju. Makanan-makanan tersebut tidak hanya dapat menjadi sumber energi saja, tetapi juga dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Terlebih lagi makanan berserat misalnya pada sayur dan buah, justru akan membuat perut kita terasa lebih kenyang dalam durasi waktu yang lama.

Ada berbagai sumber makanan berprotein dan serat yang mudah ditemukan selain sayur dan buah, yakni sereal gandum, kacang-kacangan, dan biji rami. Perlu diketahui juga bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayur ternyata dapat mengurangi adanya risiko penyakit kronis.

3. Makan Dalam Porsi Kecil Tetapi Sering

Apakah Grameds tahu bahwa makan dalam porsi kecil alias sedikit tetapi sering, justru dapat membantu menurunkan berat badan lho. Maksud dari sering ini artinya adalah 4-5 kali sehari kita dianjurkan makan tetapi dengan porsi sedikit saja. Itulah cara diet cepat yang dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk makan dengan piring atau mangkuk kecil.

4. Tidak Boleh Melupakan Sarapan Pagi

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/

Hayoooo, siapa yang masih sering menyepelekan sarapan pagi? Padahal, sarapan pagi adalah bagian penting dari cara diet cepat terutama untuk menurunkan berat badan. Melalui sarapan pagi, terutama dengan menu yang tinggi protein dan karbohidrat, keinginan untuk mengkonsumsi camilan di jam pagi dan siang justru akan berkurang. Efeknya, porsi makanan saat makan siang pun juga akan berkurang karena masih merasa kenyang karena sarapan pagi.

Apalagi jika Grameds memiliki aktivitas belajar atau bekerja, ketika melewatkan sarapan pagi pasti rasanya tidak berenergi untuk menjalani hari. Nah, pada sarapan ini, diusahakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks ya… Ada berbagai pilihan asupan makanan yang memiliki tinggi protein dan karbohidrat kompleks, yakni:

  • Roti gandum dengan selai kacang
  • Telur
  • Nasi merah
  • Yoghurt tawar tanpa pemanis

5. Makan Tidak Tergesa-Gesa

Seperti nasihat orang tua zaman dahulu bahwa kita tidak boleh makan secara tergesa-gesa, ternyata dapat menjadi cara diet cepat lho. Yap, makan secara perlahan justru dapat membantu menurunkan berat badan. Mulai sekarang, biasakan untuk makan tidak tergesa-gesa ya, supaya tubuh tetap memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengirimkan sinyal ‘kenyang’ ke otak.

6. Membatasi Bukan Menjauhi Makanan Tertentu

Cara diet cepat selanjutnya adalah dengan membatasi makanan tertentu, terutama yang kamu sukai. Membatasi disini artinya dengan tetap mengkonsumsinya tetapi tidak sering ya… Itulah mengapa, lebih baik membatasi mengkonsumsi makanan favorit dibandingkan menghindarinya. Jika menghindarinya, justru keinginan untuk mengkonsumsinya akan lebih kuat.

Contoh sederhana, makanan favoritmu adalah snack keripik kentang yang bahkan biasa dijadikan camilan hingga habis 5 bungkus. Nah, ketika diet ini, lebih baik dibatasi menjadi 1 hari 1 bungkus snack keripik kentang.

7. Olahraga Secara Rutin

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/

Grameds pasti sudah tahu bahwa olahraga memegang peranan penting dalam upaya diet, sehingga tentu saja olahraga secara rutin masuk dalam daftar cara diet cepat. Terutama bagi pemula, lebih baik berolahraga yang mudah dahulu, asalkan rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin memang terbukti dapat membakar kalori berlebih di tubuh.

Jika Grameds adalah orang yang sibuk, maka olahraga rutin ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 30 menit saja secara teratur pada setiap harinya. Olahraga simple tersebut nyatanya dapat membantu metabolisme tubuh lancar dan perjuangan dietmu tentu saja akan memberikan hasil maksimal.

8. Tidur Cukup

Selain olahraga dan makan, waktu istirahat berupa tidur yang cukup juga memegang peranan penting dalam upaya diet. Yap, cara diet cepat ini harus dilakukan secara rutin sebab berkaitan dengan produksi hormon ghrelin. Jika Grameds kurang tidur, nantinya produksi hormon ghrelin justru akan meningkat sehingga merangsang nafsu makan dalam jumlah banyak.

Apalagi jika begadang dan menyebabkan kurang tidur, pasti rasa lapar di tengah malam akan muncul dan “menghancurkan” upaya dietmu.

9. Makan Sampai Tidak Merasakan Lapar

Cara diet cepat selanjutnya adalah makanlah sampai kamu tidak merasa lapar lagi. Artinya, cobalah untuk menyadari akan muncul dan hilangnya rasa lapar. Jika dirasa memang sudah tidak merasa lapar, segera berhentilah makan, daripada harus merasa kekenyangan. Opsi lain yang dapat dilakukan adalah dengan sarapan dalam porsi besar dan makan malam dalam porsi sedikit.

10. Hindari Makan Berlebihan Saat Stress

Saat stress, baik karena masalah keluarga, masalah kerja, masalah sekolah, maupun masalah finansial, pasti diri kita selalu ingin makan makanan secara berlebihan. Fenomena tersebut disebut dengan emotional eating yang justru dapat membuat usaha dietmu gagal karena makan dalam jumlah berlebihan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stress ini adalah coklat, es krim, dan makanan berminyak.

Jika hal ini terjadi padamu, sebaiknya mulailah dengan mengelola stress sebaik-baiknya. Yakinkan pada dirimu bahwa segala upaya diet ini akan berhasil dan membutuhkan progress panjang.

Apabila mengalami stress dan benar-benar ingin mendinginkan kepala, dapat sesekali makan es krim kok… Namun tentu saja dengan porsi yang terbatas ya, jangan malah kebablasan.

11. Melakukan Puasa Intermiten

Bagi Grameds yang beragama islam, pasti tahu dong jika ibadah puasa yang kita jalani itu ternyata dapat membantu menurunkan berat badan? Nah, salah satu cara diet cepat yang dapat dilakukan adalah dengan berpuasa alias intermittent fasting. Ketika hendak melaksanakan puasa intermiten ini, tidak perlu dilakukan ketika bulan Ramadhan saja kok, tetapi juga hari-hari biasa. Pada cara diet cepat metode puasa intermiten ini, dilakukan dengan jangka pendek yakni selama 16 jam dan makan pun hanya selama 8 jam setiap harinya.

Melalui metode ini, apabila dilakukan secara konsisten justru akan mendorong keinginan dalam diri untuk mengkonsumsi sedikit kalori sehingga berat badan dapat turun.

12. Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/

Apakah Grameds tahu bahwa di dalam usus manusia itu menampung banyak sekali mikroorganisme, termasuk adanya 37 triliun bakteri yang disebut dengan mikrobiota usus. Nah, kita harus mengkonsumsi makanan probiotik untuk bakteri-bakteri itu harus seimbang. Pada cara diet cepat ini, ada banyak makanan probiotik yang dapat dipilih, mulai dari tempe, oncom, tahu, hingga yoghurt.

13. Hindari Makan Sambil Menonton TV

Cara diet cepat selanjutnya adalah dengan tidak makan sembari menonton TV atau bermain gawai. Kegiatan ini justru membuat kita makan dalam porsi banyak tanpa disadari, baik itu makan makanan berat maupun ngemil.

Dilansir dari hellosehat, terdapat jurnal penelitian yang memperlihatkan seseorang makan sambil menonton tv dan justru memicunya untuk makan terus-menerus secara berlebihan. Nah, jika kita terbiasa makan sambil menonton TV apalagi sambil ngemil, maka tubuh justru akan mendapatkan kelebihan asupan kalori sebanyak 106 kkal!

14. Hindari Makanan Dalam Kemasan dan Olahan

Cara diet cepat yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menghindari makanan dalam kemasan dan olahan, terutama yang banyak dijual di pasaran. Ingat bahwa makanan tersebut justru memiliki kandungan gula, lemak, dan kalori dalam jumlah besar. Selain itu, mengkonsumsi makanan kemasan dan olahan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh karena terdapat bahan pewarna dan pengawet.

15. Alternatif Camilan Sehat

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/

Lalu, apakah pejuang diet tidak diperbolehkan ngemil? Tentu saja boleh. Hanya saja, jenis makanan yang dijadikan camilan sebaiknya yang mengandung gizi sehat. Ada banyak kok camilan sehat yang dapat dijadikan opsi pengganti camilan snack, mulai dari telur rebus, yoghurt, buah segar, hingga kacang-kacangan.

16. Membatasi Konsumsi Gula

Cara diet cepat selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi gula berlebih. Sayangnya, banyak orang yang masih tidak menyadari bahwa konsumsi gulanya telah melebihi kadar batas. Mengkonsumsi gula itu menjadi hal penting kok bagi tubuh karena dapat diolah menjadi lemak bagi tubuh, hanya saja harus dibatasi konsumsinya.

Membatasi konsumsi gula ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman kemasan, terutama minuman boba. Alternatif pengganti minuman manis yang sehat adalah madu atau stevia.

Jika ingin minum kopi atau teh, biasakan untuk meminumnya tanpa gula. Pada kopi khususnya kopi hitam tanpa gula, justru dapat menambah energi dan meningkatkan pembakaran kalori tubuh. Sementara itu pada teh, cobalah menggantinya dengan teh hijau yang diseduh tanpa gula. Perlu diketahui bahwa teh hijau ternyata dapat membantu pembakaran lemak tubuh.

17. Menyikat Gigi Setelah Makan

Ilustrasi Cara Diet Cepat
https://www.pexels.com/

Cara diet cepat terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan menyikat gigi sehabis makan. Namun hal ini tidak boleh dilakukan langsung begitu saja. Setidaknya tunggulah hingga 30 menit setelah selesai makan, barulah menggosok gigi. Hal ini sebaiknya dijadikan sebagai kebiasaan karena selain dapat merawat kebersihan gigi, juga dapat menurunkan keinginan untuk makan lagi.

Nah, itulah ulasan mengenai cara diet cepat yang dapat dilakukan secara mudah dan sehat. Apakah Grameds berniat melakukan cara diet cepat ini mulai besok?

Sumber:

https://www.sehatq.com/

https://www.halodoc.com/

https://hellosehat.com/

https://www.alodokter.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum