in

17 Rekomendasi Baju Kondangan Simple & Tips Memilih Style Kondangan

fimela.com

Baju Kondangan Simple – Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Pakaian atau baju adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Oleh sebab itu, pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Salah satu tujuan utama dari pakaian adalah untuk menjaga pemakainya merasa nyaman.

Selain itu, pakaian bertindak sebagai perlindungan dari unsur-unsur yang merusak, termasuk hujan, salju dan angin atau kondisi cuaca lainnya, serta dari matahari. Tujuan pakaian yang selanjutnya adalah pakaian kadang-kadang dipakai sebagai perlindungan dari bahaya lingkungan tertentu, seperti serangga, bahan kimia berbahaya, senjata, dan kontak dengan zat abrasif.

Jika bicara tentang pakaian pastinya sangat beragam, mulai dari pakaian yang digunakan hanya untuk bermain, pakaian ke acara resmi, hingga pakaian kondangan. Pakaian kondangan itu sendiri bisa dibilang sebagai baju kondangan yang digunakan untuk pergi ke kondangan pernikahan. Terlebih lagi, jika memiliki acara pernikahan tersebut adalah kerabat dekat, teman, sahabat, atau rekan kerja.

Untuk menghadiri acara kondangan, tentu Anda sering kali memikirkan baju kondangan apa yang cocok supaya tetap pede dan cantik dengan style kondangan hijab yang Anda kenakan.

Seiring perkembangan waktu, tren baju kondangan juga ikut berkembang. Wajar saja apabila anak muda ingin terlihat modis dan bergaya saat mau pergi ke acara-acara penting, seperti acara kondangan. Terlebih lagi, bagi para wanita yang sulit menentukan baju kondangan yang pas.

Bahkan, bagi para wanita terkadang malah terlalu fokus untuk pilih baju mana yang paling cocok dan tidak membuat mati gaya. Selain itu, baju kondangan yang digunakan takut tidak pas dengan tubuh kita.

Tidak jarang juga kalau ada sebagian wanita yang inginnya tampil mewah, tapi takut terlihat berlebihan. Atau ingin tampil simpel, takutnya malah kurang on point.

Padahal style kondangan untuk muslimah tidak harus ribet. Mau pakai dress, batik, atau justru celana, tetap oke oke saja. Jika kamu masih bingung untuk memilih baju kondangan, maka bisa mengetahui tips memiliki style kondangan di bawah ini.

Tips Memilih Style Kondangan untuk Wanita Berhijab

Baju Kondangan Simple
stylo.grid.id

1. Gunakan bahan-bahan baju pesta seperti brokat, satin, atau batik

Sebenarnya pakaian untuk kondangan muslimah bisa simpel. Asal ada sentuhan bahan-bahan seperti brokat, tulle atau organza, bisa terlihat mewah. Anda juga bisa memilih bahan satin yang halus dan terlihat classy. Bahkan batik juga bisa Anda pakai asal modelnya tepat, seperti model batik kaftan yang kece abis.

2. Gunakan model pakaian yang sesuai postur tubuhmu

Supaya style kondangan hijab Anda tampak cocok dan matching dengan tubuh Anda maka pilihlah model yang tepat. Anda bisa memilih model dress longgar dengan hiasan ikat pinggang untuk membuat ilusi agar badan Anda terlihat lebih ramping. Untuk yang bertubuh mungil, Anda bisa memilih pakaian potongan dengan bagian atasan tidak terlalu panjang.

3. Gunakan aksesoris secukupnya

Biasanya outfit kondangan rasanya kurang lengkap tanpa aksesoris. Anda bisa memilih aksesoris sesuai dengan model pakaian Anda. Kalau model pakaian Anda sudah cukup rame, maka pilih saja aksesoris yang kecil dan sederhana seperti bros misalnya untuk hijab. Lalu jika pakaian yang Anda kenakan polos, Anda bisa memakai kalung untuk menambah kesan supaya nggak flat, dan lain sebagainya.

4. Warna busana yang lembut

Selain pilihan busana, pemilihan warna juga harus diperhatikan. Tahun ini, warna yang disebut-sebut menjadi tren adalah warna yang lembut dan netral seperti earth tone. Hindari tabrak warna yang terlalu ekstrim. Pilih maksimal tiga warna dalam satu tampilan agar tetap terlihat simple.

5. Gaya hijab simple

Lupakan gaya hijab bertumpuk yang menggunakan banyak jarum dan peniti. Gaya hijab untuk menghadiri undangan pernikahan lebih sederhana bahkan mirip seperti gaya di keseharian.

6. Bahan hijab yang ringan

Hijab dengan corak glitter bahkan payet besar menjadi pilihan saat menghadiri undangan pernikahan. Para hijabers, sebaiknya memilih bahan hijab yang nyaman dipakai seharian dan tidak ribet.

Agar tetap spesial, pilih bahan hijab seperti satin silk yang lembut, corn skin, sifon, atau voile dengan aksen payet yang sederhana. Anda juga bisa memilih hijab bermotif yang senada dengan busana yang dipakai.

7. Pilih model tas yang cocok

Kalau kondangan, pastinya Anda bakalan memakai tas sebagai aksesoris sekaligus tempat meletakkan peralatan seperti handphone, dompet, atau kosmetik kecil-kecil. Anda bisa memilih model tas yang sesuai. Jangan memakai tas dengan model terlalu kasual. Kemudian, pilih ukuran tas yang kecil dan pas untuk Anda pegang.

8. Tidak harus menggunakan heels

Untuk alas kaki, ke sebenarnya tidak harus memakai heels. Hal ini karena tidak semua orang suka memakai heels. Selain bisa membuat kaki gampang pegal juga kurang nyaman dipakai dalam waktu lama.

Alangkah baiknya, sesuaikan dengan alas kaki yang Anda suka. Adapun alas kaki yang dapat digunakan ketika kondangan, seperti flat shoes yang simpel, wedges, sepatu sandal atau bahkan sneakers. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tetap sesuaikan dengan model baju Anda.

Macam-Macam Model Baju Kondangan Simple

Jika masih bingung untuk memilih baju kondangan simple untuk wanita berhijab, maka di bawah ini akan diberikan rekomendasinya.

1. Tunik dengan Detail Spesial

Baju Kondangan Simple
Wolipop

Tunik kembali tren di tahun 2019 ini. Tunik juga jadi pilihan menarik untuk menghadiri undangan pernikahan. Agar terlihat berbeda, pilih tunik dengan jenis bahan yang spesial seperti lace.

Selain bahannya, detail unik seperti payet juga bisa jadi pilihan menarik. Tunik bisa dipadukan dengan celana, rok, atau kain batik. Pilih desain tunik yang longgar agar tetap sopan.

2. Dress Berpotongan A-Line

Baju Kondangan Simple
BigGo

Dress menjadi busana yang tak lekang oleh waktu. Busana ini tetap menjadi pilihan tepat untuk menghadiri undangan pernikahan. Pada tahun 2019 dress untuk menghadiri kondangan hijab memiliki detail yang lebih simple.

Mirip dengan desain tunik yang sebelumnya diulas, dress yang menjadi tren baju kondangan 2019 banyak memakai bahan lace dan detail payet. Bedanya, pola dress lebih loose dengan warna payet yang tidak bertabrakan.

3. Setelan Tunik dan Celana Panjang untuk Tampilan yang Anggun

Baju Kondangan Simple
Seruni.id

Bajunya yang nyaman dan kombinasinya yang fleksibel jadi rekomendasi yang bagus buat dipakai di acara kondangan. Salah satu style yang bisa kalian coba adalah baju tunik dan celana panjang berwarna identik.

Tidak heran fashion monokrom semacam ini sudah jadi tren sejak dulu karena memang tak jarang memperlihatkan aura chic-nya tersendiri. Pasangkan dengan kerudung warna netral misalnya hitam atau putih.

4. Tampil Simple dan Modis dengan Puff Sleeve Blouse dan Baggy Pants

Ketika mau kondangan tidak mau terlihat ribet, maka Anda bisa coba style simpel bernuansa adem berikut ini. Atasan puff sleeve blouse warna ungu pastel yang dipadukan dengan baggy pants warna beige ini memperlihatkan image lembut dan berkelas.

Selain itu, kamu bisa juga memadukannya dengan kerudung pashmina warna ungu mauve. Supaya lebih anggun, maka kamu bisa gunakan heels yang cukup tinggi. Biar tambah kece lagi, perhiasan dengan aksesoris seperti kacamata dan tas selempang.

5. Kombinasi Baju Tunik, Belt, dan Celana Kulot

Baju Kondangan Simple
woke.id

Untuk Anda yang suka tampil anggun, coba lihat yang ini. Dengan tunik yang jadi atasan, fashion kulot ini berhasil memberikan visual yang elegan.

Paduan warna coklat dari baju serta warna hitam dari celana kulot dan kerudungnya sudah terjamin ke modiasannya melalui potret di atas. Modifikasi tunik Anda agar lebih menarik dengan memakai ikat pinggang. Style berikut sangat kami sarankan untuk wanita bertubuh tinggi.

6. Baju Tunik Asimetris Bermotif dan Celana Panjang Warna Putih

Coba pakai sesekali yang bermotif mumpung kondangan. Misalnya, tunik bermotif di atas yang terlihat anggun saat dipakai. Apalagi dengan model yang asimetris begitu, tampilan Anda akan menjadi tidak monoton.

Padukan dengan celana panjang berwarna netral seperti putih. Pilih kerudung berwarna senada sebagai penyempurna. Sepatu sandal, flat shoes atau hak tinggi bisa jadi opsi untuk alas kakinya.

7. Paduan High Waist Pants Motif Garis-Garis Vertikal, Kaos, dan Cardigan

Motif garis-garis begini memang rasanya lumayan mencolok, tapi fashion itu tentang rasa pede. Bagaimanapun, seperti yang Anda tahu, motif garis-garis vertikal menawarkan efek kaki jenjang yang lumayan menggiurkan untuk dicoba.

Padukan bawahan tersebut dengan kaos polos yang dibalut dengan cardigan panjang medium berwarna senada, misalnya abu-abu di atas. Pilih juga warna kerudung yang bernuansa. Hiasi penampilan Anda dengan jam tangan agar makin cool di tempat kondangan.

8. Baju Tunik Brokat dan Straight Pants

Brokat dikenal sebagai kain yang mewah. Karena harga kain brokat sendiri lumayan mahal. Kain yang awalnya hanya digunakan sebagai bahan kebaya ini kini sudah beraneka ragam wujudnya, salah satunya tunik.

Kemudian, atasan tersebut dikombinasikan dengan straight pants berwarna putih yang mana tampak serasi sekali. Kerudungnya adalah segi empat biasa yang punya warna senada. Tampilan mewah ini dipermanis dengan handbag imut warna abu-abu juga.

9. Paduan Modis dari Warna Gelap

Baju Kondangan Simple
IDN Times

Warna-warna gelap punya daya tariknya tersendiri. Ia memberikan kesan elegan dan misterius yang tidak bisa digantikan oleh warna-warna cerah. Untuk kondangan nanti, Anda mungkin bisa memakai atasan kaos hitam yang dilapisi oleh cardigan panjang warna hitam.

Paduan ini cocok dipadukan dengan bawahan celana panjang bertali warna hijau keabu-abuan seperti pada gambar. Lengkapi dengan kerudung pashmina warna hitam serta hak tinggi untuk aksen anggun.

10. Pakai Blazer dan Straight Pants Supaya Makin Cool

Blazer dianggap sebagai pakaian yang memberikan energi kuat kepada pemakainya. Mari tampil keren dengan blazer di acara kondangan. Gunakan kaos putih polos sebagai dalamannya.

Padukan blazer Anda dengan straight pants warna hitam untuk menciptakan image smart-casual yang bergaya, dengan sepatu sports sebagai alas kaki. Ditambah dengan kerudung pashmina warna hitam, visual kecenya pun siap deh.

11. Baju Model Kelelawar Tie Dye

baju kondangan simple - Baju Model Kelelawar Tie Dye
temonggo.com

Tie dye adalah teknik mewarnai kain dengan cara diikat lalu dicelup. Warna yang dihasilkan bisa memiliki pola maupun abstrak seperti gambar di atas. Baju dengan teknik pewarnaan seperti ini punya kelebihan di mana penampilan Anda akan terkesan kreatif, segar, sekaligus playful.

Padukan dengan bawahan straight pants warna netral. Untuk kerudungnya, pilih yang warnanya senada dengan atasan. Hiasi penampilan dengan jam tangan dan tas kesayangan.

12. Baju Tunik Beraksen Plisket dan Wide Leg Pants

Baju tunik yang spesial ini, selain memiliki motif yang kaya, juga dilengkapi aksen plisket yang feminim. Padukan atasan yang cantik itu dengan leg wide pants untuk tampilan yang semakin dinamis. Karena atasannya sudah lumayan mencolok, sebaiknya pilih bawahan berwarna netral seperti putih. Serasikan alas kaki dengan bajunya, bisa flat shoes atau hak tinggi. Tambahkan tas selempang biar makin modis.

13. Baju Tunik Puff Sleeves dan Celana Kulot

Gaya fashion berikut bisa jadi rekomendasi yang bagus buat Anda yang ingin tampil kasual saat kondangan. Atasannya adalah baju tunik dengan aksen puff sleeves ala-ala Korea.

Kemudian, bisa kamu padukan lagi dengan celana kulot putih yang akan cocok dengan semua warna atasan. Sepatu sengaja dipilih yang warna putih agar warna itu bisa mendominasi bagian bawah tubuh. Bila Anda bingung dengan warna kerudung, sebaiknya pilih warna hitam.

14. Tampil Chic dengan Baju Setelan Motif Etnik

Makin kesini, tren baju setelan, khususnya untuk wanita, kian berkembang. Banyak desain-desain cantik bermunculan. Misalnya baju setelan motif etnik, selain bahannya yang nyaman dipakai, visualnya juga menunjukkan kesan modis dan chic. Boleh juga nih buat kondangan. Pakailah kerudung berwarna senada. Lengkapi dengan sepatu sandal atau flat shoes agar makin manis.

15. Organza Top dan Celana

Baju Kondangan Simple
haikamu.com

Style kondangan hijab yang satu ini bisa Anda tiru. Kondangan menggunakan celana satin longgar warna nude dipadukan dengan organza top yang warnanya senada ini bisa Anda coba. Tampak simpel, tapi tetap terlihat mewah dengan sentuhan motif di bagian atasnya.

Untuk hijab, Anda bisa memilih model pasmina polos dengan warna yang senada. Tinggal dipakai model ikat belakang, sudah mengubah penampilan Anda jadi makin cantik. Untuk aksesoris, Anda bisa memakai tas handbag dan stiletto shoes warna putih tulang. Penampilan Anda bakalan terlihat vintage.

Style yang satu ini cocok untuk Anda yang bertubuh mungil, jadi bakalan terlihat ramping. Untuk yang bertubuh gemuk juga cocok. Model celana yang A-shape dan lengan yang longgar akan menyamarkan bentuk kaki maupun lengan Anda yang agak berisi.

16. Model Cape dress

Style kondangan hijab yang satu ini juga bisa banget Anda jadikan inspirasi. Dress satin warna nude pink ini manis banget dan bakalan bikin Anda tampil anggun saat kondangan. Model cape di bagian atas dan lengannya yang model kerut membuat dress ini lebih stand out tapi tidak berlebihan.

Anda bisa memadupadankan dress ini dengan hijab segiempat polos yang diikat simpel ke belakang. Supaya makin manis, pilih saja handbag berukuran kecil dengan warna senada. Lalu, Anda bisa memilih wedges untuk alas kaki. Model cape pada dress ini membuat ilusi tubuh Anda lebih ramping. Jadi, style ini cocok untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh agak berisi.

17. Elegan dengan kaftan batik

Baju Kondangan Simple
Hipwee

Style kondangan hijab yang satu ini pun recommended Anda jadikan ide outfit biar makin gaya. Kaftan batik juga bisa Anda jadikan outfit kece untuk kondangan. Selain modis, Anda juga akan terlihat elegan banget khas wanita Indonesia dengan batik tersebut. Untuk hijab, Anda bisa memilih model segi empat polos yang warnanya senada dengan batik.

Kondangan Anda juga akan semakin vintage dengan handbag rotan yang cocok abis dengan batik Anda. Anda tinggal pake inner dan celana skinny deh supaya semua bagian tubuh Anda tetap tertutup dengan baik. Tambahkan heels sebagai alas kaki dan aksesoris gelang kecil supaya makin anggun.

Kondangan ini cocok untuk Anda yang memiliki postur badan tinggi dan kurus. Untuk Anda yang memiliki lengan atau perut yang agak berisi juga cocok pakai kaftan. Anda bisa memakai outfit ini dengan make up nude tapi agak bold supaya tetap terlihat.

Demikian pembahasan tentang baju kondangan simple khusus wanita berhijab. Semoga semua pembahasan di atas menambahkan referensi untuk kamu dalam memilih baju kondangan.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang baju kondangan simple dengan membaca buku yang telah tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Inspirasi Outfit Kondangan dan Panduan Anti Salah Kostum
  2. Inspirasi OOTD Kondangan Simple Anti Ribet dan Super Kece
  3. 13 OOTD Hijab Simple: Mudah dan Nyaman
  4. Pilihan Baju yang Cocok untuk Rok Plisket agar Tampil Trendi
  5. Ide Outfit ke Pantai untuk Hijabers dan Tips Mix and Match-nya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda