in

Arti Cepu dalam Bahasa Gaul Beserta Kata Gaul Lain dan Artinya

Arti Cepu – Kata singkatan dan bahasa gaul kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan baik anak kecil hingga orang dewasa. Masyarakat awam tentunya tak ingin merasa ketinggalan zaman. Dengan memahami singkatan dan bahasa gaul yang sering dipakai, dapat membuatnya merasa keren dan tidak ketinggalan.

Arti Cepu
Pinterest

Selain itu, singkatan dan bahasa gaul ini juga dapat mempermudah seseorang untuk menyampaikan sesuatu. Tidak heran, kata-kata ini kerap kali digunakan oleh kalangan anak muda dan pengguna media sosial.

Daftar Bahasa Gaul dan Artinya

Arti Cepu
reddit.com

Era internet membuat kita menemukan banyak bahasa gaul baru yang tersebar dan populer melalui sosial media. Berikut daftarnya!

1. Cepu

Arti Cepu yaitu mengadukan atau melaporkan suatu hal yang bersifat privasi dan rahasia yang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain. Umumnya, orang yang melakukan cepu ini disebut sebagai tukang cepu atau tukang ember.

2. Ngab

Ngab adalah panggilan atau sapaan yang umumnya ditujukan kepada seorang laki-laki. Ngab berasal dari kata “abang” yang dibalik-balik. Cara menggunakan “ngab” sama seperti penggunaan kata “abang” pada umumnya, misalnya

“Lagi mau ke mana, ngab?”

2. BU

BU adalah salah satu bahasa gaul anak zaman sekarang yang kerap diucapkan. BU sebenarnya adalah singkatan dari kata ‘butuh uang’. Cara menggunakan BU cukup mudah, misalnya

Pengen beli HP, tapi lagi BU”

“Enggak, ah. Gak bisa nongkrong dulu soalnya lagi BU”

3. Ghosting

Ghosting adalah istilah dalam hubungan asmara yang berarti ditinggal dengan tanpa adanya alasan yang jelas. Ghosting merupakan bahasa gaul anak zaman sekarang yang merupakan bahasa gaul yang sudah digunakan dari bahasa Inggris.

4. Spill

Bahasa gaul anak zaman sekarang yang kerap digunakan adalah spill. Spill berasal dari bahasa Inggris yang artinya menumpahkan. Akan tetapi, bila ditafsirkan spill adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan atau menceritakan gosip, rahasia, hingga aib seseorang. Cara menggunakan spill cukup mudah, misalnya

The Architecture of Love | Di balik Pena

“Eh, spill dong kok si Amanda bisa jadian sama Rendi?”

5. Sabi

Dalam bahasa gaul, sabi kerap digunakan dalam percakapan baik di sosmed maupun di real life. Arti sabi sendiri adalah bisa, mampu, atau sanggup. Contoh penggunaan kata sabi

“Besok sabi nongkrong, gak?”

6. Pargoy

Pargoy adalah bahasa gaul anak zaman sekarang yang dipopulerkan oleh anak-anak TikTok. Pargoy adalah singkatan dari party goyang. Artinya, bila ada lagu DJ Remix mereka akan bergoyang bersama.

7. TBL

TBL populer diucapkan di kalangan anak muda zaman sekarang dan populer dari Tiktok. TBL merupakan singkatan dari ‘takut banget loh’, yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa takut.

8. Insecure

Insecure berasal dari bahasa Inggris. Kata Insecure sendiri adalah sebuah sebuah ekspresi yang merasa rendah diri atau merasa ada kekurangan dari dalam dirinya

9. Gelay

Bahasa gaul anak zaman sekarang lainnya adalah gelay. Arti dari kata gelay sebenarnya merupakan pelesetan dari kata ‘gak like’ , yang memiliki makna tidak menyukai sesuatu. Kata gelay mulai populer ketika digunakan oleh artis Nissa Sabyan dalam cuplikan video populernya pada tahun 2021 silam.

10. Jamet

Kaum millenial kerap kali menggunakan kata jamet sejak 2021, meski telah ada sejak lama. Jamet pada mulanya adalah singkatan dari jajal metal yang berarti mencoba metal. Kalimat ini biasa digunakan bagi orang-orang yang dianggap memiliki penampilan layaknya personil band metal.

Baik dari pakaian, aksesori, maupun riasan yang digunakan saka sekali tal memberikan kesan keren. Jamet merupakan ungkapan untuk mengatakan norak.

11.SBL

SBL adalah singkatan dari Sebel Banget Loch. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh anak-anak TikTok. SBL dianggap sebagai saudara dari TBL karena artinya yang hampir sama dan dipopulerkan melalui platform yang sama.

12. Angst

Angst (Anxiety) merupakan salah satu genre cerita fiksi penggemar yang memiliki tema kesedihan dan kecemasan. Kata ini menjadi populer bersama dengan semakin populernya karangan fiksi penggemar di sosial media.

13. Bund

Kata bund merupakan bahasa gaul yang kerap digunakan di media sosial. Bund merupakan singkatan dari kata bunda yang digunakan untuk menyapa perempuan, meskipun perempuan tersebut bukan ibu yang sesungguhnya.

14. Gemoy

Gemoy merupakan pelesetan dari kata gemas. Bahasa gaul anak zaman sekarang ini sering diucapkan saat melihat sesuatu yang lucu nan menggemaskan

15. NBL

NBL adalah singkatan dari Ngakak Banget Loh. Umumnya ditulis bila ada seseorang mengirimkan postingan yang lucu dan membuat tertawa. NBL dianggap sebagai saudara dari SBL dan TBL karena artinya yang hampir sama dan dipopulerkan melalui platform yang sama.

Arti Cepu

16. Ngokey

Kata ngokey merupakan bahasa gaul anak zaman sekarang yang artinya okay. Kata ini populer melalui sosial media Tiktok.

17. PAP

PAP adalah singkatan dari post a picture. Kata ini biasa digunakan saat seseorang meminta sebuah foto. Bahasa gaul ini sebenarnya sudah lama digunakan di luar negeri.

18. HBL

HBL adalah singkatan dari Halu Banget Loch. Halu sendiri adalah kata yang berarti halusinasi atau sesuatu yang tak nyata. HBL dianggap sebagai saudara dari NBL, SBL, dan TBL karena artinya yang hampir sama dan dipopulerkan melalui platform yang sama.

19. +62

+62 merupakan kode telepon yang digunakan Indonesia di dunia. +62 umumnya digunakan oleh netizen di media sosial untuk merujuk pada orang-orang atau masyarakat yang berada di negara Indonesia.

20. OOT

Bahasa gaul OOT adalah singkatan dari out of topic. Umumnya digunakan saat seseorang mengutarakan sesuatu di luar topik yang sedang dibicarakan

21. LBL

LBL merupakan singkatan dari Love Banget Loh. Digunakan sebagai ungkapan perasaan ketika seseorang menyukai sesuatu. dianggap sebagai saudara dari HBL, NBL, SBL, dan TBL karena artinya yang hampir sama dan dipopulerkan melalui platform yang sama.

22. Nego No Afgan

Nego No Afgan umumnya digunakan oleh seseorang yang sedang berjualan. Artinya harga barang tersebut boleh ditawar, tapi tidak boleh sadis. Afgan yang dimaksud adalah seorang penyanyi Indonesia yang memiliki lagu berjudul “sadis”. Kata ini populer melalui situs Kaskus.

23. AFK

AFK merupakan singkatan dari away from keyboard. Biasanya digunakan oleh gamer online yang menghilang begitu saja entah karena hilangnya koneksi atau ada kendala lain.

24. Scopatumana

Scopatumana adalah istilah yang tren beberapa waktu lalu yang bertujuan untuk menanyakan apa yang kamu pikirkan perihal suatu topik.

25. Salty

Ketika mengunggah sesuatu, pengguna media sosial berharap netizen lain tak memberi kritik yang menjatuhkan. Istilah Salty berarti ‘garam’ dalam bahasa Inggris, dapat berarti kesal, nyinyir, atau mengungkapkan ketidaksetujuan dengan bahasa yang tidak mengenakkan.

26. Sambat

Sambat kerap digunakan di media sosial. Bahasa gaul sambat berasal dari bahasa Jawa yangberarti mengeluh.

27. Misuh

Misuh adalah kata dari bahasa Jawa yang berarti berkata kasar. Orang-orang sering menggunakan istilah ini untuk orang yang kerap marah-marah dengan menggunakan kata kasar.

28. Gaje

Gaje adalah gabungan dari kata gak jelas. Kata ini umumnya dilontarkan oleh seseorang ketika mereka kurang atau tidak paham dengan maksud dari orang lain. Kata ini juga bisa digunakan saat ada seseorang yang berperilaku aneh dan tidak sesuai.

29. Bucin

Kata ini merupakan gabungan dari kata “budak cinta:. Sebuah kata gaul yang kerap kali diberikan kepada para muda-mudi yang tengah dimabuk asmara. Bagi mereka yang sedang jatuh cinta dan rela melakukan apapun untuk orang yang dicintainya, mereka akan mendapatkan julukan bucin.

30. Gercep

Gercep yang adalah gabungan dari kata gerakan cepat. Kata ini umumnya digunakan saat ada seseorang yang tanggap ketika melakukan sesuatu. Tanpa menunggu lama, saat ada sesuatu yang harus dilakukan, mereka akan segera melakukannya. Orang-orang semacam itulah yang dikatakan sebagai gercep oleh orang lain.

Arti Cepu

31. Mager

Males gerak atau mager. Kata ini diciptakan bagi orang yang cenderung malas untuk melakukan sesuatu. Kata mager kerap digunakan untuk mengekspresikan rasa malas dan sedang tidak ingin melakukan apapun.

32. Mantul

Mantul atau singkatan mantap betul. Anak-anak muda kerap memakai kata ini untuk memberikan pujian untuk orang lain atau suatu hal yang dianggap bagus. Tidak hanya dari kalangan anak muda, para orang tua juga sering memakainya, bahkan kadang dijadikan sebagai sindiran dan lelucon.

33. Japri

Kata berikutnya, yakni japri atau jaringan pribadi. Mereka yang menggunakan kata ini umumnya adalah yang merujuk pada urusan secara pribadi. Bila hendak dihubungi secara personal melalui grup atau media sosial, mereka akan meminta untuk di-japri saja.

34. Pansos

Kata gaul berikutnya, yaitu pansos atau kepanjangan dari panjat sosial. Kata-kata ini umumnya digunakan kepada mereka yang kerap mencari perhatian banyak orang dengan melalui media sosial. Baik yang mengunggah konten buruk atau cari perhatian semata.

35. Baper

Berikutnya ada kata baper atau bawa perasaan. Kata ini umumnya ditujukan bagi seseorang yang merasa terbawa perasaan ketika ada yang memperlakukan mereka dengan berbeda dari yang lain ataupun secara istimewa.

36. Gabut

Kata berikutnyam yakni ada gabut yang sudah sangat jerap terdengar. Kata gabut akan diberikan kepada mereka yang tengah bersantai-santai ketika seharusnya bekerja. Umumnya mereka sedang bosan melakukan rutinitas dan membutuhkan sesuatu yang baru. Sehingga mereka justru malah tak melakukan apapun.

Bahasa Gaul dari Twitter

Arti Cepu
https://www.letseatcake.com/

Ternyata, banyak sekali bahasa gaul yang berasal dari media sosial Twitter. Berikut daftarnya!

1. Nder

‘nder’ adalah salah satu kata sapaan yang kerap dijumpai di Twitter. Nder merupakan kependekan dari sender yang artinya pengirim, maksudnya adalah pembuat menfess di Twitter.

2. OA

‘oa’ ialah singkatan dari Official Account di platform Line, yakni akun resmi dari organisasi, bisnis atau perseorangan.

3. Menfess

Banyak bahasa gaul yang umum digunakan oleh pengguna Twitter berasal dari singkatan, termasuk ‘menfess’ yang aritnya adalah mention (menyebut) dan confess (mengaku).

4. Thread

Thread berarti cuitan berantai, identik dengan cuitan pengguna Twitter yang memiliki pesan bersambung dan tak cukup untuk ditulis dalam satu tweet.

5. Teh Tumpah

Asal katanya ialah spill the tea yang berarti membuka rahasia atau informasi. Teh tumpah umumnua digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia untuk membocorkan atau memberkan informasi yang bersifat rahasia atau gosip.

6. Ava Korea

Adalah sebutan bagi pengguna Twitter yang menggunakan foto artis Korea atau idol K-Pop sebagai foto profilnya.

7. Mutualan

Artinya adalah saling follow. Umumnya kata ‘mutualan’ digunakan saat hendak menambah teman di Twitter dengan cara saling follow.

8. Irl

‘irl’ merupakan singkatan dari in real life yang berarti dalam kehidupan sebenarnya.

Arti Cepu

9. Flop

Dalam bahasa Inggris, flop berarti kegagalan. Umumnya dipakai akun Twitter ketika mengadakan giveaway, bila flop berarti giveaway tersebut dibatalkan. Flop juga bisa digunakan ketika ekspektasi cuitan kamu akan di retweet oleh banyak orang, tetapi kenyataannya sepi, berarti cuitan kamu ini flop.

10. CMIIW

CMIIW adalah singkatan dari Correct Me If I’m Wrong yang berarti meminta untuk memberi tahu sesuatu yang benar bila apa yang dikatakan oelh pengguna Twitter tersebut salah. ‘Tolong benarkan, bila aku salah’ begitu maknanya kira-kira.

11. Convokiller

Convokiller, convokill, dan conkill merupakan kependekan dari Conversation Killer umumnya ditujukan bagi seseorang di Twitter yang membalas chat atau percakapan dengan tidak menarik.

12. SJW

SJW merupakan ‘social justice warrior‘ atau yang berarti pejuang keadilan sosial. Umumnya, para pengguna Twitter menggunakannya bila hendak mencemooh mengenai akun yang membahas sesuatu mengenai keadilan sosial.

13. AU

AU berarti Alternate Universe, ketika sebuah cerita dibuat dengan sudut pandang dimensi yang berbeda dari yang seharusnya, misalnya ketika para personel grup Kpop Itzy digambarkan hidup di Indonesia. AU ini banyak dibagikan melalui Twitter.

14. Hyung

Di Twitter, Hyung merupakan kata yang kerap sekali digunakan. Hyung sebenarnya adalah bahasa Korea yang berarti kakak laki-laki (bila yang memanggil laki-laki juga)

15. Moots

Moots adalah kata lain dari ‘mutual’ yang berarti dua akun yang saling mengikuti satu sama lain. Bahasa gaul ini populer melalui media sosial Twitter.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.