in

76 50+ Kata-Kata Jawa Sindiran yang Mengena Hati serta Artinya

pexels.com

Kata-Kata Jawa Sindiran – Mengungkapkan rasa kesal pada seseorang bukanlah perkara yang mudah. terkadang seseorang memilih untuk melontarkan kata-kata sindiran supaya tidak berdebat sampai terjadi keributan. Anda dapat menggunakan kata-kata sindiran sebagai ekspresi ketika tidak suka dengan orang tertentu. Dengan kata-kata sindiran tersebut, Anda bisa mewakili perasaan kesal, sedih, atau lain sebagainya.

Selain mewakili perasaan kata-kata sindiran ini dapat menjadi bahan intropeksi. terdapat banyak sekali ungkapan sindiran yang dapat anda lontarkan kepada seseorang yang menyebalkan atau tidak Anda senangi. Mulai dari bahasa Inggris, bahasa Indonesia, sampai bahasa daerah sekalipun. Salah satu diantara bahasa daerah yang dapat anda gunakan yaitu bahasa Jawa.

Melalui kata-kata Jawa sindiran terdapat makna mendalam yang dapat diambil. namun tak banyak orang yang bisa merangkai kata-kata sindiran dalam bahasa supaya terlihat mengena untuk seseorang yang membacanya.

Nah, berikut ini merupakan beberapa kata-kata Jawa sindiran yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk ditujukan terhadap orang lain yang menyebalkan.

Kata-Kata Jawa Sindiran

Kata-Kata Jawa Sindiran untuk Teman/Orang lain

Berikut ini beberapa kata-kata Jawa sindiran untuk teman atau orang lain.

  1. Ngapusi kui hakmu Nek kewajibanku yo mung etok-etok ora ngerti Yen mbok apusi.
    Artinya: berbohong itu kamu. Kewajibanku ya hanya berpura-pura tidak tahu kalau kamu bohongi.
  2. Atose watu akik isih kalah Karo atose omonganmu.
    Artinya: kerasnya batu akik masih kalah dengan ucapanmu.
  3. Nek ngomong Ojo dhuwur-dhuwur. Mengko lambemu ISO kesampluk pesawat.
    Artinya: kalau ngomong jangan ketinggian nanti mulutmu bisa kesenggol pesawat.
  4. Sunyi tambah tuwek, arep ngenteni opo maneh, wes wayahe nglalekne mantan.
    Artinya: dunia semakin tua, mau tunggu apalagi, sudah saatnya melupakan mantan.
  5. Uripmu koyo wit gedhang. Duwe jantung, tapi ora duwe ati.
    Artinya: hidupmu seperti pohon pisang memiliki jantung tapi tidak memiliki hati.
  6. Witing tresno jalaran Soko kulino lunture tresno jalaran ono wong liyo.
    Artinya: cinta datang karena terbiasa, lunturnya cinta datang karena ada orang lain.
  7. Kadang niat apik ora mesti ditanggepi wong liyo apik. Sante lan kalem Bae.
    Artinya: kadang niat yang baik tidak selalu ditanggapi orang lain. Santai saja.
  8. Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren.
    Artinya: hujannya awet aku tidak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomong tidak pernah berhenti.
  9. Konco kok Moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?
    Artinya: teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku pom bensin apa?
  10. Niat kerjo ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan.
    Artinya: niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rezeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan.
  11. Adewe Ki mati-matian dinggo konco. Lah konco mati-matian dinggo mateni adewe.
    Artinya: kita mati-matian buat teman, tapi teman mati-matian buat matiin kita.
  12. Dadi wong Ojo kaku-kaku, Ndak koyo kanebo garing.
    Artinya: jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering.
  13. Kadang mripat iso salah nyawang, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, nanging ati ora bakal iso diapusi.
    Artinya: terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi.
  14. Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih.
    Artinya: kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih.
  15. Ono papar sing iso ngilang. Pertama malaikat, keloro jin, ketelu setan, kepapat wong utang Ra iso nyaur.
    Artinya: ada empat yang bisa menghilang. Pertama malaikat, kedua jin, ketiga setan, keempat orang utang gak bisa bayar.
  16. Tangi turu nyandak hape, arep turu nutuli hape. Ojo lali, nek arep mati selfie o ndisik.
    Artinya: bangun tidur pegang hape, mau tidur mencetin hape. Jangan lupa, kalau mau mati selfie lah dulu.
  17. Uwong iku nek diapiki mbales ngapiki. Nek wis diapiki malah nglarani iku berarti guduk uwong.
    Artinya: orang itu kalau dibaikin balas baikin. Kalau sudah dibaikin malah menyakiti, itu berarti bukan orang.
  18. Ojo rumongso biso, nanging biso rumongso.
    Artinya: jangan merasa bisa, tapi jadilah agar bisa merasa/ peka.
  19. Nek kowe ora duwe Sego. Ojo mangan konco.
    Artinya: kalau kamu tidak punya nasi, jangan makan teman.
  20. Ngaku konco kok gur pengen nuntut Mulyo, pas konco ciloko malah lungo.
    Artinya: ngaku teman kok cuma mau menuntut kesenangan, saat teman susah malah pergi.
  21. Waktu adalah uang, Yen kanca mbok jak dolan raenek wektu. Berarti wonge randue duwit.
    Artinya: waktu adalah uang, jika temanmu kamu ajak keluar tidak ada waktu berarti dia tidak punya uang.
  22. Kowe Ki uwong opo kalkulator kok Ra tau gelem salah.
    Artinya: kamu itu orang apa kalkulator kok nggak mau salah.
  23. Sesuk tak tumbaske cakram rem Ben cocotmu ora blong. Tuman.
    Artinya: besok aku beliin cakram rem. Biar mulutmu nggak blong. Kebiasaan.
  24. Ben akhire ora kecewa, cewek kudu ngerti kapan waktune berharapkan kapan waktune kudu mandeg.
    Artinya: biar akhirnya tidak kecewa, kita harus tahu kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.
  25. Kudu semangat masio gak onok sing nyemangati.
    Artinya: harus semangat meski tidak ada yang menyemangati.
  26. Ojo nganti jahatku tangi seko turune sing angkler nek apik ku wes ora diregani.
    Artinya: jangan sampai jahatku terbangun dari tidur lelapnya ketika baikku sudah tidak dihargai.
  27. Jadi wong Lanang ojo koyo krupuk teles Siti lemes.
    Artinya: jadi laki-laki jangan kayak kerupuk. Basah sedikit lemas alias gampang patah semangat.
  28. Lek seneng Podo lali Kabeh. Tapi nek susah podo takon posisi.
    Artinya: kalau lagi senang lupa semua tapi kalau lagi susah semuanya tanya posisi.
  29. Ojo kakean drama, sadari Iki Urip ndek dunia nyata ora koyo drama Korea.
    Artinya: jangan kebanyakan drama, sadarlah ini hidup dunia nyata bukan seperti drama Korea.
  30. Ojo dadi pengecut koyo upil sing umpetan ning ngisor meja.
    Artinya: jangan jadi orang penakut seperti kotoran itu sembunyi di meja.
  31. Elek Yo ben, sing penting ISO marai kangen.
    Artinya: jelek ya biarin, yang penting bisa bikin kangen.
  32. Aku ra nyongko kowe tego karo konco, apik Ning arep, Ning mburi ngelek-elek.
    Artinya: aku tidak menyangka kamu tega dengan teman, baik didepan, dibelakang menjelek-jelekan.
  33. Ojo sombong nek dadi duwuran, Ning pasar duwuran regane sepuluh ewu entuk telu.
    Artinya: jangan sombong kalau jadi atasan, di pasar atasan harganya sepuluh ribu dapat tiga.
  34. Foto DP kok Karo pacare terus, opo biyen Leh tuku hp urunan?
    Artinya: foto DP kok sama pacarnya terus, apa dulu beli hpnya patungan.
  35. Wong Ki Yo nameti ngisor barang. Ojo ndangak ae, nek kelilipen kapok.
    Artinya: orang itu harus melihat ke bawah. Jangan ke atas terus, kalau kemasukan debu baru tahu rasa.
  36. Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke Kowe arep nembung utang Karo aku.
    Artinya: kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta hutang padaku.
  37. Dijawab sing apik-apik wae, ngko tak kek’i Sewu.
    Artinya: dijawab yang baik-baik saja, nanti tak kasih seribu.
  38. Aku Ra seneng ngrepoti kancaku Ning kancaku seneng ngrepoti aku.
    Artinya: aku tidak suka merepotkan temanku, tapi kok temanku suka merepotkan aku.
  39. Ojo salahke aku Yen aku wes ora peduli ro awakmu, dikei ati ngrogoh rempela.
    Artinya: jangan salahkan aku jika aku sudah tidak peduli denganmu, dikasih hati malah minta ampela.
  40. Guyon Ki mbok Ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan.
    Artinya: bercanda itu jangan kelewatan nanti putar baliknya jauh.
  41. Ngomong tok Yo gampang, sing angel iku wahing Karo melek.
    Artinya: ngomong aja gampang, yang sulit itu bersin sambil membuka mata.
  42. Kerjo abot tak tekuni Ben entuk duwit akeh nggo ngeramik lambemu.
    Artinya: kerja keras aku tekuni agar bisa uang yang banyak buat pasang keramik di mulutmu.
  43. Telpon ora diangkat. SMS ora dibales. WhatsApp ora di woco. Opo hpmu Ning njero dandang.
    Artinya: telepon tidak diangkat. Sms tidak dibalas. WhatsApp tidak dibaca. Apa hp mu di dalam dandang.
  44. Nek lambemu Ono BPKB ne mesti wes tak gadeke.
    Artinya: kalau mulutmu ada BPKB nya pasti sudah ku jual.
  45. Omonganku koyo ciu, sitik Ning marai ngelu.
    Artinya: omonganmu seperti alkohol, sedikit tapi bikin nyesek.
  46. Uripmu koyo wit gedhang. Duwe jantung tapi ora nduwe ati.
    Artinya: hidupmu seperti pohon pisang. Punya jantung tapi tidak punya hati.
  47. Urip dipaido. Mati ditangisi. Waras dilarani.
    Artinya: hidup dikritik. Mati ditangisi. Waras disakiti.
  48. Ojo dirungokne omongane wong liyo sing duwe cangkem tapi ora duwe utek.
    Artinya: jangan dengerin omongan orang lain yang punya mulut tapi tidak punya otak.
  49. Ojo nganti sabarku ilang mergo kon ngerteni Kowe terus saben Dino.
    Artinya: jangan sampai sabarku hilang karena harus ngertiin kamu selalu setiap hari.
  50. Meneng kui luwih apik, ketimbang ngomong wong nambahi masalah.
    Artinya: diam itu lebih baik daripada banyak omong menambah masalah.
  51. Umpomo fotomu ora editan. Opo Kowe ora payu.
    Artinya: seumpama fotomu tidak editan. Apa kamu tidak laku.

Kata-Kata Jawa Sindiran

Kata-Kata Jawa Sindiran untuk Kekasih

Setelah mengetahui kata-kata Jawa sindiran, maka pada poin ini kita akan membahas tentang kata-kata Jawa sindiran untuk kekasih. Berikut ini beberapa kata-kata Jawa sindiran untuk kekasih.

  1. Cinta Kuwi kadang koyo kripik telo, iso remuk nek Ra ati-ati ne ngowo
    Artinya: cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur Jika tidak hati-hati dibawa.
  2. Jare simbol timbang golek pokemon, luwih becik golek jodo, simbol pengen gendong Putu Dudu gendong pikachu.
    Artinya: kata ibu daripada mencari pokemon, mending mencari jodoh. Ibu ingin meminang cucu bukan Pikachu.
  3. Nek jodo Yo bakal jadi jodo, nek ora jodo Yo tak kondangan wae Karo nyumbang lagu kandas.
    Artinya: kalau jodoh ya bakal jadi jodoh. Kalau tidak jodoh ya aku akan kondangan sambil nyumbang lagu kandas.
  4. Pacaran kui Ra usah diumbar, sing penting undangan teko kesebar.
    Artinya pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang terpenting tiba-tiba nyebar undangan.
  5. Rasah sok romantis, nek akhire mung tragis. Mending seng humoris tapi akhire manis.
    Artinya: tidak perlu romantis, kalau akhirnya hanya tragis. Mending seng humoris tapi akhirnya manis.
  6. Truk wae nduwe gandengan, mosok Kowe ora ndue gandengan.
    Artinya: truk saja punya pasangan, masak kamu tidak punya pasangan.
  7. Aku janji Ra nakal maneh, kecuali nakali koe
    Artinya: aku berjanji tidak akan nakal lagi, kecuali nakali kamu
  8. Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. Insyaallah taun ngarep sholatmu tak makmumi
    Artinya: kerja ku tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. Insyaallah tahun depan kamu jadi makmum shalatku
  9. Kowe nek sayang ngomong, Ojo ngode terus. Aku Dudu brangkas sing butuh kode.
    Artinya: kamu kalau sayang itu bilang, jangan memberikan kode saja. Aku bukan brangkas yang butuh kode.
  10. Aku wedi kelangan koe. Tapi aku luwih wedi yen kowe isin duweni aku
    Artinya: aku takut kehilangan Kamu. Tapi aku lebih takut kalau kamu malu memiliki aku.
  11. Ora ketemu sesasi rasane koyo 30 Dino
    Artinya: tidak ketemu satu bulan rasanya seperti 30 hari.
  12. Cintaku terhalang brengose bapakmu
    Artinya: cintaku terhalang kumis ayahmu
  13. Opo aku kudu dadi via Vallen, Ben iso diceluk sayang
    Artinya: apa aku harus jadi via Valen, biar bisa dipanggil sayang.
  14. Sliramu kui koyo bintang, sing Endah didelok tapi angel digayuh
    Artinya: kamu itu seperti bintang, indah dipandang tapi sulit diraih
  15. Sliramu manis dek, kaya gula
    Artinya: dirimu manis dek, seperti gula
  16. Cukup nyawang kowe sing tak sayang, kangen Iki langsung ilang
    Artinya: cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang.
  17. Tak kiro lali bales, tibake wes males
    Artinya: aku pikir lupa membalas, ternyata udah malas
  18. Getun. Blas ora, yangku Saiki luweh sip
    Artinya: menyesal. Sama sekali tidak. Pacarku sekarang lebih baik.
  19. Ojo bangga sek, Saiki Dee pacarmu la nek sesok Dee jodohku koe iso opo.
    Artinya: jangan bangga dulu, sekarang dia pacarmu tapi kalau suatu saat dia jodohku kamu bisa apa
  20. Asline aku Ki setia, Ning akeh seng Ra percoyo
    Artinya: sebenarnya aku itu setia, tapi banyak yang tidak percaya.
  21. Aku Kon ngenteni koe terus, la rumangsamu aku cctv opo
    Artinya: aku kamu suruh nunggu kamu terus, la menurutmu aku cctv apa.
  22. Mesakne jek mom kok dilarani terus
    Artinya: kasihan masih muda kok disakitin terus
  23. Aku sing ngancani koe Nibo tangi, koe malah ngeliyo ati.
    Artinya: aku yang menemani jatuh bangun, kamu malah pergi ke lain hati.
  24. Elek-elekan ngene, ibukmu senengane kangen aku mangsane
    Artinya: jelek-jelek gini, ibukmu sering kangen sama aku
  25. Cintamu mentok neng Dee. Durung ketemu tikungan wae sih Jane.
    Artinya: cintamu mentok hanya dia. Hanya belum ketemu sama yang lain saja.

Kata-Kata Jawa Sindiran

Nah, itulah beberapa kata-kata Jawa sindiran yang tentunya sangat banyak sekali. Serta bisa Anda pilih sebagai referensi ketika mengekspresikan perasaan yang sedang Anda alami kepada orang lain. Semoga pembahasan tentang kata-kata Jawa sindiran diatas, bisa bermanfaat dan membantu para pembaca. Selain itu, bisa menambah wawasan pengetahuan akan kata-kata sindiran Jawa.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang kata-kata Bahasa Jawa lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

BACA JUGA:

  1. 75 Kata-Kata Sindiran yang Bisa Diucapkan Agar Orang Menyadari Kesalahannya
  2. 100+ Kumpulan Kata Sindiran Halus untuk Orang Munafik
  3. Kumpulan Kata-Kata untuk Menyindir Orang yang Menyakiti Kita
  4. Kalimat Sindiran Buat Pacar yang Cuek dan Egois
  5. Kata Sindiran Halus Menagih Utang Teman yang Susah Bayar 
  6. Kata Sindiran dan Pesan untuk Laki-Laki yang Menyakiti Wanita 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika