in ,

Aplikasi Edit Foto Produk: Rekomendasi Terbaik & Mudah Digunakan

Pexels.com

Aplikasi Edit Foto Produk – Kamu punya bisnis sendiri, bekerja sebagai content creator, atau sekadar ingin belajar editing? Maka kamu mungkin familiar dengan berbagai macam aplikasi editing foto untuk produk bisnis maupun sekedar untuk mengasah skill.

Apalagi saat ini, terdapat banyak aplikasi yang bisa menjadi pilihan kita untuk melakukan pengeditan foto. Tapi, banyaknya pilihan yang ada kadang justru membuat kita bingung sendiri ingin memilih yang mana.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan mengulas rekomendasi aplikasi editing foto produk yang bisa kamu gunakan untuk mengedit dan meningkatkan kualitas foto produkmu.

Pada umumnya, saat akan melakukan pengeditan foto, kamu dapat memilih aplikasi dengan menyesuaikan perangkat keras yang kamu gunakan. Sebab, baik mengedit dengan komputer atau mobile, keduanya memiliki jenis aplikasi yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu membaca artikel ini sampai habis supaya bisa memilih aplikasi edit foto produk terbaik untuk kebutuhanmu.

Aplikasi Edit Foto Produk di PC/Laptop

Apabila kamu ingin melakukan editing secara detail dan menyeluruh layaknya profesional, maka melakukan editing menggunakan PC atau laptop dirasa lebih baik. Karena perangkat keras satu ini memiliki kapasitas jauh lebih besar, sehingga memungkinkan kita untuk mengunduh aplikasi atau software yang lebih besar.

Software atau aplikasi di PC atau laptop umumnya memiliki lebih banyak fitur dan detail yang memungkinkan kamu untuk melakukan editing sesuai selera. Berikut beberapa aplikasi edit foto produk untuk PC atau laptop.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Edit Foto Produk

Tidak dapat dipungkiri, Adobe merupakan salah satu label editing terbesar dan terbaik. Jika Grameds ingin mencari aplikasi edit foto untuk PC atau Laptop, maka adobe photoshop menjadi pilihan yang tepat.

Pada dasarnya, semua software adobe mendukung untuk melakukan editing foto dan video, namun adobe photoshop ini merupakan software yang paling mudah dan lengkap untuk keperluan foto. Terdapat begitu banyak tools untuk melakukan editing secara detail.

Jika kamu ingin mengedit foto produk dengan memberikan filter efek, kamu bisa membuat preset sendiri dengan camera raw filter. Selain filter, dengan Adobe Photoshop memungkinkan kamu mengedit dengan multiple layer sehingga jika ada kesalahan bisa mengoreksi dengan baik.

Salah satu keunggulan lain pada photoshop adalah adanya fitur smart object, brush tools, magic wand dan masih banyak lainnya. Melalui photoshop kamu bisa memperbaiki foto, mengubah dan menambahkannya pada foto lain.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi Edit Foto Produk

Sekilas, lightroom tampak sama dengan photoshop. Tapi jangan salah, kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang amat berbeda. Jika dengan photoshop kamu bisa mengubah, mengganti gambar dengan berbagai layer, tapi tidak pada lightroom.

Adobe photoshop lightroom atau kerap disebut lightroom ini, bisa dikatakan merupakan software ekstensi dari photoshop dengan fokus dalam editing pencahayaan dan filternya. Tentu meskipun sifatnya sebagai bagian dari adobe versi pengeditan efek pencahayaan yang lebih luas, namun software ini dapat berdiri sendiri.

Artinya kamu tidak perlu memiliki photoshop untuk bisa menggunakan lightroom. Adobe seolah memberikan kemudahan pada user sehingga kita bisa memilih untuk menggunakan salah satunya saja. Maka, jika kamu lebih sering mengedit dengan fokus pada pencahayaan dan filter saja, kamu bisa menggunakan lightroom ini.

Pada lightroom ini semua tools digunakan untuk mendukung pengeditan cahaya dengan palet warna jauh lebih banyak, dan setting tools yang lebih luas. Saat ini ada banyak pula tutorial cara mengaplikasikan Adobe yang bisa kamu lihat disini.

Aplikasi Edit Foto Produk

3. Skylum Luminar

Aplikasi Edit Foto Produk

Salah satu aplikasi edit foto yang tidak kalah unggul adalah Skylum Luminar. Kendati tools dan fiturnya tidak sebanyak photoshop, namun dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit dengan jauh lebih mudah tanpa memakan waktu yang lama.

Software ini menawarkan berbagai macam filter cantik yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki tone, lens hingga distortion pada raw file kamu. Selain itu pada aplikasi satu ini apa pula fitur automatic correction yang semakin memudahkan kamu dalam mengedit.

Jika kamu masih pemula, dan merasa kesulitan dalam menggunakan software-software adobe maka Skylum Luminar rasanya akan menjadi aplikasi yang tepat untuk membantu proses edit foto.

4. Corel Paintshop

Aplikasi Edit Foto Produk

Masih satu keluarga besar dari Coreldraw, Corel Paintshop ini adalah software keluaran Corel yang fokus pada editing foto. Jika kamu mungkin bisa mendengar Coreldraw untuk membuat desain, maka Corel Paintshop Pro ini akan membantu kamu untuk mengedit foto-foto produk menjadi semakin menarik.

Tapi bukan corel namanya, jika tidak bisa untuk mengedit segi grafis. Aplikasi ini juga tidak hanya menyediakan fitur untuk edit foto semata, tapi juga ada banyak tools untuk mengedit grafis dengan hasil yang sama baiknya dengan photoshop.

Terlebih lagi, pembelian lisensi Corel Paintshop tergolong lebih murah dibandingkan dari Adobe. Sehingga kamu bisa mendapatkan aplikasi yang baik dengan harga terjangkau.

5. Cyberlink PhotoDirector

Aplikasi Edit Foto Produk

Membahas aplikasi editing, memang tidak hanya Adobe saja yang sudah populer. Salah satu software editing yang cukup legendaris datang dari perusahaan Cyberlink, yakni Cyberlink PhotoDirector.

Cyberlink sendiri memiliki banyak jenis aplikasi mulai dari edit foto, video, converter dan video player. Jika kamu ingin melakukan edit foto yang dengan tools lengkap tapi tidak serumit Photoshop, maka PhotoDirector ini bisa menjadi pilihan terbaik untukmu.

Penggunaan software dari Cyberlink memang terkenal lebih mudah, sehingga user bisa mengaplikasikannya sendiri dengan mudah bahkan jika kamu masih pemula. Jika membahas mengenai tools dan fitur, rata-rata tidak jauh beda dengan fitur edit foto dari Adobe.

Hanya saja penataan tools dan fitur pada PhotoDirector jauh lebih jelas dan tampak di menu bar sehingga mudah ditemukan.

Sebenarnya masih banyak aplikasi atau software yang bisa menjadi rekomendasi edit foto untukmu, beberapa aplikasi ini juga terdapat dalam versi desktop dan mobilenya. Kamu bisa membaca rekomendasi aplikasi untuk edit ini disini.

Tapi sebelum menentukan aplikasi mana yang akan kamu gunakan dan instal di PC atau Laptop, kamu harus mengecek terlebih dahulu spesifikasi PC atau Laptop yang kamu miliki dengan spesifikasi software tersebut.

Tidak perlu memaksakan untuk menggunakan software atau aplikasi pada versi terbaru, apabila melebihi kapasitas perangkatmu. Cukup menggunakan aplikasi yang setidaknya setara atau versi dibawah spesifikasi PC supaya aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Aplikasi Edit Foto Produk di HP

Melakukan pengeditan foto di ponsel tidak selalu dilakukan untuk koleksi pribadi saja. Saat ini banyak orang yang melakukan editing foto produk atau untuk konten bisnis mereka hanya lewat smartphone saja.

Selain dinilai jauh lebih mudah diakses dan simple, dengan menggunakan aplikasi edit foto produk dari ponsel kita bisa melakukannya dimana saja, kapan saja. fitur-fitur editing yang ada di aplikasi-aplikasi ini juga beragam. Kamu bisa memilih aplikasi yang paling sederhana hingga yang lebih rumit, tergantung kebutuhan dan selera.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa kamu unduh hanya dengan smartphone.

1. Adobe Photoshop Express

 

Siapa yang tidak kenal aplikasi dari keluarga besar Adobe ini. Selain fitur super lengkap, Adobe merupakan perusahan software yang banyak mengembangkan produk mereka untuk kebutuhan desain dan editing.

Salah satu aplikasi dari Adobe terbaru dalam versi mobile phone ini adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi satu ini begitu populer dan banyak digunakan karena fiturnya yang mudah digunakan, dengan hasil layaknya profesional editor.

Pada versi mobile ini, fitur-fitur pada photoshop disederhanakan sehingga, pengguna dapat mengedit dalam waktu singkat. Salah satu keunggulannya adalah terdapat banyak efek foto yang telah dibuat dalam bentuk preset. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengatur satu per satu saturasi, noise, exposure untuk mendapatkan sebuah preset menawan.

2. PicsArt

Aplikasi Edit Foto Produk

Jika photoshop sudah terkenal karena versi desktopnya yang legendaris di dunia editing, maka untuk kategori mobile phone bisa dikatakan PicsArt menjadi aplikasi wajib yang sudah digunakan lebih dari jutaan pengguna.

Aplikasi PicsArt ini juga sudah berkembang sejak lama dan terus meng-upgrade versinya sehingga menampilkan banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai eksperimen editing.

PicsArt menawarkan fitur lengkap yang tidak hanya preset cantik untuk tiap efeknya, melainkan juga berbagai jenis kolase, layering untuk gambar dan elemen, teks dengan banyak font cantik dan masih banyak lagi.

Melalui aplikasi ini kamu bisa mencoba berbagai jenis editing foto untuk produk bisnis supaya menjadi semakin berbeda dan menarik.

3. VSCO

 

Belum lama ini, filter-filter dari VSCO ini sempat menjadi tren yang kerap digunakan oleh para remaja saat ini. Banyak dari pengguna sosial media yang menampilkan sejumlah foto dengan tema vintage yang ada pada aplikasi VSCO ini.

Bahkan di instagram sendiri, filter instagram yang paling sering digunakan pengguna salah satunya adalah vsco. Maka jika kamu menginginkan foto produk dengan nuansa vintage dengan cool tone, maka tampaknya aplikasi VSCO ini cocok untukmu.

Filter-filter yang tersedia dalam aplikasi ini akan memberikan kesan lebih easthetic dan gloomy pada fotomu. Sehingga tema dalam VSCO ini juga cocok untuk kamu gunakan sebagai editor foto pribadi atau untuk produk bisnis.

4. Photo Editor Pro-Inshot

 

Inshot berhasil sukses dengan aplikasi editing video mereka, kini kembali menggagas aplikasi untuk edit foto. Berasal dari developer yang sama yakni Inshot, membuat kualitas Photo Editor Pro ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

Photo Editor Pro ini menyediakan banyak fitur menawan dengan tools yang juga mudah dipahami oleh para pengguna. Sehingga baik kamu sebagai editor profesional ataupun yang masih belajar, bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Sejumlah fitur yang paling banyak disukai dari aplikasi ini yakni adanya lebih dari 60 filter efek gratis. Efek yang disediakan juga merupakan efek kekinian yang banyak disukai remaja saat ini seperti filter Natural, Lomo, Vignette dan Pink.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan light FX dan photo blender yang membantu kamu mengedit jauh lebih detail dan profesional. Kamu juga bisa mengedit foto menjadi bokeh yang bisa kamu adjust sesuai keinginan.

5. AirBrush

Sesuai namanya, AirBrush ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak dicintai pengguna karena fitur blemish and pimple removernya. Fitur ini berguna untuk melakukan koreksi pada foto, dan menyempurnakannya.

Sehingga jika kamu mengedit foto wajah dengan jerawat, kamu bisa menghilangkannya dengan fitur andalan satu ini. Selain itu, fitur itu juga dapat mempercantik dan memperhalus dengan tools brush nya yang bisa memperbaiki tampilan foto.

Misalnya, pada foto produk makanan kamu ternyata tampak kurang menarik, kamu bisa membubuhkan pulasan dengan highlight di beberapa bagian foto sehingga terlihat lebih menggoda. Selain itu, AirBrush ini juga menawarkan fitur Real-Time Editing Technology. Di mana kamu bisa melakukan penyuntingan foto sebelum mengambil gambar real timenya.

6. Prisma

Aplikasi editing foto menjadi digital art lainnya yang tidak kalah menarik adalah Prisma. Aplikasi ini bahkan telah diunduh oleh lebih dari 110 juta pengguna. Prisman menawarkan efek filter untuk membuat foto kamu tampak seperti lukisan, atau digital art yang menarik.

Tidak lupa dengan tema filter yang unik serta tampilan saturasi tajam khas gambar-gambar digital art. Dengan menggunakan Prisma, kamu juga bisa terus terhubung dengan banyak konten kreator lain di platform yang sama.

7. Picsa Photo Editor

 

Jika kamu suka jenis foto eksentrik yang berbeda, kamu bisa melakukan eksperimen editing menggunakan aplikasi Picsa Photo Editor ini. Tidak hanya menyediakan filter efek lucu-lucu saja, namun pada aplikasi ini kamu bisa dengan mudah mengedit menggunakan serangkaian elemen, kolase, dan efek lucu.

Tanpa perlu skill editing tingkat dewa, kamu sudah bisa menggunakan efek seperti spiral, yang memberikan sentuhan cahaya spiral atau rainbow sehingga foto tampak jauh lebih futuristik. Ada pula drip effect yang bisa membuat foto kamu tampak unik dan stunning.

Kamu hanya perlu menerapkannya dengan satu tap saja, efek sudah bisa kamu terapkan. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengatur berbagai ratio foto yang kamu inginkan sesuai kebutuhan sosial media.

8. Snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi yang dirilis dari developer Google, dimana fitur yang disediakan tidak kalah menarik. Aplikasi ini menyediakan begitu banyak tools lengkap layaknya photoshop yang mengijinkan kita melakukan pengeditan secara detail.

Tidak hanya itu saja, dengan snapseed kamu dapat menyimpan preset sendiri dengan mengedit RAW files dan menerapkannya pada semua foto yang selanjutnya kamu edit. Sehingga kamu bisa mendapatkan banyak foto dengan satu tema senada.

9. Photo Lab Picture Editor

 

Apabila aplikasi di atas masih kurang memenuhi selera, kamu bisa menggunakan aplikasi Photo Lab Picture Editor ini untuk mempercantik foto produk. Pasalnya dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan pengeditan foto dengan mengubahnya menjadi digital art.

Tidak hanya digital art saja, kamu juga bisa mengubah fotomu dengan filter yang natural yang tersedia di aplikasi ini. Dengan tools lengkap, preset yang smooth memberikan kesan foto produk kamu begitu natural, tapi tetap cantik.

Kesimpulan

Terlepas dari pemilihan aplikasi mana yang terbaik untuk konten foto kamu, semua aplikasi merupakan saran yang sama baiknya untuk kita gunakan dalam proses mengedit. Sebuah foto yang tampil menarik setelah pengeditan adalah pengaruh dari skill, media dan aplikasi yang ada.

Jika semuanya seimbang, maka kamu pasti bisa mendapatkan hasil terbaik dari proses edit tersebut. Dengan terus belajar untuk mendapatkan skill yang mumpuni, aplikasi yang sesuai dengan media yang ada, maka hasil foto akan optimal.

Sekarang, setelah menentukan aplikasi mana yang kamu pakai saatnya kamu mulai mengasah skill edit foto supaya bisa menyamai para editor andal lainnya. Boleh jadi berawal dari hobi editing kamu justru menjadi editor profesional untuk bisnis kamu sendiri!

Itulah beberapa aplikasi edit foto produk yang bisa kamu coba gunakan untuk hasil layaknya editing profesional. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait editing foto di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Inka

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Aplikasi Edit Foto Produk



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda