in

Apa itu NFC? Berikut Fitur, Cara Kerja dan Cara Menggunakannya

Apa itu NFC? – Saat ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat, kamu sudah bisa membeli makanan hanya dari satu telepon genggam dan koneksi internet saja. Ketika ingin membayar parkir tinggal tempelkan kartu dan jalan. Ketika ingin makan, bayar dengan tempel kartu lalu kamu bisa makan. pernahkah kamu bertanya-tanya dengan konsep tap-and-go ini, semuanya terlihat seperti sihir. Dunia menjadi serba cepat dan mudah.

Sederhananya, konsep tap-and-go ini menggunakan metode transfer data nirkabel atau yang disebut dengan near field communication atau komunikasi jarak dekat. Hal ini memungkinkan berkomunikasi dari jarak dekat tanpa membutuhkan koneksi internet. Lalu, apa itu near field communication? Simak tulisan di bawah ini untuk mengenal lebih jauh tentang NFC.

Apa itu Near Field Communication (NFC)?

Near field communication adalah sebuah perangkat komunikasi antara dua perangkat elektronik dengan jarak sekitar 4 cm atau kurang dari itu. Near field communication menawarkan koneksi berkecepatan rendah dengan pengaturan sederhana yang sangat mudah penggunaannya.

Alat NFC ini bisa bertindak sebagai dokumen identitas elektronik atau kartu kunci. Biasanya, near field communication digunakan dalam sistem pembayaran non tunai. Misalnya seperti pembayaran dengan kartu kredit atau e-money dan sejenisnya. Tidak hanya itu, perangkat near field communication bisa digunakan untuk berbagi file kecil seperti nomor telepon, foto, video dan file lainnya.

Perangkat NFC ada yang disebut dengan perangkat pasif dan juga aktif. Pada perangkat NFC pasif ada sejenis pemancar kecil di dalamnya. Pemancar tersebut bisa mengirimkan informasi ke perangkat NFC lain.

Namun, perangkat NFC pasif tidak bisa memproses informasi apapun yang dikirim dari perangkat NFC lainnya dan tidak bisa terhubung pada perangkat NFC pasif. NFC pasif ini bisa kamu temukan dalam bentuk iklan yang ada di dinding gedung dan lain-lainnya.

Berbeda dengan perangkat NFC pasif, perangkat NFC aktif bisa mengirim dan menerima data. Selain itu, perangkat NFC aktif bisa berkomunikasi antara satu sama lain. Perangkat NFC aktif juga bisa berkomunikasi dengan perangkat NFC pasif.

Sejauh ini, ponsel pintar yang ada saat ini adalah salah satu bentuk perangkat aktif NFC yang paling banyak diketahui dan dimiliki. Pembaca kartu parkir, dan kartu-kartu pembayaran sentuh lainnya juga merupakan contoh dari NFC aktif.

Setiap perangkat aktif NFC bisa bekerja dalam tiga mode yaitu; emulasi kartu NFC, Hal ini memungkinkan perangkat yang memiliki NFC seperti ponsel pintar untuk bertindak sebagai kartu pintar dengan memungkinkan penggunanya bisa melakukan transaksi pembayaran; emulasi kartu host, Hal ini memungkinkan perangkat yang memiliki kemampuan NFC untuk membaca informasi yang disimpan pada tag NFC yang disematkan pada label atau poster pintar; NFC peer to peer, Hal ini memungkinkan dua perangkat yang memiliki kemampuan NFC untuk berkomunikasi satu sama lain dalam bertukar informasi.

Karena NFC memiliki jangkauan yang terbatas, hanya beberapa sentimeter saja, NFC biasa tidak dilindungi dari penyadapan dan sangat rentang pada modifikasi data. Aplikasi mungkin bisa menggunakan lapisan keamanan yang lebih baik untuk membuat komunikasi yang lebih aman. Sinyal RF yang ada untuk mentransfer data bisa ditangkap dengan antena. Hal ini tentunya bisa membuat seseorang menguping pada jarak kurang lebih 10 meter.

Perangkat NFC biasanya menyertakan protokol, protokol tersebut adalh ISO/IEC 14443. Hal ini sangat memungkinkan pada penipuan. Penipuan ini bekerja dengan menyerang seseorang untuk meneruskan permintaan membaca dan menyampaikan jawabannya secara langsung. Dengan begitu, mereka akan berpura-pura menjadi pemilik kartu korban. Penipuan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua ponsel yang disertai dengan perangkat NFC.

Perbandingan NFC dengan Teknologi Wireless lainnya

teknologi nfc

Mungkin banyak yang berpikir bahwa teknologi near field communication tidak terlalu penting, karena ada teknologi yang lebih bisa menjangkau jarak yang lebih jauh yaitu bluetooth. Bagaimanapun juga ada beberapa perbedaan penting di antara kedua perangkat tersebut.

NFC tidak membutuhkan daya yang banyak seperti bluetooth, cukup dengan daya yang sedikit saja. Tentunya dengan kebutuhan daya yang sedikit membuat NFC menjadi perangkat yang sempurna sebagai perangkat pasif.

banner-promo-gramedia

Kebutuhan daya yang kecil ini juga memiliki kelemahan tentunya. Terlebih karena cakupan jangkauan transmisi yang lebih pendek daripada bluetooth. Koneksi bluetooth bisa mengirim data dengan cakupan jarak 10 meter antara perangkat satu dan yang lainnya. Sedangkan NFC hanya mencakup jangkauan kurang dari 10 sentimeter. Selain itu NFC juga memiliki kekurangan yaitu perangkat NFC lebih lambat dibandingkan dengan bluetooth.

Walaupun NFC lebih lambat dibandingkan dengan bluetooth, NFC memiliki keunggulan yang paling penting yaitu konektivitas yang lebih cepat. Karena tidak adanya manual pairing, hanya membutuhkan waktu kurang dari sepersepuluh detik untuk menyambungkan kedua perangkat near field communication.  Meskipun bluetooth  bekerja lebih baik untuk transfer data, menyambungkan perangkat ke speaker dan yang lainnya, NFC tetap memiliki kelebihan untuk pembayaran non tunai yang lebih cepat dan mudah.

Sejarah Near Field Communication

Near field communication awalnya bermula dari identifikasi frekuensi radio. Sebetulnya NFC ini merupakan bagian dari frekuensi radio dengan jangkauan yang lebih pendek untuk tujuan keamanan.  Dengan frekuensi ini akan memungkinkan perangkat keras yang kompatibel untuk berkomunikasi dengan tag elektronik pasif dan tidak menggunakan gelombang radio. Biasanya ini digunakan untuk identifikasi, otentikasi dan pelacakan. namun ide serupa saat ini dikalahkan dengan teknologi seperti QR code dan barcode.

Pada tahun 1983, paten pertama yang berkaitan dengan frekuensi radio atau RFID ini diberikan kepada Charles Walton. Pada tahun 1997, bentuk awal dipatenkan dan pertama kali digunakan pada mainan karakter Star Wars. Lalu pada tahun 2002, Philips dan Sony setuju untuk menetapkan spesifikasi teknologi dari NFC. Akhirnya pada tahun 2004, Nokia, Sony dan Philips berunding untuk membentuk forum teknologi NFC ini.

Grup yang dibentuk oleh ketiga raksasa komunikasi pada saat itu didedikasikan untuk mempromosikan kemudahan dan keamanan dari perangkat nirkabel ini. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan teknologi bisnis dan menjunjung tinggi kemungkinan NFC beroperasi.

Bagi siapa saja yang ingin membuat perangkat dengan menyertakan NFC di dalamnya harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh grup atau forum NFC pada saat itu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pengguna perangkat NFC apapun bisa menggunakan dengan perangkat NFC lainnya.

Pada tahun 2006 ini, forum NFC yang terbentuk sebelumnya memproduksi set perangkat NFC. NFC adalah benda yang memiliki ukuran kecil, ringan seperti sticker. Perangkat kecil ini memiliki informasi yang dapat disematkan dengan perangkat lain seperti ponsel pintar. Pada tahun ini, spesifikasi untuk poster pintar juga dibuat.

Poster ini menyimpan informasi yang bisa dibaca oleh perangkat yang kompatibel dengan NFC. Hal ini contohnya bisa memberikan semua informasi seperti penjelasan tentang karya seni yang terkenal atau biografi singkat tentang orang terkenal.

Pada tahun 2009, NFC pertama kali digunakan dalam bidang transportasi oleh China Unicom dan Yucheng Transportation Card untuk jalur trem dan bus. Setelah itu, kartu transportasi dengan NFC ini diterapkan pada jaringan metro oleh China Unicom di Beijing menjelang akhir tahun 2010. Nokia 6131 menjadi ponsel pertama yang memiliki NFC.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak teknologi yang berkembang mulai dari metode pembayaran, berbagi file foto atau video dan mengundang teman dalam gim antar ponsel pintar serta perangkat NFC lainnya. Pada tahun 2010, Samsung Nexus S diproduksi sebagai Android dengan NFC pertama. Saat ini, NFC paling banyak digunakan di Eropa dan Asia dan juga Amerika.

Pada tahun 2013, Samsung bekerjasama dengan VISA. Saat itu, Samsung dan VISA mengumumkan kerjasamanya dalam membangun pembayaran secara non tunai. Di tahun yang sama, perusahaan IBM mengembangkan teknologi keamanan yang terotentikasi seluler berbasis NFC. Hal ini berupaya untuk menekan jumlah penipuan dan pelanggaran keamanan. Teknologi ini bekerja dengan prinsip yang mirip dengan keamanan otentikasi ganda.

Swatch dan VISA juga mengumumkan kerjasamanya pada November 2015. Mereka bekerja sama untuk mengaktifkan transaksi keuangan NFC menggunakan jam tangan. Jam tangan yang diluncurkan pada saat itu adalah Swatch Bellamy.

Sistem yang digunakan merupakan online dengan menjalin mitra bersama China UnionPay dan Bank of Communications. Di tahun yang sama, Google Android Pay diluncurkan dan langsung bersaing dengan produk Apple yaitu Apple Pay.

Cara Kerja dan Cara Menggunakan Near Field Communication

cara menggunakan nfc

Bagaimana cara kerja dari perangkat NFC ini?  Teknologi NFC terlihat sangat sederhana. Awalnya NFC ini merupakan evolusi dari frekuensi radio atau yang dikenal dengan RFID. Chip dari NFC beroperasi sebagai salah satu bagian yang tidak membutuhkan kabel. Ketika chip diaktifkan oleh chip lain, beberapa data yang ada di antara kedua perangkat bisa ditransfer ketika ada dalam jarak beberapa sentimeter satu sama lain.

Pemakaian perangkat NFC tidak menggunakan kode yang diperlukan untuk menghubungkan kedua perangkat. Hal ini karena chip yang digunakan berjalan dengan daya yang sangat rendah. NFC merupakan perangkat yang paling membutuhkan daya yang sangat kecil dibandingkan perangkat komunikasi nirkabel lainnya.

Saat ini, NFC chip sudah disematkan di kartu kredit atau kartu-kartu lainnya. Tidak hanya ada pada kartu, perangkat NFC juga sudah tersedia di ponsel pintar bahkan jam tangan. Hal ini tentunya untuk memudahkan komunikasi terutama pada pembayaran non tunai.

Tidak hanya untuk pembayaran saja, perangkat NFC yang ada di ponsel pintar memungkinkan penggunanya untuk mentransfer file foto, atau file lainnya dengan menempelkan kedua ponsel pintar secara berdekatan.

Ponsel yang ada perangkat NFC tidak hanya di android saja, namun ponsel yang menggunakan sistem operasi IOS atau ponsel produk Apple. Agak sedikit berbeda dengan Android Pay, Apple Pay yang ada pada ponsel Apple memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan ponsel mereka dengan kartu kredit atau kartu debit mereka dan menggunakan ponselnya sebagai alat pembayaran.

Kegunaan Near Field Communication

Komunikasi jarak dekat seringkali diragukan akan manfaatnya bagi sebagian orang. Bahkan banyak orang yang tidak menyadari kemudahan dari NFC ini. Perangkat NFC menawarkan kemudahan bagi penggunanya dalam kegiatan sehari-hari mulai dari membayar di restoran, transportasi publik dan lain-lain. Saat ini tidak hanya kartu-kartu saja yang disematkan dengan chip NFC namun juga ponsel pintar sekarang ini. Berikut adalah beberapa kegunaan dari near field communication.

banner-promo-gramedia

1. Pembayaran tanpa kontak

Ketika pada masa pandemi Covid-19, pembayaran tanpa kontak sangat-sangat dianjurkan untuk mengurangi penyebaran virus. Penggunaan perangkat NFc tentunya sangat membantu dalam hal ini. Pengguna bisa menempelkan kartu atau ponsel pintar mereka pada mesin pembaca kartu untuk melakukan pembelian.

Tidak perlu lagi ribet untuk menghitung jumlah uang tunai yang diberikan. Teknologi NFC ini memungkiknkan penggunanya untuk memilih mana kartu yang ingin digunakan pada setiap transaksi. Tentunya ini sangat menghemat waktu dan mengurangi kehilangan uang tunai.

2. Transportasi

Bagi orang yang sering menggunakan transportasi umum tentunya sudah tidak asing dengan tap kartu. Transportasi seperti KRL, Transjakarta, atau MRT menggunakan sistem tap-and-go. Kartu yang digunakan tentunya harus memiliki saldo yang cukup untuk bepergian dari titik A ke titik B.

Hal ini tentunya memudahkan kita untuk tidak perlu mengeluarkan uang-uang receh untuk membayar angkutan transportasi. Selain menggunakan kartu, bisa juga menggunakan ponsel pintar sehingga kamu bisa melihat saldo yang tersisa. Dengan kemudahan ini para pengguna bisa datang dan pergi lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk antre.

3. Komunikasi antara staf

Tidak hanya berguna untuk individu, NFC juga memiliki kegunaan pada bisnis. Salah satunya adalah komunikasi antar staf. NFC tag memungkinkan para karyawan untuk check-in di lokasi mereka saat ini dan mencatat waktu yang dihabiskan pada  waktu kerja dan juga waktu istirahat.

Mengetahui lokasi karyawan tentunya penting untuk para manajer supaya perusahaan bisa beroperasi dengan baik.

4. Pembaruan secara real time

Pembaruan secara real time tentunya sangat penting bagi dunia bisnis yang bergerak sangat cepat. Melacak keberadaan karyawan dan membaca catatan terbaru dari staf atau manajer bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat NFC ini.

Dengan menggunakan NFC manajer juga bisa melacak keberadaan karyawan secara instan sehingga bisa memberikan jadwal yang lebih efisien ketika bekerja seharian.

5. Membagikan informasi

Tag kecil NFC yang ada di poster, pajangan museum atau buku perpustakaan bisa menyimpan informasi singkat yang bisa dibaca oleh penggunanya jika mereka menggesekkan ponselnya.

6. Kesehatan

Saat ini sistem kesehatan dan teknologi di dunia kedokteran sudah meningkat pesat. Tidak hanya untuk transportasi saja, NFC juga digunakan di rumah sakit. Penggunaan NFC di rumah sakit untuk melacak informasi pasien dan catatan para dokter secara real time dengan lebih baik.

Setiap kali dokter atau perawat mengunjungi pasien, mereka bisa mencatat perubahan kondisi pasien dan mencatat obat saja yang diresepkan untuk pasien. Hal ini tentunya sangat membantu untuk mencegah kesalahan obat yang diresepkan kepada pasien dan mencegah kesalahan pemberian obat pada pasien yang salah.

7. Jaringan Sosial

Saat ini manusia tidak bisa menghindari dunia daring. Hampir semuanya menggunakan jaringan sosial secara daring. Tentunya perangkat NFC juga tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi dalam memudahkan untuk jejaring sosial.

Misalnya mulai dari menempelkan ponsel cerdas untuk check-in di sebuah lokasi, atau menempelkan posen dengan ponsel lainnya untuk bertukar kontak telepon. NFC memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain dan juga memperbarui lokasi penggunanya masing-masing.

Baca juga artikel lain berikut ini :



Rekomendasi Buku terkaint “Apa itu NFC?”

1. Smartphone Photography

2. Teknologi Untuk Masa Depan Hadir Di Pembelajaran Masa Kini

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad