in

Apa Itu Extension Google Chrome: Pengertian dan Rekomendasi

https://www.iconfinder.com/

Apa Itu Extension Google – Salah satu alasan Google Chrome berhasil menjadi peramban web yang paling populer adalah karena banyaknya extension yang bisa Grameds gunakan. Extension merupakan modul perangkat lunak yang memungkinkan Grameds menyesuaikan peramban Grameds dengan berbagai fungsi.

Apa Itu Extension Google
https://blog.google/

Extension bisa membantu Grameds untuk mempercepat peramban, memblokir iklan yang mengganggu, melindungi privasi secara daring, dan masih banyak lagi. Berikut, segala hal yang perlu Grameds ketahui mengenai cara menambah, menghapus, dan menonaktifkan extension di Chrome.

Cara Menambahkan Extension Chrome

Cara untuk menambahkan extension Chrome ialah dengan buka chrome.google.com/webstore, kemudian klik Extensions. Lalu jelajahi atau cari extension dan klik Add to Chrome. Grameds bisa mengklik tombol Extension untuk melihat daftar extension aktif milik Grameds.

Berikut penjelasan yang lebih rinci mengenai cara menambahkan extension Chrome:

  1. Buka peramban web Google Chrome di komputer Grameds.
  2. Lalu pergi ke Toko Web Chrome. Grameds bisa menemukan dengan memasukkan chrome.google.com/webstore ke bilah alamat pada bagian atas peramban web Grameds.
  3. Selanjutnya, klik Extensions. Grameds akan melihat pilihan extensions di bagian atas sidebar kiri.
  4. Lalu, gunakan bilah pencarian untuk menemukan extensions yang diinginkan. Grameds bisa mencari extension berdasarkan nama, kategori, atau kata kunci yang berkaitan.

Catatan: Pastikan untuk mengklik More Extensions untuk menemukan seluruh extension yang relevan.

  1. Selanjutnya, klik Add to Chrome. Grameds juga bisa mengklik nama extension untuk melihat lebih banyak detail, ulasan, serta extension terkait.
  2. Lalu, klik Add Extension di jendela pop-up.
  3. Terakhir, Grameds bisa mengakses extension Grameds dengan cara mengklik tombol Extensions di sudut kanan atas jendela.G rameds bisa mengklik nama extension atau ikon tiga titik pada sebelah kanan untuk mengakses pengaturan. Mengklik ikon paku payung juga akan memasang pin extension di sebelah kanan bilah alamat Grameds.

Apa Itu Extension Google

Cara Menonaktifkan Extension Chrome

Untuk menonaktifkan extension di Google Chrome, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas jendela peramban Grameds. Berikutnya, pergi ke More Tools > Extensions dan klik slider biru pada sebelah extension yang hendak Grameds nonaktifkan.

  1. Buka peramban web Google Chrome .
  2. Kemudian klik tombol menu. Ini adalah ikon tiga titik di pojok kanan atas jendela peramban Grameds.
  3. Selanjutnya, arahkan mouse Grameds ke More Tools. Grameds akan melihat menu pop-up
  4. Kemudian pilih Extensions.
  5. Terakhir, klik penggeser biru di sebelah extension yang ingin Grameds nonaktifkan

Grameds bisa mengonfirmasi bahwa extension Grameds sudah dinonaktifkan dengan cara mengklik tombol Extensions pada sudut kanan atas jendela. Bila Grameds tidak melihat extension Grameds pada menu drop-down, berarti telah dinonaktifkan.

Grameds bisa mengaktifkan kembali extension dengan cara mengklik penggeser biru lagi.

Cara Menghapus Extension Chrome

Untuk menghapus sepenuhnya extension pada peramban web Google Chrome, masukkan chrome: // extensions / ke dalam bilah alamat peramban web Grameds. Lalu, klik Remove di samping extension yang hendak Grameds hapus.

Rekomendasi Extension Chrome

Apa Itu Extension Google
https://blog.google/

Google Chrome merupakan peramban web paling populer dan mumpuni di dunia. Jutaan pengguna di seluruh dunia menggunakan peramban ini setiap hari serta fungsionalitasnya bisa ditingkatkan dengan memasang extension, memberi pengguna cara yang seakan tidak terbatas untuk meningkatkan pengalaman Google Chrome mereka.

Peramban web yang satu ini dikemas dengan begitu banyak extension sehingga sulit untuk mengetahui mana yang benar-benar mampu membuat perbedaan pada pekerjaan Grameds sehari-hari. Mulai dari perekam layar, penyimpan passsword, dan bahkan ad blocker yang tiap fungsinya butuhkan, tersedia melalui extension sini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Nah, berikut ini merupakan daftar extension Chrome yang wajib Grameds miliki. Semua extension ini gratis dan berfungsi di Windows, Mac, dan Linux.

1. LastPass

LastPass merupakan extension Chrome yang dengan aman menyimpan serta melacak informasi seperti nama pengguna dan kata sandi dan menjadikannya lebih mudah dan lebih cepat untuk masuk ke akun Grameds.

Extension ini berfungsi untuk memindai kata sandi yang digunakan sekarang serta menawarkan analisis untuk kelemahan dan kekuatannya, serta menawarkan untuk membuat kata sandi yang kuat untuk akun yang baru dan sudah ada. LastPass juga memberikan penawaran berupa otentikasi dua faktor untuk perlindungan lebih lanjut terhadap akses yang tidak sah.

2. OneTab

OneTab adalah extension yang memungkinkan Grameds untuk menyusun daftar tab dalam satu jendela peramban web dan sangat berguna bagi pelajar dan penulis yang perlu melacak puluhan tab untuk penelitian. Dengan membuat daftar situs dengan tab, OneTab mampu menghemat hingga 95 persen memori Google Chrome, memungkinkan pengguna menjelajah web dengan lebih cepat.

Grameds bahkan bisa membagikan daftar tab personal dengan orang lain menggunakan tombol khusus, jadi bila Grameds tengah mengerjakan proyek kolaboratif, semua orang bisa melihat penelitian yang sedang dikerjakan serta memberikan masukan.

3. Adblock Plus

Diunduh hingga lebih dari 500 juta kali, tak diragukan lagi bila Adblock Plus merupakan salah satu extension paling tepercaya untuk menghilangkan kolom iklan yang mengganggu. Adblock Plus dilengkapi dengan fitur:

  • Blokir iklan dan spanduk video yang mengganggu
  • Blokir pop-up
  • Memberi lebih banyak privasi kepada pengguna dengan cara menahan fitur lacak (tracking)
  • Lawan malvertising destruktif yang bisa bersembunyi di iklan
  • Memungkinkan pengalaman browsing menjadi lebih cepat
  • Whitelist halaman web pilihan

4. Evernote Web Clipper

Sebagian besar dari kita biasanya membiarkan puluhan tab terbuka karena terdapat beberapa potongan informasi di dalamnya yang diperluan. Evernote Web Clipper memberikan fasilitas pengguna untuk mengambil informasi itu, menyimpannya di tempat yang jauh lebih ringkas dan simpel daripada membiarkan tab terbuka yang dapat menurunkan performa peramban serta memungkinkan kita untuk mengaksesnya dengan mudah ketika diperlukan.

5. The Great Suspender

Google Chrome terkenal dengan sisi negatifnya, yaitu penggunaan memori komputer yang cukup besar. Terutama bila pengguna cenderung membiarkan banyak tab yang terbuka yang bisa membuat PC, dengan keterbatasan memori, menjadi lebih lambat. Extension ini memberi solusi dengan cara menangguhkan (suspending) tab yang sedang tak dipakai sehingga tidak ada pergerakan data yang masuk maupun keluar.

Extension ini juga pintar, karena bisa memasukkan domain dan URL tertentu ke whitelist untuk tab khusus yang Grameds perlukan supaya tetap bekerja seperti email dan mencegah tab yang tengah menampilkan formulir atau memutar media ditangguhkan sehingga Grameds tidak kehilangan informasi yang telah diinput.

6. Pushbullet

Kerap merasa terdistraksi dengan keberadaan smartphone di meja kerja? Grameds mungkin memerlukan extension Pushbullet yang berfungsi untuk menempatkan seluruh layanan obrolan di halaman peramban termasuk Facebook Messenger, WhatsApp, dan bahkan pesan SMS. Grameds akan mendapat pemberitahuan ketika menerima pesan. dan panggilan khusus ponsel Android dari dekstop yang terhubung dengan smartphone secara otomatis.

7. Dark Reader

Dark Reader merupakan extension yang memberikan mode gelap ke seluruh internet. Setiap kali Grameds sedang membuka situs web, yang Grameds perlukan hanyalah mengklik ikon extension Dark Reader yang akan langsung menerapkan tema gelap ke laman web tersebut.

Extension ini juga memfasilitasi pengguna untuk melakukan kontrol yang lebih terperinci atas tema gelap yang diterapkan karena pengguna bisa mengontrol kecerahan, kontras, mengubah pengaturan font, membuat penyesuaian filter sepia, dan lebih banyak lagi.

8. YouTube Rabbit Hole

YouTube Rabbit Hole mungkin extension Chrome yang tidak begitu populer, tetapi percayalah, ini adalah salah satu extension Chrome terbaik di tahun 2022 yang bisa kalian gunakan. Kita semua tahu algoritme membuai pengguna untuk mengklik video yang disukai membawa kita lebih dalam ke ‘lubang kelinci’. Dalam beberapa saat, kalian menonton video tentang teori konspirasi dan yang lainnya.

Untuk melindungi diri video yang dibuat oleh algoritme cerdas, kalian bisa menginstal extension YouTube Rabbit Hole yang akan menghapus semua video yang direkomendasikan dari halaman YouTube, video yang sedang tren, komentar, dan banyak lagi.

9. Grammarly

Untuk Grameds yang biasa bekerja menggunakan kata-kata, terlebih dalam bahasa Inggris, ada baiknya bila Grameds mengunduh Grammarly. Extension yang bisa membantu pengguna untuk menulis dengan lebih baik dengan memakai teknologi yang mendasarinya untuk mengidentifikasi kesalahan dalam tata bahasa dalam tulisan yang mungkin masih terlewatkan oleh pengolah kata lainnya. Grammarly melakukan pengecekan secara otomatis dan juga menyarankan koreksi dengan real-time.

10. Loom atau Screenity

Loom merupakan perangkat lunak perekam layar yang mudah digunakan untuk Google Chrome. Extension ini memberikan fasilitas bagi pengguna untuk merekam jendela Google Chrome dengan satu klik saja serta memberi tautan yang mudah dibagikan setelah perekaman selesai. Ini merupakan cara terbaik untuk merekam Google Chrome serta berbagi rekaman dengan orang lain tanpa harus mengupload file di suatu tempat.

Alternatif lain ialah Loom yang dilengkapi dengan fitur tambahan. Grameds bisa menambahkan face cam pada perekaman layar, membuat anotasi saat merekam layar , membuat GIF dari perekaman layar, mengedit video, dan masih banyak lagi.

11. Similarweb

Dengan Similarweb, Grameds dapat mengetahui jumlah sumber trafik, engagement website, dan informasi tentang peringkat sebuah situs.

Similiarweb menjadi lebih menarik lagi karena extension ini dapat memantau situs web kompetitor dan mendapat pengetahuan, dan estimasi sumber trafik dari sebuah website. Hanya dengan mengetik nama kompetitor, Grameds dapat memperoleh hasil analisa yang cukup lengkap.

Hasil yang ditampilkan antara lain analitik, popularis, peringkat, kesamaan, dan beberapa metrik website lainnya.

12. URL Shortener

Link website yang panjang akan menjadikannya tampak mengganggu ketika pengguna membagikannya ke media sosial dan platform lainnya. Untuk mengatasinya, Grameds dapat menggunakan URL Shortener.

Extension ini dapat langsung terhubung ke beberapa platform link shortener, seperti bit.do dan tinyurl. Extension ini gratis serta mudah digunakan dalam satu kali klik tanpa harus mendaftar buah akun.

13. Momentum

Ketika pertama kali membuka peramban Google Chrome, Grameds biasa melihat tampilan logo Chrome, kotak teks pencarian, serta thumbnail dari laman yang kerap dikunjungi. Akibatnya, Grameds kerap mengawali kegiatan dengan tidak produktif karena melakukan hal lain.

Untuk mencegah hal ini, Momentum dapat membantu Grameds. Extension ini akan membantu untuk mengingatkan supaya tetap fokus ketika membuka tab baru. Grameds dapat menambahkan to do list untuk hari ini dan melihat info cuaca dengan background yang indah.

Bagi banyak orang, Momentum merupakan dashboard pribadi yang dirancang untuk menghilangkan gangguan, terorganisir dalam mengerjakan tugas harian, memberi inspirasi, menjaga fokus, serta meningkatkan produktivitas.

14. StayFocusd

Ketika bekerja, Grameds kerap menghabiskan waktu untuk mengakses berbagai laman yang kurang bermanfaat serta membuat Grameds kesulitan untuk mengatur waktu. Bila Grameds kerap terjebak situasi ini, StayFocusd merupakan extension yang tepat.

Extension Chrome yang satu ini dapat mengatur waktu Grameds ketika berada di situs yang adiktif sekaligus memblokir akses Grameds ketika waktu yang ditetapkan tiba. Waktu ini merupakan waktu yang Grameds atur untuk memberi jeda Grameds pada aktivitas non-produktif.

Jadi, walau sesekali Grameds perlu mengakses situs tersebut hanya untuk refreshing, extension ini dapat mencegah Grameds dari menghabiskan waktu yang terlalu lama. Dengan begitu, waktu akan menjadi lebih efisien dan efektif.

15. Feedly Mini

Feedly Mini merupakan extension yang efektif untuk membantu riset konten. Extension ini berfungsi untuk menampilkan update terbaru dari blog, feed, dan situs media sosial populer seperti Twitter dan Facebook.

Feedly Mini membantu memberikan pengetahuan dan inspirasi baru ketika Grameds hendak membuat konten sendiri. Feedly juga terintegrasi dengan Google Reader, Amazon.com, YouTube, Delicious dan berbagai situs lainnya.

16. Buffer

Buffer dapat membantu menjadwal serta memonitoring content dengan lebih mudah. Selain itu, Buffer juga memfasilitasi Grameds untuk membagikan konten ke beberapa media sosial sekaligus.

Buffer dapat membantu otomatisasi segala konten sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Dengan begitu, Grameds dapat berfokus untuk melakukan tugas berikutnya.

17. Trello

Ketika harus melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, kadang Grameds bingung mana yang perlu diprioritaskan. Akibatnya, segala pekerjaan tak dapat selesai dengan maksimal.

Bila Grameds pernah berhadapan dengan masalah ini, Trello dapat membantu untuk mengatasinya. Trello merupakan alat gratis, fleksibel, dan mudah dalam mengelola seluruh proyek Grameds. Dalam extension Chrome, Trello terlihat seperti to do list

Trello berbeda dengan yang lainnya, fitur- fitur Trello lebih lengkap dan dapat digunakan untuk kolaborasi bersama tim, tanpa harus saling bertemu dalam satu ruangan atau tempat.

18. Pocket

Ketika melakukan riset konten, Grameds mungkin ingin menyimpan beberapa halaman untuk ide berikutnya. Grameds mungkin saja dapat membookmark konten scara langsung. Akan tetapi, bila terlalu sering, konten akan bercampur dengan hal lain dan menjadi menumpuk.

Sebagai alternatifnya, Grameds dapat menggunakan extension Chrome Pocket. Dengan penampilannya yang rapi, ide konten dapat lebih tertata untuk dieksekusi berikutnya.

Selain itu, konten yang disimpan di Pocket dapat diakses dengan offline. Ini akan semakin memudahkan Grameds untuk tetap mengakses konten ketika berada di area yang memiliki sinyal internet buruk.

Baca juga Apa Itu Extension Google:

Penulis: Nanda Akbar



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.