in

Inilah Bahaya dan Akibat Kekurangan Air Minum

Unsplash.com/21 swan

Akibat Kekurangan Air Minum – Air adalah salah satu asupan penting untuk tubuh supaya bisa menjaga fungsi otak, menunjang kinerja organ tubuh dan masih banyak lagi. Supaya bisa menjaga tingkat hidrasi tubuh, pasokan cairan terbaik dapat diperoleh dari cara meminum air mineral. Namun, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berat badan, lingkungannya seperti suhu, kondisi kesehatan dan lain-lain. Kurangnya meminum cairan air mineral dapat menyebabkan dehidrasi, kondisi ini bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak tulisan dibawah ini apa aja sih bahaya yang terjadi jika malas minum air mineral.

Pengertian Air

Air merupakan zat yang sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari. Tak ada yang seorang pun bisa hidup tanpa air lebih dari 4-5 hari karena tiga per empat bagian dari tubuh manusia adalah air. Air bisa dimanfaatkan banyak kebutuhan seperti memasak, mandi, membersihkan kotoran dan masih banyak lagi. Air juga berguna untuk keperluan dalam bidang industri contohnya pemadam kebakaran, tempat rekreasi, pertanian, perkebunan dan masih banyak lagi. Air juga bisa berwujud es, cair dan gas. Rumus kimia air adalah H2O dan mempunyai satu atom hidrogen. Sifat air adalah tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Meskipun sumber daya air secara geofisik termasuk ke dalam golongan yang melimpah namun hanya sebagian kecil saja yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Seiring pertambahan penduduk makan eskalasi semakin kritis suplai air bersihnya sementara itu permintaan masyarakat terus meningkat.

Sumber-Sumber Air

Air mempunyai berbagai jenis sumber yang bisa dimanfaatkan, berdasarkan sumbernya air dibagi menjadi tiga, yaitu air angkasa yang berasal dari hujan, air permukaan dan terakhir air tanah. Berikut sumber-sumber air yang Grameds harus ketahui!

1. Air Angkasa (Hujan)

Air angkasa atau biasa disebut air hujan adalah sumber utama yang ada di bumi. Walaupun saat presipitasi air hujan adalah air yang paling bersih namun untuk saat ini air hujan sudah mulai mengalami pencemaran. Pencemaran ini disebabkan dari adanya partikel debu, mikroorganisme, gas contohnya seperti karbon dioksida, nitrogen.

2. Air Permukaan

Contoh air permukaan adalah sungai, danau, waduk, telaga, air terjun, sumur dan yang ada di permukaan tanah, air permukaan ini biasanya terjadi karena adanya air hujan yang jatuh dan menggenang ke permukaan tanah. Air permukaan ini salah satu sumber air yang sangat tercemar keberadaanya akibat lingkungan sekitar contohnya kegiatan manusia, fauna, flora dan zat-zat lainnya. Sumber air permukaan ini iala sungai, selokan, rawa, parit, bendungan, danau, laut dan air terjun.

3. Air Tanah

Air tanah adalah sebagian air hujan yang sudah mencapai dalam permukaan bumi kemudian akan menyerap ke dalam lapisan tanah yang nantinya akan menjadi air tanah. Air tanah juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan sumber air lainnya. Contohnya pertama, air tanah biasanya akan bebas dari kuman penyakit dan tidak perlu mengalami proses purifikasi maupun penjernihan secara spesifik. Air tanah pun juga dibagi menjadi tiga macam yaitu air tanah dangkal, air tanah dalam dan mata air.

Sejarah Air Mineral

Ternyata air mineral di Indonesia dahulu dicetuskan oleh Hendrik Freerk Tillema, dia adalah seseorang kelahiran belanda pada tahun 1870. Kemudian pada tahun 1910-an dia memperkenalkan air minum dalam bentuk kemasan bernama Hygiea ke penduduk Hindia Belanda yang berada di Semarang, Indonesia.

Sumber airnya pun berasal dari air pegunungan yang berada di Jawa Timur. Saat itu, Tillema mempromosikannya sangat aneh sehingga tak banyak tertarik dengan produk air minum yang dijual dalam bentuk kemasan yaitu dengan cara menggunakan balon-balon gas untuk mengiklankan air minumnya.

Sayangnya air tersebut sangat mahal untuk harga kaum pribumi sehingga gagal laku di pasaran. Waktu terus berlalu, Tirto Utomo atau nama tionghoanya adalah Kwa Sien Biauw mengeluarkan air minum kemasan bermerek Aqua dibawah aliansi perusahaannya,

PT. Golden Mississippi yang didirikannya pada 23 Februari 1973. Namun, sayangnya saat itu masyarakat sangat enggan dan ragu untuk membeli air mineral kemasan. Tirto pun ga patah semangat untuk memproduksi air mineral yang layak dikonsumsi untuk masyarakat Indonesia.

Saat itu Tirto sudah dapat membayangkan komposisi air minum tersebut dengan cara tanpa aroma, warna, gula dan pengawet buatan. Kemudian dia akan menggunakan botol berbahan kaca untuk memproduksi minumannya tersebut.

Impian tirto untuk menyediakan air mineral yang bersih dan sehat sejalan seiring perkembangan waktu. Masyarakat saat itu mulai sadar akan pentingnya kesehatan tubuh karena maraknya berita tentang pencemaran yang ada di dalam air tanah. Aqua menjual pemrosesannya sebagai minuman yang sudah melewati masa penyinaran ultraviolet dan ozonisasi.

Hal tersebut bisa dipastikan bahwa Aqua bebas dari zat kontaminasi. Karena Aqua diambil dari sumber air pegunungan, hal tersebut bisa menjamin kemurniannya.

Untuk mengambil hati konsumennya maka karyawan Tirto untuk menerapkan gaya hidup sehat dan bersih di kantor maupun di rumah masing-masing, contohnya karyawan tidak boleh membuang puntung rokok sembarangan, walaupun sepuntung maka Tirto pun akan geram jika melihatnya atau kotoran lain yang terdapat di lingkungan perusahannya.

Syarat Air Mineral

Ada beberapa tahapan dan syarat untuk air yang layak untuk dikonsumsi, berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/MENKES/PER/IV/2010, yaitu:

  1. Tidak mengandung E.Coli dan Koliform.
  2. Tidak Berasa.
  3. Bebas dari zat kimia beracun dan PH: 6,5 – 8,5.
  4. Tidak berbau, tidak berasa, TDS Maksimum 500mg/l. tingkat warna mempunyai maksimal 15 TCU dan suhunya berkisar 3 derajat celcius.
  5. Tidak adanya bahan kimia organik maupun anorganik, tercemarnya desinfektan maupun pestisida.
  6. Maksimal mengandung Gross Alpha Activity 0.1 Bq/l dan Gross Beta Activity 1 Bq/l.

Akibat Kekurangan Air Minum

Akibat Kekurangan Air Minum
Unsplash.com/engin akyurt

Banyak sekali masyarakat yang masih menyukai minuman yang berasa dan berwarna dibanding harus mengonsumsi air mineral. Padahal hal tersebut dapat menimbulkan bahaya untuk tubuh. Berikut hal yang akan terjadi jika Grameds kekurangan minum air putih atau mineral.

1. Mulut kering

Jika Grameds mempunyai bibir kering dan terasa tidak mengenakan ternyata itu merupakan salah satu tanda akibat Grameds kekurangan air minum. Saat sedikit untuk mengonsumsi air minum maka kelenjar ludah yang tidak mempunyai cairan yang cukup untuk menghasilkan air liur. Masalah akan terus terjadi jika tidak cepat untuk segera diatasi seperti sensasi terbakar pada mulut dan nafas di mulut menjadi bau. Yuk, minum air mineral yang cukup ya Grameds.

2. Kulit kering

Selain mulut kering ternyata kulit juga akan ikut menjadi kering atau biasa disebut busik. Karena semakin tubuh kekurangan cairan maka semakin sedikit produksi keringat yang dihasilkan di dalam tubuh. Hal tersebut akan mengakibatkan kulit menjadi kehilangan elastisitasnya, seperti akan terkelupas, muncul garis-garis halus dan mengendur.

3. Tekanan darah akan menurun

Saat tubuh kekurangan cairan maka seseorang akan mengalami dehidrasi, dehidrasi ini bisa membuat volume darah yang mengandung protein akan menurun maka tekanan darah yang ada di tubuh pun akan ikut turun secara drastis.

4. Warna urine akan menjadi lebih gelap

Saat dehidrasi, organ yang ada di ginjal akan menahan cairan untuk mempertahankan fungsi. Hal tersebut ternyata akan membuat Grameds menjadi akan jarang membuang air kecil. Namun, saat buang air kecil, urine yang dikeluarkannya akan menjadi lebih gelap, mempunyai bau yang pesing. Resiko yang terjadi seperti infeksi saluran kandung kemih pun juga dapat meningkat karena tubuh kekurangan cairan untuk membuang racun dan bakteri.

5. Sembelit

Ternyata kekurangan minum air mineral akan berimbas pada gangguan pencernaan juga loh Grameds, karena air mineral dapat membantu kelancaran sistem yang ada di pencernaan, Kurang minum air dapat menghambat kelancaran proses sistem pencernaan. Salah satu contoh yang aku dapetin adalah terjadinya sembelit atau susah sekali untuk buang air besar (BAB).

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

6. Susah berpikir atau tidak fokus dan sakit kepala

Mungkin Grameds banyak yang belum tahu, jika otak manusia sebenarnya terdiri oleh air sekitar 80%. Untuk kinerja otak yang maksimal maka memerlukan asupan cairan yang baik juga. Akibat dari kekurangan cairan maka menjadikan otak tidak optimal, imbasnya otak akan menjadi tidak fokus, susah berfikir, mengantuk, susah mengingat sesuatu bahkan kasusnya ada yang sampai sakit kepala berat. Duh, serem ya Grameds.

7. Kelelahan

Kelelahan juga merupakan salah satu tanda bahwa Grameds juga kekurangan cairan yang ada di tubuh. Jadi, walaupun Grameds sudah beristirahat dengan cukup namun masih terus menerus terasa lelah mungkin Grameds sedang kurang minum air mineral, coba ingat kembali sudah berapa banyak air mineral yang dikonsumsi Grameds sebelumnya.

8. Kram Otot

Saat sedang olahraga atau melakukan aktifitas yang membutuhkan fisik jika kekurangan cairan tubuh maka akan terjadinya kram otot. Saat berkeringat dapat menyebabkan penurunan volume plasma darah dan kadar elektrolit seperti natrium dan kalium. Jika tidak diimbangi dengan kebutuhan cairan yang ada di tubuh maka akan rentan terkena kram otot.

9. Penyakit batu ginjal

Kurangnya cairan yang ada di tubuh maka akan meningkatkan resiko yang tinggi untuk mendapatkan penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing. Saat kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami kesulitan untuk menghilangkan bakteri yang ada di saluran kencing. Tidak hanya itu, mineral pembentuk batu pun juga dapat hilang dengan meminum air mineral yang mengendap di ginjal.

10. Stroke

Ternyata jika kekurangan cairan yang ada di tubuh dan terus menerus tidak berusaha untuk mengubah pola hidup bisa meningkatkan resiko terjadinya stroke.Tidak hanya itu, komplikasi saat dehidrasi pun bisa menyebabkan proses pemulihan stroke menjadi lebih lama. Yuk, Grameds jangan enggan untuk minum air mineral dari sekarang dan hindari penyakit lainnya saat sudah terjadinya dehidrasi saat buang air kecil ternyata sudah berwarna kuning, tubuh terasa lemas dan sulit untuk berkonsentrasi.

Buku Tentang Air

1. Why? – Water

Akibat Kekurangan Air Minum Air menjadi salah satu kebutuhan utama bagi seluruh makhluk hidup, baik itu tumbuhan, hewan, maupun manusia. Mau tahu seluk beluk tentang air? Yuk langsung cari tahu penjelasannya dalam buku komik Why? Water yang ditulis oleh Lee, Kim, Nam Seok! Cocok banget buat Grameds yang suka membaca dengan bantuan ilustrasi yang lucu, berwarna dan kalimat yang mudah dipahami sehingga Grameds tidak akan cepat membosankan karena di dalam buku ini terdapat banyak sekali informasi yang penting dan dijelaskan secara rinci tentang air.

Buku komik ini sangat ringan untuk dibaca sehingga cocok untuk anak-anak menambah pengetahuannya.

Didalam buku ini Grameds juga bisa mengetahui jelas tentang apa sih air, manfaat air untuk kehidupan apa saja, bahaya yang ditimbulkannya, pencemaran dan tidak lupa ternyata ada cara-cara untuk mencegah pencemaran air juga.

Rano si robot yang serba bisa di dalam komik ini tidak sabar untuk memandu Grameds untuk mempelajari segala hal tentang air, yuk segera dapatkan bukunya di Gramedia.com!

2. Memanen Air Hujan: Sumber Baru Air Minum

Akibat Kekurangan Air Minum Gagasan untuk menulis buku ini tercetus di saat Indonesia dilanda banyak masalah, terutama yang diakibatkan oleh hujan deras. Banjir bandang terjadi di mana-mana, tapi kemudian berganti dengan musim kemarau yang berkepanjangan, kebakaran hutan, dan kekeringan.

Masyarakat sulit memperoleh air, baik untuk pertanian maupun untuk keperluan air minum sehari-hari. Air hujan yang jatuh melimpah secara cuma-cuma dibiarkan berlalu, padahal ini merupakan kesempatan emas untuk dipanen.

Seandainya seluruh masyarakat Indonesia bersedia membiasakan diri dalam pemanfaatan air dan lebih bersemangat dalam memanen air hujan, serta mengolahnya untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya air minum keluarga, tentu akan diperoleh keuntungan besar.

Meskipun sudah banyak yang memahami bahwa pemanenan air hujan merupakan langkah yang efektif untuk menghemat air dan menghemat uang, masih banyak yang bertanya-tanya, “apakah air hujan aman dikonsumsi?” Buku ini akan membahas segala manfaat air hujan, juga cara pengolahannya yang praktis dan mudah dilakukan di mana saja. Segera dapatkan buku ini di gramedia.com!

3. The Hidden Message in Water

Akibat Kekurangan Air Minum Masaru Emoto berhasil membuat buku the hidden messages in water untuk mengajak Grameds untuk memahami bahwa air adalah sumber kehidupan yang ada di muka bumi juga merupakan sumber pengetahuan yang luar biasa. Karena mungkin banyak sekali orang yang masih belum menyadari bahwa tubuh kita yang ternyata 10 persennya terdiri dari air dipengaruhi oleh apa yang sudah baca, dengar dan lihat.

Karena air bisa membaca, mendengar, melihat serta merekam. Bahkan hal yang tidak terduga ternyata air dapat meramal dan membedakan mana hal yang positif dan hal yang negatif serta menyampaikan pengetahuannya kepada kita dengan cara yang tidak terduga. Apakah Grameds penasaran? Cus langsung beli di Gramedia.com!

4. Penuntun Praktik Analitik dan Optimasi Sistem Penyehatan Air Minum

Akibat Kekurangan Air Minum Buku Penuntun Praktik Analisis dan Optimasi Sistem Penyehatan Air Minum alah buku ajar yang menyajikan panduan pembelajaran mengenai rangkaian praktik pengolahan air sungai hingga menjadi air minum dan berbagai metode penghilangan kontaminan utama air tanah yang bersifat efisien namun mudah dan murah dalam pengaplikasiannya.

Ini penting sebagai upaya menghasilkan air bersih yang memenuhi standar kualitas air dengan murah. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Grameds ingin mempelajari dan mungkin penasaran cara membuat air minum yang baik bagaimana? Buku ini cocok sekali menjadi bahan bacaan Grameds, mungkin saja Grameds bisa membuat gagasan baru setelah membaca buku ini. BACA JUGA:

  1. 10 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan 
  2. 17 Manfaat Air Kelapa Muda, Apa Saja? 
  3. Pengertian Siklus Hidrologi: Jenis dan Proses Terjadinya Siklus Hidrologi 
  4. Proses Terjadinya Hujan
  5. Mengapa Disebut Bau Hujan? 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda