Biologi

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia

struktur dan fungsi lambung
Written by Wida Kurniasih

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia – Lambung adalah salah satu organ paling penting yang ada di tubuh manusia. Lambung akan bekerja dan mengatur tubuh manusia yang berkaitan dengan makanan. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia akan diolah di dalam lambung. Hal itu yang menyebabkan semua bagian tubuh mendapat nutrisi yang sesuai atau adil.

Meskipun terdapat di dalam tubuh manusia, lambung memiliki struktur serta fungsi-fungsi yang sangat penting. Artikel ini akan membahas mengenai struktur yang ada pada lambung. Selain itu, akan dibahas pula fungsi-fungsi dari lambung.

Struktur Lambung Manusia

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia 1Lambung adalah salah satu organ yang ada di tubuh manusia. Lambung terletak pada rongga sebelah kiri tubuh manusia. Lambung terhubung dengan dua saluran pada setiap ujungnya. Ujung atas dari lambung juga terhubung pada esofagus atau kerongkongan.

Saluran esofagus ini adalah saluran yang berfungsi untuk jalur masuk makanan yang berasal dari mulut. Pada bagian bawah lambung, terhubung dengan usus halus. Usus halus adalah organ yang berbentung seperti selang panjang. Fungsinya untuk menghubungkan antara lambung dengan usus besar. Bagian usus pertama berbatasan dengan  lambung yang bernama duodenum atau usus dua belas jari.

Berikut ini adalah bagian-bagian yang ada pada lambung manusia:

1. Kardiak

Kardiak adalah bagian lambung yang berada di paling atas. Bagian ini berbatas langsung dengan esofagus. Makanan yang sudah berbentuk halus karena proses yang terjadi di mulut kemudian akan disalurkan lagi penyaluran makanan itu melalui kerongkongan. Kemudian akan melewati area ini sebelum terjadinya proses pencernaan yang terjadi pada bagian tengah lambung.

Di sisi lain, tempat pertemuan antara kerongkongan dan lambung dikenal sebagai persimpangan gastroesofageal atau GE. Pada bagian ujung kardiak, dan sfingter kardiak. Bagian tersebut adalah otot-otot yang berbentuk seperti cincin. Sfingter kardiak berfungsi untuk mencegah asam lambung naik sampai ke kerongkongan.

2. Fundus

Fundus adalah bagian atas yang ada di lambung. Berbentuk melengkung dan berada persis di bawah diafragma. Makanan yang sudah melewati bagian kardiak akan bergerak masuk menuju fundus. Pada bagian ini, makanan akan mengalami proses pencernaan. Selain itu, makanan juga akan bercampur dengan enzim-enzim yang ada di dalam lambung.

3. Badan Lambung

Struktur selanjutnya adalah badan lambung. Badan lambung adalah salah satu bagian lambung yang memiliki fungsi paling penting. Hal tersebut karena badan lambung adalah tempat untuk proses pencernaan makanan.

Selain itu, di dalam badan lambung makanan akan dicampung dengan enzim-enzim. Di badan lambung pula terjadinya proses makanan yang akan di bagi menjadi bagian-bagian kecil yang dinamai dengan kim.

4. Antrum

Lambung juga memiliki bagian yang bernama antrum. Antrum atau biasa disebut antrum pilorus adalah sebuah bagian yang berada di paling bawah lambung. Bentuk dari antrum adalah melengkung. Hal tersebut memungkinkan antrum untuk menampung kim sebelum disalurkan dan masuk ke dalam usus halus.

5. Pilorus

Bagian atau struktur paling akhir dari lambung memiliki nama pilorus. Pilorus adalah bagian yang berhubungan langsung dengan usus halus. Pilorus terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya seperti sfingter pilorus. Sfingter pilorus adalah sebuah otot yang berbentuk seperti cincin. Bagian ini bekerja sebagai katup, sama seperti sfingter kardiak.

Fungsi dari sfingter pilorus adalah untuk mengatur keluarnya kim dari lambung. Kim  akan keluar dari lambung dan menuju bagian awal usus halus atau duodenum. Bagian ini memiliki fungsi untuk mencegah kim yang sudah menuju ke usus halus. Pencegahan  dilakukan supaya kim tidak bergerak kembali lagi ke lambung.

Lapisan pada dinding lambung

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia 2Lambung memiliki beberapa susunan yang terbuat dari lapisan otot polos. Otot polos tersebut bentuk pipih. Berbeda dengan otot pada anggota gerak yang bekerja sesuai dengan kendali. Otot pada lambung bergerak secara otomatis. Hal inilah yang memungkinkan otot lambung tidak bekerja, meskipun tubuh seseorang sedang tidak sadar.

banner-promo-gramedia

Ada empat lapisan jaringan yang Menyusun lambung. Masing-masing lapisan jaringan tersebut memiliki fungsi pada bagian-bagiannya. Berikut ini adalah penjelasan dari lapisan-lapisan dinding lambung.

1. Mukosa (selaput lendir)

Salah satu lapisan yang ada di lambung adalah mukosa atau selaput lendir. Mukosa adalah sebuah lapisan yang terdalam di lambung. Mukosa bekerja langsung dengan makanan yang sedang dicerna oleh tubuh. Jika lambung sedang kosong, maka lapisan mukosa ini akan mengerut. Bentuknya akan menyerupai seperti gerigi, atau rugae.

Hal sebaliknya juga akan terjadi, rugae akan menjadi berbentuk lebih pipih saat lambung terisi penuh oleh makanan. Selama proses mencerna, lapisan mukosa ini akan menghasilkan dua zat pencernaan. Zat tersebut berupa asam klorida dan enzim pepsin. Fungsinya adalah untuk memecah protein menjadi bagian-bagian kecil yang disebut dengan pepton.

2. Submukosa

Lapisan selanjutnya adalah lapisan submukosa. Submukosa adalah sebuah lapisan di dalam lambung yang terdiri dari jaringan ikat. Jaringan penyusun lapisan submukosa lambung mengandung beberapa sel saraf. Selain itu, pembuluh getah bening juga terkandung di dalamnya. Terdapat pula pembuluh darah yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi-nutrisi pada lambung.

3. Muscularis externa

Lapisan selanjutnya yang ada di dalam lambung adalah muskularis eksterna. Muscularis externa adalah sebuah lapisan di dalam lambung yang menutupi lapisan submukosa. Bagian lapisan ini tersusun dari tiga lapisan otot sekaligus. Terdapat lapisan otot melingkar, memanjang dan menyerong. Lapisan-lapisan otot tersebut akan membantu dalam proses pencernaan yang terjadi di dalam lambung.

Otot lapisan muscularis externa memanjang dan memendek. Sehingga akan menghasilkan gerakan berupa gelombang, gerakan tersebut disebut dengan peristaltic. Gerakan inilah yang akan menyebabkan makanan teraduk sampai tergiling. Sehingga makanan akan halus seperti menjadi bubur.

4. Serosa

Serosa (visceral peritoneum) adalah lapisan yang berada paling luar dari lambung. Lapisan ini berfungsi untuk mengurangi gaya gesekan. Lambung sering mengalami berbagai gesekan dengan organ lain di sekitar sistem pencernaan. Lapisan inilah yang akan mengurangi gesekan-gesekan tersebut.

merupakan lapisan paling luar dari lambung Anda. Fungsi lapisan ini adalah mengurangi gaya gesekan antara lambung dengan berbagai organ lain di sekitar sistem pencernaan.

Kelenjar pada lambung

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia 3Lapisan lambung dipenuhi oleh lubang-lubang kecil yang disebut sebagai gastric pits. Lubang-lubang ini dapat diamati melalui mikroskop. Lubang tersebut adalah tempat untuk asam lambung keluar. Selain itu, enzim dan hormone yang diproduksi oleh sel kelenjar lambung juga akan keluar melalui lubang-lubang ini.

Ada beberapa sel kelenjar utama yang ada di dinding lambung. Sel-sel tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing. Meliputi:

  • Sel mukosa. Sel mukosa adalah sel yang menghasilkan lender akali. Lender ini berfungsi sebagai pelindung sel lambung dari berbagai tekanan. Selain itu, jika asam lambung berlebihan sel ini juga akan melindungi lambung.
  • Sel parietal. Sel parietal adalah sel yang berfungsi untuk memproduksi asam klorida atau asam lambung.
  • Sel chief. Sel ini adalah sel yang menghasilkan enzim pepsin.
  • Sel G. Sel G adalah sel yang memproduksi hormone gastrin. Hormon ini berfungsi untuk merangsang aktivitas lambung. Selain itu hormone ini juga berfungsi untuk memproduksi asam lambung.

Sel-sel di atas memiliki jumlah yang tidak menentu. Ada beberapa sel yang ditemukan di badan lambung atau di bagian lainnya saja. Contohnya seperti sel-sel parietal, sel ini adalah sel yang banyak ditemukan di bagian badan lambung. Akan tetapi, sel ini hampir tidak ditemukan di dalam bagian pilorus lambung.

Penyakit Maag dan Gangguan Pencernaan

Penyakit Maag dan Gangguan Pencernaan

Beli Buku di GramediaBuku ini disusun untuk menjelaskan kepada masyarakat pengertian dan penyebab penyakit maag dan beberapa gangguan pencernaan, seperti muntah, diare, dan sembelit. Serta beberapa langkah praktis untuk mengatasi, mencegah, atau menghindarinya pun dipaparkan dalam buku ini. Pada bagian akhir dilampirkan contoh menu diet lambung.

Fungsi Lambung

Struktur dan Fungsi Lambung Pada Manusia 4Lambung adalah organ yang penting di dalam tubuh manusia. Maka dari itu lambung memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Penyimpanan makanan

Fungsi utama lambung adalah sebagai tempat penyimpanan makanan yang ada di dalam tubuh. Sebelum makanan menuju proses pencernaan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Meskipun berada di dalam tubuh, tetapi lambung memiliki bentuk yang fleksibel. Lambung dapat menyimpan makanan, volume makanan yang bisa ditampung sampai sekitar 4 liter.

Namun jika lambung dalam keadaan kosong, volume internal lambung hanya dapat menampung sebanyak 50 ml. Lambung dapat menampung makanan sekitar 2 jam sampai 3 jam. Akan tetapi, lama waktu makanan yang akan disimpan di lambung bisa berbeda-beda. Semua itu tergantung dengan jenis makanan yang akan diproses oleh lambung.

Banyak faktor yang bisa menjadi penentu lama waktu makanan untuk berada di lambung. Contohnya seperti komposisi dari makanan tersebut. Jika makanan tersebut mengandung banyak karbohidrat, maka waktu untuk berada di lambung akan lebih singkat.

Hal sebaliknya juga akan terjadi. Jika seseorang mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein, maka waktu makanan berada di lambung akan lebih lama. Hal tersebut terjadi juga pada makanan yang tinggi akan lemak.

2. Mencerna makanan

Makanan yang masuk ke tubuh bermula dari mulut. Di mulut, makanan akan mengalami beberapa proses. Setelah makanan diproses di mulut, makanan akan masuk menuju ke esofagus. Setelah itu makanan akan menuju ke lambung.

Di dalam lambung, makanan akan mengalami proses lagi. Proses ini sudah masuk pada proses pencernaan tahap kedua. Proses pencernaan makanan yang ada di tubuh melalui dua proses. Proses tersebut berupa proses mekanik dan proses kimiawi.

banner-promo-gramedia
DOKTER, MENGAPA SAKIT LAMBUNGKU TAK KUNJUNG SEMBUH? Kiat Mengatasi Gangguan Lambung

DOKTER, MENGAPA SAKIT LAMBUNGKU TAK KUNJUNG SEMBUH? Kiat Mengatasi Gangguan Lambung

Beli Buku di GramediaBuku ini ditulis untuk mengurai benang kusut melalui pendekatan yang bersifat holistis. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat memahami seluk-beluk gangguan lambung kronis. Di samping obat medis, cara menyembuhkan gangguan lambung kronis adalah melalui pemahaman dan penerimaan diri, mengolah hati dan pikiran, mengendalikan diri (soal makanan, emosi, serta pikiran), rasa bersyukur, dan meditasi.

a. Proses Mekanik

Makanan yang diolah di mulut akan mengalami proses secara mekanik melalui bantuan gigi. Akan tetapi, proses mekanik tidak hanya terjadi di mulut. Proses ini juga terjadi pada saat di lambung.

Lambung akan menghancurkan makanan secara mekanik. Dalam proses itu, lambung dibantu oleh otot-otot dinding lambung. Otot-otot tersebut bergerak secara peristaltik. Gerakan peristaltik tersebut akan mencampur serta mengaduk makanan dengan getah lambung.

Setelah proses selama kurang lebih 3 jam, makanan akan berbentuk seperti bubur. Makanan yang sudah menjadi bubur disebut dengan chyme atau kimus. Kimus kemudian akan masuk ke dalam usus halus. Kimus masuk melalui sfingter pylorys yang mengalami kontraksi lalu mendekat.

Sfingter pilorus memiliki ukuran yang relatif sempit. Sehingga kimus tidak langsung masuk ke usus halus. Kimus tersebut masuk secara bertahap. Sedikit demi sedikit, kimus akan didorong sehingga dapat masuk ke dalam usus halus.

b. Proses Kimiawi

Selain proses mekanik, proses pencernaan juga akan mengalami proses kimiawi. Proses kimiawi adalah proses pencernaan yang dilakukan dengan bantuan dari enzim-enzim. Enzim tersebut akan disekresikan oleh kelenjar yang ada di dinding lambung.

Ada beberapa enzim yang ada di dalam lambung. Salah satunya adalah pepsin, enzim ini berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton. Enzim lipase bertugas untuk memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Kemudian ada asam klorida atau HCI, asam klorida memiliki tugas untuk mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Selain itu, asam klorida juga berfungsi untuk membunuh mikroorganisme patogen dan renin yang memiliki fungsi untuk mengendapkan protein susu sehingga menjadi kasein.

Enzim-enzim tersebut memiliki banyak fungsi. Seperti memecah karbohidrat, protein serta lemak yang berukuran besar dan kompleks menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Molekul ini kemudian akan diserap oleh usus. Setelah itu akan masuk ke dalam darah. Darah akan mengalirkan setiap sel tubuh untuk melakukan ekstraksi dan menjadi sebuah energi.

Membunuh mikroorganisme berbahaya

Salah satu yang diproduksi oleh lambung adalah asam klorida atau HCI. Asam klorida ini memiliki beragam fungsi yang penting. Salah satunya yaitu untuk membunuh mikroorganisme patogen yang secara tidak sengaja masuk ke tubuh bersama makanan.

Untuk mencegah munculnya penyakit, mikroorganisme ini akan dibasmi oleh asam lambung yang diproduksi dari sel-sel parietal yang ada di dalam lambung. Asam klorida tersebut dihasilkan oleh sel-sel parietal. Proses pembentukannya yaitu diawali dari reaksi pembentukan asam karbonat dari karbohidrat. Selain itu dari air dengan enzim karbonat anhidrase.

3. Membantu penyerapan Vitamin B12

Fungsi lambung selanjutnya yaitu untuk membantu penyerapan vitamin B12. Di dalam lambung, terdapat sebuah sel bernama sel parietal. Sel parietal tersebut berapa di fundus lambung. Sel tersebut akan menghasilkan dua sekresi yang penting. Salah satu diantaranya yaitu faktor intrinsik.

Faktor intrinsik adalah glikoprotein yang memiliki peran penting ketika terjadinya proses penyerapan vitamin B12 atau kobalamin yang ada di dalam usus. Maka dari itu, salah satu fungsi lambung adalah untuk menyerap vitamin B12.

banner-promo-gramedia

Vitamin B12 memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin B12 juga membantu dalam proses pembentukan DNA. Vitamin B12 juga berfungsi untuk memelihara sistem saraf. Akan tetapi, vitamin B12 juga memiliki vitamin. Kekurangan tersebut adalah dapat menimbulkan berbagai masalah yang ada di dalam tubuh.

4. Mengontrol hormon

Lambung tidak hanya memproduksi enzim. Lambung juga memproduksi beberapa hormone. Hormone-hormon tersebut memiliki peran yang penting untuk sistem pencernaan. Salah satunya adalah hormone gastrin. Hormone gastrin diproduksi oleh sel G yang ada pada dinding lambung. Hormone ini memiliki fungsi untuk sekresi asam lambung dan secara terus menerus.

Terdapat juga hormone ghrelin. Ghrelin adalah hormone yang diproduksi di dalam kelenjar oksintik mukosa yang tersebar pada lambung. Ketika tubuh merasa kekurangan energi atau merasa lapar, hormone ghrelin inilah yang akan memberikan sinyal-sinyal kepada hipotalamus.

5. Meredam bahaya asam lambung

Salah satu bagian yang ada di lambung adalah lapisan mukosa. Di dalam lapisan mukosa ini ada sel-sel yang disebut dengan sel goblet. Sel bertugas untuk mensekresikan lendir bikarbonat yang bersifat basa. Sekresi tersebut akan dilakukan ke lapisan terluar dari lambung. Hal ini berfungsi supaya tidak dirusak oleh aktivitas asam lambung dan enzim pepsin.

Itulah informasi mengenai struktur lambung dan fungsi-fungsi yang terdapat pada organ lambung manusia. Supaya pencernaan tetap baik, maka kita harus selalu menjaga kesehatan lambung. Temukan cara-cara untuk menjaga kesehatan lambung serta informasi menarik tentang lambung dan lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

Beli Buku di GramediaBuku ini akan membahas mengenai keajaiban dari mengkonsumsi air mineral. Air mineral sangat penting bagi kesehatan. Salah satunya untuk menjaga organ-organ pencernaan. Buku ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahui fungsi dari air mineral untuk kesehatan tubuh.

Baca juga :

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien