in

10 Orang Terpendek Di Dunia, Ada yang Dibawah 100 CM, Lho!

Sumber: TukoNews

Orang terpendek di dunia – Dwarfisme merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya memiliki tinggi badan di bawah rata-rata. Para ahli mendefinisikan dwarfisme sebagai tinggi orang dewasa tidak melebihi 147 cm. Namun, orang dengan dwarfisme biasanya tingginya hanya sekitar 120 cm.

Selain lebih pendek dari rata-rata, penderita dwarfisme mungkin juga memiliki kelainan pertumbuhan fisik lainnya, seperti kaki bengkok atau tulang belakang bengkok. Namun, penderita dwarfisme biasanya tidak memiliki disabilitas intelektual sehingga dapat melakukan aktivitas normal.

Dalam kebanyakan kasus, dwarfisme disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik. Mutasi gen dapat terjadi sendiri atau diwariskan dari salah satu orangtua, atau keduanya.

Berdasarkan jenisnya, dwarfisme terbagi menjadi dua, yaitu proporsional dan disproporsional. Dalam dwarfisme proporsional, semua anggota tubuh korban sama kecilnya dan proporsional dengan tinggi badannya. Kekerdilan proporsional biasanya disebabkan oleh kurangnya hormon pertumbuhan.

Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan kekerdilan proporsional adalah Sindrom Turner, suatu kondisi genetik yang menyebabkan wanita hanya memiliki satu kromosom X

Sindrom Seckel, suatu kondisi genetik yang menyebabkan bayi lahir dengan berat lahir rendah dan pertumbuhan lambat, Sindrom Noonan, kelainan genetik yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan berbagai bagian tubuh anak dan Sindrom Prader-Willi, kelainan genetik langka yang mempengaruhi metabolisme anak, memengaruhi perkembangan dan perilaku secara negatif.

Kalau jenis dwarfisme yang disproporsional ditandai dengan ukuran anggota tubuh yang  disproporsional. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh achondroplasia, yaitu kondisi keturunan yang ditandai dengan lengan dan kaki yang pendek tetapi ukuran kepala normal.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan dwarfisme yang  disproporsional meliputi: Sindrom Conradi Hünnermann, Sindrom Ellis-van Creveld, Hypochondroplasia, Diastrophic dysplasia , Multiple epiphyseal dysplasia, Pseudoachondroplasia, Penyakit mucopolysaccharide, Penyakit tulang rapuh (osteogenesis imperfecta)

Apakah Sobat Grameds mengetahui? Bahwa penderita kelainan dwarfisme sangat banyak di dunia. Tetapi, mempunyai kelainan dwarfisme bukan halangan untuk menjadi istimewa, dan orang orang ini membuktikannya, mereka tidak mempunyai tinggi tubuh seperti kebanyakan manusia hidup lainnya, namun mereka tidak berhenti bermimpi dengan cita-citanya.

Berikut ini, Gramedia sudah merangkum beberapa daftar orang terpendek di dunia yang dilansir dari beberapa sumber.

Daftar Orang Terpendek di Dunia

Berikut adalah daftar 10 Manusia Terpendek yang paling terkenal di seluruh dunia

1. Gul Mohammad, 57 CM (Orang Terpendek di Dunia Sepanjang Masa)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Misterunik.com

Gul Muhammad (15 Februari 1957 – 1 Oktober 1997) New Delhi, India, menurut Guinness Book of World Records, menjadi manusia terpendek sepanjang masa dan pengukuran tinggi badannya telah diverifikasi secara independen.

Pada 19 Juli 1990, dia diukur di Rumah Sakit Ram Manohar Lohia di New Delhi, India. Tingginya 57 cm dan beratnya 17,0 kg. Dia meninggal pada tanggal 1 Oktober 1997 karena komplikasi pernapasan setelah lama berjuang melawan asma dan bronkitis yang dia derita akibat merokok berat.

2. Jyoti Amge, 58 CM (Gadis Terkecil di Dunia)

Jyoti Amge, seorang remaja India berusia 15 tahun, adalah gadis terkecil di dunia, dengan berat sekitar 5 kg dan tinggi sekitar 58 cm. Dia memiliki bentuk kekerdilan yang disebut achondroplasia dan tidak akan pernah tumbuh lebih tinggi.

Meski tidak terlalu puas dengan kondisi fisiknya, Jyoti tetap bangga menjadi orang terkecil di dunia dan mendapat banyak perhatian khusus dari orang-orang di sekitarnya. Jyoti berharap suatu hari dia akan masuk Bollywood sebagai aktris.

3. Junrey Balawing, 59 CM (Pria Terpendek di Dunia pada Juni 2011)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Misterunik.com

Seorang pria Filipina yang tingginya kurang dari 2 kaki telah dianugerahi Rekor Dunia Guinness pada ulang tahunnya yang ke-18 yaitu gelar resmi pria terpendek di dunia.

Junrey Balawing, putra seorang pandai besi di desa Sindangan, Filipina selatan, tingginya hanya 59 cm dan secara misterius berhenti tumbuh ketika dia berumur dua bulan, kata orang tuanya.

Balawing dinobatkan sebagai pria dewasa terpendek di dunia oleh pejabat Guinness pada sebuah upacara di kota tepi pantai, di mana dia diberi makan daging babi panggang, kue, balon, dan hadiah.

4. Afshin Esmaeil Ghaderzadeh, 60 CM (Orang Terpendek di Dunia Saat Ini)

Sumber: Kompas.com

Afshin Esmaeil Ghaderzadeh telah resmi diakui oleh Guinness World Records sebagai manusia terpendek di dunia. Pria Iran berusia 20 tahun itu memiliki tinggi 0,6 meter atau 2 kaki 1,6 inci, seperti dikutip People. Bagi Afshin, situasi ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan.

“Memikirkan menjadi bagian dari keluarga Guinness World Records seperti mimpi. Terkadang saya tidak percaya,” kata Afshin. “Sepertinya kamu bangun keesokan harinya dan seluruh dunia tahu siapa kamu. Ini ajaib,” lanjutnya.

Biasanya pria kelahiran 2002 ini suka menonton film kartun seperti Tom & Jerry, dance dan bersorak untuk tim sepak bola kesayangannya.

Orang Terpendek Di Dunia

Ia juga memiliki seorang teman yang membantunya mengelola akun Instagram miliknya dengan puluhan ribu pengikut. Namun, ada juga aspek kehidupannya di mana ia bergumul dengan perawakannya.

Menurut ayahnya, Afshin terpaksa putus sekolah meski nyaris tidak  bisa belajar menulis namanya sendiri. Esmaeil Ghaderzade berkata: “Putra saya terus-menerus menjalani pengobatan dan kelemahan fisik adalah alasan utama mengapa dia berhenti belajar.”

Bagi Afshin, menemukan pakaian yang pas merupakan tantangan tersendiri. Karena alasan ini, ia lebih memilih pakaian yang disesuaikan daripada gaya balita yang menurutnya terlalu kekanak-kanakan.

Tidak memiliki cukup uang untuk pengobatan dan perawatan juga menjadi kendala bagi Afshin dan keluarganya. Keluarganya mengatakan Afshin tidak memiliki pekerjaan di dekat rumahnya di provinsi Azerbaijan Barat, Iran. Namun, Afshin berharap ketenaran dunianya akan menjadi kesempatan baginya untuk membalas budi kedua orang tuanya.

“Impian saya adalah bisa membantu orang tua. Pengakuan global ini bisa membantu,” ujarnya. Berdasarkan catatan Guinness World Records, Afshin adalah pria terpendek keempat yang pernah dikonfirmasi. Dia hampir 7 cm lebih pendek dari pemegang rekor sebelumnya, Edward “Nino” Hernandez (Kolombia), 36 tahun.

5. Khagendra Thapa Magar, 67 CM (Pria Terpendek di Dunia pada Oktober 2010)

Sumber: Misterunik.com

Khagendra Thapa Magar (lahir 14 Oktober 1992), putra dari Rup Bahadur dan Dhana Maya Thapa Magar, adalah manusia terpendek di dunia dengan tinggi 0,67m.

Sebelumnya memegang rekor remaja terpendek di dunia, Magar memegang rekor pria terpendek menggantikan Edward Nino Hernandez saat berusia 18 tahun pada 14 Oktober 2010.

Magar adalah kurcaci primordial. Dia kehilangan gelar “Manusia Terpendek di Dunia” pada 12 Juni 2011, digantikan oleh Junrey Balawing dari Filipina.

6. Chen Li Guilan & Tangyong 67 CM dan 70 CM (Pasangan Terkecil di Dunia)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Misterunik.com

Dua pengantin dari China berharap bisa masuk buku rekor sebagai pasangan terkecil di dunia. Chen Guilan, 70cm, dari Shunde City, China, menikah dengan Li Tangyong, 67cm pada Oktober 2007.

7. Edward “Nino” Hernandez, 70 CM (Pemegang rekor Manusia Terkecil Dunia September 2010)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Misterunik.com

Mengalahkan rekor sebelumnya yaitu He Pingping dari China dengan ketinggian 74,6 cm. He Pingping meninggal pada usia 21 tahun karena penyakit jantung. Huang Kaiquan, dari Sanjiang, China, akan menjadi penggantinya. Tingginya 76 cm, 1,4 cm lebih tinggi dari He Pingping. Namun, rekor final dipegang oleh Nino.

Setelah memegang rekor sebagai yang terpendek, Nino kini terobsesi untuk bertemu dengan aktor ternama Jackie Chan dan Silvester Stallone. Dia juga berharap bisa bertemu dengan mantan Presiden Kolombia Alvaro Uriba. Dengan tinggi 70 cm, bocah yang suka menari ini berbobot 10 kg.

“Dia tidak pernah bertambah tinggi sejak berusia 2 tahun,” kata ibunda Nino, Noemi Hernandez. Begitu dinobatkan sebagai pria terpendek di dunia oleh Guinness, Nino mempunyai pesaing. Guinness World Records juga menyelidiki Khagendra Thapa Magar dari Nepal, yang tingginya hanya 56 cm.

Hingga kini, dokter belum bisa menjelaskan penyebab keterlambatan pertumbuhan tinggi badan Nino. “Mereka tidak pernah memberi kami diagnosis,” kata Noemi Hernandez.

Dia mengatakan dokter dari Universitas Nasional mempelajari Nino saat dia berusia 3 tahun. Namun setelah itu, rombongan dokter tersebut tidak lagi tertarik untuk melanjutkan penelitiannya. Melihat kondisi fisiknya yang tidak biasa, Nino mengaku senang. “Saya senang karena saya unik,” ujarnya seperti dikutip dari Associated Press.

Kini penglihatannya mulai memburuk akibat penyakit katarak yang menerpa kedua mata Nino. Yang istimewa adalah dia sekarang memiliki pacar berusia 18 tahun, yang memiliki tinggi 1,5m. Rekor Nino berakhir pada tanggal 14 Oktober 2010 ketika Khagendra Thapa Magar dari Nepal berusia 18 dinyatakan lebih pendek darinya.

8. Stacey Herald, 70 CM (Ibu Terkecil di Dunia)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Misterunik.com

Ibu terkecil di dunia telah melahirkan untuk ketiga kalinya – meskipun ada peringatan, dia mempertaruhkan nyawanya. Stacey Herald, yang tingginya hanya 70cm, pernah diberi tahu bahwa kehamilan dapat membunuhnya, tetapi dengan berani menentang dokter untuk melahirkan dua bayi dengan ukuran setengahnya.

Wanita berusia 35 tahun dari Dry Ridge, Kentucky, AS ini mengidap penyakit tulang tidak sempurna yang menyebabkan tulang lemah dan paru-paru kurang berkembang, yang berarti dia tidak bisa tumbuh lagi.

Nyonya Herald, yang duduk di kursi roda, dan suaminya Will, dengan tinggi sekitar 5 kaki 5 inci, dengan penuh semangat menunggu kelahiran anak ketiga mereka dalam empat minggu ke depan. Karena ukurannya, dia tidak terbendung dan mengajari putrinya berjalan, dia sangat bergantung pada suaminya.

Dia mengaku hamil “sangat tidak nyaman” dan terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu. Pasangan itu bertemu pada tahun 2000 saat bekerja di sebuah supermarket di kampung halaman mereka.

9. Ajay Kumar, 75 CM (Aktor Terkecil di Dunia)

Sumber: Misterunik.com

Komedian India Ajay Kumar telah resmi diakui sebagai aktor terkecil di dunia. Kumar, dengan tinggi 75 cm, telah tercatat di Guinness Book of World Records setelah membintangi lebih dari 50 film sejak usia 13 tahun. Lebih dikenal dengan nama panggungnya Unda Pakru, bintang kecil ini telah menjadi nama rumah tangga di Kerala asalnya.

Setelah terkenal dan kaya lewat akting, Ajay bahkan dinilai sukses memenuhi kebutuhan keluarga mencari suami yang baik untuk putrinya. Menikah pada tahun 2005 dengan istri Gayatri setinggi 1,5 m, pernikahan tersebut disiarkan di televisi lokal di seluruh negara bagian barat daya India.

10. Aditya “Romeo” Dev, 84 CM (Binaragawan Terkecil di Dunia)

Orang Terpendek Di Dunia
Sumber: Telegraph

Aditya “Romeo” Dev hanya setinggi 0,84m, adalah binaragawan terpendek di dunia. Romeo adalah Romeo berukuran kecil yang terkenal dari kampung halamannya di Phagwara, India dengan kemampuan mengangkat 1,5kg – meskipun berat totalnya 9kg. Setiap hari, orang banyak berduyun-duyun ke gym setempat untuk menyaksikan elf berotot berolahraga.

Sementara kebanyakan kurcaci memiliki kepala yang lebih besar dari tubuhnya, Romeo memiliki tubuh yang proporsional dan meskipun bertubuh kecil, tubuhnya memiliki trisep, bisep, betis, dan paha yang membuat banyak orang Pria dewasa harus malu. Dia diakui oleh Guinness Book of Records pada tahun 2006 setelah tiga bulan pelatihan intensif.

Daftar Negara Penduduk paling Pendek di Dunia

Selain penjelasan daftar orang paling pendek di dunia, Gramedia juga akan membahas negara dengan rata-rata penduduk terpendek di dunia. Apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Indonesia

Peringkat negara alias dengan rata-rata pencarian terpendek tak lain adalah Indonesia. Dari 100 negara yang disurvei, Indonesia adalah yang terkecil dengan tinggi rata-rata populasi 157,98 sentimeter.

2. Bolivia

Sebuah negara di benua Amerika Selatan dengan populasi tidak lebih dari 12 juta, Bolivia, berada di urutan kedua. Penduduk negara berbahasa Spanyol ini rata-rata memiliki tinggi 159,7 cm.

3.Filipina

Karena selalu berasal dari negara ASEAN, meski gemar bermain basket, Filipina termasuk negara dengan skor rata-rata terendah. Ketiga, negara dengan ibu kota Manila ini memiliki rata-rata tinggi badan 161,79 cm.

4. Vietnam

Padahal, peringkat keempat selalu menjadi milik negara ASEAN, kali ini Vietnam. Negara yang menawarkan pho sebagai signature makanan favorit  ini memiliki penduduk dengan tinggi rata-rata hanya 162,1 cm.

5. Kamboja

Kamboja menempati peringkat ke-5 negara dengan rata-rata tinggi badan terpendek di dunia. Negara ini dijuluki Tanah Damai dan Sejahtera karena rata-rata tinggi penduduknya adalah 162,5 cm.

Penutup

Demikian ulasan mengenai daftar orang terpendek di dunia. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi orang terpendek dunia lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

10 Jenis Ras Kucing Kecil yang Lucu dan Menggemaskan Dipelihara!

10 Gunung Tertinggi Di Indonesia, Berapa MDPL?

10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Simak Disini!

Top 10 Orang Terkaya di Indonesia dan Fakta Uniknya

10 Orang Terkaya di Dunia Yang Memotivasi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma