in

Nostalgia Bersama Hong Banjang dan Warga Gongjin di Serial Drama Hometown Cha-Cha-Cha

Jika berbicara mengenai Drama Korea atau yang seringkali kita kenal dengan singkatan “drakor”, pasti para Seonho Hada (julukan untuk para fans Kim Seon Ho) sudah tidak asing lagi dengan serial drama “Hometown Cha-cha-cha”. Di drama ini, Kim Seon Ho berperan sebagai Hong Du Sik atau Hong Banjang. Drama yang penuh dengan nilai kehidupan sehari-hari ini sukses membuat para penontonnya larut dan merasa menjadi bagian dari drama tersebut.

Bahkan, sesaat setelah drama tersebut selesai, judul “Hometown Cha-cha-cha” masih nangkring di urutan paling atas “Netflix” dengan penilaian hampir sempurna yaitu 9,5/10. Tak hanya populer di situs streaming, drama tersebut juga sempat trending di Twitter dan media sosial lain. Terlebih saat episode terakhir resmi ditayangkan. Para penonton seakan tidak mau berpisah dengan warga Gongjin (yaitu sebuah desa di Korea Selatan yang menjadi latar tempat dari drama ini).

Untuk Grameds yang sudah menonton drama ini, pastinya tahu bahwa semua tokoh yang ada di dalamnya ikut berperan serta dalam menghidupkan cerita. Tak hanya Hong Banjang dan juga Hye Jin saja yang selalu disorot. Bahkan, cerita dari tokoh lainnya justru membuat drama yang satu ini semakin menarik untuk ditonton hingga selesai.

Nah, supaya tidak bingung, yuk simak sinopsis singkat dari drama Hometown Cha-cha-cha di bawah ini ya.

 

 

Sinopsis Drama Korea Hometown Cha-cha-cha

Sumber : TVN

Hometown Cha-cha-cha adalah drama Korea yang menceritakan tentang Yoon Hye Jin, seorang dokter gigi yang secara tiba-tiba harus terdampar di Gongjin, yaitu kota pesisir yang sangat tenang dan salah satu tempat yang cukup memorable bagi Hye Jin. Dimana Hye Jin kecil dan kedua orangtuanya pernah berkunjung ke salah satu pantai Gongjin sebelum ibunya meninggal dunia.

Saat itu, setelah puluhan tahun berlalu, ayahnya telah menikah lagi dan Hye Jin telah sukses bekerja sebagai dokter gigi. Ketika Ia merasa lelah dan tak tahu arah, akhirnya Hye Jin memutuskan untuk “napak tilas” atau berkunjung kembali ke Gongjin untuk mengenang sang Ibu. Sebab, pada hari itu juga tepat di hari ulang tahun ibunya.

Kemudian, ada beberapa hal kompleks yang terjadi begitu saja dan membuat Hye Jin secara impulsif memutuskan untuk membuka klinik pribadi di Gongjin. Begitulah kira-kira awal mula pertemuannya dengan Hong Du Sik atau Hong Banjang, seorang pria tampan dan multitalenta yang ahli melakukan berbagai macam pekerjaan.

Sumber : TVN

Setelah mengenal Hye Jin yang diperankan oleh Shin Min aH, sekarang kita akan membahas tentang Hong Banjang yang diperankan oleh Kim Seon Ho.

Buat siapa saja yang sudah menonton drama ini, pasti setuju kalau Hong Banjang adalah salah satu pria impian semua perempuan di dunia. Kira-kira kenapa ya kok bisa begitu? Jadi, Hong Banjang merupakan tokoh utama dari serial Drama Korea Hometown Cha-cha-cha. Karakternya hampir sempurna karena kebaikan hatinya dan bagaimana dia memperlakukan pacarnya, Yoon Hye Jin yang sukses membuat para penonton iri.

Hong Banjang sangat dikenal di wilayah Gongjin karena kebaikan hatinya yang selalu bisa dalam menolong orang lain. Bahkan, Ia juga mahir dalam melakukan berbagai macam pekerjaan dan profesi. Hal inilah yang membuat warga Gongjin sangat menyayanginya.

Tapi, siapa sangka, ternyata dibalik keceriaan dan kepiawaian Hong Banjang, ternyata Ia memiliki masa lalu yang kelam. Awalnya, warga Gongjin hanya bisa menebak-nebak masa lalu Hong Banjang yang sangat misterius. Karena tidak ada satupun orang yang tahu pasti. Hingga pada akhirnya, cerita masa lalu Hong Banjang terkuak dan membuat drama ini sukses membuat para penonton banjir air mata. Ternyata Hong Banjang menyimpan luka dari masa lalunya yang sangat tidak ingin Ia buka kepada siapapun, termasuk Hye Jin.

 

Tapi jika Grameds jeli, sebenarnya pada episode awal, penonton sudah diberi petunjuk mengenai trauma yang dialami Hong Banjang. Karena ada beberapa cuplikan yang memperlihatkan Hong Banjang melakukan konsultasi ke tenaga profesional. Bahkan sempat ada satu sesi dimana diceritakan bahwa proses pemulihannya berjalan dengan baik dan menunjukkan perkembangan positif.

Tapi ternyata, luka yang dialami Hong Banjang belum benar-benar pulih. Kira-kira kenapa ya proses pemulihan trauma yang dialami Hong Banjang membutuhkan waktu yang lama?

Menurut psikolog, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan proses pemulihan trauma menjadi lebih lama, yaitu luka yang disimpan sudah terlalu dalam. Hal itu bisa menyebabkan seseorang akan mengabaikan perasaan dan emosinya sendiri. Hingga tanpa disadari luka itu terus ada dan sulit untuk hilang. Semakin lama akan semakin mengganggu.

Terlepas dari masa lalu Hong Banjang yang cukup kelam, ada beberapa hal yang patut kita tiru dari sosok Hong Banjang di drama Korea ini dan beberapa hal yang membuatnya disukai banyak orang. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Drama Hometown Cha-Cha-Cha

Sumber : TVN

1. Senang Berinteraksi Dengan Orang Lain

Sikap ramah Hong Banjang yang sangat suka bergaul dengan orang lain tanpa pandang bulu harus kita tiru. Tidak hanya sekedar berteman saja, Hong Banjang juga selalu siap untuk membantu para kenalannya dengan ramah dan senang hati. Tidak mudah menemukan orang semacam itu di dunia nyata sekarang ini. Oleh karena itu, kita perlu mencontoh kepribadiannya yang sangat akrab dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, Hong Banjang juga selalu hormat kepada orang yang tua, meski Ia lebih suka untuk berbicara non formal kepada siapa saja.

2. Tetap Rendah Hati

Ada yang menarik dari Drama Hometown Cha-cha-cha. Dimana ketika tokoh lain khususnya Hye Jin selalu membanggakan pekerjaannya sebagai dokter dan pendidikannya. Justru Hong Banjang yang hanya melakukan pekerjaan yang Ia suka, ternyata adalah seorang lulusan SNU yang mana merupakan universitas nomor 1 di Korea Selatan. Bisa kebayang kan bagaimana pintarnya Hong Banjang?

Namun, meski sebenarnya Hong Banjang adalah orang hebat, tapi Ia tidak pernah sombong dan memamerkan almamaternya. Dia selalu rendah hati dan menganggap semua orang itu sama.

3. Lembut dan Baik Hati

Sejak awal episode, Hong Banjang sudah digambarkan sebagai pria yang baik hati dan suka membantu orang-orang yang ada disekitarnya. Walaupun dia cukup perhitungan dalam hal gaji, tapi dia adalah orang yang tidak mementingkan dirinya sendiri saja.

4. Tsundere

Hong Du Sik terlihat sangat menawan karena ia adalah seorang tsundere. Apa itu tsundere? Tsundere adalah karakteristik dari seseorang yang dingin dan juga terkesan keras. Akan tetapi pada suatu ketika Ia bisa berubah menjadi seseorang yang sangat penyayang dan mudah tersentuh. Di dalam drama ini, Hong Banjang mungkin terlihat sangat dingin dan keras diluar, tapi dari dalam hatinya, Ia adalah orang yang sangat perhatian.

5. Terampil

Tak hanya terampil melakukan berbagai macam pekerjaan. Hong Banjang juga memiliki pengetahuan yang luas dan pandai dalam berbagai hal. Termasuk juga memperbaiki barang-barang, menjadi barista, dan bahkan terampil dalam memainkan alat musik dan juga bernyanyi. Dia juga memiliki semua sertifikat atau lisensi dari semua keahliannya. Jadi, siapa yang sanggup sih untuk menolak pria seperti Hong Banjang?

6. Memiliki Tatapan yang Manis

Pasti Grameds setuju kalau tatapan Hong Banjang sukses membuat para penonton meleleh dan salah tingkah sendiri? Apalagi kalau ditambah dengan senyumannya yang dibalut dengan lesung pipinya.

Alasan Mengapa Hometown Cha-cha-cha Harus Ditonton

Sumber : TVN

Drama Hometown Cha-cha-cha ini memiliki banyak sekali alasan untuk ditonton. Tidak hanya menampilkan visual yang sangat menarik, entah itu tokoh-tokoh yang ada di dalamnya ataupun setting drama. Tapi, drama ini juga memberikan banyak sekali pelajaran yang sangat berharga. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Grameds dapatkan dari drama Hometown Cha-cha-cha.

1. Pentingnya Sebuah Idealisme

Pada episode pertama, Yoon Hye Jin terpaksa kehilangan pekerjaannya demi mempertahankan idealismenya sebagai dokter gigi yang profesional. Dimana keputusan medis yang diambil harus sesuai dengan kepentingan pasien. Hye Jin sangat menolak jika keputusan medis yang harus diambil disesuaikan dengan kepentingan bisnis. Baginya, hal itu sangat bertolak belakang dengan profesinya, yang mana seharusnya memprioritaskan kepentingan pasien.

2. Kehidupan Pedesaan

Melalui drama yang satu ini, para penonton diajak untuk melihat suasana pedesaan di pesisir Korea Selatan. Tidak hanya mempunyai pemandangan yang indah saja, tapi juga ramah tamah penduduk atau warganya. Warga Gongjin terlihat sangat ramah dan juga suka menolong satu sama lain. Mereka juga saling mengenal tetangganya, sangat khas dengan kehidupan pedesaan pada umumnya.

3. Memanfaatkan Peluang yang Ada

Karakter Hong Banjang disini memang sangat menarik. Walaupun pengangguran, tapi Ia selalu sibuk. Dia rela mengerjakan berbagai macam pekerjaan demi memperoleh uang. Hong Banjang sendiri adalah seseorang yang sangat pekerja keras. Selain itu, dia juga pintar dalam memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya saja ketika Hye Jin membutuhkan tempat untuk membuka kliniknya, Hong Banjang selalu siap membantunya.

Ulasan Tentang Hometown Cha-cha-cha

Sumber : TVN

Hometown Cha-cha-cha adalah salah satu Drama Korea yang sukses membuat para penontonnya seakan-akan pulang ke rumah. Semua tokoh yang ada di dalamnya seakan menawarkan pelukan hangat yang membuat penontonnya merasa nyaman.

Seperti Hye Jin, pasti kita pada awalnya merasa tidak nyaman karena baru saja mengenal berbagai karakter yang ada di Hometown Cha-cha-cha. Termasuk warga Gongjin yang terlihat sangat cerewet, selalu ikut campur dengan urusan orang lain, dan suka mengomentari juga. Dimana pada saat di Seoul, Hye Jin sudah terbiasa individualis. Jadi saat pindah ke Gongjin, Ia merasa tidak nyaman.

Sumber : TVN

Tapi setelah menonton hingga ke episode selanjutnya, Hye Jin menjadi lebih kenal dan bisa berbaur dengan warga Gongjin dan merasa bahwa kekeluargaan yang ada diantara warga Gongjin sangatlah baik.

Seperti yang dikatakan oleh kepala wilayah Gongjin yaitu Yeo Hwa Jeong, bahwa tiap orang mempunyai kemalangannya sendiri. Jadi tidak sepantasnya kita menghakimi orang tersebut. Itulah yang menjadi titik awal diterimanya Hye Jin oleh warga Gongjin.

Setelah tinggal cukup lama di Gongjin dan kliniknya juga semakin ramai. Hye Jin akhirnya semakin dekat dengan Hong Banjang. Hingga pada akhirnya, penonton juga menjadi sangat akrab dengan warga Gongjin dan pesona storytelling yang dibawakannya.

Alasan selanjutnya mengapa drama ini sangat sulit untuk ditinggalkan adalah karena para penonton diajak untuk ikut serta merasakan emosi dari berbagai kisah yang dialami oleh karakter di dalamnya. Bahkan, beberapa episode menceritakan sisi gelap dari masing-masing karakter yang sukses membuat para penonton menangis tersedu-sedu sampai menghabiskan banyak tisu.

Tapi, pada akhirnya, semua cerita masa lalu dan masa kelam setiap karakternya bisa dilalui dan menemukan sebuah ganjaran di episode terakhirnya. Drama ini ditutup dengan kesan yang sangat baik dan tidak berlebihan seperti drama Korea pada umumnya. Ending dari drama ini sukses membuat para penonton menghela napas lega karena kapal Hye Jin dan Hong Banjang berlabuh dengan semestinya.

Sumber: TVN

Hometown Cha-cha-cha adalah Drama Korea yang menyuguhkan kenyamanan kampung halaman dan rumah yang menjadi tempat pulang paling aman dan nyaman. Apakah Grameds setuju?



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah