in

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik, Ini Dia Alasannya

Unsplash.com/Matthew Henry

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik – Menghemat listrik adalah upaya kita bersama untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di rumah, di kantor, di masjid, atau dimanapun kita berada. Ada berbagai alasan mengapa kita harus menghemat listrik dengan berbagai cara dengan mendatangkan banyak manfaat. Sebenarnya Menghemat energi, salah satunya menghemat listrik itu sangat mudah. Kita hanya perlu memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin tidak terasa sebagai tindakan boros energi.

Apalagi listrik yang merupakan bentuk energi yang kita gunakan dan butuhkan setiap hari. Terkadang kita tidak sadar bahwa kita telah boros energi. Atau sebenarnya kita tahu bahwa itu adalah tindak pemborosan energi, namun belum paham dampaknya lebih luas jika menggunakan energi berlebihan.

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik
Unsplash.com/Anthony Indraus

Dalam praktiknya, listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling penting saat ini. Semua perangkat dalam kehidupan manusia, sebagian besar selalu membutuhkan energi listrik. Itulah sebabnya kita perlu menjaga keberlangsungan energi ini karena sangat penting dalam kehidupan kita dengan cara penghematan dalam penggunaannya. Agar lebih yakin lagi, berikut ini alasan mengapa kita harus menghemat listrik dengan baik saat ini:

Table of Contents

Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

1. Penghematan Biaya

Salah satu cara untuk mengelola rumah tangga seseorang adalah dengan mengurangi konsumsi penggunaan daya energi listriknya. Dengan berhemat, ada tabungan yang dapat diarahkan untuk pengeluaran yang lebih bermakna, misalnya untuk anak sekolah dan keperluan sosial seperti Infaq, Shodaqoh, dan sebagainya.

2. Konsumsi Listrik yang Tinggi Berdampak Pada Peningkatan Pemanasan Global

Sampai saat ini listrik masih banyak yang bersumber dari batubara sebagai bahan bakar yang menyisakan limbah berupa emisi karbon dan pencemaran lingkungan. Semakin tinggi konsumsi daya listrik, maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi.

Akibat kerusakan atmosfer dapat mempengaruhi pemanasan global yang parah. Dengan menghemat energi listrik, kita telah melindungi bumi dari pemanasan global. Jadi bisa dikatakan alasan kita harus hemat listrik adalah untuk kebaikan kita juga sebagai makhluk bumi.

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

3. Persediaan Bahan Bakar Fosil yang Tidak Dapat Diperbaharui

Persediaan bahan bakar fosil seperti batubara sangat terbatas jumlahnya. Lebih buruk lagi, bahan bakar ini bukanlah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Butuh jutaan tahun untuk mendapatkannya kembali. Oleh karena itu, menghemat energi listrik merupakan salah satu cara untuk menghemat persediaan bahan bakar juga.

4. Melindungi Pembangkit Listrik Dari Kerusakan Mendadak

Semakin tinggi konsumsi energi listrik, maka semakin sulit pengerjaan pembangkit tersebut. Jika generator dipaksa untuk menghasilkan energi listrik lebih dari kapasitasnya karena penggunaan yang boros, dapat menyebabkan kerugian. Kerusakan PLTU berdampak pada pemadaman listrik. Tentu saja, jika pembangkit listrik rusak dan sering terjadi pemadaman listrik, itu juga akan menjadi kerugian yang besar lagi.

5. Perlu Perilaku Disiplin

Sikap hemat listrik merupakan salah satu metode pendidikan yang praktis. Ini tentu bukan hanya sebuah teori. Sikap hemat listrik merupakan salah satu faktor untuk membiasakan perilaku disiplin di rumah atau kantor dan kepedulian kita terhadap semua hal yang lebih besar, yakni untuk bumi kita sendiri.

6. Salah Satu Cara Menjalankan Perintah Agama

Allah dan para rasulnya, yang menjalankan perintah agama, memerintahkan kita untuk menjadi orang yang sederhana. Jangan suka boros atau menyia-nyiakan sesuatu. Boros dalam menggunakan listrik berarti menggambarkan mubazir yang merupakan salah satu sikap Syaithan. Jika kita menghemat energi listrik, maka itu artinya kita sudah menjalankan salah satu perintah Allah SWT dan teladan dari Nabi Muhammad SAW.

7. Terbatasnya Kapasitas Pembangkit Listrik Saat Ini

Sebenarnya kapasitas pembangkit listrik itu sangatlah terbatas jumlahnya. Jika seluruh pemakaian listrik dilakukan secara boros, maka dapat menyebabkan konsumsi listrik melebihi kapasitas pembangkit. Hal tersebut tentu bukan hal yang baik, dimana sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

8. Pasokan Listrik Yang Dihasilkan Belum Dapat Memenuhi Kebutuhan Listrik Semua Orang

Tahukah kamu jika pasokan listrik kita masih terbatas, yakni belum bisa memenuhi kebutuhan semua orang.Terutama di daerah-daerah pedalaman yang kesulitan mengakses listrik. Jika bisa berhemat, maka sisa kapasitas daya listrik tersebut bisa diarahkan ke orang lain yang tidak mendapat diskon daya listrik ini.

9. Penghematan Subsidi

Sebagian konsumen listrik masih menerima subsidi dari negara. Semakin boros konsumsi listrik, maka semakin tinggi pula biaya subsidi yang harus ditanggung negara. Menghemat listrik juga membantu menjaga anggaran negara tetap stabil dan sehat. Jika pemborosan listrik dilakukan oleh banyak orang, maka ada kemungkinan juga memberikan kerugian bagi negara secara signifikan. Itulah sebabnya kita sudah sepatutnya sadar bahwa kita harus berupaya dengan sebaik mungkin dalam menghemat energi listrik dengan penggunaan secukupnya saja.

Cara Menghemat Listrik

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan listrik. Perlu kamu tahu juga bahwa penghematan daya dapat berkontribusi pada pengurangan emisi karbon dengan membakar energi yang tidak murni.

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

Setelah mengetahui alasan mengapa kita harus hemat listrik seperti di atas, jadi sudah saatnya kita menghemat listrik dengan memulai lewat cara-cara mudah berikut ini:

1. Menggunakan Listrik Prabayar

kamu dapat menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar ini agar bisa mengatur konsumsi daya listrik di rumah dengan efisien. Cara ini bisa jadi alternatif untuk menekan biaya listrik yang tidak terkendali.

2. Mematikan Perangkat Elektronik Saat Tidak Digunakan

Mematikan semua perangkat listrik yang tidak digunakan di rumah adalah cara yang bagus untuk menghemat daya dan mengurangi tagihan secara signifikan. Metode ini sudah terbukti efektif. Jangan biarkan perangkat elektronik terhubung saat tidak digunakan. Biasakanlah untuk selalu mencabut kabel yang tidak digunakan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Setelah Ponsel Terisi Penuh, Cabutlah Pengisi Dayanya

Cara menghemat berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencopot pengisi daya atau charger setelah handphone kalian sudah terisi penuh. Arus mengalir melalui kabel yang dicolokkan ke stopkontak saat tidak digunakan. Karena itu, hindari kebiasaan ini jika ingin menghemat daya.

4. Gunakan Perangkat Hemat Energi atau Watt yang Rendah

Banyak perangkat elektronik saat ini yang sudah memiliki fitur khusus untuk mengurangi konsumsi daya listrik, misalnya AC, lemari es, mesin cuci, dan sebagainya. Dalam contoh barang tersebut biasanya ada keterangan untuk memudahkan kamu mencari alat-alat elektronik mana yang memiliki watt kecil atau low watt saat digunakan, sehingga bisa menghemat penggunaan daya listrik.

5. Gunakan Lampu LED

kamu bisa menggunakan lampu led berkualitas untuk menghemat daya, meskipun harga lampu LED sedikit lebih mahal dibandingkan jenis lampu yang biasa, tetapi jenis lampu ini memiliki banyak sekali keunggulan. Sudah terbukti bahwa penggunaan lampu LED dapat menghemat listrik, bahkan hingga 90 persen. Lampu LED dalam penggunaannya dapat mengeluarkan cahaya yang lebih terang dan tahan lama daripada jenis lampu biasanya. Inilah yang menjadi salah satu cara untuk menghemat listrik yang lebih efektif.

6. Waspadalah Terhadap Penerangan

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan tagihan listrik kita meroket adalah menyalakan listrik di siang hari atau saat keluar rumah, alias rumah kosong. Pada siang hari, ada baiknya untuk mematikan semua lampu di rumah dan memanfaatkan cahaya yang masuk dan sinar matahari secara alami.

7. Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin mengkonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan penggunaan AC, sehingga menjadi solusi jika kamu ingin lebih menghemat daya meskipun ruangan sedang dalam keadaan panas. Selain itu dari segi harga juga lebih murah menggunakan Kipas angin dibandingkan pemasangan AC.

8. Memaksimalkan Pintu dan Jendela

Semakin banyak udara dan cahaya yang masuk melalui pintu dan jendela, semakin banyak daya yang dapat dihemat, terutama pada siang hari. Cahaya matahari yang masuk melalui pintu dan jendela cukup untuk menerangi rumah, sehingga tidak perlu menyalakan lampu lagi. Selain itu, ada banyak ventilasi untuk membuat rumah kamu menjadi tetap sejuk tanpa alat bantu seperti AC atau kipas angin.

9. Gunakan Gorden yang Sesuai

Jika sinar matahari yang masuk ke dalam rumah pada siang hari terlalu panas, gunakan gorden atau penutup jendela yang sesuai. Jadi Kamu bisa lebih nyaman dengan keadaan rumah yang cerah.

10. Matikan Elektronik Di Malam Hari

Setelah Aktivitas selesai dan kamu beristirahat di malam hari, jangan lupa untuk mematikan semua elektronik dan lampu di rumah Anda. Anda tidak hanya dapat menghemat daya, tetapi Anda juga dapat memulihkan secara maksimal.

11. Memilih Mesin Cuci yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat membeli mesin cuci, pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menghemat biaya listrik dan peralatannya. Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka semakin tinggi pula konsumsi daya listriknya.

12. Mengeringkan Pakaian Secara Alami

Kamu dapat mempertimbangkan metode ini untuk menghemat lebih banyak daya. Sebagian besar mesin cuci saat ini memiliki fitur pengeringnya sendiri, tetapi sebaiknya jangan menggunakannya setiap saat untuk menghemat konsumsi daya. kamu bisa memilih opsi lain, yakni dengan menjemur pakaian di bawah sinar matahari.

13. Menggunakan TV LED

TV LED mengkonsumsi daya hingga 50% lebih sedikit daripada model lama. Selain itu, tampilan TV LED ini sendiri tentunya lebih nyaman dan jernih, memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

14. Menggunakan Laptop Dibandingkan PC Untuk Beberapa Orang

Penggunaan PC memang memberikan fleksibilitas lebih besar dengan menampung data dalam jumlah yang besar. Namun penggunaan CPU pada PC dapat mengkonsumsi daya listrik dalam jumlah yang lebih besar. PC perlu daya listrik lebih dari 400 watt, sedangkan laptop hanya butuh kurang lebih 25 watt. Itulah sebabnya lebih baik menggunakan laptop yang memiliki banyak keunggulan, seperti lebih hemat listrik, mudah dibawa kemana-mana, dan sebagainya.

15. Pilih Setrika yang Memiliki Pengatur Panas Secara Otomatis

Setrika tentunya akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk digunakan. Setrika yang tidak memiliki pengatur panas otomatis akan lebih banyak mengkonsumsi daya listrik. Inilah mengapa kamu harus memilih setrika dengan kontrol panas otomatis untuk menghemat lebih banyak daya.

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

16. Jangan Sering-sering Menyalakan atau Mematikan AC

Mungkin kamu terbiasa menyalakan atau mematikan AC saat suhu ruangan mencapai suhu tertentu untuk menghemat listrik. Padahal menyalakan dan mematikan AC secara terus menerus dapat menghabiskan lebih banyak daya listrik. Ini justru akan menambah beban saat AC mulai dihidupkan kembali.

Jika kamu menyalakan AC, maka harus mengaturnya dari 24 derajat menjadi 28 derajat secara teratur. Kamu dapat menaikkan suhu AC secara bertahap, yakni 1satu derajat jika merasa sudah terlalu dingin, hingga tindakan tersbeut dapat menghemat listrik yang digunakan.

17. Menggunakan Air Panas Saat Memasak Nasi

Memasak nasi menggunakan rice cooker yang hemat daya memang bisa lebih hemat listrik. Namun, tahukah kamu jika ada cara lain yang bisa dilakukan agar lebih menghemat listrik? Nah, Kamu dapat mulai memasak nasi dengan air panas agar nasi lebih cepat matang dan juga lebih menghemat penggunaan daya listrik.

18. Mengurangi Penggunaan Microwave

Makanan yang dipanaskan dengan microwave memang terlihat lebih simpel dan praktis. Namun, dengan sekali pakai, gelombang mikro dapat mengkonsumsi daya 850-2000 watt. Karena itu, lebih baik mengukus saat ingin menghangatkan makanan.

19. Meminimalkan Penggunaan Dispenser

Pemanas air dan pendingin dispenser ini sebenarnya dapat menggunakan lebih banyak energi listrik. Jadi, untuk menghemat listrik, ada baiknya kamu merebus air di dalam kompor dan mendinginkannya di lemari es jika kamu membutuhkan air dingin.

20. Membatasi atau Merencanakan Penggunaan Elektronik Berdaya Tinggi

Mengetahui elektronik mana di rumah kamu yang berdaya tinggi dan memungkinkan kamu mengontrol penggunaannya. Kamu dapat menjadwalkan penggunaan perangkat apa pun. Misalnya, menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, atau menggunakan AC hanya pada malam hari untuk tidur.

21. Menurunkan Suhu Lemari Es

Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu memperhatikan suhu lemari es kita. Jika lemari es terlalu dingin atau isinya terlalu sedikit untuk menghemat daya, Anda dapat menaikkan lemari es. Selain itu, jika lemari es terlalu dingin atau terlalu dingin, akan sulit digunakan dan dapat cepat rusak.

22. Jangan Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Lemari Es

Siapa yang sering memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam lemari es? Ternyata itu dapat membuat kamu gagal menghemat listrik. Makanan atau minuman yang panas sebenarnya bisa berdampak pada suhu kulkas, yakni membuatnya menjadi bekerja lebih berat sehingga mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Jadi, hindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas ya.

23. Jangan Biarkan Kulkas Dalam Keadaan Terlalu Penuh atau Kosong

Isi kulkas yang tidak sesuai dengan kapasitasnya dapat membuat kinerja kulkas menjadi kurang baik. Kulkas yang terlalu penuh atau bahkan kosong dapat membuatnya bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Daya listrik yang diperlukan juga akan semakin besar. Jadi, isi kulkas kamu sesuai dengan kapasitasnya ya.

24. Lebih Banyak Tanaman di Rumah

Kamu juga dapat menghemat listrik di rumah dengan memperbanyak tanaman di rumah. Ada berbagai tanaman hias untuk pengkondisian rumah yang bisa kamu pilih. Tanaman ini tidak hanya dapat mempercantik rumahmu, tetapi juga membuat udara sekitar lebih sejuk dan segar. Tentu saja, ini membantu mengurangi penggunaan AC dan kipas angin.

25. Lakukan Penghematan Bersama Seluruh Keluarga

Tentu saja, kamu tidak dapat melakukan semua metode sebelumnya secara optimal kecuali semua orang di rumah melakukannya. Jadi ajaklah seluruh anggota keluargamu untuk bersama-sama melakukan penghematan listrik, agar bisa berjalan lebih efektif.

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

Nah, itulah penjelasan tentang alasan mengapa kita harus menghemat listrik dan cara melakukannya. Apakah kamu sudah berniat untuk melakukan penghematan listrik? Kesadaran itu memang harus dibangun sejak dini agar kita bisa lebih paham dan konsisten melakukan penghematan energi listrik. Hal ini demi kebaikan kita di masa depan atas ketersedian energi yang lebih besar.

Kamu bisa membaca koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com atau www.ebooksgramedia.com untuk mempelajari alasan-alasan penting mengapa kita perlu menghemat listrik dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghematnya. Berikut ini rekomendasi buku tentang penggunaan listrik yang benar dan penghematan energi: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

BACA JUGA:

  1. Penemu Listrik dan Sejarah Penemuan Listrik 
  2. Pengertian Energi Alternatif beserta Sumber dan Manfaatnya 
  3. Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara 
  4. 10 Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global 
  5. Pengertian Energi dan Bentuk-Bentuk Energi 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda