in

Mengapa Kita Harus Menghargai Perbedaan?

 

Mengapa Kita Harus Menghargai Perbedaan? – Grameds pasti tahu bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang hidup secara berdampingan dan berkelompok. Akan tetapi, di setiap kehidupan tersebut pasti terdapat suatu perbedaan bukan?

Pada satu artikel ini grameds akan mengetahui tentang mengapa kita harus menghargai setiap perbedaan tersebut?

Tentu saja di dalam kehidupan ini kita akan menemukan banyak sekali perbedaan, misalnya saat pemilihan calon pemimpin negara, perbedaan secara fisik, hobi, suku, ras, budaya, agama, bahasa, adat istiadat, karakteristik seseorang, dan lain sebagainya.

Perbedaan lainnya yang dapat kita temui biasanya terdapat di lingkungan tempat tinggal, di kampus, di tempat kerja, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya yang tentunya akan bertemu dengan orang banyak yang memiliki perbedaan dari kita.

Adapun, perbedaan yang sering kali terjadi di dalam kehidupan ini adalah perbedaan pola pikir. Hal ini mengakibatkan terjadinya pertengkaran dan perselisihan pendapat yang tidak bisa dikontrol sehingga tidak jarang manusia akan memiliki sifat yang cenderung egois.

Di Indonesia sendiri suatu perbedaan merupakan hal yang biasa untuk kita dengar bukan. Pada dasarnya saling menghargai perbedaan termasuk ke dalam pengamalan pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia. Selain itu, dengan kita saling menghargai perbedaan dan bisa bersikap toleransi termasuk ke dalam contoh dari adanya penerapan hak asasi manusia.

Pada dasarnya kita dapat meyakini bahwa setiap orang memiliki hak yang sama dengan orang lain tanpa membedakan kelas sosial ataupun latar belakangnya. Oleh karena itu, menghargai perbedaan di dalam kehidupan masyarakat adalah suatu hal yang penting dengan menjaga sikap ketoleransian tersebut. Tidak hanya itu, saling menghargai perbedaan juga akan membuat hidup grameds menjadi lebih rukun dan menyenangkan loh.

Di negara Indonesia ini terkenal dengan adanya semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang diartikan sebagai “Beraneka Satu Itu” yang bermakna bahwa meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap menjadi satu kesatuan. Dengan demikian, semboyan ini merupakan gambaran dari adanya rasa persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Nah, dengan adanya suatu perbedaan yang sering kita temui pada setiap harinya maka kita juga harus mampu menjadi pribadi yang bersikap toleran dalam menghargai sesamanya. Bukan malah sebaliknya yang menjadikan adanya alasan dalam pertengkaran hingga perpecahan.

Alasan dalam Menghargai Perbedaan

Berikut ini grameds akan mengetahui beberapa alasan mengapa kita harus menghargai perbedaan, antara lain sebagai berikut.

1. Menciptakan Kedamaian di dalam Kehidupan

Jika kamu dapat menghargai adanya suatu perbedaan itu tentu salah satu alasannya adalah dapat menciptakan kedamaian di dalam kehidupan grameds. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan mental dan segala aktivitas sehari-hari yang akan kamu lakukan yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri.

Kamu juga bisa mencari solusi tentang kedamaian hidup melalui salah satu buku berikut ini loh grameds. Yuk langsung saja klik di bawah ini!

2. Meminimalisir Perselisihan hingga Permusuhan yang Memicu Konflik Sosial

Alasan dan manfaat lainnya yang didapatkan apabila kamu dapat menghargai perbedaan, yaitu terhindarnya perselisihan hingga permusuhan yang dapat memicu adanya konflik sosial. Dengan sikap yang dapat saling menghargai ini tentunya dapat meminimalisir adanya perselisihan hingga permusuhan atau pertengkaran sehingga kehidupan kamu dapat berjalan harmonis.

3. Menciptakan Lingkungan yang Rukun, Nyaman, Aman dan Tentram

Bukan suatu hal yang asing apabila grameds dapat menghargai suatu perbedaan ini karena kamu dapat menciptakan lingkungan di sekitar dengan baik. Lingkungan di dalam kehidupan kamu pasti akan tercipta suasana yang rukun, nyaman, aman dan tentram yang akan terhindar dari adanya perselisihan.

Jangan khawatir ya grameds, karena berikut ini gramedia akan memberikan rekomendasi buku bacaan tentang hidup rukun. Langsung saja yuk di beli bukunya di bawah ini.

4. Menciptakan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Manfaat dan alasan berikutnya yang didapat jika kamu dapat menghargai perbedaan adalah dapat menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini telah tercantum pada pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia. Adanya perbedaan pada suku, agama, bahasa, adat istiadat, dan lain sebagainya tentu sudah dapat dijadikan sebagai pemahaman untuk bisa saling menghargai di dalam kehidupan ini.

5. Memperkuat Solidaritas Antar Umat Manusia atau Golongan

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali perbedaan yang sangat mencolok pastinya. Hal ini tentu dapat dijadikan dalam memperkuat adanya sifat kesolidaritasan antar umat manusia atau golongan. Jika grameds dapat bersikap saling menghargai dan solid antar sesamanya maka kamu dapat menciptakan kehidupan yang rukun.

6. Menghargai dalam Mempelajari Kebudayaan serta Karakteristik Daerah Lain

Grameds tahu tidak bahwa Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan di setiap daerahnya dengan ciri khasnya masing-masing. Dengan kebudayaan yang sangat beragam itulah maka kamu dapat saling menghargai dan mempelajari perbedaan serta karakteristik dari kebudayaan itu untuk dapat bertoleransi dan menerima bahwa terdapat suatu hal yang berbeda.

7. Memperkuat Ketahanan Nasional

Alasan lainnya yang dapat kamu rasakan apabila dapat saling menghargai perbedaan adalah dapat memperkuat ketahanan nasional di suatu negara. Hal ini dikarenakan dapat meminimalisir adanya perang dan hambatan atau ancaman di luar sana yang dapat memperburuk perorangan hingga suatu kelompok di negara tersebut.

Grameds masih bingung tentang arti ketahanan nasional itu? Hmm, jangan khawatir ya karena buku yang satu ini bisa menjadi solusi kamu untuk mengetahui lebih jelas lagi apa itu teori dari ketahanan nasional dan lain sebagainya. Langsung saja klik di bawah ini ya grameds!

Nah, itulah beberapa alasan tentang mengapa kita harus menghargai perbedaan yang terjadi di lingkungan sekitar. Setelah membaca beberapa penjelasan di atas maka kamu sudah tahu bukan betapa pentingnya dalam menghargai setiap perbedaan ini. Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa contoh dari sikap yang saling menghargai perbedaan.

Simak hingga akhir artikel ini ya grameds!

Contoh Sikap Menghargai Perbedaan

Berikut ini adalah beberapa contoh sikap dari menghargai perbedaan yang terjadi di masyarakat, antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak mengganggu orang yang sedang melakukan tradisi atau ibadah pada suatu golongan suku.
  2. Mengutamakan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan.
  3. Membangun sikap rukun dan harmonis kepada tetangga, teman, dan keluarga.
  4. Menanamkan sikap sopan dan santun terhadap orang lain.
  5. Menghargai perbedaan pendapat dan menghindari sikap egois (ingin menang sendiri).
  6. Menghargai adanya suatu kepercayaan yang dianut oleh golongan tertentu.
  7. Menghormati suatu adat istiadat dan kebudayaan dari suku orang lain.
  8. Menolong sesama umat manusia tanpa melihat status sosial dan meminta imbalan.
  9. Tidak membeda-bedakan suku satu dengan suku yang lainnya.
  10. Tidak menjatuhkan kebudayaan orang lain.
  11. Menghargai teman yang tidak menyukai hobi atau kegemaran dalam makanan tradisional.
  12. Menghargai teman yang memiliki perbedaan keyakinan saat sedang beribadah.
  13. Memajukan pergaulan demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  14. Menjaga kebersihan dan menghargai sikap yang taat dalam membuang sampah pada tempatnya.
  15. Mengajarkan sikap perbedaan dalam hal memperoleh pendidikan moral dan agama sejak dini dari rumah.
  16. Mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan di lingkungan sekitarnya.

Nah, itulah pembahasan tentang beberapa alasan mengapa kita harus menghargai perbedaan dan contoh dari beberapa sikap yang dapat menghargai setiap perbedaan untuk kamu terapkan di dalam lingkungan kehidupan ini agar bisa lebih menghargai setiap perbedaan yang ada di sekitar kita sehingga terhindar dari perselisihan dan pertengkaran.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mencari beberapa solusi dalam menghargai setiap perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat. Kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay