in

7 Manfaat Salak untuk Ibu Hamil serta Kandungan Gizi di Dalamnya!

(Roger Price/Creative Commons Attribution 2.0 Generic).

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil – Berbagai macam buah dapat ibu konsumsi pada masa kehamilan karena kandungan vitamin dan mineralnya bermanfaat untuk tubuh. Hal ini juga berlaku bagi kalian penggemar buah salak. Lantas, apa saja kandungan gizi dan manfaat dari makan salak untuk ibu hamil? Simak penjelasan artikel di bawah ini.

Ragam Jenis Salak

Salak (Salacca zalacca) adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Buah ini juga dikenal sebagai sala (Minangkabau, Makassar, Bugis, dan Thailand). Buah tersebut di dalam bahasa Inggris disebut dengan salak atau snake fruit, sedangkan nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Selain dimakan segar, salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik salak. Selain itu, salak juga sering kali diolah menjadi dodol, kurma, kopi, dan puding.  Berdasarkan kultivarnya, masyarakat di Indonesia mengenal antara 20–30 jenis salah. Beberapa yang terkenal di antaranya, yaitu:

  • Salak condet, yaitu salak yang berasal dari Jakarta. Ukurannya kecil, sedang, sampai besar. Warnanya coklat hingga kehitaman. Buahnya tebal, rasanya manis, agak kelat, hingga agak kesat.
  • Salak bali, yaitu salak yang berasal dari Bali. Ukurannya kecil hingga sedang. Warnanya coklat muda cenderung agak cerah, sisiknya jauh lebih halus, daging buahnya tebal, manis rasanya, dan teksturnya kering. Bijinya kecil dan tunggal.
  • Salak pondoh, yaitu salak yang dikembangkan di lereng Gunung Merapi sisi tenggara dan mulai dikembangkan pada 1980-an. Salak pondoh memiliki ciri khas daging buah yang manis, garing, dan tidak sepat sewaktu muda. Buah ini menjadi salah satu simbol kepariwisataan Yogyakarta.
  • Salak gading dan salak kembang arum, yaitu salak yang berasal dari Yogyakarta. Salak ini bisa dibedakan dengan salak pondoh berdasarkan warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning-gading mengkilap dan ukurannya sedang, sedangkan salak kembang arum warnanya coklat, dan ukurannya bermacam-macam antara kecil, sedang, hingga besar.
  • Salak penjalinan, yaitu salak yang berasal dari Madura. Ukurannya kecil, warnanya coklat kekuningan, serta rasanya manis dan masir.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Kandungan Gizi Buah Salak

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil
Salak pondoh (Midori/Creative Commons Attribution 3.0 Unported).

Sebagaimana dikutip dari laman American Pregnancy Association, pola makan yang bergizi dan seimbang dapat bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Pola makan yang sehat tetap berperan besar dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi saat hamil, meskipun telah mengonsumsi suplemen kehamilan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan makan buah salak.

Simak kandungan gizi dalam buah salah per 100 gram di bawah ini.

  • Kalori: 77.
  • Air: 78 gram.
  • Protein: 0,4 gram.
  • Karbohidrat: 20,9 gram.
  • Kalsium: 28 mg.
  • Fosfor: 18 mg.
  • Zat besi: 4,2 mg.
  • Zinc: 0,2 mg.
  • Beta karoten: 4 mcg.
  • Vitamin B1: 0,04 mg.
  • Vitamin C: 2 mg.

Buah Salak untuk Ibu Hamil

Selama hamil, memang ada banyak sekali mitos yang beredar dan membuat ibu hamil merasa khawatir. Beberapa di antaranya cukup tidak masuk akal tetapi terkadang hal itu terjadi, persis seperti yang diceritakan.

Ada beberapa fakta mengenai salak untuk ibu hamil, yaitu:

  • Pertama, memakan buah salak tidak akan menyebabkan ibu hamil jadi sembelit selama tidak terlalu banyak. Sebaliknya, mengonsumsi salak yang berlebihan dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Hal inilah yang akhirnya akan membuat ibu merasa mual, kembung, bahkan muntah, terutama jika ibu memakannya ketika perut kosong.
  • Kedua, buah salak aman dan menjadi makanan sehat selama kehamilan. Pasalnya, setiap 100 gram salak mengandung 82 kilo kalori, karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, antioksidan, beta-karoten, dan serat. Sederhananya, kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh selama hamil. Buah ini juga memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin efektif membantu membangun sistem kecerdasan bagi bayi dalam kandungan dan meningkatkan memori otak.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Berbeda dengan jenis buah lainnya, buah dengan nama latin Salacca zalacca ini mungkin bagi sebagian orang tampak tak menarik. Selain itu, sebagian orang juga merasa bahwa daging buah salak kurang lezat jika dibandingkan dengan buah lainnya.

Namun, bagi kalian penggemar buah salak jangan khawatir karena buah ini memiliki sejumlah manfaat bagi ibu hamil selama dikonsumsi tidak berlebihan.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Orang dewasa dan ibu hamil perlu mendapatkan asupan mineral seperti kalsium untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Tak hanya dari suplemen, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalsium cukup tinggi.

Tambahan asupan kalsium dari salak dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang untuk ibu hamil, sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan bayi dalam kandungan menyerap kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya.

2. Menambah Energi

Perubahan hormon bisa memberikan efek menjadi lebih lelah, lemas, dan mual, sehingga menjadi keluhan saat hamil. Hal yang ibu butuhkan adalah tetap mengonsumsi makanan agar energi tidak sepenuhnya hilang.

Kalian bisa mengganti asupan karbohidrat dengan jenis makanan lainnya, meskipun malas untuk memakan nasi. Salah satu buah yang bisa membantu menambah asupan karbohidrat adalah salak. Selain untuk ibu, karbohidrat juga dapat memberi energi yang mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungan.

3. Membantu Perkembangan Bayi

Ada jenis mineral lain yang kalian butuhkan selain kalsium, yaitu fosfor. Kandungan fosfor di dalam salak dapat membantu pertumbuhan tulang dan perkembangan bayi saat hamil. Selain itu, fosfor juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kontraksi otot, meningkatkan fungsi ginjal, perbaikan jaringan sel, dan menjaga kesehatan jantung.

4. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah salak bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Ketika kadar zat besi ibu hamil tergolong rendah, sel darah merah tidak dapat membawa oksigen ke jaringan tubuh, sehingga berdampak kepada bayi dalam kandungan. Anemia defisiensi zat besi yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah, walaupun rasa lelah saat hamil normal terjadi.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Bagi sebagian orang, kehamilan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Inilah yang membuat sang ibu perlu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk menghindari virus. Buah salak mempunyai kandungan zink yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan komplikasi kehamilan lainnya. Asupan zink di dalam tubuh ibu hamil juga mengurangi risiko bayi lahir prematur hingga preeklamsia.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah salak dapat menjadi sumber beta karoten yang bermanfaat menjaga kesehatan mata ibu hamil. Tidak hanya itu saja, beta karoten juga merupakan senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko kanker. Beta karoten nantinya diubah menjadi vitamin A yang aman dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga mengurangi risiko keracunan vitamin A.

7. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Buah salak mengandung berbagai jenis vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Kandungan vitamin ini dapat membantu mencegah komplikasi ibu hamil. Rendahnya vitamin C dalam tubuh bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, preeklamsia, anemia, hingga berat badan lahir rendah pada bayi.

Perlu kalian ketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Inilah yang membuat seseorang harus memenuhi asupan vitamin tersebut. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi.

Apakah Ada Efek Memakan Salak saat Hamil?

Sampai saat ini, penelitian mengenai salak untuk ibu hamil masih tergolong sedikit, sehingga perlu penelitian lebih lanjut untuk membahas manfaat dan juga efeknya. Namun, secara umum tidak ada larangan untuk makan salak saat hamil, asalkan kalian tidak mempunyai alergi.

Selanjutnya, perhatikan juga agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, meskipun sedang ngidam. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan salak bisa memicu produksi asam lambung, sehingga membuat perut ibu hamil menjadi kembung. Konsultasikan dengan dokter mengenai berbagai buah untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan.

Tips Aman Makan Buah Salak saat Hamil

Jika ibu merupakan salah satu penggemar buah salak, ada beberapa tips makan buah salak yang aman selama kehamilan, antara lain:

  • Hati-hati saat mengupas kulit salak, jangan sampai melukai tangan. Jika perlu, minta orang lain untuk mengupaskan kulit salak untuk ibu.
  • Selalu cuci buah setelah mengupasnya.
  • Pilihlah buah salak yang paling segar, hati-hati dengan buah yang sudah disimpan terlalu lama, mungkin sudah busuk dan bisa menyebabkan ibu terkena bakteri atau parasit.
  • Makanlah dengan lapisan tipis yang menutupi buah karena dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit.

Itulah artikel terkait “7 Manfaat Salak untuk Ibu Hamil serta Kandungan Gizi di Dalamnya!” yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Buku dan Ebook Terkait

1. Pijat Perineum: Mengurangi Ruptur Perineum untuk Kalangan Umum, Ibu Hamil, dan Mahasiswa Kesehatan

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Pijat perineum merupakan salah satu cara yang paling kuno dan paling pasti untuk meningkatkan kesehatan, aliran darah, elastisitas, dan relaksasi otot-otot dasar panggul. Pijat perineum mengajarkan cara memberi respons terhadap tekanan di vagina dengan merelaksasi dasar panggul. Selain itu, pijat perineum akan membantu melunakkan jaringan perineum, sehingga jaringan tersebut akan membuka tanpa resistensi saat persalinan untuk mempermudah lewatnya bayi.

Buku ini diperuntukkan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa kebidanan dan sebagai bahan ajar untuk tingkat perguruan tinggi. Selain itu, buku tersebut juga diharapkan bermanfaat bagi praktisi kesehatan. Materi yang tersusun di dalam buku ini juga telah disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran terkini. Materi-materi tersebut meliputi perawatan luka dalam praktik kebidanan, pijat perineum, persalinan, episiotomy, ruptur perineum, serta hasil-hasil penelitian tentang pijat perineum dan ruptur perineum.

2. Hamil Ala Selebritis

Wanita hamil memang kerap cuek dengan penampilan. Rambut acak-acakan, baju berantakan, hingga emosi yang melonjak menjadi ciri khas keseharian, padahal kehamilan adalah momen terindah dalam hidup seorang wanita. Pada masa inilah kalian akan menjadi queen of the family.

Ya, kalian akan diperlakukan istimewa layaknya seorang ratu. Namun, ratu mana yang tampilannya acak-acakan dan moody? Sebuah penelitian mengatakan bahwa kecantikan wanita akan lebih terpancar saat dirinya hamil dan menyusui.

Kok bisa? Ya, Tuhan memang Maha Adil. Ketika merasa menjadi big bomb, hormon kewanitaan akan menyulap kalian menjadi pretty bomb, meskipun semua itu tidak dapat terwujud dalam sekejap mata. Kalian pun diwajibkan membantu cara kerja hormon tersebut. Caranya? Silakan baca buku ini lebih dalam lagi. Enjoy your beautiful pregnancy!

3. Bahaya Torch Bagi Wanita Hamil dan Janin

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Pertanyaan-pertanyaan mengenai bahaya TORCH coba dikupas tuntas di dalam buku ini. Kesemuanya dijelaskan dengan rinci, sehingga membantu kalian mengenal lebih dekat mengenai TORCH. Buku ini mengajak kalian untuk mengenali jenis-jenis infeksi TORCH, keadaan ketika ibu terinfeksi, dan risiko bagi janin jika terlahir nanti.

Selain itu, dijelaskan juga tentang berbagai upaya dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan dari infeksi lni. Kondisi tubuh dan lingkungan yang sehat akan menunjang kesehatan ibu hamil yang berpengaruh kepada janin yang akan dilahirkan nanti.

4. Sehat dan Bugar Selama Hamil dan Pasca Melahirkan

Kehamilan dan kelahiran bukanlah sesuatu yang menakutkan atau menjadi beban pikiran yang selalu mencemaskan. Adanya persiapan fisik dan mental yang matang ditentukan oleh seberapa besar tingkat pengetahuan dan pemahaman ibu mengenai kehamilan dan proses persalinan. Hal ini penting agar proses persalinan berjalan lancar.

Kehamilan merupakan suatu anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai kekuasaan-Nya dalam menciptakan hal yang Dia kehendaki. Sudah selayaknya sang ibu mensyukuri dengan cara merawat bayi yang dikandung sebaik mungkin. Ada dua arah dalam perawatan selama kehamilan, yaitu merawat kestabilan fisik ibu dengan usaha memenuhi asupan makanan bergizi agar tubuh selalu sehat dan bugar. Selanjutnya, perawatan yang mengarah terhadap pertumbuhan janin, yaitu tetap menjaga konsumsi makanan agar janin tumbuh dengan sehat dan normal.

Adanya persiapan fisik dan mental yang matang ditentukan oleh seberapa besar tingkat pengetahuan dan pemahaman ibu mengenai kehamilan dan proses persalinan. Tidak sedikit ibu yang mengalami baby blues yang berlangsung lama pasca persalinan.

Buku ini hadir sebagai pedoman agar calon ibu mampu mempersiapkan kelahiran dan berbagai perawatan, baik fisik maupun mental ibu pasca melahirkan. Buku ini berisi berbagai persoalan sebelum dan sesudah kelahiran bayi. Dilengkapi dengan gambar yang mempermudah praktik, buku ini mudah diaplikasikan. Selamat membaca!

5. Panduan Praktis Doa dan Zikir Ibu Hamil

Berdoa dan berzikir adalah ibadah yang sangat dianjurkan, terlebih bagi muslimah karena memiliki banyak manfaat seperti mendatangkan keridhaan Allah SWT, mengusir dan mengenyahkan setan, menghilangkan kesedihan dalam hati, membuat wajah berseri, melapangkan rezeki, menumbuhkan rasa cinta, menumbuhkan rasa takut kepada Allah SWT, serta mendatangkan kegembiraan dan ketentraman di dalam hati. Selain itu, dengan berdoa dan berzikir, kita dapat menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Namun, doa dan berzikir ibu hamil juga memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, zikir pada saat hamil juga dapat membuat calon bayi yang dikandung menjadi sehat dan seorang ibu yang mengandung pun menjadi lebih tenang. Zikir membaca lafaz tasbih pada saat hamil akan membuat emosi sang ibu stabil dan membuat hati sang ibu gembira. Janin pun akan ikut merasakan energi positif dari ibunya, sehingga sang bayi juga akan merasa tenang.

Buku Panduan Praktis Doa dan Zikir Ibu Hamil ini berisi panduan dan kumpulan doa serta zikir sehari-hari untuk ibu hamil. Dimulai dari pembahasan doa dan zikir, kemudian berlanjut membahas pernikahan dalam Islam, gambaran anak saleh dambaan setiap orang tua, doa-doa yang dilengkapi dengan khat Arab, transliterasi dan artinya, serta zikir yang berasal dari surah-surah di dalam Al-Qur’an. Selamat membaca!

Parenting Life - Before After 01

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Adaptive Parenting

Adaptive Parenting



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien