in

12 Manfaat Kayu Bajakah Bagi Tubuh dan Cara Mengonsumsinya!

Manfaat Kayu Bajakah –  Di Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman flora dan faunanya ditambah dengan luasnya hutan yang tersebar di pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Sumatera, dan Papua menjadikan Indonesia memiliki berbagai tumbuhan yang beraneka macam dan rupanya. Dari sekian banyak tumbuhan yang tersebar luas di hutan tersebut ada satu jenis tumbuhan langka yang dikenal memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi setelah diolah dengan baik.

Tanaman berkhasiat tersebut adalah kayu bajakah, tanaman yang berasal dari hutan pedalaman kalimantan yang berdasarkan adat setempat sudah menjadi rahasia umum jika tanaman tersebut memang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan tanaman dari pedalaman Kalimantan Tengah yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tanaman ini belum pernah dibudidayakan karena banyak yang belum mengetahui manfaatnya.

Namun, belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai khasiat dari kayu bajakah oleh masyarakat luas di luar daerah Kalimantan itu sendiri. Oleh sebab keramaian perbincangan tersebut banyak orang yang ingin mengetahui tentang kayu bajakah tersebut dan mencoba mengkonsumsinya untuk mendapatkan khasiatnya.

Untuk itu, bagi sobat grameds yang juga ingin mengetahui kebenaran tentang khasiat kayu bajakah untuk kesehatan itu fakta atau mitos maka pada pembahasan kali ini kami telah merangkum berbagai fakta menarik mengenai khasiat dari kayu bajakah untuk kesehatan.

Selanjutnya pembahasan tersebut telah kami sajikan di bawah ini!

Asal-Usul Kayu Bajakah

Akar bajakah adalah tanaman yang tumbuh di Kalimantan. Akar bajakah selalu diidentikkan dengan akar mistik yang tumbuh  di Kalimantan Tengah. Pada zaman dahulu, akar bajakah digunakan masyarakat adat dayak secara turun temurun.

Akar bajakah tidak dapat dibudidayakan karena kandungannya berbeda dengan tanaman Bajakah yang tumbuh di habitat aslinya.Tumbuhan ini tumbuh di lahan gambut pedalaman Kalimantan dan memiliki  batang bersulur seperti benang.

Bajakah tumbuh seperti tanaman merambat, meskipun batangnya cukup kuat. Berasal dari Kalimantan, tanaman merambat setinggi lima meter ini dapat tumbuh hingga ke pucuk-pucuk pohon lain yang ditumbuhinya. Tanaman yang satu ini juga mempunyai buah, tetapi manfaatnya tidak sepopuler akar atau batangnya.Bentuk buahnya mirip seperti buah kakao atau kelapa yang masih kecil dan dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit, misalnya kanker, kista, dan ambeien.

Salah satu faktor yang membuat tanaman bajakah tidak bisa tumbuh adalah karena akar bajakah hanya tumbuh di daerah hutan yang rimbun tanpa banyak sinar matahari karena ditumbuhi hutan lebat.Saat tumbuh dalam budidaya, kandungannya akan berbeda karena struktur dan nutrisinya berbeda. Akar bajakah mengandung 40 jenis zat penyembuh kanker yang berbeda.Zat-zat tersebut antara lain saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tanin, alkaloid, dan terpenoid.

Senyawa tanin dan flavonoid berperan dengan  melepaskan senyawa hidroksil yang mengikat senyawa kanker sehingga dapat mencegah pertumbuhan kanker.Akar bajakah dapat menyembuhkan  kanker dan tumor. Dan hal Itu telah diuji di laboratorium. Ekstrak akar bajakah ini dapat mencegah dan mengobati tumor dan kanker.Ekstrak akar bajakah inilah yang dapat menghambat dan menyembuhkan penyakit tumor dan kanker.

Nama ilmiahnya diambil dari bahasa Latin yaitu Spatholobus Littoralis Hassk. Spatholobus adalah genus tumbuhan yang merambat di pohon kayu dari suku Phaseoli. Genus ini ditemukan pada 1842 oleh ahli Botani asal Jerman bernama Justus Karl Hasskarl. Ada 29 spesies dari genus Spatholobus Hassk yang sebagian besar tersebar di hutan tropis Indonesia (The Genus Spatholobus Hassk in Thailand, Jurnal Tropical Natural History, 2014, hlm 87).

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bajakah tampala banyak ditemukan di hutan Kalimantan, baik di wilayah Indonesia maupun Malaysia. Dari genusnya tadi, bajakah disebut berkerabat dekat dengan Genus Vigna. Vegetasi Vigna tumbuh di Pegunungan Kilimanjaro, Afrika. Sedangkan di Kalimantan, bajakah tumbuh merambat di pohon kayu dengan ketinggian hingga 50 meter. Daun bajakah ini berbentuk tajam dengan warna kuning, coklat, dan putih. Bunganya kecil dengan variasi warna ungu, pink, dan putih (The Leguminosae, a Source Book of Characteristics, Uses, and Nodulation, 1981, hlm 618).

Sebelum populer seperti sekarang, bajakah telah dikenal masyarakat Kalimantan sebagai tumbuhan obat-obatan alami. Di pedalaman Kalimantan Tengah, warga memanfaatkan seluruh bagian tanaman herbal ini. Sementara di Pulang Pisau, Kalteng, tanaman ini dijadikan obat  disentri dan obat  pegal, selain obat luka.

Batang bajakah tampala disebut mampu menghentikan pendarahan pada luka. Dalam uji ilmiah, batang bajakah tampala memang positif mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Saponin dan tanin inilah yang merangsang terjadinya angiogenesis, bagian penting dalam proses penyembuhan luka (Uji Efektivitas Ekstrak Etanolik Batang Bajakah Tampala [Spatholobus littoralis Hassk] terhadap Waktu Penyembuhan Luka, Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2018, hlm 320).

Manfaat Kayu Bajakah

Manfaat Kayu Bajakah

Setelah mengetahui mengenai asal-usul kayu bajakah mari kita simak selanjutnya mengenai khasiat apa saja yang terdapat pada kayu bajakah berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat daya tahan tubuh kita lemah, kita rentan terhadap berbagai penyakit. Nah, ekstrak dari kayu bajakah ini bisa Anda manfaatkan untuk  meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Kayu Bajakah mengandung saponin atau glikosida aktif secara kimia  yang ditemukan di berbagai tanaman, sayuran atau biji-bijian.

Zat ini dapat mengatur sistem kekebalan tubuh, yang didistribusikan ke seluruh sel, dan dapat meningkatkan kadar antibodi.

2. Mengurangi Penyakit Arthritis

Aktivitas sehari-hari terkadang membuat tubuh lelah bahkan menimbulkan rasa sakit. Kalau mau, rutin minum air rebusan pohon bajakah atau teh dari akarnya. Metode ini dapat membantu Anda merasa  rileks dan mengurangi nyeri tubuh.

Arthritis adalah kondisi peradangan  sendi yang menyebabkan rasa sakit dan kaku yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Salah satu senyawa pohon bajakah adalah tanin, yaitu zat kimia kompleks yang berasal dari asam fenolat. Peran tanin adalah untuk melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat, radang sendi atau kondisi peradangan lainnya.

3. Pencegahan obesitas

Salah satu  penyebab obesitas adalah tingginya kadar ROS. ROS, atau reactive oxygen species, adalah molekul yang dapat memberi sinyal pada sel-sel tubuh untuk melakukan proses biologis  normal.

Nah, kayu bajakah ini bisa membantu mencegah obesitas dengan cara menurunkan kadar ROS-nya. Tidak hanya itu, meminum ekstrak kayu bajakah juga dapat menurunkan berat badan dan lemak visceral yang menjadi penyebab obesitas.

4. Melimpahnya Kandungan Antioksidan

Pohon ini, terutama akarnya, mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini dapat membantu tubuh tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

5. Mengurangi resiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia. Namun jangan khawatir sobat grameds. Kayu bajakah dapat membantu Anda  mencegah dan mengurangi risiko  kanker ini.

Kayu bajakah ini mengandung zat fenolik yang bertindak sebagai antioksidan dan menjadikannya agen antikanker yang efektif.

6. Mengatasi disentri

Pohon ini mengandung zat antibakteri yang membantu secara efektif mengatasi masalah pencernaan seperti disentri.

Tidak heran jika pohon Bajakah sering digunakan sebagai obat herbal untuk  penyakit  usus. Selain itu, pohon ini juga dapat mencegah kambuhnya penyakit ini.

7. Pencegahan diabetes

Beberapa penelitian  menunjukkan banyaknya manfaat  senyawa flavonoid. Salah satunya adalah pencegahan penyakit seperti diabetes. Kandungan flavonoid pada akar bajakah diduga dapat mencegah diabetes dan komplikasinya. Walaupun begitu, lebih baik untuk mengambil obat diabetes resep dari dokter dan mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda sebelum menggunakan akar bajakah sebagai obat penyembuh diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang penyebab utamanya adalah tingginya kadar gula darah dalam tubuh dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Diabetes bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Nah, Anda bisa mencegah penyakit berbahaya  ini dengan menggunakan akar bajakah. Akar bajakah mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengatur metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati dan profil lipid.

Cobalah  teh herbal yang dibuat dengan ekstrak kayu bajakah ini secara teratur untuk menuai manfaatnya, termasuk  mengobati masalah gula darah.

8. Mencegah penuaan dini

Pohon Bajakah juga mengandung banyak antioksidan  yang  dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan  dalam buah ini juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh dan membuat kulit lebih halus.

9. Meminimalisir Radikal Bebas

Zat fenolik yang terkandung dalam kayu bajakah juga mampu mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah sel-sel  tubuh yang  rusak dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dari zat fenolik dapat membantu tubuh melawan radikal bebas ini.

10. Cepat Menyembuhkan Luka

Kayu bajakah ini mengandung senyawa tanin yang justru dapat membantu mempercepat penyembuhan luka di dalam tubuh.

Senyawa ini dapat menghilangkan mikroba berbahaya dalam tubuh dan juga melawan virus, bakteri atau jamur, membentuk pembekuan darah dengan cepat. Hal ini dapat memproses penyembuhan luka.

Untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mencoba  air rebusan kayu bajakah ini sebagai teh.

11. Mencegah berbagai penyakit kronis lainnya

Selain mencegah diabetes, kandungan senyawa flavonoid juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Karena flavonoid  membantu tubuh mengatur fungsi sel dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Sederhananya, flavonoid dapat melindungi tubuh dari racun dan stres sehari-hari sehingga dapat membuat  tubuh berfungsi secara optimal. Flavonoid juga merupakan antioksidan kuat dan dapat mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes dan penyakit kognitif seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

12. Mengurangi risiko penyakit hati

Mengutip sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Of Tropical Life Science, akar bajakah diyakini memiliki  antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan hati. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit liver adalah dengan mengkonsumsi kayu bajakah ini. Namun, hal ini membutuhkan penelitian yang lebih mendalam tentang efektivitas akar bajakah dalam mencegah penyakit hati.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ekstrak akar bajakah secara teratur. Pencegahan obesitas, percepatan penyembuhan luka, pencegahan risiko diabetes, pencegahan berbagai risiko kronis, pengurangan risiko penyakit hati. Meski diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, penelitian tentang efektivitas ekstrak akar bajakah masih perlu diteliti lebih lanjut.

Manfaat Kayu Bajakah

Jenis-Jenis Pohon Bajakah

Ada beberapa jenis dari pohon bajakah. Berikut adalah beberapa informasi terkait tentang jenis-jenis pohon bajakah untuk sobat grameds.

 1. Bajakah Lamei

Menurut penelitian, bajakah Lamei adalah tanaman yang hidup di hutan hujan tropis dan tumbuh di hutan hujan tropis di daerah lembab.

Orang Kalimantan Tengah biasanya mengumpulkan cairan atau sari tanaman ini untuk tujuan pengobatan.

Setelah itu mereka mengkonsumsinya secara teratur. Hal ini karena sari dari tanaman bajakah jenis lamei ini membantu mengobati diare dan beberapa penyakit lainnya.

 2. Bajakah Kalalawit

Bajakah kalalawit (Uncaria Gambir Roxb) merupakan spesies pohon bajakah yang mengandung zat antibakteri dan fenol. Ekstrak gambium dari jenis tanaman ini juga telah terbukti kaya akan katekin yang besar.

Kandungan katekin sendiri diduga membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung dan membangun kolagen.

Selain itu, senyawa ini dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

 3. Bajakah Tampala

Yang terakhir adalah bajakah tampala jenis ini banyak digunakan sebagai obat di pedalaman Kalimantan Tengah.

Pohon bajakah Tampala membantu menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya mempercepat penyembuhan luka kulit.

Hal ini karena tanaman jenis ini banyak mengandung senyawa penting seperti tanin, flavonoid, fenol dan saponin.

Senyawa inilah yang mempercepat pembentukan kolagen dan epitel baru pada jaringan kulit yang rusak, sehingga cepat pulih.

Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Memotong kayu bajakah dan merebusnya dalam air. Potongan-potongan ini dapat digunakan maksimal dua kali. Namun, penggunaan kayu bajakah pertama tidak boleh didinginkan. Kami merekomendasikan untuk menjaga potongan kayu bajakah tetap bersih dan pada suhu kamar normal. Melihat diskusi tentang manfaat kesehatan pohon bajakah dan konsumsinya. Meskipun penelitian tentang pohon bajakah saat ini masih terbatas, namun ada beberapa manfaat yang terbukti dari mengkonsumsinya.

Manfaat Kayu Bajakah

Efek Samping Kayu Bajakah

Meski berasal dari bahan alami, bukan berarti Kayu Bajakah tidak memiliki efek samping. Seperti obat herbal lainnya, pohon bajakah dapat memiliki efek samping yang serius dan parah tergantung pada status kesehatan orang yang meminumnya.

Namun, efek samping dari konsumsi kayu bajakah masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menggunakan kayu bajakah untuk mengobati kanker dianggap prematur dan berisiko. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan kayu bajakah atau obat apapun dan tanaman herbal lainnya untuk mengobati kanker.

Meskipun kayu bajakah telah digunakan secara empiris dalam pengobatan kanker, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Ini berarti diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tidak hanya tentang manfaat kayu bajakah, tetapi juga efek samping dari kayu bajakah itu sendiri. Karena dalam meresepkan obat harus dilihat dari dua sisi yaitu khasiat dan efek sampingnya.

Pada prinsipnya tidak semua obat herbal tanpa efek samping. Selain itu, obat tradisional yang menggunakan pohon bajakah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Yang dapat disebabkan oleh efek samping dari kayu bajakah.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Medical Journal of Australia, The Guardian melaporkan bahwa efek samping kayu bajakah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan hati pada beberapa pengguna. Ini mungkin karena beberapa obat mengandung senyawa kimia beracun atau logam berat atau bahkan mungkin bereaksi negatif dengan penggunaan kayu bajakah yang Anda konsumsi.

Sekian pembahasan mengenai fakta menarik khasiat dari kayu bajakah untuk kesehatan tubuh yang bisa sobat grameds simak untuk menambah pengetahuan.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

24 Jenis Tanaman Obat Rumahan yang Ampuh Sembuhkan Penyakit!

Panduan Budidaya Tanaman Porang yang Menguntungkan

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut, Kenali Tanamannya!

15 Jenis Tanaman Palawija: Si Sumber Pangan Pengganti Sejuta Manfaat

14 Jenis Tanaman Herbal yang Paling Ampuh dan Wajib Dimiliki!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah