in

14 Manfaat Bunga Sedap Malam serta Fakta Menarik dan Mitos

pixabay

Manfaat Bunga Sedap Malam – Bunga adalah salah satu jenis tumbuhan yang keberadaannya banyak disukai oleh orang banyak baik yang memang menyukai bunga atau hanya orang awam pada umumnya.

Hal itu bukan tanpa sebab karena bunga sendiri memang memiliki penampilan yang menarik dan sangat indah untuk dipandangi. Oleh karena itu, banyak sekali jenis bunga yang dijadikan tanaman hias dan bunga dapat dijadikan sebagai tanda ungkapan perasaan.

Dari segala macam jenis bunga yang ada di dunia salah satu jenis bunga yang menarik keberadaanya untuk dibahas adalah bunga sedap malam.

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bunga dengan bau yang khas dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti pengharum ruangan atau bahan masakan.

Tak hanya harum, manfaat kesehatan dari bunga sedap malam pun berlimpah. Bunga sedap malam dipercaya melindungi tubuh dari radikal bebas dan mengurangi stres. Bunga yang mudah didapat ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat yang berbeda dari bunga sedap malam ini tentunya karena perbedaan kandungan bahan yang dikandungnya.

Oleh karena itu, sebagai tambahan wawasan sobat Grameds tentang bunga sedap malam yang ternyata tidak hanya wangi dan penampilannya saja yang menarik namun juga memiliki berbagai manfaat yang perlu diketahui sobat Grameds sekalian agar mengetahui apa saja manfaat dari bunga sedap malam yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Mengenal Bunga Sedap Malam

bunga sedap malam
mediatani.co

Jika masih bingung bagaimana bentuk bunga sedap malam, maka kamu bisa lihat gambar di atas. Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa, Bahasa Melayu: Sundal Malam) adalah tumbuhan suku Asmat yang minyaknya digunakan untuk membuat minyak wangi. Nama tuberosa menunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki umbi (tuber). Sekitar 12 spesies dari genus Polianthes saat ini diketahui.

Bunga sedap malam biasanya mekar pada malam hari. Tanaman ini kemungkinan besar berasal dari Meksiko. Suku Aztec mengenalnya sebagai Omixochitl, “bunga pintu”. Nama bunga ini di India Timur adalah ratkirani yang berarti “ratu malam”.

Di Singapura, bunga ini disebut xin xiao, yang artinya “tempat ngengat duduk”. Dalam bahasa Persia, bunga ini disebut Maryam, yang merupakan nama umum untuk anak perempuan.

Bunga ini juga digunakan di Hawaii untuk pengantin wanita dan pada zaman Victoria digunakan sebagai bunga kuburan. Aroma bunga ini digambarkan sebagai kompleks, eksotis, manis dan bunga.

Tanaman ini tumbuh setinggi 45 cm dan menghasilkan bunga berwarna putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda, berkumpul di pangkal batang. Genus tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan Manfreda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bunga sedap malam atau bunga sedap malam merupakan bunga yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bunga ini juga disebut sebagai flora identitas Jawa Timur. Namun, tahukah Anda bahwa bunga sedap malam sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia? Bunga ini kemungkinan berasal dari Meksiko dan diperkenalkan ke Indonesia ketika bangsa Eropa dan Cina tiba di Indonesia.

Biasanya, bunga ini mekar pada malam hari dan mengeluarkan bau yang khas. Nah disini orang Indonesia menyebut bunga ini bunga sedap malam. Bunga sedap malam memiliki keharuman yang indah serta bentuk dan corak yang indah.

Selain itu, bunga sedap malam sering digunakan sebagai bagian dari dekorasi sudut pada acara-acara khusus. Di beberapa negara seperti Jepang dan Hawaii, bunga ini merupakan simbol cinta. Tak heran, bunga sedap malam sering digunakan pada pesta pernikahan. Sedap malam juga biasa digunakan dalam dunia aroma terapi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyatakan bahwa Polianthes tuberosa (nama latin bunga sedap malam) dapat membantu rileks, menenangkan kecemasan dan meningkatkan imajinasi. Bisa jadi karena minyak atsiri yang dikandungnya, mulai dari batang, daun dan bunganya.

Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa aroma bunga sedap malam dapat meningkatkan suasana romantis, meningkatkan minat jatuh cinta.

Sedap malam telah digunakan sebagai bahan dasar parfum sejak abad ke-17 ketika pertama kali datang ke Eropa. Di Indonesia, masakan seperti sup bunga sedap malam, kimlo atau tekwan diolah dari bunga sedap malam. Bunga sedap malam merupakan bunga resmi Kabupaten Pasuruan di Provinsi Jawa Timur.

Pada dasarnya, hampir semua jenis bunga memiliki manfaatnya masing-masing. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang manfaat bunga, maka bisa membaca buku Manfaat Tumbuhan Bunga Penghias Pekarangan. 

Bunga Sedap Malam

Manfaat Bunga Sedap Malam Bagi Kesehatan Tubuh

bunga sedap malam
pixabay

1. Menyembuhkan bisul

Bisul ditandai dengan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa nyeri saat disentuh. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut, tempat tumbuhnya rambut.

Anda bisa mengatasinya dengan mengambil bunga sedap malam dan akarnya. Kemudian, cuci dan ampelas bahan tersebut hingga halus. Lalu, oleskan pada area kulit yang terdapat bisul. Ulangi beberapa kali sampai peradangan bisul berhenti.

2. Mencegah anemia

Anemia adalah kelainan darah yang terjadi ketika kadar hemoglobin di bawah normal. Akibatnya, organ, sel, dan jaringan tubuh tidak menerima oksigen yang cukup dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Bunga sedap malam dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Dengan demikian, gejala seperti lemas, lelah, sakit kepala, sering mengantuk, pucat, dan sesak napas dapat dicegah.

3. Meningkatkan fungsi jaringan tubuh

Salah satu manfaat bunga berbiji ini adalah kandungan vitamin C-nya. Nutrisi ini bekerja dengan membantu tubuh menyerap zat besi, membentuk kolagen dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar dapat menjaga fungsi organ, sel dan jaringan dalam tubuh. Manfaat ini karena kandungan senyawa polifenol pada bunga sedap malam. Nutrisi ini bekerja dengan membuang partikel asing yang mengendap atau menumpuk di pembuluh darah.

5. Menghilangkan radikal bebas

Radikal bebas adalah zat berbahaya yang dapat merusak sel dan jaringan sehat di dalam tubuh. Berbagai sumber yaitu paparan sinar matahari, radiasi, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara dan bahan kimia. Kandungan antioksidan pada bunga sedap malam mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Asupan ini membantu meningkatkan daya tahan alami tubuh.

6. Mengurangi tingkat stres

Stres adalah reaksi tubuh ketika dihadapkan dengan ancaman, stres, atau situasi baru. Pada titik ini, tubuh melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Untuk menghilangkan stres pada tubuh, bunga sedap malam dapat digunakan sebagai aromaterapi. Kandungannya memberikan efek menenangkan dengan cara menurunkan kadar kedua hormon tersebut.

7. Menghilangkan bau badan

Seperti bunganya, minyak atsiri sedap malam dikenal karena penggunaannya dalam parfum. Selain banyak digunakan sebagai bahan parfum, minyak atsiri sedap malam juga dapat menghilangkan bau badan jika digunakan sebagai deodoran. Ini tidak bisa langsung berhubungan dengan kesehatan. Namun, bau badan yang mengganggu dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan pada akhirnya menurunkan rasa percaya diri.

8. Mengurangi peradangan

Minyak atsiri bunga ini dapat membantu mengurangi peradangan, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf dan saluran pernapasan. Akan tetapi, efek menenangkan ini. tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena harus melewati proses pencairan minyak atsiri dari bunga ini dalam waktu yang relatif lama.

9. Mendukung kesehatan kulit

Memijat dengan larutan beberapa tetes minyak sedap malam dan air hangat dapat membantu mengunci kelembaban dan meremajakan kulit. Namun, kita juga bisa menggunakannya sebagai pelembab biasa. Selain itu, minyak bunga sedap malam juga dapat membantu mengobati tumit pecah-pecah secara efektif, meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.

10. Meredakan mual

Sedap malam memiliki aroma yang menyenangkan dan membantu mengurangi mual dan menghilangkan muntah. Coba hirup minyak bunga sedap malam selama beberapa menit untuk melegakan. Namun, karena baunya yang cukup menyengat, menghirup minyak bunga sedap malam bisa membuat iritasi atau sakit kepala bagi sebagian orang.

11. Meningkatkan libido

Minyak bunga sedap malam juga memiliki sifat afrodisiak atau dapat merangsang gairah seksual, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi atau jamu. Karena itu, minyak ini terbukti ampuh membantu seseorang yang mengalami penurunan libido. Komponen tertentu dari minyak atsiri ini dapat merangsang bagian otak yang bertanggung jawab untuk gairah, perasaan seksual dan libido, baik digunakan sebagai aromaterapi maupun sebagai minuman.

12. Mengatasi masalah gangguan tidur

Bunga sedap malam bersifat anti depresan dan dapat menenangkan pikiran serta membuat kita lebih rileks. Oleh karena itu, bunga sedap malam sangat baik untuk mencegah insomnia pada ibu yang menderita insomnia atau sindrom kelelahan kronis.

Inilah mengapa bunga sedap malam sering digunakan sebagai bahan alami dalam aromaterapi karena sifatnya yang menenangkan.

13. Bermanfaat untuk mengurangi gejala pilek dan batuk

Bunga sedap malam secara alami antispasmodik dan karena itu membantu mengurangi kejang dan batuk. Ini adalah pengobatan yang bagus untuk pilek atau flu. Selain itu, bunga sedap malam memiliki sifat anti radang yang dapat membantu mengobati sakit tenggorokan.

14. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Manfaat bunga sedap malam yang digunakan di dalam ruangan sebagai minyak esensial membantu menjaga kesehatan pernapasan. Minyak esensial ini bekerja dengan melemaskan saluran udara. Efek pemanasan dari minyak ini juga membantu mencegah penumpukan lendir dan radang selaput lendir. Gejala yang terjadi biasanya berupa gatal, kemerahan, dan rasa panas menyengat pada kulit.

Jika Anda mengalami gejala alergi setelah menggunakan minyak atsiri atau mengonsumsi bunga sedap malam, segera hentikan penggunaan. Jika gejala berlanjut, konsultasikan dengan dokter, maka Anda untuk perawatan yang tepat.

Indonesia termasuk wilayah yang memiliki iklim tropis dan banyak tanaman tropis yang memiliki manfaat. Bahkan, tanaman tropis ini bisa dibudidaya. Ingin tahu cara budidaya tanaman tropis? Kamu bisa temukan jawabannya pada buku Sekilas Budidaya Tanaman Tropis Manfaat Bunganya Bagi Kesehatan. 

Fakta Menarik Seputar Bunga Sedap Malam

Dibandingkan dengan jenis bunga hias lainnya, sedap malam termasuk bunga hias yang paling populer dan sangat kuat. Bunga sedap malam bertahan lama meski disimpan dalam vas berisi air. Selain itu, ternyata masih ada beberapa fakta menarik tentang bunga sedap malam yang perlu sobat Grameds ketahui, yaitu:

1. Termasuk keluarga asparagus

Meski nama ilmiah bunga sedap malam adalah Polianthes tuberosa (namanya berakhiran rosa/mawar), jangan terkecoh dengan namanya ya, sobat Grameds. Bunga ini bukan milik keluarga mawar.

Tuberose milik keluarga asparagus dan sub famili Agavaceae. Bunga cantik ini memiliki batang yang panjang dan ramping serta dapat tumbuh hingga setinggi 90 sentimeter.

2. Simbol kesucian

Dengan baunya yang harum dan bentuknya yang indah, jelaslah bahwa bunga sedap malam memiliki arti tersendiri. Sedap malam berarti kemurnian, kedamaian dan kepolosan.

Oleh karena itu, bunga sedap malam sering digunakan dalam karangan bunga pengantin. Sobat Grameds harus tahu bahwa bunga ini juga tahan lama, sehingga aromanya tetap terjaga hingga berhari-hari. Selain bunga sedap malam, banyak bunga lain yang sering digunakan dalam karangan bunga pernikahan yaitu krisan, lili, aster, anggrek dan tentunya mawar.

3. Sering digunakan sebagai pewangi

Menurut laporan di PLOS One, bunga sedap malam juga biasa digunakan karena aromanya yang khas.

Tak heran jika banyak herbalis yang mengandalkan bunga ini sebagai minyak esensial untuk aromaterapi. Sebuah penelitian berjudul Pengaruh Menghirup Minyak Esensial Polianthes Tuberosa pada Uji Kecemasan pada Siswa: Menurut penelitian klinis, jenis bunga ini membantu menenangkan, menekan kecemasan, dan memperdalam relaksasi.

Apakah sobat Grameds sekalian sering menderita insomnia? Terutama karena situasi yang tidak pasti saat ini. Cobalah campuran aromaterapi bawang merah cincang, bawang putih cincang, jahe cincang, dan setangkai sedap malam (tuberose). Tempatkan di wadah bersih di sudut kamar tidur.

4. Sebagai bahan dasar parfum

Bunga sedap malam memiliki aroma harum alami, sehingga sering digunakan sebagai minyak atsiri dan bahan dasar parfum. Banyak parfum dari berbagai merek ternama yang terinspirasi dari tuberose.

Beri nama oleh Jo Malone London, Tuberose Angelica; Annick Goutal, Sedap Malam; Christian Dior, Paspor Dior #9; L’Erbolario Tuberosa; Untuk Zara, musim panas sedap malam.

Jadi, jika Anda menyukai wewangian, Anda bisa memilih wewangian dari ekstrak sedap malam yang baik agar tubuh tetap harum sepanjang hari!

Parfum tidak hanya menyegarkan bau badan, tapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengangkat mood, sobat Grameds!

5. “Ramah” saat senja

Di Indonesia, libur Idul Fitri dan Natal bisa “ditandai” dengan hadirnya bunga sedap malam di pasaran. Banyak orang rela berburu dengan keramaian hanya untuk mendapatkan rangkaian bunga malam untuk hari besar.

Mungkinkah sobat Grameds termasuk orang yang siap bersaing dengan sobat lain di pasar kembang jam lima pagi? Hal ini disebabkan persaingan banyak orang untuk mendapatkan aroma bunga yang harum pada malam kumpul keluarga.

Nah, wanginya bunga malam ini ternyata dipengaruhi oleh proses fotosintesis. Tahukah Anda bahwa bunga sedap malam termasuk dalam golongan tanaman skototropik? Tanaman Scototo Prism bahkan tumbuh dalam kondisi datar atau gelap.

Selama fotosintesis, minyak atsiri pada bunga sedap malam menguap, mengeluarkan aroma yang menenangkan.

Mitos Seputar Bunga Sedap Malam

1. Aroma sedap malam menandai kedatangan makhluk halus

Beberapa orang bergidik saat mencium aroma bunga yang nikmat. Karena arti bunga ini sering dikaitkan dengan kedatangan makhluk halus.

Sudah lama dipercaya bahwa hantu muncul di malam hari. Inilah mengapa banyak yang percaya bahwa bau bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) berarti arwah orang yang meninggal berada di dekatnya.

2. Digunakan untuk memanggil makhluk halus

Apakah sobat Grameds suka menonton film horor Indonesia? Dalam beberapa adegan film, sering dikatakan bahwa dukun memanggil roh di depan rangkaian bunga sedap malam di latar belakang. Bunga ini dipercaya dapat tidak hanya menandai kedatangan roh, tetapi juga menarik mereka.

Ritual ini biasanya diasosiasikan dengan mereka yang mempelajari ilmu gaib. Tak heran bunga jenis ini selalu ada di rumah para dukun dan paranormal.

3. Malaikat ingin datang ke rumahmu

Tidak Hanya mengundang roh halus ke rumahmu. Aroma sedap malam dipercaya banyak orang membuat malaikat lebih sering dan lama berlama-lama di rumah-rumah mereka yang menanam atau memiliki sedap malam sebagai bagian dari dekorasi mereka.

Sekian pembahasan terkait bunga sedap malam serta berbagai manfaat, fakta menarik, dan mitos yang berkembang di masyarakat terkait bunga sedap malam. Jika ingin mencari buku tentang bunga atau tanaman, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pandu Akram

Rujukan:

https://denpasarviral.com/2022/06/15/tak-hanya-mengharumkan-ruangan-ketahui-7-manfaat-bunga-sedap-malam-berikut-ini-yuk/

https://www.orami.co.id/magazine/bunga-sedap-malam/

https://www.sehatq.com/artikel/7-cara-mengobati-bisul-yang-menjengkelkan/amp

https://ne-np.facebook.com/282519712175998/posts/1582277458866877/

Artikel terkait:

Bunga Dandelion: Makna, Manfaat dan Fakta Uniknya

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kenali Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

Daftar Nama-Nama Bunga dari A-Z

7 Fakta Bunga Edelweis: Alasan Tak Boleh Dipetik dan Mitos Lainnya



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.