in

Macam-macam Gaya Renang Yang Wajib Anda Coba

Macam-macam Gaya Renang Yang Wajib Anda Coba – Renang merupakan salah satu aktivitas yang mengasyikkan. Apalagi bagi anak-anak yang sangat suka bermain air. Namun aktivitas renang ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Setiap gaya dalam renang memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh.

Renang adalah sebuah upaya untuk menaikkan dan menggerakkan semua badan kita ke permukaan air. Olahraga renang ini tentunya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Renang juga dapat membuat badan menjadi rileks dan menghilangkan perasaan cemas maupun stres.

Renang ini bisa dilakukan untuk berbagai kalangan mulai dari balita, anak-anak, dewasa, hingga ibu hamil juga bisa melakukan olahraga renang ini. Namun, untuk belajar berenang tentunya harus didampingi oleh orang dewasa agar tidak terjadi kecelakaan dalam berenang.

Buku ini diperuntukkan bagi pembaca umum yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang seluk beluk olahraga renang beserta macam-macam gaya tekniknya di dalam buku ini dibahas tentang pengertian dan sejarah renang pengenalan air dan teknik dasar renang, macam-macam gaya dan teknik renang, seperti gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, start, dan pembalikan.

tombol beli buku

Macam-Macam Gaya Renang

Renang tidak hanya menggerakkan tubuh untuk dapat mengapung di permukaan air. Renang memiliki banyak variasi gaya yang dapat kamu lakukan. Masing-masing gaya juga memiliki caranya masing-masing. Berikut adalah macam-macam gaya renang dan manfaatnya.

1. Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas ini adalah gerakan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Biasanya orang yang baru belajar berenang akan dilatih dengan gaya bebas ini. Renang gaya bebas ini juga bisa disebut sebagai front crawl atau merangkak ke depan.

Renang gaya bebas ini tepat digunakan jika kalian ingin melatih kecepatan dalam berenang. Teknik untuk berenang ini ada tiga yaitu gerakan tangan yang memutar, gerakan kaki yang mengepak air, dan juga irama pernapasan.

Jika kamu ingin melakukan renang gaya bebas, berikut cara melakukan renang gaya bebas.

  • Pertama kamu harus memosisikan badan secara telungkup di mana perut menghadap ke bawah kolam.
  • Kedua, gerakan kedua kaki secara mengepak ke atas dan ke bawah untuk mendorong gerak tubuh.
  • Ketiga, saat menggerakkan kaki, kamu juga harus menggerakkan lengan kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan lengan memutar seperti kincir angin.
  • Keempat, dorong tubuh dengan kecepatan sedang
  • Kelima, perhatikan dalam pengambilan napas. Lakukan pengambilan napas tiap kali kedua tangan telah bergerak. Hembuskan napas saat di dalam air.

Jika kamu pertama kali melakukan hal ini tentu kamu akan merasa lelah karena sulit menggerakkan badan dan mengambil napas. Namun ketika teknik yang dilakukan sudah benar, kamu bisa melakukan renang dengan jarak jauh tanpa merasa lelah.

Renang gaya bebas juga memiliki manfaatnya sendiri untuk tubuh. Renang gaya bebas ini dapat membakar kalori dalam tubuh secara singkat, melatih seluruh tubuh dari kaki, perut, lengan, hingga punggung, serta sangat efektif dilakukan untuk membentuk otot punggung.

2. Renang Gaya Dada

Renang gaya dada atau breast stroke ini juga biasa disebut dengan renang gaya katak, karena gaya yang dilakukan mirip seperti pada saat katak berenang. Berdasarkan pengalaman orang-orang, renang gaya dada ini lebih sedikit energi yang dikeluarkan saat melakukannya daripada renang gaya lain.

Renang gaya dada ini membuat kamu dapat bernapas dengan mudah karena kepala selalu berada di atas air. Gaya dada ini biasanya juga dilakukan untuk melatih anak bayi untuk berenang, di mana bagian dadanya ditopang oleh tangan orang tuanya dan bayi belajar untuk menggerakkan badannya sendiri.

Ada beberapa cara untuk melakukan renang gaya dada ini. Berikut adalah cara melakukan renang gaya dada.

  • Pertama, cobalah untuk mengapung di atas air dengan perut menghadap bawah.
  • Kedua, gerakan lengan seperti bentuk setengah lingkaran ke arah luar tubuh.
  • Ketiga, di saat yang bersamaan dengan gerakan tangan. Gerakkan kaki dengan posisi tekuk secara menendang ke belakang untuk mendorong tubuh bergerak.
  • Ketika semua bergerak bersamaan, gerakan ini akan mendorong tubuh ke atas dan ke depan.

Renang gaya dada ini juga digunakan untuk latihan bagi pemula. Contohnya seperti yang sudah disebutkan bahwa bayi biasanya dilatih dengan renang gaya dada ini.

Selain karena gerakannya sederhana, gaya ini memiliki beberapa manfaat dalam hal kesehatan ketika kita melakukannya. Renang gaya bebas ini dapat membakar kalori dalam waktu yang singkat, melatih otot dada dan otot paha bagian hamstring, salah satu jenis olahraga cardio di mana baik untuk kesehatan jantung.

Buku ini tidak sekadar mengenalkan secara teori dan praktik teknik Renang Gaya Dada yang simpel, praktis dan efektif untuk dipelajari. Buku ini dilengkapi juga dengan materi tips sebelum kamu memulai belajar berenang serta berisikan tentang dasar-dasar renang yang baik dan benar disajikan dengan foto dan gambar.

tombol beli buku

3. Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung atau back stroke ini tidak jauh berbeda dengan renang gaya bebas. Namun renang gaya punggung ini lebih menantang karena posisi tubuh yang terbalik, yaitu tubuh terlentang dengan punggung menghadap ke bawah.

Berenang dengan gaya ini juga memudahkan kamu untuk bernapas, karena posisi kepala yang selalu menghadap ke atas. Hidung akan bebas dari air karena posisi ini. Namun, kekurangannya kamu sulit untuk melihat arah sekitar karena posisi mata juga melihat ke atas.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Ada beberapa cara untuk melakukan renang gaya punggung ini. Berikut adalah cara melakukan renang gaya punggung.

  • Pertama, posisikan badan secara terlentang, punggung menghadap bawah.
  • Kedua, gerakkan kaki ke atas dan ke bawah seperti mengepak.
  • Ketiga, di saat yang bersamaan dengan gerakan kaki. Gerakkan lengan ke arah belakang seperti gerakan kincir angin.

Gerakan ini cukup mudah dilakukan bagi kamu yang sudah mahir untuk mengapung di permukaan air. Bahkan tidak perlu menggerakkan lengan juga tubuh bisa terdorong hanya dengan gerakan kaki.

Renang gaya punggung ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Renang gaya punggung ini dapat melatih otot punggung agar lebih kuat, membakar kalori lebih banyak dibanding dengan gaya dada, untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kelenturan pinggul, untuk melatih otot tangan dan kaki.

4. Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu atau butterfly stroke ini merupakan pengembangan dari renang gaya dada. Gaya renang ini membutuhkan banyak stamina karena harus menyeimbangkan gerakan tangan dan kaki.

Agar kalian maksimal untuk melakukan gaya ini. Berikut ada beberapa cara untuk melakukan renang gaya kupu-kupu.

  • Pertama, posisikan tubuh secara telungkup dengan perut menghadap ke bawah.
  • Kedua, luruskan kedua lengan, lalu gerakkan kedua lengan bersamaan hingga melewati kepala.
  • Ketiga, gerakkan kaki bersamaan dengan gerakan lengan. Gerakkan kaki seperti ekor lumba-lumba secara terus menerus.

Kesulitan berenang adalah dari berbagai gaya renangnya. Maka dari itu membutuhkan pelatih renang jika kamu serius untuk mendalami olahraga ini. Perenang dikatakan mahir jika sudah bisa menguasai gaya kupu-kupu ini.

Renang gaya kupu-kupu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan melakukan gaya kupu-kupu ini dapat membakar kalori lebih banyak dari gaya renang sebelumnya, efektif untuk melatih otot perut dan punggung, meningkatkan kelenturan seluruh tubuh.

Manfaat Umum Renang

Manfaat dalam olahraga renang tentunya sangat banyak mulai dari membuat badan menjadi sehat, membentuk tubuh agar semakin ideal, dan bisa dijadikan sebagai terapi saat kamu mungkin memiliki banyak masalah. Berikut adalah manfaat umum dari renang.

1. Membuat Tubuh Jadi Ideal

Dengan aktivitas olahraga renang dapat membakar cadangan karbohidrat di dalam tubuh. Renang dalam waktu 30 menit dapat membakar 200 kalori dalam tubuh kamu.

Karena dapat membakar banyak kalori dalam tubuh, jika kamu ingin menurunkan badan dengan rutin berenang juga jadi salah satu cara selain harus diet.

Berenang ini membuat tubuh kita menjadi ideal, otot-otot juga akan terbentuk karena seringnya berenang. Kamu harus meluangkan setidaknya 10 menit saja untuk berenang agar 60 kalori dalam tubuh bisa terbakar. Dengan seringnya berenang lama kelamaan kamu akan merasakan bahwa tubuh kamu sudah menjadi tubuh yang ideal.

2. Sebagai Terapi

Manfaat lain dari berenang yaitu bisa untuk terapi pada tubuh. Berbagai jenis terapi untuk beberapa kalangan juga bisa menggunakan olahraga renang ini. Bagi orang yang memiliki beberapa penyakit bisa melakukan terapi dengan cara berenang.

Seperti terapi cedera bisa saja dilakukan dengan berenang, para atlet biasanya melakukan hal ini. Lalu terapi bagi penderita penyakit jantung juga bisa menggunakan olahraga renang sebagai terapi. Kemudian penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, yaitu asma dapat dilakukan terapi dengan cara berenang, karena dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, jadi penderita dapat mengendalikan pernapasan lebih baik dari sebelumnya.

3. Membuat Tubuh Menjadi Tinggi

Biasanya untuk menumbuhkan tinggi anak-anak, akan dilatih dengan cara berenang. Renang merupakan aktivitas olahraga yang membutuhkan gerakan dari otot. Dengan berenang, otot dan tulang akan bergerak dan merenggang meski kamu tidak bergerak di dalam air. Pertumbuhan tinggi badan ini akan terlihat pada anak.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Seperti yang sudah dikatakan bahwa renang adalah aktivitas olahraga yang membutuhkan gerakan dari otot. Tidak hanya berenang, semua olahraga sebenarnya juga membutuhkan gerakan dari otot.

Dengan berenang secara rutin, lama kelamaan otot akan terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan pola gerakan yang sering kamu lakukan. Otot tentunya akan bertambah kuat jika sering digunakan untuk olahraga. Perlahan tubuh akan terlihat atletik dan proporsional dari sebelumnya.

5. Mengurangi Stres

Renang juga dapat mengurangi stres. Olahraga ini cukup menyenangkan apalagi ketika berenang di air yang tenang. Gerakan yang dilakukan saat berenang akan memunculkan hormon endorfin yang akan memperbaiki suasana hati. Bahkan hanya berendam pun juga dapat menenangkan pikiran.

Tidak hanya di kolam renang dengan air yang tenang. Berenang di beberapa tempat wisata yang memiliki banyak arena bermain juga dapat mengurangi stres. Kita akan senang dengan mencoba berbagai arena di kolam renang seperti kolam ombak, berseluncur, dan lain-lain.

6. Meningkatkan Kebugaran Paru-Paru

Untuk berenang kita membutuhkan pernapasan yang kuat. Dengan seringnya berenang maka paru-paru secara tidak langsung akan terlatih perlahan-lahan. Meski bagi pemula melatih pernapasan merupakan hal yang sulit selain gerakan renang, namun jika terus dilatih pernapasan kita akan semakin kuat dari sebelumnya.

Tidak heran jika para atlet renang memiliki pernapasan yang kuat dan sehat. Pernapasan yang kuat dan sehat tentunya dapat digunakan aktivitas di luar olahraga renang seperti, berlari, mengangkat beban, dan lain-lain.

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Renang

Renang juga memerlukan sebuah persiapan. Persiapan ini dilakukan agar perenang terhindar dari cedera dan hal buruk lainnya. Berikut adalah persiapan yang dilakukan sebelum renang.

1. Pemanasan

Pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga. Dalam olahraga renang, pemanasan ini juga harus dilakukan untuk menghindari cedera pada bagian tubuh tertentu.

Pemanasan bisa dilakukan dengan peregangan, lari kecil dan sebagainya. Dengan melakukan pemanasan, tubuh akan lebih siap menghadapi aktivitas berat di dalam air. Berenang tanpa pemanasan tidak disarankan karena dapat membuat bagian tubuh tertentu mengalami kram otot.

2. Hindari Makanan Berat

Jika kita makan makanan berat sebelum renang maka akan membuat perut menjadi kenyang. Memakan makanan berat sebelum renang akan membuat tubuh menjadi kram. Hal ini disebabkan karena tubuh mencerna makanan sambil berenang.

Perut kosong juga tidak dianjurkan untuk berenang. Yang lebih tepat adalah makan makanan porsi ringan sebelum renang untuk menambah energi untuk melakukan aktivitas berat di dalam air. Bahkan jika minum air mineral saja sudah cukup bisa untuk melakukan aktivitas renang ini.

3. Membilas Tubuh

Membilas tubuh ini tidak hanya dilakukan setelah berenang, namun sebelum berenang juga diperlukan untuk membilas tubuh. Membilas tubuh sebelum renang ini bertujuan agar tubuh dapat menyesuaikan suhu di dalam air. Selain untuk menyesuaikan suhu, membilas tubuh juga digunakan untuk membersihkan badan agar tidak ada kotoran yang jatuh ke dalam kolam.

4. Pakai Pakaian Mencolok

Pakaian untuk renang juga harus diperhatikan. Jangan memakai pakaian yang warnanya sama dengan warna air pada kolam renang. Memakai pakaian mencolok ini berguna jika terjadi kecelakaan maka penjaga kolam akan lebih mudah melihat kita karena warna pakaian yang digunakan mencolok. Jika warna pakaian mirip dengan warna air maka akan sulit bagi orang lain untuk menemukan kita jika terjadi hal buruk.

5. Istirahat Jika Lelah

Jangan menganggap sepele ketika kita merasa lelah di dalam kolam renang. Kelelahan jika dipaksakan dapat membuat cedera pada bagian tubuh tertentu. Jika kamu merasa lelah pada saat berenang, kamu bisa menepi dan beristirahat sebentar untuk mengumpulkan energi baru.

6. Pakai Kacamata Renang

Persiapan lain untuk renang adalah dengan memakai kacamata renang. Kacamata renang ini sangat dibutuhkan untuk mencegah mata perih ketika berenang. Menggunakan kacamata ini melindungi mata dari iritasi yang disebabkan dari bahan kimia yang ada di dalam kolam renang.

Bahan kimia yang dicampur ke dalam kolam renang ini memang digunakan untuk menjaga kualitas kebersihan kolam. Dengan memakai kacamata renang maka akan terbebas dari iritasi karena bahan kimia tersebut. Memakai kacamata renang juga memudahkan untuk melihat di dalam air dengan jelas, sehingga juga mengurangi risiko untuk menabrak orang lain.

Baca juga :

Grameds, itu dia penjelasan mengenai macam-macam gaya renang, manfaat, dan juga persiapan sebelum masuk ke kolam renang. Jika kamu menyukai olahraga renang ini, pelajarilah terlebih dahulu tata cara persiapan, pemanasan, hingga teknik-teknik tertentu dalam olahraga renang ini.

Kamu bisa mempelajari olahraga renang melalui buku yang telah disediakan di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang mungkin kamu butuhkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq