in

80 Kata-Kata Penyesalan Penuh Makna dari Beberapa Tokoh Penting

unsplash.com

Kata-Kata Penyesalan – Dalam perjalanan hidup pasti ada lika-liku yang akan dilalui. Tak selamanya kita berada di atas dan tak selamanya kita berada di bawah. Itu artinya roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu.

Dalam mengarungi roda kehidupan kita mengalami satu momen yang mungkin bisa membuat kita merasakan rasa penyesalan. Bahkan, tak jarang rasa penyesalan tersebut berujung pada kondisi down.

Kita yang terlalu merenungi nasib atas apa yang telah terjadi terkadang lupa jika roda kehidupan masih terus berputar. Bersedih dan menyesal itu hal wajar yang akan dialami manusia. Namun, bersedih dalam penyesalan yang terlalu lama juga akan berujung ke arah yang tak baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan mental.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa bangkit dari rasa penyesalan untuk bisa meraih apa yang seharusnya kita dapatkan. Tentunya, pembelajaran atas kegagalan juga harus kita bisa dapatkan. Sebab, dibalik setiap kegagalan akan ada suatu pembelajaran.

Selain itu, selalu ingat jika kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda. Mungkin belum waktunya bagi kita untuk sukses hari ini, tetapi untuk hari esok pasti kita bisa meraih apa yang ingin dicapai dengan persiapan yang lebih matang.

Tak jarang kata-kata penyesalan untuk bisa membangkitkan semangat dalam diri kita juga dinilai lebih membantu. Kumpulan kata-kata penyesalan atau kata-kata motivasi tentang sebuah penyesalan bisa Anda dapatkan lebih lengkap dalam artikel ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Kata-Kata Motivasi Mahatma Gandhi

Kata-Kata Penyesalan
britannica.com

Mahatma Gandhi adalah seorang pemimpin spiritual yang berasal dari Negara India. Dalam perjalanan hidupnya, bisa dibilang jika Mahatma Gandhi adalah sosok panutan dari berbagai macam kalangan.

Banyak kata-kata penyesalan Mahatma Gandhi yang bisa memberikan inspirasi, menguatkan hati hingga memberikan suatu semangat bagi siapapun yang mengetahuinya. Tak heran jika kata-kata penyesalan Mahatma Gandhi bisa kerap memberikan motivasi tersendiri bagi banyak orang untuk menyelami kehidupan yang penuh akan perjuangan ini.

Meski Mahatma Gandhi lebih dikenal sebagai sosok spiritual yang penuh akan ketenangan. Namun, sebenarnya Mahatma Gandhi juga berperan aktif terlibat dalam berbagai macam Gerakan sosial hingga memperjuangkan kemerdekaan india.

Mahatma Gandhi memiliki nama asli Mohandas Karamchand Gandhi, yang mana dirinya memang memiliki banyak sekali kata-kata motivasi. Bahkan, tak jarang kata-kata dari Mahatma Gandhi kerap dijadikan quotes.

Di bawah ini adalah beberapa kata-kata penyesalan Mahatma Gandhi yang bisa memberikan motivasi pada kita untuk bisa lebih mudah bangkit dari sebuah kegagalan yang terjadi dalam kehidupan ini.

  1. Yang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Pengampunan adalah atribut dari yang kuat.
  2. Kebesaran kemanusiaan bukanlah dalam menjadi manusia, tetapi dalam menjadi sosok manusiawi.
  3. Saya tidak akan membiarkan siapapun berjalan di pikiran saya dengan kaki kotor mereka.
  4. Kebebasan tidak layak dimiliki jika itu tidak termasuk kebebasan untuk melakukan kesalahan.
  5. Ubah diri Anda sendiri, Andalah yang memegang kendali
  6. Kita tidak perlu menunggu untuk melihat apa yang dilakukan orang lain.
  7. Dengan cara yang lembut, Anda bisa mengguncang dunia.
  8. Hiduplah seolah-olah Anda akan mati besok. Belajarlah seolah-olah Anda akan hidup selamanya.
  9. Non-kekerasan adalah senjata yang kuat.
  10. Cinta adalah kekuatan terkuat yang dimiliki dunia.
  11. Sebuah kata ‘tidak’ yang diucapkan dari keyakinan terdalam lebih baik daripada ‘Ya’ yang hanya diucapkan untuk menyenangkan, atau lebih buruknya, hanya untuk menghindari masalah.
  12. Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat di dunia.
  13. Seorang pengecut tidak mampu menunjukkan cinta; itu adalah hak prerogatif dari orang-orang yang beriman.
  14. Kebahagiaan adalah ketika apa yang Anda pikirkan, apa yang Anda katakan, dan apa yang Anda lakukan selaras.
  15. Layanan yang diberikan tanpa sukacita, tidak membantu si pelayan maupun yang dilayani.
  16. Seorang manusia hanyalah produk dari pikirannya. Apa yang dia pikirkan, seperti itulah jadinya dirinya.
  17. Bumi menyediakan hal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap orang, tetapi tidak untuk orang-orang yang serakah.
  18. Tidak ada yang bisa menyakitiku tanpa seizinku.
  19. Cara terbaik untuk menemukan diri Anda adalah kehilangan diri sendiri karena melayani orang lain.
  20. Satu ons latihan bernilai ribuan kata.
  21. Anda tidak harus kehilangan iman dalam kemanusiaan. Umat manusia sejatinya seperti samudera; jika beberapa tetes kotoran jatuh ke lautan, lautan tidak akan menjadi kotor.
  22. Banyak orang, terutama orang yang tidak tahu apa-apa, ingin menghukum Anda karena mengatakan yang sebenarnya, karena benar, karena Anda. Jangan pernah meminta maaf karena benar, atau karena menjadi benar, atau karena bertahun-tahun sebelumnya. Jika Anda benar dan Anda mengetahuinya, ucapkan pikiran Anda. Sekalipun Anda adalah minoritas, kebenaran tetaplah kebenaran.
  23. Kekuasaan ada dua macam. Yang satu diperoleh karena takut akan hukuman dan yang lain dengan tindakan cinta. Kekuatan yang didasarkan pada cinta adalah seribu kali lebih efektif dan permanen daripada yang diperoleh dari rasa takut akan hukuman.
  24. Manusia seharusnya menjadi pembuat takdirnya. Itu tidaklah sepenuhnya benar. Manusia dapat membuat takdirnya, hanya sejauh dia diizinkan oleh Kekuatan Besar.
  25. Anda mungkin tidak pernah tahu apa akibat dari tindakan Anda, tetapi jika Anda tidak melakukan apa-apa, tidak akan ada hasil.
  26. Kita mungkin tersandung dan terjatuh tetapi akan bangkit kembali, itu sudah cukup jika kita tidak lari dari pertempuran.
  27. Perbedaan antara apa yang kita lakukan dan apa yang mampu kita lakukan sudah cukup untuk menyelesaikan sebagian besar masalah dunia.
  28. Agama saya didasarkan pada kebenaran dan tanpa kekerasan. Kebenaran adalah Tuhan saya. Tanpa kekerasan adalah cara untuk mewujudkan-Nya.
  29. Memberi kesenangan kepada satu hati dengan satu tindakan itu lebih baik daripada seribu kepala membungkuk dalam doa.
  30. Ketika saya mengagumi keajaiban matahari terbenam atau keindahan bulan, jiwaku mengembang dalam penyembahan sang pencipta.

Kata-Kata Bijak Oprah Winfrey yang Penuh Motivasi

Kata-Kata Penyesalan
ekonomi.kompas.com

Oprah Winfrey atau biasa dipanggil dengan nama Oprah adalah seorang tokoh perempuan yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan saat ini. Keberhasilan Oprah Winfrey dalam bidang entertain ataupun acting adalah sebagian dari kesuksesan yang dimilikinya.

Oprah Winfrey semakin banyak diketahui oleh masyarakat secara luas ketika dirinya menjadi host dalam sebuah acara talkshow yang Bernama the Oprah Winfrey. Awal karir Oprah Winfrey sebagai host dimulai pada tahun 1979, setelah dirinya memutuskan berpindah ke Baltimore dalam sebuah acara dialog People are talking.

Setelah sukses menjadi host dalam acara tersebut, seorang sutradara terkenal bernama Steven Spielberg meminta dirinya untuk menjadi salah satu pemain dalam film The Color Purple pada tahun 1985.

Oprah Winfrey lahir di Mississippi 29 Januari 1954 ini pernah menjalani kehidupan dengan cukup perjuangan sekali sebelum dirinya memperoleh kesuksesan seperti saat ini. Berkat kerja keras yang ia lakukan akhirnya Oprah Winfrey mampu bangkit hingga bisa memberikan banyak inspirasi bangi semua orang di dunia ini.

Hal ini juga yang menjadikan Oprah Winfrey sebagai salah satu tokoh perempuan yang paling digemari oleh banyak orang. Selain itu dirinya juga tak lupa untuk mengeluarkan kata-kata penyesalan bijak yang bisa menginspirasi orang banyak di setiap kesempatan yang ada.

Nah, berikut ini adalah beberapa kata-kata penyesalan  bijak dari Oprah Winfrey yang bisa memberikan Anda lebih termotivasi kembali.

  • Ketika Anda lebih jelas mengetahui siapa diri Anda sebenarnya, sebaiknya Anda segera memutuskan apa yang terbaik untuk Anda. Putuskan pada kesempatan pertama.
  • Setiap dari kita bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri, tak ada orang lain yang dapat melakukannya.
  • Tidak ada rahasia besar dalam hidup ini. Apapun tujuan Anda, Anda dapat meraihnya asal Anda mau bekerja.
  • Salah satu risiko terbesar dalam hidup, adalah saat kita berusaha sekuat tenaga menghindari risiko itu sendiri.
  • Lakukanlah yang terbaik saat ini dan tempatkan Anda di tempat terbaik untuk momen berikutnya.
  • Saya mengetahui dengan pasti bahwa apa yang kita renungkan adalah diri kita sendiri .
  • Kelilingi diri Anda hanya dengan orang-orang yang akan mengangkat Anda lebih tinggi.
  • Seiring bertambahnya usia, pemahaman dan penghargaan terhadap aset Anda yang paling penting, kesehatan Anda.
  • Saya tidak percaya akan kegagalan, jika kau menikmati prosesnya, maka tidak ada istilah kegagalan.
  • Apa pun yang Anda takuti tidaklah memiliki kekuatan. Ketakutan Adalah yang memiliki kekuatan.
  • Hidup ini sebenarnya adalah tentang melanjutkan kehidupan itu sendiri.
  • Itulah hadiah yang dapat diberikan oleh seorang ibu, untuk membuat semua orang merasa bahwa mereka adalah yang istimewa.
  • Di mana tidak ada perjuangan, maka tidak akan ada kekuatan.
  • Ide saya tentang surga adalah kentang panggang besar dan seseorang untuk berbagi dengannya.
  • Apapun yang telah terjadi pada diri Anda di masa lalu, Anda tidak memiliki kekuatan atas saat sekarang ini, karena hidup adalah sekarang.

  • Aku percaya bahwa segala yang terjadi untuk sebuah alasan, sekalipun jika kita tidak cukup bijaksana untuk melihatnya.
  • Gairah adalah energi. Rasakan kekuatan yang muncul jika Anda memusatkan perhatian pada apa yang membuat Anda gembira.
  • Dengarkan perasaan Anda. Jalan untuk mencari tahu mengapa Anda ada adalah melalui perasaan Anda.
  • Apapun yang telah terjadi pada diri Anda di masa lalu, Anda tidak memiliki kekuatan atas saat sekarang ini, karena hidup adalah sekarang.
  • Anda tidak dilahirkan untuk menyusut semakin kecil, tetapi untuk berkembang semakin besar. Hak untuk memilih jalan Anda sendiri adalah sebuah hak yang suci. Manfaatkanlah.
  • Maukah Anda bekerja tanpa dibayar? Saya bersedia mengerjakannya, dan mengambil pekerjaan tambahan hanya untuk mencukupi kebutuhan saya jika tak ada orang yang membayar saya. Begitulah cara Anda tahu Anda melakukan hal yang benar.
  • Saya tahu pasti bahwa apa yang Anda berikan akan kembali kepada Anda.
  • Petualangan terbesar yang dapat Anda lakukan adalah menjalani kehidupan impian Anda.Saya percaya segala sesuatu yang terjadi karena suatu alasan, bahkan ketika kita tidak cukup bijak untuk melihatnya.
  • Jangan terima suatu hubungan Cinta yang tak memperbolehkan Anda menjadi diri sendiri.
  • Ketika Anda memaafkan seseorang, itu tidak berarti Anda ingin mengundang mereka ke meja Anda.
  • Setiap tersandung tidak jatuh, dan setiap kejatuhan tidak berarti kegagalan.
  • Jika Anda percaya bahwa Anda hanya bisa pergi sejauh ini, itulah rintangan Anda.
  • Melakukan yang terbaik saat ini menempatkan kita ditempat terbaik di waktu mendatang.
  • Yang saya tahu adalah bahwa jika Anda ingin sukses, Anda tidak boleh menjadikan kesuksesan tujuan Anda. Yang terpenting adalah, jangan berpikir Anda harus sukses, tetapi lebih baik bekerja agar Anda menjadi orang yang berarti, dan kesuksesan dengan sendirinya akan mengikuti.
  • Ketika saya melihat ke masa depan, itu sangat terang hingga membakar mata saya.

Kata-Kata Inspirasi Ir. Soekarno

Kata-Kata Penyesalan
gramedia.com

Ir. Soekarno atau yang lebih akrab dipanggil sebagai Bung Karno adalah sosok yang dikenal akan kecerdasan dan kepandaiannya dalam hal orasi. Orasi yang dibawakan oleh Bung Karno selalu menggebu-gebu.

Tak heran jika rakyat yang mendengarkan orasi dari Bung Karno selalu bisa terbakar semangatnya. Kata-kata motivasi Bung Karno tak hanya bisa menginspirasi para orang dewasa sakha. Namun, para pemuda-pemudi Tanah Air bisa tergetarkan hatinya ketika mendengarkan berbagai macam kata-kata dari Bung Karno.

Tak bisa dipungkiri jika kata-kata Bung Karno tak hanya dikenal seluruh penjuru Indonesia saja, namun juga sudah dikenal dalam dunia internasional. Banyak hal yang bisa dipelajari dari setiap perkataan Bung Karno. Dengan penuh wibawa dan semangat, Bung Karno berhasil menggelorakan semangat rakyat Indonesia dalam memperjuangkan Indonesia.

Nah, untuk lebih tahu apa saja kata-kata motivasi dari Ir.Soekarno, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”
  • “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
  • “Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan.”
  • “Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.”
  • “Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib Tanah Air di dalam tangan kita sendiri.”
  • “Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?”

  • “Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!”
  • “Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat modern. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme.”
  • “Janganlah kita lupakan demi tujuan kita, bahwa para pemimpin berasal dari rakyat, dan bukan berada atas rakyat.”
  • “Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan.”
  • “Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk Tanah Air dan bangsa, pemuda begini sebaiknya digunduli saja.”
  • “Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia.”
  • “Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri.”
  • “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.”
  • “Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?”
  • “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat.”
  • “Bangsa adalah segerombolan manusia yang keras, ia punya keinginan bersatu dan mempunyai persamaan watak yang berdiam di atas satu geopolitik yang nyata satu persatuan.”
  • “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
  • “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca benggala dari pada masa yang akan datang.”
  • “Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan Gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia.”

Nah, itulah beberapa kata-kata penyesalan motivasi yang bisa menggugah semangat kita untuk bisa bangkit dari adanya kegagalan yang dikutip dari berbagai sumber. Setiap kegagalan dalam kehidupan adalah suatu pembelajaran yang bisa menguatkan kita di kehidupan masa depan. Oleh karena itu bersedihlah sewajarnya, ayo bangkit untuk bisa menjadi lebih baik dari hari kemarin. Semangat!

Jika Grameds ingin mencari buku tentang semangat hidup atau motivasi, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. Buku Kumpulan Quotes, Kata Bijak, Kata Mutiara Best Seller
  2. Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Bangkitkan Semangat Jalani Hari 
  3. 30+ Kumpulan Kata-Kata Motivasi Sebagai Penyemangat Hidup
  4. Kumpulan Kata Mutiara Kehidupan Penuh Makna dari Para Tokoh Dunia
  5. 9 Rekomendasi Buku Kata Mutiara yang Siap Bangkitkan Diri 
  6. 100+ Kumpulan Kata-Kata Bijak Kehidupan Penuh Makna 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda