in

Mengenal Jenis-jenis Patung Sebagai Hasil Kesenian Cabang Seni Rupa

Jenis – jenis Patung – Siapa sih yang tidak tahu patung? Benda dengan bentuk menyerupai makhluk hidup atau benda lain yang seringkali ditemui di berbagai tempat. Misalnya ketika ke museum, kita akan melihat jenis patung yang menyerupai pahlawan.

Ketika ke gereja kita akan melihat patung Tuhan Yesus. Atau di beberapa kota, patung dijadikan simbol selamat datang bagi para masyarakat yang masuk ke kota tersebut.

Pengertian Patung

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, patung merupakan sebuah benda yang secara sengaja diciptakan dan dipahat meniru bentuk makhluk hidup, baik itu manusia maupun hewan. Sementara itu, menurut Mikke Susanto patung adalah sebuah hasil karya tiga dimensi yang dibuat menggunakan teknik mengurangi bahan atau dibuat modelnya terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan teknik cetak atau cor.

Ada beberapa jenis patung yang ada di Indonesia. Hal tersebut dibedakan dari bentuk, ukuran, fungsi, serta proses pembuatannya. Misalnya, ada patung yang terbuat dari kayu, semen, tanah liat, hingga bahan yang keras seperti batu ataupun logam.

Patung adalah salah satu bentuk kesenian dari cabang seni rupa. Patung adalah wujud dari seni rupa tiga dimensi yang bisa kita lihat secara visual dan bisa kita raba. Menurut ilmu seni rupa, ada beberapa macam patung yang dibedakan berdasarkan fungsinya, bentuknya, jenisnya, dan lain-lain.

Untuk membuat sebuah patung bukanlah hal yang mudah dilakukan. Seniman sejati tentu akan mempunyai teknik yang khas untuk membuat sebuah patung. Umumnya, teknik yang digunakan oleh para seniman yaitu teknik pahat. Akan tetapi, seorang seniman juga bisa membuat patung dengan teknik lainnya seperti teknik butsir, teknik merakit, atau teknik cor.

Jenis patung juga mempunyai klasifikasinya tersendiri. Mulai dari berdasarkan bentuknya dan berdasarkan jenis maupun fungsinya. Contohnya apabila jenis patung diklasifikasikan berdasarkan fungsinya. Maka akan ada beberapa jenis patung antara lain, patung kerajinan, patung properti atau dekorasi, dan juga patung religi.

tombol beli buku

Jenis-Jenis Patung

Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja macam-macam patung berdasarkan bentuk, jenis, serta fungsinya secara lengkap.

Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya patung memiliki 2 (dua) jenis, yaitu patung figuratif dan patung non-figuratif.

1. Figuratif

Patung figuratif adalah salah satu jenis patung yang dibentuk dengan cara meniru bentuk aslinya yang ada dalam kehidupan nyata. Jenis patung ini dibentuk melalui sebuah proses peniruan dari bentuk asli yang terdapat pada kehidupan nyata, contohnya patung yang serupa dengan bentuk hewan, manusia sampai tumbuhan.

2. Non-Figuratif

Patung non-figuratif adalah jenis patung yang memiliki bentuk tidak serupa dengan bentuk yang ada pada kehidupan nyata. Pada umumnya patung non-figuratif ini hanyalah sebuah patung yang menyajikan garis, lekukan atau bagian tertentu dari suatu objek. Oleh karena itu patung tersebut tidak menyerupai bentuk asli dari kehidupan nyata.

Bentuk-Bentuk Patung dan Contoh Patung

Dibawah ini terdapat beberapa bentuk dari patung beserta contoh patung yang perlu kamu kenalinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Free Standing

Free Standing adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan hampir dari keseluruhan bagian tubuh secara lengkap. Selain itu, patung ini memiliki posisi tegak berdiri. Dari situlah patung ini disebut sebagai patung free standing.

b. Zonde

Zonde adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan hampir dari keseluruhan bagian pada tubuh. Patung ini memiliki kemiripan dengan patung free standing, hanya saja patung zonde mempunyai posisi tidak berdiri. Akan tetapi berposisi tiarap, duduk, dan lainnya.

c. Torso

Torso adalah salah satu dari seni patung yang pada umumnya hanya menampilkan setengah dari bagian tubuhnya. Biasanya mulai dari bagian dada, kemudian pinggang, sampai dengan bagian pinggul. Sehingga patung ini tidak memiliki bagian kepala.

d. Boss / Sedada

Sedada atau Boss adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan setengah dari bagian tubuhnya. Terdiri dari bagian kepala sampai dengan bagian dada.

e. Kepala

Kepala adalah salah satu dari seni patung yang biasanya hanya menampilkan bagian kepala hingga bagian leher.

Jenis Patung Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya patung memiliki 2 (dua) jenis, yaitu patung zonde bosse dan patung relief.

1. Zonde Bosse

Patung zonde bosse merupakan salah satu jenis patung yang mempunyai posisi berdiri sendiri atau tidak menempel pada bagian-bagian lainnya. Hal itu berarti bahwa patung ini tidak dapat menempel pada objek apa saja dan kanan kirinya lepas dengan objek lain.

2. Relief

Patung relief merupakan salah satu jenis patung yang bisa menempel pada permukaan dinding. Pada umumnya jenis patung ini menggambarkan mengenai suatu adegan penting yang ada dalam cerita pada zaman dahulu.

6 Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Tujuan utama dari proses pembuatan patung sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itulah yang menjadikan jenis dari patung tersebut bervariasi. Dengan salah satunya yaitu patung dibuat dengan berdasarkan fungsi dari patung itu sendiri.

Jenis patung ini merupakan jenis patung yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis lainnya. Total dari jenis patung itu berjumlah 6 jenis patung dan masing-masing patung tersebut telah ditemukannya di wilayah Indonesia. Nah apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Patung Religi

Patung religi, biasanya digunakan untuk keperluan agama, misalnya peribadatan atau pemujaan pada acara keagamaan. Patung ini memiliki makna religius bagi para pemeluk agama tertentu, sehingga setiap kegiatan pemujaan, masyarakat selalu melakukan di sekitaran patung religi tersebut.

Patung ini sudah cukup banyak jumlahnya, dan telah tersebar di wilayah Indonesia, sehingga tak heran jika patung religius mudah dijumpai. Salah satu contoh patung religius yang dapat dilihat keindahan yaitu patung Bunda Maria Assumpta yang letaknya berada di daerah Ambarawa, Jawa Tengah dan patung Buddha Tidur yang berada di daerah Mojokerto, Jawa Timur.

2. Patung Hiasan

Patung selanjutnya yaitu patung hiasan, jenis patung dan fungsinya yakni untuk memberikan kesan indah dalam ruangan atau mempercantik halaman pada rumah. Sehingga patung ini biasa diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan, tergantung pada pemilik patung ingin meletakkannya dimana.

Patung hiasan memiliki bentuk yang bervariasi, yakni manusia, binatang, dan lain sebagainya. Bentuk itu semua sesuai dengan keinginan para pembuat patung maupun keinginan dari para konsumen. Patung ini tidak menjadi satu pada konstruksi bangunan, jadi apabila kamu menginginkannya, kamu dapat memesannya secara individu kepada para pengrajin.

3. Patung Arsitektur

Patung arsitektur terkenal dengan keindahan dan estetika nya. Oleh karena itu banyak dari pecinta seni mencari parung jenis ini. Pada umumnya patung ini mempunyai fungsi sebagai penunjang konstruksi dari sebuah bangunan. Maka tak heran jika di patung arsitektur sudah banyak dijumpainya.

Patung arsitektur kerap kali dijumpai di tempat bersejarah yang memiliki konstruksi bangunan unik, misalnya bangunan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kedua candi tersebut menyuguhkan keindahan patung arsitektur yang cukup menawan.

4. Patung Kerajinan

Patung kerajinan juga merupakan salah satu patung yang disukai oleh masyarakat. Banyaknya jenis patung dan fungsinya, membuat patung kerajinan memiliki fungsi utama yaitu sebagai produk dagang. Jadi apabila kamu telah membuat patung, nantinya patung tersebut akan diperjualkan kepada para konsumen. Patung yang memiliki keunikan tersendiri akan dijual dengan harga yang cukup mahal.

5. Patung Monumental

Sesuai dengan namanya, patung monumental mempunyai fungsi untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa kepada negara dan mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah. Patung ini telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga sangat mudah ditemukannya. Salah satu contoh dari patung monumental yaitu patung Jenderal Sudirman yang terletak di Jakarta.

6. Patung Seni

Jenis patung yang terakhir yaitu patung seni. Patung ini adalah patung yang dibentuk dari hasil imajinasi seniman atau pegiat patung. Oleh karena itulah hasil patung ini bervariasi tidak sama semua. Sebab imajinasi para pengrajin patung berubah-ubah. Patung seni dapat anda jumpai pada sebuah pameran seni atau acara tertentu.

tombol beli buku

Jenis-Jenis Corak Patung

Berikut adalah jenis dari corak patung, diantaranya yaitu sebagai berikut.

a. Corak Imitatif

Corak imitatif merupakan hasil tiruan dari jenis makhluk hidup, misalnya hewan, tumbuhan, maupun manusia. Hasil dari patung ini hampir serupa dengan bentuk fisik dari obyek. Mulai dari segi proporsi, anatomi, dan lain sebagainya.

b. Corak Deformatif

Corak deformatif adalah corak patung dengan memiliki bentuk objek yang dirombak, serta diubah menjadi bentuk baru dari aslinya.

c. Corak Non-Figuratif / Abstrak

Corak Non-figuratif atau abstrak adalah corak yang menyimpang dari bentuk aslinya, serta dipengaruhi oleh aliran konstruksi.

Fungsi Seni Patung

Beberapa fungsi seni patung antara lain:

1. Patung Sebagai Monumen

Patung sebagai monumen berfungsi untuk mengenang jasa para pahlawan atau kelompok tertentu yang telah gugur. Contohnya mengenang para pahlawan yang berjasa di masing-masing negara dan memperingati momen bersejarahnya tersebut.

2. Patung Sebagai Dekorasi

Fungsi patung sebagai dekorasi ini memiliki tujuan untuk memberi kesan keindahan dalam sebuah ruangan maupun di lingkungan eksteriornya.

3. Patung Sebagai Kerajinan

Patung sebagai kerajinan, adalah patung yang dibentuk guna memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar dan menghasilkan nilai jual untuk berbagai kebutuhan secara umum atau tidak spesifik.

4. Patung Arsitektur

Patung Arsitektur memiliki fungsi sebagai penunjang dan pelengkap sebuah konstruksi dalam sebuah bangunan yang sudah telah direncanakan dengan memakai desain arsitektur. Sehingga dapat menciptakan suasana yang harmonis dan lebih hidup.

5. Patung Seni (fine art)

Patung Seni atau fine art, pada umumnya digunakan untuk kepentingan estetik. Selain itu, patung ini juga dapat berubah menjadi eksperimental dari bentuknya (seni tidak selalu indah).

6. Patung Religi

Patung religi biasanya dipakai oleh beberapa pemeluk agama guna memenuhi unsur kepercayaan atau keyakinan. Maknanya yang religius tersebut dipakainya sebagai media atau sarana untuk peribadatan.

Bahan-bahan yang Digunakan Untuk Membuat Patung

Dalam membuat seni patung yang bernilai seni tinggi dan berkualitas, tentu akan membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas pula. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat patung, yaitu:

a. Bahan Lunak

Bahan ini merupakan bahan untuk membuat patung yang memiliki tekstur lembut dan tergolong mudah untuk dibentuk. Misalnya tanah liat, plastisin, sabun, dan juga clay.

b. Bahan Sedang

Bahan ini merupakan bahan yang memiliki tekstur tidak terlalu keras. Umumnya, bahan yang digunakan adalah kayu-kayu yang memiliki tekstur yang tidak keras, seperti kayu mahoni, kayu waru, kayu randu, dan lainnya.

c. Bahan Keras

Bahan keras adalah bahan yang memiliki tekstur seperti batu, kayu jati, dan lain nya.

tombol beli buku

Teknik Membuat Seni Patung

Dalam membuat sebuah patung, tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sebab, seni patung memerlukan teknik khusus dalam pembuatannya. Orang yang bisa menerapkan teknik tersebut adalah orang yang sudah berpengalaman atau sudah berkecimpung di dunia seni. Terdapat beberapa teknik dalam membuat patung yang bisa kamu pelajari dan gunakan. Berikut adalah beberapa teknik pembuatan seni patung.

a. Teknik Pahat

Salah satu teknik pembuatan patung yang paling populer dan sering digunakan adalah teknik pahat. Teknik tersebut biasanya diterapkan pada bahan patung yang memiliki tekstur keras. Misalnya pada batu, kayu, tulang, dan yang lainnya. Bahan tersebut nantinya akan di pahat sesuai dengan bentuk yang telah dirancang.

b. Teknik Membentuk

Teknik yang satu ini juga kerap digunakan oleh para pengrajin patung. Dalam penggunaannya, teknik ini biasanya dilakukan secara bertahap sampai patung selesai. Seorang seniman yang menggunakan teknik ini biasanya adalah seniman yang sudah berpengalaman di bidang seni patung. Menggunakan teknik membentuk memang tergolong sulit, namun hasil akhirnya akan sangat berkualitas dan bernilai tinggi.

c. Teknik Merakit

Teknik merakit merupakan salah satu teknik yang sangat berbeda dengan kedua teknik di atas. Proses pembuatan jenis patung dengan teknik ini hampir sama dengan teknik menyusun sebuah puzzle. Jadi, seniman nantinya akan merakit bahan yang telah disiapkan. Kemudian bahan-bahan tersebut dirakit menjadi bagian yang utuh. Teknik ini tergolong ke dalam teknik yang cukup rumit. Sehingga masih sedikit seniman atau pengrajin yang menggunakannya.

d. Teknik Modeling

Teknik modeling adalah teknik pembuatan patung yang prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Sebab, para pengrajin harus membuat model patungnya terlebih dulu. Kemudian setelah model patungnya selesai, maka pengrajin sudah bisa mulai membentuk patung yang sesuai dengan model yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu kunci agar patung yang dibuat berhasil, maka pembuatan modelnya harus benar-benar dilakukan dengan baik.

e. Teknik Butsir

Teknik butsir merupakan teknik pembuatan patung yang lebih sering dilakukan dengan menggunakan bahan yang bertekstur lunak. Misalnya tanah liat, gips malam, dan bahan lainnya. Pembuatan patung yang menggunakan teknik butsir tergolong tidak sulit dan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Sebab, bahan yang digunakan tidak bertekstur keras. Sehingga memudahkan pengrajin dalam membentuknya sesuai dengan jenis patung atau fungsinya.

f. Teknik Cor

Teknik cor merupakan teknik pembuatan patung yang dilakukan dengan cara mencairkan bahan yang akan digunakan. Setelah itu, bahan yang sudah dicairkan akan dituangkan ke dalam cetakan dan ditunggu hingga cairan tersebut mengeras kembali. Teknik cor tergolong sering digunakan oleh pengrajin dalam membuat sebuah patung, karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berbagai jenis patung, bahan pembuatannya, hingga teknik membuat patung yang benar. Untuk kamu yang kuliah di jurusan seni rupa, tentu teknik pembuatan patung nantinya akan kamu pelajari lebih dalam.

Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan artikel kali ini sebagai referensi belajar yang mudah dipahami. Dengan begitu, kamu akan mengeahui jenis-jenis patung berdasarkan bentuk dan juga fungsinya masing-masing.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah