in

22 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Terbukti Pasti Untung!

Foto oleh Muhammad Fawdy from Pexels

Ide Jualan Makanan Kekinian – Ada berbagai ide jualan makanan kekinian yang dapat mendatangkan keuntungan besar untuk Grameds. Terlebih, bisnis kuliner di masa sekarang menjadi salah satu prospek bisnis yang paling menjanjikan. Sebab, semua orang pasti memerlukan makanan setiap harinya, baik itu makanan ringan seperti camilan sampai dengan makanan berat.

ide jualan makanan kekinian
Muhammad Fawdy from Pexels

Pilihan konsumen atau target pasar pun lebih bervariasi. Hal yang terpenting ialah Grameds harus berani mencoba, memiliki unique selling point, bisa mengedepankan inovasi, dan tentunya mampu memberukikan pelayanan yang baik. Dengan memiliki semua poin tersebut, Grameds tak perlu khawatir dengan kompetitor di luar sana.

Nah, apa saja ide jualan kekinian yang dapat Grameds coba? Mari, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Ide Jualan Makanan Kekinian, Pasti Untung!

Dari banyaknya ide jualan makanan kekinian yang dapat Grameds coba, kami telah merangkumnya sebagai berikut.

1. Tahu Crispy

Usaha tahu crispy merupakan salah satu usaha rumahan yang kini telah banyak beralih ke franchise camilan yang populer di berbagai kota. Alasannya ialah karena penggemar jajanan renyah ini sangatlah banyak.

Tak sedikit juga mereka yang menjadikan camilan ini sebagai comfort food karena memiliki cita rasa yang enak, mudah ditemukan, dan tentunya memiliki harga yang terjangkau.

Untuk memulai usaha ini, setidaknya Grameds memerlukan modal minimal Rp2.000.000,- dengan estimasi keuntungan yang berlipat ganda bahkan bisa mencapai Rp5.000.000,- per bulan. Menarik sekali bukan?

2. Croffle

ide jualan makanan kekinian
juno1412/Pixabay

Berikutnya adalah croffle yang sudah populer sejak tahun 2021 silam. Jajanan manis ini pertama kali dipopulerkan oleh salah satu aktor terkenal asal Korea Selatan bernama Kang Min Kyung. Croffle merupakan gabungan antara croissant dengan waffle, di mana adonan croissant dicetak dengan menggunakan cetakan waffle, kemudian ditambahkan dengan topping sesuai selera.

Biasanya, camilan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis, lembut, serta segar karena bisa dipadukan dengan berbagai macam buah seperti strawberry, blueberry, dan pisang. Semakin Grameds berani berinovasi dengan beragam pilihan topping yang unik, tak akan sulit bagi Grameds untuk menarik minat para pembeli. Apalagi, makan ini masih cukup populer hingga saat ini.

Bagi Grameds yang tertarik untuk terjun ke usaha ini, Grameds dapat memulainya melalui waralaba atau franchise. Selain karena telah banyak franchise yang terkenal dan memiliki nama besar sehingga mempermudah Grameds untuk menarik minat pembeli.

Melalui franchise juga Grameds, tak perlu lagi memikirkan konsep serta alat yang diperlukan untuk berjualan karena biasanya telah tersedia.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Pisang Madu

Pisang merupakan salah satu jenis buah khas negara dengan iklim tropis yang banyak digemari oleh masyarakat. Begitu pula dengan pisang madu yang menjadi jajanan lezar dengan bahan dasar pisang raja yang sudah tua.

Walaupun dari tampilannya cenderung kurang menarik dengan warna coklat pekat dan terlohat seperti gosong, nyatanya pisang yang satu ini memiliki cita rasa manis, legit, dan khas yang pastinya membuat ketagihan! Warna gosong yang ada di pisang madu merupakan hasil dari rendaman madu serta air dari bumbu yang digunakan.

Apabila Grameds tertarik untuk mencoba bisni jajanan kekinian yang satu ini, pastikan Grameds memilih bahan baku dengan kualitas baik dan berasal dari supplier terpercaya. Perhatikan juga kualitas dan kebersihan dari makanan yang disajikan.

4. Dessert Box

Ide jualan makanan kekinian
Daria-Yakovleva/Pixabay

Ide jualan makanan kekinian yang kelima adalah dessert box. Makanan manis dan cantik yang diletakkan di sebuah box bening yang satu ini memiliki cita rasa manis dan lembut. Dengan perpaduan kue dan krim, menjadikan dessert box sulit untuk ditolak terutama bagi orang yang menyukai makanan manis.

Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk Grameds coba terlebih jika Grameds memiliki passion berlebih dalam membuat kue atau makanan manis lainnya. Bila Grameds masih merasa khawatir dan ragu jika dessert box yang dibuat tak menarik minat masyarakat, Grameds dapat menjualnya secara pre-order terlebih dulu.

5. Corndog

ide jualan makanan kekinian
eatde/Pixabay

Hampir sama seperti hotdog, makanan dengan bahan sosis dan tepung ini belakangan menjadi viral. Corndog memiliki dua versi, yaitu versi manis dan versi asin dengan varian topping yang sangat beragam.

Sama halnya dengan croffle, jajanan kekinian ini sama-sama berasal dari Korea Selatan. Di tengah meningkatnya popularitas K-pop di berbagai belahan dunia, khususnya di tanah air, menjual corndog dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Ditambah lagi modal yang diperlulan tak harus banyak. Grameds dapat menjual corndog dengan bahan yang terjangkau bahkan dari rumah sekalipun!

Terkadang kita jemu bersantap di rumah lalu memutuskan untuk ‘jajan’ di restoran, kedai makanan, atau café yang menyediakan menu tertentu. Saat ini, kita hidup di masa dimana makanan sudah sangat mudah dijangkau. Bahkan, kita bisa membuatnya di rumah.

Jika masih bingung dengan resep jajanan, maka kamu bisa mencari referensinya pada buku 350 Resep Jajanan Paling Dicari.

 

6. Martabak

ide jualan makanan kekinian
gianyasa/Pixabay

Dengan berbagai cita rasa seperti manis, asin, dan gurih, popularitas martabak tak perlu dipertanyakan lagi. Makanan ini terus digandrungi dari waktu ke waktu, bahkan hingga saat ini di mana martabak telah memiliki berbagai inovasi rasa yang menggugah selera.

Mulai dari martabak manis dengan isian premium cokelat premium, martabak telur dengan daging yang melimpah, sampai dengan martabak mini yang memiliki ukuran lebih kecil, semuanya berhasil meraih minat masyarakat.

Grameds dapat mencoba menjual martabak sesuai dengan kreasi yang Grameds miliki, seperti martabak manis yang dilengkapi dengan isian cokelat merek tertentu, es krim, durian dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk martabak telur, Grameds bisa membuat inovasi dengan menambahkan isian sosis, bakso, mi instan, dan apapun yang menarik.

7. Kue Balok Lumer

Kue balok lumer dapat menjadi ladang bisnis berikutnya terkait ide jualan makanan kekinian. Kue yang ternyata sudah ada sejak jaman dahulu ini dapat dibilang sebagai kembaran dari kue pukis karena memiliki bentuk dan rasa yang hampir sama.

Kue ini akan sangat nikmat jika disantap saat masih panas karena topping dan isian yang digunakan cenderung lembut serta lumer di mulut. Seiring dengan berkembangnya jaman, banyak orang yang mengkreasikan jajanan manis ini menggunakan berbagai varian topping yang lebih menarik seperti matcha, tiramissu, dan kacang almond. Tak hanya itu, makanan ini juga disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

8. Aneka Jajanan Pedas

Aneka jajanan pedas masih menjadi primadona bagi banyak orang. Mulai dari usaha basreng, keripik kaca, makaroni pedas, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis jajanan kekinian dengan cita rasa pedas dapat Grameds coba. Pasalnya, makanan pedas akan selalu menarik perhatian banyak orang baik untuk konsumsi sehari-hari, uji kepedasan, atau sekadar mengisi rasa penasaran.

9. Seblak

Pedas, gurih, banyak isian, dan berkuah, itulah yang menjadi ciri khas dari Garut yang satu ini. Grameds sudah tak perlu meragukan lagi banyaknya penggemar seblak. Hampir seluruh kalangan suka dengan seblak karena selain cita rasanya yang pedas dengan kencur sebagai bumbu rahasianya, seblak juga memiliki berbagai isian dengan harga yang sangat terjangkau.

Seblak dapat ditemukan di mana pun dan kini sudah banyak sekali jenisnya. Isian seblak juga sangat menarik dan beragam mulai dari aneka kerupuk, sayur-sayuran, tulang, ceker, sampai dengan frozen food.

10. Donat Kentang

ide jualan makanan kekinian
AJEL/Pixabay

Sesuai dengan namanya, donat kentang merupakan donat yang bahan dasar pembuatannya menggunakan kentang. Dengan tampilan yang sama dengan donat pada umumnya tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dan sangat gurih, usaha donat kentang dapat Grameds mulai dari bisnis rumahan atau bisnis dengan skala kecil.

Makanan yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai camilan dalam acara ulang tahun maupun acara spesial lainnya. Bila Grameds memiliki kreatifitas yang bagus, menghias donat kentang dapat menjadi nilai jual tambahan.

11. Dimsum

ide jualan makanan kekinian
sshsamart/Pixabay

Dimsum adalah jajanan kekinian yang popularitasnya cukup tinggi. Kudapan yang satu ini memiliki cita rasa yang saat nikmat ketika disajikan selagi hangat.

Apabila Grameds merasa ingin berjualan dengan lebih praktis, Grameds dapat bergabung dengan franchise. Biasanya, franchise yang ada menyediakan berbagai paket lengkap mulai dari peralatan operasional sampai dengan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat dimsum.

Selain itu, Grameds juga dapat menjual dimsum frozen untuk mempermudah penjualan baik secara online maupun offline.

12. Salad Buah

Masyarakat kini telah menyadari mengenai pentingnya memiliki gaya hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga sampai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan serat seperti salad buah. Tak hanya sehat, salad buah juga relatif mudah untuk dibuat.

Ide jualan makanan kekinian yang satu ini tidak memerlukan banyak modal untuk dapat Grameds mulai. Cukup dengan modal Rp50.000,- Grameds sudah dapat membuatnya.

 

13. Telur Gulung

Ketika masih duduk di bangku sekolah, jajanan telur gulung sangat mudah ditemukan baik di kantin maupun area sekolah. Meskipun tampak sederhana, makanan yang berbahan dasar telur dengan campuran bumbu penyedap ini selalu menjadi primadona bagi masyarakat pada umumnya. Tak terkecuali di zaman sekarang, di mana telur gulung semakin banyak diminati dan lebih mudah ditemukan di mana pun.

14. Takoyaki

ide jualan makanan kekinian
ANTHR_Photoblog/Pixabay

Takoyaki merupakan jajanan yang berasal dari Jepang serta dapat dijadikan sebagai salah satu ide jualan makanan kekinian. Camilan ini memiliki bentuk menyerupai bola dengan isi potongan gurita, keju, atau berbagai varian lainnya. Jajanan ini dapat menghasilkan profit yang cukup besar. Dengan bahan baku yang sedikit, tetapi dapat menghasilkan puluhan porsi takoyaki yang gurih dan nikmat.

15. Risol Mayo

Risol Mayo merupakan salah satu ide jualan makanan kekinian yang dapat dicoba karena tengah populer dan banyak dicari oleh masyarakat belakangan ini.

Makanan ini dibuat dengan isian yang sangat padat berupa telur, daging asap, dan saus mayonaise. Isian tersebut dibungkus menggunakan kulit risol yang telah dibaluri dengan tepung roti, kemudian digoreng menggunakan minyak panas.

16. Cinnamon Rolls

Cinnamon rolls adalah roti dengan rasa kayu manis yang khas. Jajanan yang berasal dari Swedia ini telah berhasil dikembangkan menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan. Selain karena rasanya yang unik, cinnamon rolls juga memiliki bentuk lumer yang menggugah selera.

Karena memiliki peminat yang cukup banyak, cinnamon rolls dapat menjadi salah satu ide jajanan makanan kekinian yang patut dicoba.

17. Karaage

ide jualan makanan kekinian
juno1412/Pixabay

Karaage adalah makanan olahan yang dibuat dari daging ayam dan berasal dari Jepang. Daging ayam dipotong terlebih dulu, lalu direndam ke dalam bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih, jahe, kecap asin dan mirin.

Potongan daging tersebut, lalu dibalut menggunakan tepung, lalu digoreng. Karage pada umumnya ditambahkan dengan kucuran lemon, mayonnaise, atau bisa juga dimakan polos tanpa tambahan apapun.

Karage memiliki cita rasa yang lembut dan gurih khas daging ayam. Selain itu, karage bisa dipadukan dengan cabai dan beraneka saus untuk membuatnya semakin menarik.

18. Bungeoppang

Bungeoppang merupakan jajanan kue khas Korea Selatan yang cocok dicoba untuk memulai usaha kuliner. Jajanan ini memiliki bentuk seperti ikan dengan isian pasta kacang merah yang gurih dan manis.

Cara pembuatan bungeoppang dapat dikatakan cukup mudah, adonan berbahan dasar tepung, diberi isian pasta kacang merah, kemudian dicetak dengan memakai cetakan khusus yang dapat dibeli di berbagai e-commerce, lalu digoreng.

Bungeoppang bisa divariasikan dengan cetakan berbentuk lain atau dengan berbagai macam isian yang pastinya menggugah selera. Karena memiliki peminat yang cukup banyak, jajanan ini sangat pas untuk dijadikan sebagai ide jualan makanan kekinian yang diproduksi secara rumahan.

19. Tteokbokki

ide jualan makanan kekinian
jelly/Pixabay

Kerapa ditampilkan dalam drama Korea Selatan, tteokbokki menjadi salah satu jajanan yang kini populer dan banyak dicari oleh pecinta Kdrama dan K-pop. Jajanan ini pada dasarnya adalah kue beras yang memiliki bentuk menyerupai sosis dengan diameter kurang dari 1 centimeter yang dimasak dengan menggunakan saus gochujang khas Korea.

Kepopuleran jajanan ini dapat menjadi ide jualan makanan kekinian. Pembuatannya juga cukup mudah karena saat ini sudah banyak perusahaan frozen food yang menyediakan tteokbokki instan, sehingga tinggal diolah menggunakan saus khas Korea dan berbagai bumbu pelengkap lainnya.

20. Crepes

Crepes merupakan jenis jajanan dengan isian yang serupa dengan martabak manis. Perbedaannya hanya terletak pada proses membuatnya yang mana crepes dibuat dengan setipis mungkin sehingga memiliki tekstur yang renyah ketika digigit.

Umumnya, crepes dibuat dengan varian rasa serta topping yang beragam, seperti cokelat, susu, keju, buah segar, berbagai macam selai, dan aneka topping kekinian lainnya. Karena memiliki rasa yang enak pilihan topping dan isian yang bervariasi, dan harga yang relatif terjangkau, jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu ide jualan makanan kekinian.

21. Churros

ide jualan makanan kekinian
Daria-Yakovleva/Pixabay

Churros adalah jajanan yang berasal dari Prancis dengan rasa yang manis dan gurih. Camilan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ide jualan makanan kekinian karena bahannya yang mudah diperoleh, rasanya enak, memiliki berbagai varian, harga jualnya cukup terjangkau, dan digemari oleh banyak orang.

22. Toast

Ide jualan makanan kekinian yang terakhir, yakni toast. Toast merupakan roti kekinian yang belakangan ini tengah populer dan menjadi perbincangan di mana-mana, terutama bagi anak muda. Dengan banyaknya peminat toast, Grameds dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha toast baik secara mandiri maupun bergabung dengan franchise.

Nah, itulah beberapa rekomendasi ide jualan makanan kekinian. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu lebih pilih akan jualan dengan makanan kekinian yang mana? Jika ingin mencari buku resep, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah