in

Meriahkan Suasana dengan 7 Ide Hiasan Kelas 17 Agustus Ini!

Merdeka, merdeka! Siapa nih yang sudah nggak sabar untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia? Biasanya, untuk meramaikan hari kebangsaan ini, semua warga Indonesia mengadakan lomba-lomba khusus nih, Grameds. Misalnya, lomba panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang, dan masihh banyak lagi!?

Nah, tanpa adanya pengecualian, sekolah-sekolah juga tidak mau kalah ingin meramaikan acara ini! Biasanya, salah satu lomba yang diadakan adalah lomba menghias kelas. Nah, siapa disini yang sedang cari ide hiasan kelas 17 Agustus? Sini Gramin akan memberikan kamu beberapa ide menarik yang bisa kamu terapkan. Dijamin jadi pemenang, deh!?

 

Bahan-bahan yang Biasa Digunakan untuk Ide Hiasan Kelas 17 Agustus

Sebelum itu, Grameds perlu tau nih bahan-bahan apa saja sih yang bisa digunakan sebagai ide hiasan kelas 17 Agustus? Ini nih beberapa bahan yang dimaksud. ?

1. Kertas Warna dan Karton

Bahan pertama untuk membuat hiasan kelas adalah berbagai jenis kertas warna dan karton. Kamu dapat menggunakan kertas origami untuk membuat hiasan gantung ataupun berbentuk bendera, karton berwarna sebagai backdrop untuk berfoto dalam kelas, ataupun kertas krep yang dibentuk menyerupai rantai hiasan atau pita-pita yang digantung di langit-langit.?

 

2. Bahan Alam

Selanjutnya, manfaatkan beberapa bahan alam yang sudah ada dan mudah untuk didapatkan sebagai bahan untuk membuat ide hiasan kelas 17 Agustus. Bahan alam ini bisa berupa bambu-bambuan, daun kering, hingga bunga kering maupun segar.?

 

3. Kain dan Pita

Gunakan kain merah putih, pita warna-warni ataupun kain batik sebagai ide hiasan kelas 17 Agustus yang keren. Kamu bisa menggunakan kain merah putih sebagai tirai atau backdrop dan pita untuk menghias meja ataupun papan tulis!?

 

4. Barang Daur Ulang

Reduce, reuse, recycle. Untuk membantu menjaga alam sekitar, Grameds juga bisa lho menggunakan barang-barang daur ulang seperti botol plastik, kertas koran, maupun kardus bekas. Dibandingkan dibuang begitu saja, mending dimanfaatkan saja ‘kan????

 

5. Alat Tulis dan Pewarna

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk menghias kelas adalah alat tulis dan pewarna. Pasti membosankan bukan jika bahan-bahan di atas tidak dihias atau semacamnya? Nah, Grameds bisa menggunakan cat poster, spidol warna, hingga crayon atau pensil warna untuk memberikan sedikit sentuhan warna yang mencolok pada hiasan kelas.?

 

Ide Hiasan Kelas 17 Agustus

(Sumber foto: www.pexels.com)

Setelah tau apa saja bahan-bahan yang digunakan, sekarang Gramin baru deh mau kasih tahu beberapa ide hiasan kelas 17 Agustus yang bisa kamu gunakan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk cekidot!?

1. Bendera Mini Merah Putih

Perayaan kemerdekaan pasti identik dengan simbol bendera merah putih, benar begitu ‘kan Grameds? Kamu bisa membuat bendera kertas mini dan menggantungnya di langit-langit kelas ataupun menempelnya di dinding. Kamu juga bisa menggunakan bendera berbahan plastik sebagai alternatif yang lebih tahan lama.?

 

2. Hiasan Dinding Bertema Kemerdekaan

Ide hiasan kelas 17 Agustus yang kedua adalah sejumlah hiasan dinding bertema kemerdekaan. Buatlah sebuah papan tulisan kreatif dari karton berwarna atau styrofoam. Grameds dapat mengisinya dengan berbagai slogan-slogan kemerdekaan. Papan ini juga bisa diisi dengan kolase dari potongan majalah maupun koran yang membahas kemerdekaan.

Sebagai tambahan, Grameds juga bisa memajang beberapa gambar pahlawan nasional di dinding kelas, lho! Berikan juga ya keterangan singkat yang menceritakan perjuang masing-masing pahlawan tersebut.?

 

3. Hiasan Gantung

Ketiga adalah hiasan gantung untuk langit-langit kelas. Buatlah lampion merah putih berbahan dasar kertas untuk memberikan kesan meriah pada suasana kelas. Sebagai hiasan gantung lainnya, Grameds juga bisa menggunakan pita kertas krep ataupun origami yang berbentuk burung garuda, lho.?

 

4. Papan Karya Siswa

Ingin menampilkan karya-karya buatan siswa sendiri? Buatlah sebuah papan karya siswa! Di papan ini, kamu dan teman-teman bisa menempelkan lukisan dan gambar, puisi dan karangan, hingga hasil kerajinan tangan lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan semua bentuk kreasi ini dengan tema kemerdekaan ya!?

 

5. Backdrop Fotografi dan Photobooth

Sebagai salah satu ide hiasan kelas 17 Agustus, tentu kita harus menyesuaikan dengan budaya kekinian. Kamu dapat membuat sebuah backdrop fotografi berwarna merah putih dari kain maupun kertas yang ada.

Lengkapi juga dengan photobooth dan aksesoris bertema kemerdekaan seperti topi, kacamata, maupun bendera-bendera kecil! Selain menjadi tempat foto favorit para siswa, ini juga menjadi fasilitas yang terbaik untuk menyimpan foto kenang-kenangan bersama teman.?

 

6. Hiasan Meja Guru

Jangan lupa untuk turut menghias meja guru ya, Grameds! Berikan vas bunga dan pen holder bertemakan merah putih beserta bunga-bunga dekorasi untuk mempercantik tampilannya. Grameds juga bisa menempatkan bendera-bendera mini disekitarnya untuk menambah nuansa kemerdekaan, ya.?

 

7. Quotes Inspiratif

Ide hiasan kelas 17 Agustus yang terakhir adalah quotes-quotes inspiratif. Naikkan semangat belajarmu dan teman-teman lainnya dengan cara menempelkan berbagai kutipan inspiratif dari pahlawan nasional atau tokoh-tokoh dari Indonesia lainnya.?

 

Tips Menghias Kelas dalam Rangka Acara 17 Agustus di Sekolah

Inilah beberapa tips menghias kelas dalam rangka acara 17 Agustus nanti di sekolah. Terapkan ini supaya menghias kelas jadi lebih mudah.?

1. Tentukan Tema Dekorasi

Pertama-tama, tentukan dahulu tema dekorasi apa yang ingin kamu gunakan! Pilihan utama yang bisa kamu ikuti adalah tema nasionalisme yang dominan dengan warna merah dan putih. Selain meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri, tema ini juga sangat mendukung kegiatan menghias kelas di sekolah.?

Jika kamu bosan dan ingin pilihan lain yang lebih unik, ada juga lho tema tradisional sebagai pilihan alternatif! Pilihlah hiasan-hiasan sebagai representasi berbagai budaya khas Indonesia, misalnya batik, wayang, atau alat musik tradisional. Kamu juga bisa berkreasi dengan teman yang bebas namun masih menggunakan unsur-unsur kemerdekaan Indonesia.?

 

2. Buat Rencana Dekorasi

Kedua, gambarkan seperti apa rencana dekorasi kelas yang kamu ekspektasikan. Buatlah sebuah sketsa atau rancangan dekorasi yang memuat penempatan bendera, hiasan gantung, atau letak dari backdrop serta tempat photobooth yang baik. Adakan pembagian tugas pada teman-temanmu juga ya supaya semuanya terurus dengan baik!

Eits, meskipun begitu janganlah lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran kas kelas yang dimiliki oleh kelasmu ya. Kalau dirasa kurang, akan lebih baik untuk menggunakan bahan-bahan yang sudah ada atau kurangi biaya hiasan yang sekiranya dibutuhkan hingga anggarannya mencukupi.

 

3. Gunakan Bahan yang Tepat

Terakhir, pastikan gunakan bahan yang tepat untuk membuat berbagai ide hiasan kelas 17 Agustus nanti! Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menggunakan kertas berwarna, bahan-bahan daur ulang, hingga aksesori tambahan untuk mempercantik tampilan kelas.?

 

Rekomendasi Buku tentang Ide Hiasan Kelas 17 Agustus

(Sumber foto: www.pexels.com)

Nah, itulah beberapa ide hiasan kelas 17 Agustus yang bisa menjadi inspirasimu dalam mendekorasi ruangan kelas. Kalau sobat Grameds masih bingung dengan cara menghias ataupun membuat hiasan-hiasan kelas di atas, ada baiknya nih kamu bisa cek-cek dulu rekomendasi buku tentang kerajinan tangan yang relevan di bawah ini!??

1. Yuk Membuat Hiasan Pintu Sendiri

Yuk Membuat Hiasan Pintu Sendiri

Hiasan adalah barang yang dipakai untuk menghiasi sesuatu, contoh: hiasan dinding,hiasan pintu, dan hiasan rumah. Arti lainnya dari hiasan adalah hasil menghias sesuatu.

Setiap orang tentunya mendambakan rumah yang apik dan indah. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memberi hiasan pada pintu sehingga tampilan lebih cantik dan menarik. Untuk semua itu tidak perlu harus membayar mahal. Hiasan pintu yang mahal kadang malah sering membuat tampilan pintu menjadi monoton dan membosankan, karena hanya itu itu saja. Hiasan pintu bisa dibuat sendiri dengan berbagai corak dan variasi dengan menggunakan bahan-bahan yang relatif murah.

“Untuk membuat hiasan pintu sendiri tidaklah sulit. Salah satunya bisa menggunakan eva foam art, karton, atau piring styrofoam. Sebagai pelengkap dan pemanis bisa menggunakan kain blacu, kertas warna, kain felt, pita, ataupun benang wol. Hiasan pintu bisa dibuat sesuai kegunaan atau pesan yang ingin ditonjolkan. Di sini kami sajikan buku Yuk Membuat Hiasan Pintu Sendiri yang terdiri dari 22 macam aneka hiasan pintu dengan berbagai bentuk. Dengan melihat indahnya hasil karya sendiri tentunya mempunyai kebanggaan tersendiri yang juga sekaligus bisa menjadi sumber ide dan bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan.”

 

2. Kreasi Daur Ulang

Kreasi Daur Ulang

Di sekitar rumah kita banyak sekali ditemukan barang-barang yang sudah tidak terpakai, dianggap sampah, dan tak berguna seperti botol plastik bekas air mineral, botol propolis, plastik kresek, tutup gelas plastik, kemasan mika, kertas-kertas, dus bekas tempat susu, stik bekas es krim, dan masih banyak lagi.. Alangkah sayangnya kalau kita buang begitu saja. Ternyata dari barang-barang tersebut bisa kita buat menjadi barang-barang cantik yang lebih bermanfaat dan layak jual.

Mendaur ulang berbagai macam sampah merupakan salah satu cara yang digunakan agar bumi tetap hijau dan asri. Proses daur ulang sampah dapat dimulai dari rumah sendiri dengan cara melakukan pemilahan berupa sampah organik dan non organik. Selanjutnya sampah ini diolah agar dapat digunakan kembali menjadi sesuatu yang berguna

Dengan berbekal kreatifitas dan ketekunan, sampah-sampah plastik dapat diolah menjadi berbagai macam benda unik dan mempesona. Bila hasil karya ini diperjualbelikan tidak menutup kemungkinan akan menjadi penghasilan tambahan yang menguntungkan.

Di buku ini kami membahas tentang bagaimana memanfaatkan barang-barang yang dianggap sampah menjadi benda yang cantik dan bermanfaat, seperti: Vas Unik, Vas Mini, Souvenir Mungil, Wadah Gantung Serbaguna, Kipas Cantik, Vas Bunga Cantik, Tempat Surat/ Tisu, Gantungan Kunci Cantik, Gantungan Kunci Kipas, Souvenir Magnet Kulkas, Laci Aksesoris, Tempat Kartu Gantung, Mantel Pot Tanaman, Pigura, Wadah Peralatan, Buket Bunga, dan lain lain. Disertai foto step by step sehingga memudahkan pembaca yang ingin mencoba. Semoga buku ini menjadi sumber inspirasi untuk Anda.

3. Yuk, Buat Kerajinan Kertas

Yuk, Buat Kerajinan Kertas

Dengan 20 proyek baru dan menyenangkan untuk dicoba, ini adalah pengantar yang ideal ke dalam hasta karya kertas untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas. Yuk, Buat Kerajinan Kertas menghadirkan instruksi dan pembahasan sebuah pembuatan karya melalui kerajinan kertas. Setiap instruksi dirangkum dengan sangat detail dan menarik. Bentuk karya dikemas dengan sangat kreatif sehingga dapat dijadikan sebuah wawasan untuk para pembaca.

Yuk, Buat Kerajinan Kertas adalah sebuah buku yang ditulis oleh Tansy Wilson. Buku ini cocok untuk anak-anak usia delapan tahun ke atas yang menyukai dunia kerajinan kertas. Di dalam buku ini, kamu akan menemukan 20 karya kerajinan yang bisa dibikin di rumah atau sekolah karena menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemui.

Buku yang terdiri dari 128 halaman ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan dengan jelas, lengkap dan detail sehingga mudah diikuti oleh anak-anak. Hasil karya kerajinannya juga ada berbagai macam bentuk, anak-anak bisa memilih sesuai dengan kesukaannya masing-masing. Orang tua bisa ikut mendampingi pekerjaan anak agar

Membuat kerajinan tangan merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, yaitu melatih sensor motorik, mengasah fokus, imajinasi, konsentrasi dan ketekunan sehingga harapannya nanti anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan kreatif.

 

Kesimpulan

Menghias kelas dalam rangka meramaikan hari kemerdekaan Indonesia ternyata bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri kita sendiri. Selain kelas jadi lebih meriah dan bermakna, pendekorasian kelas juga akan mengasah kreativitas kamu dalam membuat kerajinan tangan, lho.?

Nah, Grameds bisa dapatkan semua buku terkait beberapa panduan dan ide hiasan kelas 17 Agustus di atas dengan mudah dengan mengakses toko buku kesayanganmu di Gramedia.com! Jangan lupa juga untuk selalu mengecek halaman promo untuk mengetahui promo apa saja sih yang sedang berlaku di Gramedia.com? Happy crafting ya, Grameds!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu