in

Tips Feng Shui Rumah untuk Datangkan Hoki dan Bawa Rezeki

unsplash.com

Feng Shui rumah merupakan suatu kepercayaan, di mana ada suatu hubungan antara manusia dengan huniannya yang telah diyakini oleh sebagian besar orang, termasuk masyarakat China kuno sejak zaman dahulu.

Menurut kepercayaan, dengan menerapkan Feng Shui rumah, maka hunia yang ditinggali akan dapat membawa hidup sehat, kelancaran rezeki, karir yang baik, bahagia hingga hoki. Dalam penataan ruang, Feng Shui rumah bukanlah suatu hal yang asing atau baru lagi. Untuk mendatangkan keberuntungan atau hoki, berikut adalah Feng Shui rumah yang dapat Grameds terapkan di hunian Grameds.

Tentang Feng Shui Rumah

Feng Shui rumah merupakan sebuah ilmu mengenai topografi kuno yang berasal dari Tiongkok, ilmu Feng Shui tersebut menyakini bahwa ada hubungan antara manusia, langit serta bumi yang dapat dijalin dengan harmonis, apabila manusia mau menerima energi atau chi positif dan menghindari energi-energi negatif.

Kedua energi dalam ilmu Feng Shui tersebut, diyakini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor dari tata letak hunian seseorang. Oleh karena itu, sering kali Feng Shui sering dijadikan sebagai sebuah panduan dalam membangun tempat tinggal. Tujuannya agar para penghuni rumah tersebut, dapat hidup dengan sehat serta beruntung atau hoki.

Panduan Ilmu Feng Shui Rumah Untuk Datangkan Hoki

Feng Shui rumah dapat mengundang hoki bagi para penghuni di dalamnya, apabila diterapkan dengan panduang yang benar. Ketika membangun sebuah rumah, maka ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai inspirasi agar mampu membantu memperlancar rezeki atau mendatangkan hoki untuk para penghuni.

Sebagai inspirasi, berikut adalah panduan mengenai tata letak rumah sesuai dengan Feng Shui rumah agar mampu mendatangkan hoki dan bawa rezeki bagi para penghuni rumah tersebut. Berikut penjelasan mengenai panduan Feng Shui rumah.

1. Menggunakan warna yang mampu datangkan rezeki

unsplash.com

Menurut ilmu Feng Shui rumah yang dipercayai oleh masyarakat Tionghoa, warna emas mampu memberikan energi positif. Oleh karena itu, sering kali warna emas digunakan untuk melapisi tembok rumah, agar energi positif masuk serta mampu mendatangkan rezeki ke dalam rumah.

Warna emas sebagai cat tembok, tidak harus digunakan di seluruh dinding rumah. Warna emas dapat digunakan untuk memberikan akses khusus pada rumah. Contohnya seperti pada lekukan di tembok, atau alternatif lainnya.

Selain mengecat tembok dengan warna emas, warna emas juga dapat dihadirkan dengan menaruh dekorasi khusus di dalam rumah.

2. Meletakkan simbol rezeki di ruang tamu

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Dalam budaya China, binatang merupakan salah satu simbol yang kerap kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Binatang bahkan dijadikan sebagai simbol untuk mengelompokan Shio.

Binatang pun dapat menjadi salah satu simbol yang dipercaya mampu mendatangkan rezeki. Salah satunya adalah naga, yang memiliki kaitan dengan kelancaran rezeki.

Dalam ilmu Feng Shui, patung naga emas dapat menjadi salah satu simbol rezeki. Sehingga, apabila menempatkan simbol rezeki ini di area ruang tamu, maka dipercaya akan mendatangkan banyak rezeki ke dalam rumah untuk para penghuninya.

3. Membangun ruang terbuka yang luas, dengan perabotan minimalis

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Selain menghadirkan beberapa barang sebagai simbol kelancaran rezeki, hoki dan rezeki juga dapat didatangkan dengan membangun ruang terbuka yang luas di dalam rumah.

Selain ruang terbuka dan luas, ruangan tersebut juga harus minim dengan perabotan-perabotan. Maka, ruangan tersebut pun akan membuat para penghuni rumah lebih bebas bergerak, karena tidak dipenuhi oleh perabotan tertentu.

Selain itu, minimanya perabotan di dalam rumah maka akan membuat penghuni rumah lebih mudah dalam merawat barangnya. Di sisi lain, pemilik rumah juga dapat berhemat dengan tidak membeli barang terlalu banyak.

4. Menempatkan aliran air di dalam ruangan

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Dalam ilmu Feng Shui, air merupakan simbol dari kelancaran rezeki. Air juga menjadi salah satu dari lima elemen dasar dalam ilmu Feng Shui. Biasanya, untuk dapat mendatangkan hoki dan rezeki, simbol air dapat diletakan di ruang tengah maupun ruang tamu.

Grameds dapat menempatkan akuarium, maupun hiasan air yang mengalir akan mendatangkan hoki dan rezeki ke dalam rumah, sesuai dengan ilmu Feng Shui rumah. Di sisi lain, dekorasi air di dalam rumah juga mampu memberikan sentuhan natural. Sehingga, ruangan di rumah pun akan terasa lebih tenang karena suara dari gemericik air tersebut.

5. Memasang kaca di dalam ruangan

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Ketika ingin mendatangkan hoki dan rezeki ke dalam rumah, maka menempatkan kaca ke dalam rumah menjadi salah satu caranya. Pasalnya menurut ilmu Feng Shui, kaca maupun cermin yang ditempatkan di dalam ruangan dapat memancarkan energi positif serta membawa keberuntungan.

Ketika menempatkan cermin atau kaca di dalam rumah, maka energi positif pun banyak masuk. Di sisi lain, interior dengan kaca dapat membuat ruangan menjadi lebih dekoratif serta unik.

Adanya kaca atau cermin di dalam rumah, juga dapat membuat cahaya alami masuk lebih banyak, sehingga pada siang hari, rumah akan lebih menghemat listrik.

6. Membuat area kekayaan di suatu ruangan

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Dalam ilmu Feng Shui, ada tata letak atau posisi yang disebut dengan Xun. posisi Xun tersebut, berkaitan dengan kemakmuran serta kelimpahan. Untuk membuat area kekayaan di suatu ruangan, Grameds dapat berdiri di ambang pintung dengan menghadap ke dalam. Sudut paling kiri dari pintu tersebut, merupakan area kekayaan.

Cara untuk membuat area kekayaan atau mengaktifkannya adalah dengan menambahkan tanaman hijau yang hidup. Tanaman dalam ilmu Feng Shui rumah, mewakilkan elemen kayu yang memiliki kaitan dengan area Bagua. Tanaman pula melambangkan pertumbuhan serta sebuah awal yang baru.

Selain dengan tanaman hijau yang hidup, area kekayaan juga memiliki kaitan dengan warna ungu. Sehingga, area kekayaan tersebut dapat pula diaktifkan dengan memberikan aksen ungu atau memberikan hiasan ungu.

7. Merawat tanaman keberuntungan

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Tanaman hias yang ditaruh di dalam rumah, merupakan suatu hal yang baik dan dipercaya dapat mendatangkan hoki. Untuk mendatangkan hoki, Grameds dapat merawat tanaman hias berupa pile peperomioides atau Chinese Money Plant atau dikenal pula sebagai jade plant.

Dua tanaman hias tersebut, memiliki daun dengan bentuk yang menyerupai koin, sementara jade plant tampak seperti batu giok. Selain dua tanaman hias tersebut, ada pula pohon uang yang sering kali digunakan dalam Feng Shui untuk menyambut kelimpahan rezeki di dalam rumah.

Jenis-jenis tanaman hias tersebut, dapat menjadi pilihan untuk mendatangkan rezeki maupun hoki ke dalam rumah, sesuai dengan ilmu Feng Shui.

8. Cat pintu depan dengan warna merah

Feng Shui Rumah
unsplash.com

Pintu depan rumah merupakan bagian terpenting dari rumah sesuai dengan ilmu Feng Shui. melalui pintu depan rumah tersebut, maka energi baik serta peluang dapat menemukan para penghuni rumah.

Oleh karena itu, dalam ilmu Feng Shui rumah penting untuk membuat pintu depan tampak ramah sertang mengundang energi baik. Salah satu caranya, ialah dengan memiliki warna cat pintu depan yang mendukung, seperti warna merah.

Merah merupakan warna yang melambangkan keberuntungan dan warna yang dapat menawarkan perlindungan serta transformasi energi negatif menjadi positif.

Pintu depan dengan warna merah yang sangat mencolok, dipercaya dapat membawa banyak energi, peluang maupun perhatian ke arah penghuni rumah.

9. Menambahkan kristal citrine, sebagai dekorasi rumah

Feng Shui Rumah
Alibaba.com

Kristal citrine sering kali digunakan untuk mewujudkan kelimpahan maupun peluang serta menciptakan rasa percaya diri dan optimisme yang besar. Ketika bekerja dengan kelimpahan, maka untuk melihat bagaimana perasaan seseorang mengenai dirinya sendiri.

Selain itu, menumbuhkan rasa percaya diri maupun harga diri merupakan hal yang sangat penting, sebab dapat mendukung tujuan untuk memiliki kelimpahan materi.

Apabila ingin menambahkan kelimpahan rezeki tersebut ke dalam rumah, maka Grameds dapat menempatkan kristal citrine di area kekayaan, atau area lain di dalam rumah.

10. Menambahkan dekorasi katak uang

Feng Shui Rumah
thespruce.com

Katak uang merupakan simbol dari China yang sering kali digunakan dalam ilmu Feng Shui untuk mengundang kemakmuran maupun kelimpahan dalam hidup. Selain memiliki hubungan dengan kekayaan, dekorasi kata uang pun dapat menjadi simbol dari umur panjang serta kebijaksanaan.

Menurut cerita rakyat China, ada banyak cerita yang mengisahkan mengenai kata uang. Dalam kisah rakyat tersebut, konon katak tersebut menghasilkan koin dari mulutnya.

Karena cerita tersebut, katak uang pun dipercaya sebagai simbol yang dapat mendatangkan rezeki. Dalam ilmu Feng Shui pula, katak uang berwujud patung kecil seringkali ditempatkan di rumah.

Dipercaya, patung katak koin yang terbuat dari logam, batu maupun giok yang ditempatkan di permukaan rendah, tetapi tidak langsung mengenai lantai mampu mengundang hoki ke dalam rumah.

Apabila tertarik untuk memiliki hunian atau menata ruangan rumah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ilmu Feng Shui, maka buku satu ini yang berjudul “Rahasia Praktis Feng Shui Rumah Tinggal Ala Jenie Kumala Dewi” cocok untuk Grameds.

Buku ini menyajikan panduan praktis untuk menata ruangan serta memiliki hunian sesuai dengan ilmu Feng Shui yang mampu mendatangkan energi positif dan mengolah energi negatif dengan baik ke dalam rumah. Apabila tertarik untuk membaca dan memiliki buku ini, Grameds dapat membeli bukunya hanya di Gramedia.com.

Tata Letak Ruangan Sesuai Feng Shui Rumah

Feng Shui rumah yang dipercaya dapat mendatangkan hoki, diyakini pula karena dipengaruhi dengan tata letak ruangan. Berikut adalah beberapa tata letak ruangan sesuai dengan Feng Shui rumah yang dapat membawa hoki, serta mengolah energi negatif menjadi energi positif.

1. Kamar Mandi

Tata letak kamar mandi yang baik sesuai dengan ilmu Feng Shui rumah, merupakan kamar mandi dengan jarak yang jauh dari kamar tidur, dapur serta tempat ibadah yang ada di rumah.

Sebab, ketiga ruangan tersebut memiliki energi positif. Sehingga apabila di dekatnya ada kamar mandi, maka energi positif yang ada pada tiga ruangan pun akan tertutup dengan energi negatif.

Apabila energi positif tertutup energi negatif, tentu ruangan dalam rumah pun tidak akan membawa hoki pada penghuni rumah.

2. Pintu Depan

Pintu depan atau pintu utama merupakan tempat masuknya seluruh energi ke dalam rumah, baik itu energi positif maupun energi negatif. Oleh karena itu, pintu depan sebaiknya memiliki ukuran yang proporsional dengan ukuran rumah.

Tidak hanya memerhatikan ukuran saja, pintu depan juga harus langsung mengarah ke pintu belakang. Sebab, dalam ilmu Feng Shui rumah, apabila ada energi negatif yang masuk ke rumah, energi negatif tersebut bisa langsung keluar tanpa sempat mampir atau tinggal sebentar di dalam.

3. Kamar Tidur

Penempatan aturan kamar tidur sebaiknya tidak ditempatkan di atas garasi. Hal ini dikarenakan, kamar tidur yang berada di atas garasi maka akan memengaruhi energi positif di kamar tidur.

Namun secara logika, tata letak kamar tidur di atas garasi dapat membuat pemilik tidak nyaman. Entah karena bising dari kendaraan yang keluar masuk rumah, maupun polusi kendaraan yang bisa masuk ke dalam kamar.

Selain dilarang membangun kamar tidur di atas garasi, kamar tidur pun dilarang dibangun di loteng. Menurut Feng Shui rumah, membangun kamar tidur di loteng dapat berbahaya.

Di sisi lain, meskipun efesien kamar tidur di loteng rupanya dapat membuat ketinggian tuangan tidak proporsional, kondisi plafon akan lebih miring sehingga keseimbangan ruangan menjadi tidak baik.

Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki space khusus untuk membangun kamar tidur. Apabila membangun kamar tidur tanpa memerhatikan dua larangan tersebut, dikhawatirkan akan berakibat buruk pada Feng Shui rumah.

4. Dapur

Selain kamar tidur dan kamar mandi, tata letak dapur pun harus diperhatikan. Dalam ilmu Feng Shui rumah, dapur sebaiknya tidak berhadapan dengan kamar mandi. Hal ini dikarenakan kamar mandi merupakan ruangan tempat energi negatif berkumpul, sedangkan dapur adalah ruangan tempat energi positif hadir.

Sehingga apabila kedua ruangan tersebut berhadapan, maka energi positif yang ada di dapur dipercaya dapat tersedot atau tertutup dengan energi negatif yang berasal dari kamar mandi.

Selain itu, posisi dapur yang berdekatan dengan kamar mandi pun dinilai tidak nyaman untuk kegiatan memasak, atau dijadikan area makan.

5. Tangga

Untuk rumah yang memiliki dua lantai atau bertingkat, mak peletakan tangga di dalam rumah adalah hal penting menurut Feng Shui rumah. Dalam Feng Shui rumah, posisi tangga sebaiknya tidak berada di tengah-tengah ruangan.

Sebab apabila tangga ditempatkan di tengah ruangan, dipercaya bahwa tangga tersebut dapat membuat energi di dalam rumah tidak seimbang. Sedangkan, dari sisi interior tangga yang berada di tengah-tengah ruangan akan lebih memakan tempat serta dapat menghambat pergerakan dari orang-orang di dalamnya.

Menurut Feng Shui rumah, disarankan agar tidak membangun tanggan dengan sudut-sudut yang tajam. Sebab, bentuk tajam tersebut atau yang disebut pula dengan panah gelap dinilai membahayakan. Baik dari segi Feng Shui maupun keamanan, sudut tajam di dalam rumah, baik dari tangga maupun barang lainnya dapat membahayakan keselamatan para penghuni.

Itulah penjelasan mengenai pengertian Feng Shui rumah, panduan agar rumah memiliki aliran Feng Shui yang baik serta tata letak ruangan yang dapat mengolah energi positif lebih baik dan menghindari energi negatif.

Apabila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Feng Shui rumah, atau ilmu Feng Shui secara keseluruhan, Grameds bisa mengulik lebih dalam dengan membaca buku dengan topik Feng Shui yang tersedia di Gramedia.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku berkualitas dan original. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam
  2. Inspirasi Desain Pagar Tembok Minimalis 
  3. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya 
  4. Daftar Buku Desain Interior 2022 di Gramedia 
  5. Daftar Buku Desain Arsitektur 2022 di Gramedia 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda