in

Seberapa Sehat Camilan di Bioskop? Cari Tahu Faktanya

Sumber foto header: People.com

Seberapa Sehat Camilan di Bioskop? Cari Tahu Faktanya – Apakah kamu tergolong orang-orang yang suka menonton film di bioskop sambil mengunyah camilan dan menenggak minuman bersoda?

Jika iya, ada baiknya kamu introspeksi dan bertanya dalam hati: sehatkah itu semua?

Jangan sampai setiap keluar bioskop dan terpuaskan oleh film-film Indonesia maupun blockbuster Hollywood, kamu tidak juga sadar bahwa sebenarnya sedang memupuk berbagai calon penyakit di tubuh.

Soalnya, tidak semua makanan dan minuman yang kamu asup itu menyehatkan, baik yang dibeli di konter resmi bioskop ataupun selundupan dari foodcourt di mal.

Apalagi sejak jauh-jauh hari, Consumer Reports, sebuah organisasi nonprofit independen asal Amerika Serikat, telah mengingatkan tentang ancaman bahaya tersebut.

Pada 2012, institusi ini menguji kandungan nutrisi dari makanan-minuman (popcorn, nachos keju, minuman bersoda, pretzel rasa keju) yang dijual di tiga jaringan bioskop besar Amerika, yaitu AMC, National Amusements, dan Regal.

Hasilnya, satu porsi besar popcorn mentega dan minuman bersoda di bioskop setara dengan jumlah kalori yang semestinya dikonsumsi orang dewasa dalam satu hari.

Misalkan kamu memakan pretzel keju hasil selundupan dari gerai di luar bioskop, itu setara dengan setengah jumlah kalori yang kamu butuhkan dalam sehari.

Pretzel keju ini juga setara dengan setengah asupan lemak yang tubuh kamu butuhkan dalam sehari.

Seberapa Sehat Camilan di Bioskop? Cari Tahu Faktanya

Nah, sebagai panduan memilih makanan-minuman dalam bioskop dan supaya kamu tak perlu khawatir akan bikin tubuh sakit, ini dia rekomendasi kami.

1. Popcorn

popcorn-AmishCountryPopcorn
Boleh kok makan popcorn, asal jangan banyak-banyak. (Sumber foto: Amish Country Popcorn)

 

Ya, popcorn tetap masuk rekomendasi. Camilan ini sudah identik dengan aktivitas menonton film.

Popcorn pun sebenarnya mengandung beberapa antioksidan dan serat yang baik. Tapi ingat, pilihlah porsi popcorn yang paling kecil, itu pun tanpa pakai topping mentega atau garam.

Sebab, dua bahan ini bisa bikin timbunan kalori, karbohidrat, dan natrium tambah banyak di tubuh kamu, sehingga risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung pun jadi makin besar.

Meski harga popcorn ukuran sedang atau besar dibanderol tak terlalu jauh dengan ukuran terkecil, janganlah kamu ikuti hawa nafsu atau hitungan untung-rugi.

Soalnya, jika kamu membeli popcorn ukuran medium ketimbang yang kecil, maka kamu akan mengonsumsi 500 kalori lebih banyak dan asupan lemak jenuh yang sebetulnya kamu butuhkan untuk dua hari.

2. Hot dog

hotdog-TastingTable
Makan hot dog secukupnya bisa jadi penyelamat kamu kala kelaparan, asal jangan tambah minuman bersoda. (Sumber foto: TastingTable)

 

 

 

 

 

 

Buat kamu yang tidak sempat makan sebelum menonton film seru yang durasinya panjang, seperti Avengers: Endgame, karena takut ketinggalan adegan awal filmnya, jangan khawatir.

Sebab, gerai makanan di bioskop masih menyediakan hot dog. Makanan ini memang tergolong bukan makanan yang menyehatkan, karena kandungan sodium, kolesterol, dan nitratnya.

Namun, dibandingkan makanan lainnya, seperti sekotak permen dan cokelat, serta popcorn ukuran jumbo, hot dog masih lebih baik. Perusahaan bioskop di Amerika Serikat, semisal Regal mengklaim bahwa satu hot dog yang mereka jual mengandung 284 kalori dan 10 gram lemak.

Bandingkan dengan popcorn ber-topping mentega ukuran besar yang mengandung 1.200 kalori dan 60 gram lemak.

Kuncinya lagi-lagi ada di pilihan ukuran. Jangan sampai kamu tergiur dengan rayuan paket combo (tambahan minuman bersoda dan popcorn) atau paket hemat. Satu porsi saja sudah lebih dari cukup.

3. Air mineral

water-Brunswick-Mineral-Springs-Bed-and-Breakfast
Air adalah penetralisir untuk segala macam makanan. (Sumber foto: Brunswick Mineral Springs Bed and Breakfast)

 

Yang manis-manis memang lebih sedap ketimbang yang hambar. Makanya, banyak orang memilih minuman bersoda maupun manis, es teh manis dan sebagainya.

Apalagi, gerai-gerai makanan di bioskop lebih sering menawarkan paket combo atau hemat makanan (misal popcorn) plus minuman bersoda. Tak heran para penonton jadi tergiur. Padahal, popcorn lebih bisa dinetralisir dengan memperbanyak minum air mineral.

Ingatlah fakta ini: orang-orang yang menenggak minuman bersoda lebih berisiko terkena obesitas ketimbang para peminum air mineral; dan minuman yang mengandung pemanis buatan menjadi salah satu penyebab utama penyakit diabetes.

Dalam studi Consumer Reports pada 2012, minuman bersoda ukuran besar mengandung 384-696 kalori dan 96-174 gram gula (setara dengan 22-44 sendok teh).

4. Berbagilah dengan orang di sebelahmu

food-sharing-Stanford-Graduate-School-of-Business-Stanford-University
Berbagilah makanan ke teman dan kekasih yang kamu ajak menonton. (Sumber foto: Stanford-Graduate-School)

 

Toh, menonton film di bioskop termasuk aktivitas hiburan untuk menyenangkan hati. Bagi sebagian orang, tentu tak asyik menonton film action seru tanpa mengunyah snack. Apalagi jika menonton film bareng teman-teman.

Demi keseruan, sesekali tak ada salahnya kamu mengonsumsi makanan-makanan lezat yang tersedia di gerai dalam lobi bioskop. Saran kami: beli saja makanan-minuman yang ukuran terkecil atau ukuran besar untuk berbagi dengan teman maupun pasangan.

Lagi pula, terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda atau manis yang ukuran besar sendirian plus udara sejuk di dalam bioskop bisa bikin kandung kemih kamu cepat penuh. Tentu kamu tidak ingin bolak-balik ke toilet kan?

Nah, kalau kamu ingin lebih paham lagi soal makanan sehat supaya tidak asal pilih camilan dan minuman untuk disantap di bioskop, buku Zat Aditif Makanan: Manfaat dan Bahayanya yang ditulis Denny Indra Praja ini bisa jadi pegangan kamu.

Zat-Aditif-Makanan--Manfaat-dan-Bahayanya
Buku ini bisa jadi referensi kamu saat memilih makanan-minuman dari menu gerai di bioskop.

 



Atau, kalau kamu bosan dengan bioskop, menonton film di rumah pun jadi opsi yang asyik dan seru.

Bukan cuma karena kamu bisa bebas pilih film favorit, tapi juga kamu dapat membuat camilan dan minuman yang jauh lebih sehat dari isi dapur dan kulkas kamu.

Buku Hidangan Sehat: Smoothies karya Tabularasa ini pun bisa kamu jadikan panduan.

Selamat menonton, ya!

*Referensi artikel: Consumer Reports, Health.com, verywellfit.com


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien


Written by Angga Rulianto