in

6 Doa Untuk Anak Perempuan Agar Hidup Semakin Berkah

unsplash.com

Doa untuk Anak Perempuan – Zaman Jahiliah merupakan zaman di mana agama Islam memasuki masa paling gelap. Tidak ada satupun aturan yang ditetapkan oleh Allah SWT dipatuhi oleh umat-Nya. Justru, mereka melakukan berbagai macam hal yang berlawanan dengan ajaran-Nya.

Salah satu kelakuan terburuk yang dilakukan orang-orang, khususnya kaum laki-laki pada Zaman Jahiliah yaitu memperlakukan perempuan layaknya alat. Mereka tidak menganggap tinggi derajat perempuan, dan memperlakukan kaum perempuan semau mereka.

Mulai dari dijadikan budak dengan upah minimal dan perlakuan buruk sampai dimanfaatkan sebagai pemuas hawa nafsu, hal-hal tersebut sudah menjadi pemandangan biasa di masa itu. Lebih buruk, bayi-bayi yang diketahui memiliki jenis kelamin perempuan dibunuh karena dianggap sebagai beban keluarga.

Beruntungnya, setelah Nabi Muhammad SAW lahir dan diangkat menjadi Rasul, semua itu berubah. Derajat dan martabat perempuan yang sempat jatuh, berhasil diangkat seperti sedia kala. Berkat Rasulullah SAW lah, perempuan menjadi sosok yang wajib dihormati oleh tiap orang Islam.

Doa Untuk Anak Perempuan

Doa untuk Anak Perempuan
unsplash.com

Di era sekarang, anak perempuan akan selalu dijadikan kebanggaan keluarga. Doa untuk anak perempuan di keluarga tersebut tidak akan pernah berhenti mengalir. Pastinya, tidak ada seorang anggota keluarga pun yang ingin melihat anak perempuan kesayangan mereka tumbuh menjadi perempuan tanpa akhlak dan moral.

Bukan tidak mungkin ibu dan ayah dari anak perempuan ini akan membacakan doa untuk anak perempuan mereka, baik itu setelah selesai sholat, sebelum tidur, atau sebelum melakukan aktivitas lainnya. Semua ini bertujuan agar sang anak bisa tumbuh sebagai sosok yang bisa menjadi kebanggaan keluarga.

Anak perempuan yang begitu menyayangi keluarganya, juga pasti akan berusaha sebaik mungkin untuk menjawab doa dari orang tuanya. Dengan tekad, usaha dan doa baik dari orang tua atau dari diri sendiri, para anak perempuan ini pasti bisa mewujudkan harapan orang tua dan harapannya sendiri.

Tentunya, terdapat banyak doa untuk anak perempuan yang bisa dibacakan baik itu dari orang tua atau dari sang anak perempuan itu sendiri. Pada artikel kali ini, Grameds akan mempelajari setidaknya 6 doa untuk anak perempuan yang bisa dibacakan demi kelangsungan hidup anak yang lebih baik.

1. Doa Dijauhkan dari Maksiat

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: “Allahumma innaa nas alukat taubata wadawamaha, wa na’udzubika minal ma‘shiyati wa asbabihaa, wa dzakkirna bil khaufi minaa qabla huj?mi khatharatiha, wahmilhu alan najati minhaa wa minat tafakuri fi thara’iqiha, wamhu min quluina halawata majta bainahu minha, wastabdilha bil karahati laha wat tham haI li m? huwa bi dhiddih?.”

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu kami meminta pertobatan dan kelanggengannya. Kepada-Mu, kami berlindung dari maksiat dan sebab-sebabnya. Ingatkan kami agar takut kepada-Mu sebelum datang bahaya maksiat. Bawakan (kami) ketakutan itu untuk menyelamatkan (kami) dari maksiat dan dari pikiran di jalanan maksiat. Hapuskan kelezatan maksiat yang kami pilih dari hati (kami). Gantikan kenikmatan itu dengan rasa tidak suka dan keinginan terhadap lawanan maksiat.”

Perbuatan maksiat memang harus dihindari oleh setiap umat Muslim terlepas dari apapun latar belakang mereka. Tetapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa anak perempuan akan merasakan dampak yang lebih berat jika mereka secara sukarela melakukan maksiat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Salah satunya adalah fakta kalau mereka bisa hamil dan mau tidak mau harus mempersiapkan diri sebagai ibu. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mulai menghindari maksiat atau sekedar pemikiran untuk melakukan maksiat. Doa di atas, jika dibaca dengan tulus, diharapkan bisa menghindarkan kalian dari perbuatan negatif ini.

2. Doa Mendapat Keselamatan di Malam Hari

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: Yaa ardhu, rabbi wa rabbukillah. A‘udzu billahi min syarriki, wa syarri maa fiki, wa syarrima yadibbu ‘alaiki. A‘udzu billahi min asadin wa aswadin wa hayyati wa ‘aqrabin wa min syarri walidin wa ma walad wa min syarri sâkinil balad.

Artinya: “Hai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari kejahatan. Kejahatan barang yang ada padamu, kejahatan barang yang berjalan di atasmu. Aku berlindung kepada Allah dari macan, ular hitam, segala ular, kalajengking, dari kejahatan segala yang beranak dan yang diperanakkan, dan dari kejahatan yang berdiam di tempat ini.”

Situasi di malam hari yang gelap dan sepi memungkinkan oknum-oknum jahat untuk melakukan perbuatan negatif dan merugikan orang lain. Ketika waktu malam sudah tiba, orang-orang memang tidak disarankan untuk bepergian. Terlebih perempuan, yang sayangnya kerap menjadi korban kejahatan.

Jika ada di antara Grameds yang merupakan anak perempuan dan terpaksa untuk pergi di malam hari, kalian bisa membaca doa tersebut sebelum berangkat, di tengah perjalanan, dan ketika ingin pulang. Jika dibaca dengan serius dan khusyu, niscaya akan melindungi kalian dari kejahatan di malam hari.

3. Doa Menemukan Imam Penuntun Hidup

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal akhiroh.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah aku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan urusan akhirat.”

Suatu saat nanti, akan tiba waktunya di mana anak perempuan pada akhirnya akan mencari tempat tinggal baru dan mengikuti sang suami yang juga berperan sebagai imam penuntun hidup.

Oleh karena itu, anak perempuan sebaiknya mulai mempelajari sosok laki-laki mana yang mereka bisa jadikan sebagai suami. Jangan sampai kalian terbuai dengan rayuan laki-laki yang ternyata tidak bisa menuntun kalian ke jalan yang benar. Tetap selalu waspada, perhatikan sifat laki-laki tersebut, dan rajin membaca doa di atas agar Grameds yang merupakan anak perempuan tidak salah dalam memilih pasangan sehidup semati.

4. Doa Dilapangkan Dadanya

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: “Rabbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah untukku kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Tanpa mengecilkan kesulitan yang kaum laki-laki alami, perempuan juga memiliki kesulitan yang bahkan tidak akan pernah laki-laki bisa rasakan. Mulai dari siklus bulanan yang mempengaruhi badan, harus mengurus anak sambil mencari nafkah, hingga bersiap menerima omongan tidak enak dari orang-orang sekitar.

Ada perkataan yang menjelaskan bahwa perempuan memiliki hati lebih besar ketimbang laki-laki, dan hal ini bisa jadi benar adanya. Jika Grameds merupakan sosok perempuan yang sudah hampir berada di puncak kesabaran, cobalah baca doa di atas. Harapannya, kalian bisa diberikan kesabaran dan dilapangkan dadanya agar mampu melewati ujian sehari-hari.

5. Doa Diberikan Anak Sholeh dan Anak Sholehah

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: Allahumma bariklana fii aulaadinaa wa dzurriyyaatinâlaa wahfadzhum wa laaa tadlurrahum warzuqnâlaa birrahum

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di dalam anak-anak dan keturunan kami, jagalah mereka (dari segala kejelekan), jangan Engkau bahayakan mereka, dan berilah kami kebaikan mereka.”

Ketika laki-laki dan perempuan sudah menikah, akan datang waktunya di mana mereka sudah siap mendapatkan momongan dalam kehidupan mereka. Tentunya, tidak ada satupun orang tua yang ingin anak-anak mereka memiliki sifat jelek seperti tidak mau mendengar orang tua, suka bohong atau keras kepala.

Apalagi sosok perempuan yang sudah mengandung anak tersebut selama 9 bulan lamanya. Tentu saja dia ingin melihat anak yang lahir dari kandungannya sebagai sosok yang bisa dia banggakan. Membaca doa di atas diharapkan bisa membuat keturunan seseorang memiliki sifat sholeh dan sholehah.

6. Doa Agar Terlihat Cantik Luar dan Dalam

Doa untuk Anak Perempuan

Terjemahan: Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Dapat dipastikan tidak ada perempuan yang ingin terlihat jelek di hadapan orang lain. Namun, seluruh perempuan sudah tahu bahwa muka cantik tidaklah cukup. Diperlukan juga sifat dan akhlak yang sama cantiknya agar bisa menjalankan hidup sebaik dan semaksimal mungkin.

Doa di atas merupakan doa yang dahulu pernah dibaca oleh Nabi Yusuf A.S. ketika dirinya sedang bercermin. Dirinya berharap agar juga diberikan hati yang baik dan mulia untuk mendampingi wajah tampannya. Semoga saja, Grameds yang membaca doa ini, juga bisa terkabul keinginannya agar bisa cantik dari luar dan dalam.

Ciri-Ciri Perempuan Baik Menurut Agama Islam

Doa untuk Anak Perempuan
unsplash.com

Doa-doa di atas pastinya diharapkan akan diijabah oleh Allah SWT baik itu dalam waktu dekat atau jangka panjang. Tetapi, seharusnya Grameds yang beragama Islam sudah tahu bahwa Allah SWT hanya akan membalas doa dari hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa.

Lagipula, tidak akan ada untungnya jika menjawab dari orang-orang yang tidak memiliki iman atau taqwa. Bahkan, yang ada, orang-orang ini justru bisa menjadi lebih besar kepala dan semakin menjauh dari-Nya. Tentu saja sebagai Muslim atau Muslimah yang baik, peristiwa ini harus dihindari sejauh mungkin.

Pada sesi penutup ini, kita akan sama-sama mempelajari ciri-ciri perempuan baik menurut agama Islam. Grameds, khususnya kaum Muslimah, bisa melihat apakah kalian sudah termasuk ke dalam kategori kaum Muslimah baik atau belum.

1. Beriman Dan Bertaqwa

Ciri-ciri pertama seharusnya bukan hanya harus dimiliki oleh kaum Muslimah saja, melainkan laki-laki Muslim juga. Seorang Muslim atau Muslimah yang baik tentunya memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan selalu berusaha patuh terhadap perintah-Nya.

Keberadaan iman dan taqwa pada umat Muslim atau Muslimah yang mengaku beragama Islam tapi tidak memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT tidak akan bisa menerapkan apa yang diajarkan-Nya. Dalam kasus kaum Muslimah, mereka tidak akan menunjukkan ciri-ciri perempuan baik menurut agama Islam.

2. Patuh Terhadap Orang Tua Dan Suami

Anak kaum Muslimah yang baik akan berusaha semaksimal mungkin untuk mematuhi perintah orang tua mereka. Para kaum Muslimah ini paham betul bahwa ridho orang tua merupakan ridho Allah, sehingga mereka tidak akan berani membantah dan membangkang.

Ketika kaum Muslimah ini menikah, mereka akan patuh terhadap suami. Mereka akan menyerahkan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung suami dalam berumah tangga, dan tidak akan berusaha mempersulit pekerjaan suaminya.

3. Lemah Lembut Dan Tidak Kasar

Selanjutnya, kaum Muslimah yang baik menurut agama Islam akan menunjukkan perawakan lemah lembut dan tidak kasar terhadap sesama. Mereka memiliki kemampuan untuk tetap tenang dan bisa mengontrol emosi ketika situasi sedang panas.

Mereka tidak akan bersikap kasar seperti memukul atau menendang, atau melontarkan kata-kata kasar yang bisa menyakiti hati. Dan perlakuan ini tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang sudah dekat saja, melainkan juga dengan orang-orang lain yang belum mereka kenal.

4. Menutupi Aurat

Poin ini mungkin menjadi salah satu poin terpenting untuk mengetahui baik atau tidaknya kaum Muslimah menurut agama Islam. Ini dikarenakan menutup aurat merupakan satu hal yang kita bisa lihat dengan jelas. Perempuan yang tidak melindungi auratnya belum bisa dianggap sebagai perempuan baik menurut agama Islam.

Aurat perempuan sendiri dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tidak ada satupun bagian tubuh, kecuali wajah dan pergelangan tangan, yang diizinkan untuk terlihat. Untuk itulah kaum Muslimah diwajibkan untuk mengenakan hijab karena mereka harus menutupi salah satu aurat.

5. Bisa Menjaga Amanah

Terakhir, kaum Muslimah yang baik selalu bisa menjaga amanah. Tentunya hal ini juga tidak hanya berlaku bagi kaum Muslimah saja, melainkan juga kaum Muslim. Orang beragama Islam yang baik tidak akan pernah mengkhianati amanah yang diberikan orang lain kepadanya.

Misalnya, mereka tidak akan membuat janji yang mereka tidak bisa tepati. Justru, mereka sudah mengetahui batas-batas mana saja yang mereka bisa ikuti dan akan menepati janji yang mereka bisa tepati. Mereka juga akan selalu berusaha yang terbaik untuk memenuhi ekspektasi orang lain terhadap mereka.

Penjelasan di atas menutup artikel yang membahas mengenai doa untuk anak perempuan dan juga ciri-ciri Muslimah baik menurut agama Islam. Semoga saja setelah membaca artikel ini, keimanan dan ketaqwaan Grameds terhadap Allah SWT bisa meningkat.

Tentunya hal ini juga tidak hanya berlaku terhadap pembaca perempuan saja, melainkan juga pembaca laki-laki. Karena ingat, laki-laki juga nantinya akan memiliki tanggung jawab terhadap perempuan. Kalianlah yang akan membimbing mereka ketika sudah menikah nanti, sehingga tidak bisa berbuat seenaknya.

Sebagai penutup, terdapat sejumlah buku rekomendasi yang bisa Grameds, baik itu perempuan atau laki-laki, baca untuk menambah wawasan terkait Muslimah. Buku-buku tersebut adalah buku “Potret Perempuan Muslim Progresif Indonesia”, buku “Muslimah Gaul: Tahu Etika, Dong”, dan buku “Kumpulan Doa Bahagia Dunia Akhirat, Khusus Muslimah”.

 

 

Buku-buku tersebut bisa kalian temukan di situs Gramedia, #SahabatTanpaBatas, yaitu gramedia.com. Alangkah baiknya jika Grameds mempertahankan kebiasaan membaca, karena kalian selalu bisa mendapatkan informasi, wawasan, dan ilmu pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. Buku Shalawat, Doa & Dzikir Best Seller 
  2. Kumpulan Buku Dzikir Pagi dan Petang Best Seller
  3. Buku Islami Best Seller Terbaru Januari 2022 di Gramedia 
  4. Best Seller Buku Kisah Nabi Terbaru 2023 
  5. Doa Setelah Adzan, Arti, dan Keutamaannya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika