in

Cara Menjadi Pramugari: Syarat dan Tahap Seleksi

Cara Menjadi Pramugari: Syarat dan Tahap Seleksi – Pramugari adalah salah satu profesi yang ada di Indonesia. Profesi ini banyak diminati orang banyak orang. Tak heran, proses perekrutan pramugari selalu mencapai ribuan orang. Meskipun begitu, seleksi atau tes yang dilakukan untuk menjadi seorang pramugari tidaklah mudah. Seseorang harus melewati berbagai macam tes untuk menjadi seorang pramugari.

Artikel ini akan membahas mengenai profesi pramugari. Mulai dari syarat-syarat yang harus dipenuhi sampai tes yang harus dilewati untuk menjadi seorang pramugari.

Apa itu Pramugari?

Portrait of a flight attendant serving food and drinks in an airplane wearing a facemask during the COVID-19 pandemic

Pramugari adalah salah satu profesi yang ada di Indonesia. Pramugari umumnya mengarah untuk perempuan, sedangkan untuk laki-laki disebut sebagai pramugara. Pramugari adalah seorang staf atau karyawan di dalam suatu perusahaan pengangkutan atau transportasi umum. Baik di udara, darat maupun di laut.

Pramugari memiliki tugas untuk melayani penumpang. Selain itu, pramugari juga bertugas untuk menjaga atau mengatur situasi di dalam sebuah transportasi tersebut. Pramugari adalah profesi yang bekerja di pesawat udara, kereta api atau kapal laut.

Seorang pramugari harus bisa bekerja secara individu maupun secara tim. Pekerjaan pramugari biasanya diatur dalam shift, rute dan lama penerbangannya. Banyak skill-skill yang harus dikuasai seseorang yang ingin menjadi pramugari.

Baca juga: Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan

Tugas Pramugari

Female flight attendant closing the overhead luggage compartment lid after all passengers are seated and prepare to take off

1. Mengikuti Briefing

Hal pertama yang harus dilakukan seorang pramugari adalah mengikuti briefing bersama. Sebelum transportasi tersebut berjalan, pramugari harus ikut hadir serta mengikuti briefing. Briefing dilakukan untuk persiapan banyak hal, seperti keberangkatan.

Briefing yang dilakukan pramugari biasanya membahas mengenai rute perjalanan, lama perjalanan, kondisi cuaca pada saat itu dan kondisi dari transportasi yang akan berjalan. Selain itu, terkadang briefing juga akan membahas mengenai penyajian makanan dan minuman istimewa untuk penumpang. Penumpang yang mendapat perlakuan tambahan biasanya adalah penumpang yang masuk dalam kelas elite.

Briefing adalah langkah pertama yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Melalui briefing, tindakan-tindakan atau cara kerja akan dijelaskan. Briefing pada pramugari juga biasanya membahas mengenai prosedur darurat selama perjalanan berlangsung.

2. Mengontrol Boarding Pass

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang pramugari adalah mengontrol boarding pass. Pramugari memiliki tugas untuk memeriksa boarding pas. Seperti mencocokan nama dengan kartu identitas penumpang. Nama dengan kartu identitas harus sesuai dengan boarding pass penumpang.

3. Melayani Penumpang

Ini adalah salah satu tugas utama dari pramugari, yaitu melayani penumpang. Pramugari memiliki tugas untuk melayani penumpang dengan baik. Pelayanan tersebut dimulai sejak penumpang masuk. Pada saat penumpang masuk, pramugari harus memberikan salam dengan ramah sambal tersenyum. Selain itu pramugari juga bertugas menunjukkan posisi tempat duduk penumpang sesuai dari nomor reservasinya.

Ketika transportasi berjalan, pramugari juga bertugas untuk memberikan makan dan minum. Selain itu, menyiapkan atau menyediakan bantal dan selimut juga termasuk tugas dari pramugari. Banyak ragam pelayanan lain yang harus dilakukan oleh pramugari kepada penumpangnya. 

4. Mengontrol dan Menutup Pintu

Tugas lain dari pramugari adalah menutup pintu ketika transportasi hendak berangkat. Ketika sedang dalam perjalanan, pramugari juga bertugas untuk mengontrol pintu-pintu tersebut.

5. Mengontrol Keamanan

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh pramugari adalah mengontrol keamanan. Pramugari wajib melakukan kontrol penumpang sekaligus memastikan keselamatan dari penumpang. Seorang pramugari harus mengecek alat-alat yang ada di dalam transportasi tersebut. Seperti tabung oksigen, pemadam kebakaran dan pelampung. Selain itu, pramugari juga harus mengecek dan memastikan persediaan air dan makanan cukup selama perjalanan berlangsung.

banner-promo-gramedia

6. Membimbing Dalam Kondisi Darurat dan Memberi Instruksi Keamanan

Seorang pramugari akan memberikan sebuah instruksi keamanan. Instruksi keamanan tersebut akan dilakukan ketika jelang perjalanan akan dimulai. Salah satu contohnya seperti cara memakai sabuk pengaman. Pramugari juga akan menjelaskan ketika terjadi kondisi darurat.

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pramugari akan memberikan bimbingan kepada penumpang. Seperti jika cuaca sedang buruk, pramugari akan membantu untuk menenangkan para penumpang di dalam transportasi tersebut.

7. Bereaksi ketika Ada Masalah

Seorang pramugari harus memiliki kemampuan daya tangkap yang cepat serta dituntut untuk selalu tangga. Sehingga ketika transportasi tersebut mengalami masalah, maka pramugari harus siap dan sigap untuk mengatasi masalah tersebut.

Contohnya seperti pramugari pesawat. Ketika pesawat mengalami masalah seperti turbulensi, pramugari harus memiliki daya tanggap. Saat tekanan udara menurun, pramugari harus memberikan bimbingan pada para penumpang yang memerlukan bantuan.

8. Memberikan Pelayanan Spesial

Memberikan pelayanan spesial bukan berarti memilih penumpang untuk diberikan pelayanan. Namun, memberikan pelayanan sesuai dengan kelas dari transportasi tersebut. Selain itu, pramugari juga harus memberikan pelayanan spesial kepada penumpang yang masuk dalam kategori lansia.

Tidak hanya lansia, anak-anak, ibu hamil dan penumpang yang memiliki kebutuhan khusus juga perlu dilakukan dengan istimewa. Hal tersebut dilakukan supaya mereka merasa nyaman dan aman selama perjalanan berlangsung.

9. Wajib Mengisi Formulir dan Dokumen

Formular serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan juga menjadi tanggung jawab dari pramugari. Sebelum dan sesudah memulai perjalanan, pramugari harus mengurus masalah formulir dan dokumen.

10. Membantu Pilot Dan Co-Pilot

Tugas ini dibutuhkan pada pramugari pesawat udara. Seorang pramugari harus bisa membantu pilot dan co-pilot ketika terjadi suatu masalah di alat cockpit. Pramugari memiliki tugas untuk menjadi assist cockpit selama masa penerbangan. Terlebih jika penerbangan dalam skala internasional. Penerbangan skala internasional biasanya memerlukan waktu tempuh yang lebih lama dari biasanya.

Pramugari memiliki tugas untuk memastikan tugas safety oenerbangan. Contohnya seperti mengecek kondisi pilot dan co-pilot. Pengecekan tersebut akan dilakukan secara berkala.

Syarat-Syarat Menjadi Pramugari

1. Syarat Pendidikan Pramugari

Photo of three confident flight attendants walking against airplane in airport

Syarat pendidikan untuk pramugari adalah minimal lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Kejar Paket C, atau pendidikan-pendidikan yang setara dengan pendidikan tersebut.

Bagi Diploma D1, D3, D4 dan sarjana S1 juga dipersilakan untuk mendaftar asalkan memenuhi syarat yang diminta. Selain tingkatan pendidikan di atas, terdapat sekolah khusus atau pelatihan untuk para pramugari

2. Syarat Fisik Pramugari

Friendly flight attendant gesturing in an airplane

Pramugari juga memiliki syarat dalam hal fisik. Jika ingin mendaftar dan menjadi pramugari, terdapat beberapa syarat fisik yang harus dipenuhi oleh pelamar.

a. Tinggi Minimal 160 cm

Untuk menjadi seorang pramugari memang harus ada tinggi minimum yang dimiliki. Seorang pramugari harus memiliki tubuh yang tinggi. Tinggi minimal dari seorang pramugari adalah 160 cm.

Standar ketinggian yang ditetapkan bukan tanpa alasan. Tingginya tubuh pramugari dibutuhkan untuk melayani penumpang. Contohnya ketika para penumpang memasuki pesawat, pramugari bertugas membantu para penumpang untuk menyimpan barang-barangnya di kabin pesawat.

Selain itu, para pramugari juga memiliki tugas untuk mengecek penumpang apakah sudah sesuai dengan tempat duduknya. Kabin pesawat juga harus di cek apakah sudah tertutup dengan rapat. Inilah salah satu alasan mengapa seorang pramugari harus bertubuh tinggi.

b. Sehat Jasmani dan Rohani

Setiap profesi pekerjaan akan dituntut untuk sehat secara jasmani dan rohani. Hal ini juga berlaku bagi pramugari. Syarat fisik ini harus dipenuhi karena akan berkaitan dengan keselamatan bersama.

Terlebih pramugari adalah profesi yang bertugas untuk melayani penumpang. Maka dari itu, kesehatan secara jasmani dan rohani sangat penting bagi seorang pramugari. Pramugari yang sehat dan kuat akan bisa melayani para penumpang dengan maksimal, sehingga penumpang akan menjadi nyaman dalam perjalanan.

c. Bebas dari obat – obat terlarang

Seorang pramugari dilarang untuk mengkonsumsi obat-obat terlarang. Baik sebelum melakukan perjalanan, maupun setelah melakukan perjalanan. Obat-obatan terlarang akan mengganggu kinerja dari pramugari. Jika kinerja pramugari terganggu, maka perjalanan dan pelayanan untuk penumpang juga bisa terganggu dan menjadi tidak nyaman.

Selain obat-obatan terlarang, seorang pramugari juga dilarang mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol ketika ingin melakukan oenerbangan. Kedua barang ini adalah barang yang sengaja dilarang untuk dikonsumsi pramugari. Maka dari itu, untuk menjadi seorang pramugari yang profesional, diwajibkan untuk menghindari obat-obatan terlarang.

d. Tidak Memiliki Kekurangan Fisik

Seorang pramugari memang tidak boleh memiliki kekurangan fisik. Selain kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, seorang pramugari juga harus memiliki penampilan yang menarik. Kondisi inilah yang mengharuskan pramugari memiliki fisik yang lengkap. Faktor kekurangan fisik seperti adanya suatu kecacatan dan sejenisnya tidak dapat masuk menjadi pramugari.

banner-promo-gramedia

Kekurangan secara fisik adalah salah satu faktor yang membuat seseorang gagal menjadi pramugari. Contohnya seperti terdapat cacat pada tangan. Meskipun ada organ tiruan yang menggantikan, tetapi tetap saja hal itu tidak akan membuat orang tersebut dapat menjadi pramugari.

e. Memiliki Berat Badan Ideal

Seorang pramugari tidak harus memiliki tubuh langsing dan tinggi seperti para model. Akan tetapi, seorang pramugari dituntut untuk memiliki badan yang ideal. Badan yang ideal tersebut menyangkut tinggi yang ideal dan berat badan yang ideal. Kondisi berat badan yang ideal adalah salah satu syarat fisik yang wajib untuk menjadi pramugari.

 

Buku ini sedikit mengulas dan mengupas semua cerita Sukses Menjadi Pramugari. Di balik sukses menjadi Pramugari banyak sekali menyimpan rahasia yang semua orang tidak mengetahui. Mulai dari proses rekrutmennya, proses pendidikannya, pekerjaan pramugari saat berada di darat dan di dalam pesawat dan juga gajinya, fasilitas apa saja yang didapatkan oleh seorang Pramugari.

3. Syarat Kemampuan Pramugari

Beautiful air stewardess inside an airplane.

a. Berenang

Ada beberapa maskapai penerbangan yang mengharuskan pramugarinya memiliki keterampilan berenang. Hal ini diperlukan jika terjadi keadaan darurat yang tidak diinginkan. Keterampilan berenang yang dimiliki seorang pramugari setidaknya dari jarak 20 meter sampai 50 meter.

b. Bertahan hidup di hutan

Sama seperti keterampilan berenang. Seorang pramugari juga harus memiliki keterampilan bertahan hidup di tengah hutan. Hal ini juga membantu ketika mengalami keadaan yang tidak diinginkan. Seperti ketika sebuah pesawat yang terpaksa harus mendarat di tengah hutan. Keterampilan ini juga menjadi syarat di maskapai asal Brasil TAM Airlines. Mereka mengadakan pelatihan orientasi untuk para pegawainya.

c. Komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan yang terbilang wajib dimiliki oleh seorang pramugari. Seorang pramugari memiliki tugas untuk melayani penumpang. Maka dari itu, kemampuan komunikasi harus dimiliki oleh para pramugari.

Kemampuan komunikasi ini akan berguna ketika pekerjaan sedang berlangsung. Terlebih jika keadaan darurat. Jika seorang pramugari tidak dapat berkomunikasi saat keadaan darurat, maka keselamatan para penumpang akan terancam.

d. Kekuatan

Kekuatan yang dimaksud dalam hal ini adalah kekuatan fisik. Contohnya seorang pramugari pesawat yang memerlukan kekuatan untuk mengangkat barang-barang penumpang ke kabin pesawat ketika para penumpang membutuhkan bantuan.

e. Kerja tim

Seorang pramugari tidak bekerja secara sendiri di suatu transportasi. Maka dari itu, kerja sama tim sangat diperlukan ketika perjalanan berlangsung. Seorang pramugari harus memiliki kemampuan dalam hal kerja sama tim. Hal itu diperlukan demi perjalanan yang aman dan nyaman. Selain itu, kerja tim akan membuat perjalanan dari transportasi tersebut menjadi lancar. Maka penumpang akan merasa nyaman dan puas.

f. Daya tangkap yang cepat

Seorang pramugari harus memiliki daya tangkap yang cepat. Pramugari harus bisa melihat situasi sekelilingnya dan cepat mengambil tindakan. Contohnya seperti ada seorang penumpang yang sakit. Maka seorang pramugari harus mengambil bisa mengambil tindakan yang tepat.

 

Buku ini adalah pengenalan profesi pramugari bagi anak-anak. Profesi diceritakan dalam bentuk narasi bergambar dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna oleh anak-anak. Dalam buku ini diceritakan mengenai jenjang pendidikan apa saja yang harus ditempuh, apa saja spesialisasinya, suka dukanya, dan lain-lain.

Setelah selesai membaca buku ini, anak akan mendapatkan gambaran yang cukup lengkap mengenai profesi tersebut dan dapat menjadi salah satu alternatif pilihan kariernya kelak. Sangat direkomendasikan bagi anak-anak, guru, dan orang tua. Buku ini adalah salah satu dari banyak buku seri Aku Ingin Menjadi.

banner-promo-gramedia

3 Buku Yang Membantumu Menjadi Pramugari Cantik

(SERI PENGENALAN PROFESI) AKU INGIN MENJADI PRAMUGARI
(SERI PENGENALAN PROFESI) AKU INGIN MENJADI PRAMUGARI

tombol beli buku

 

Sukses Menjadi Pramugari
Sukses Menjadi Pramugari

tombol beli buku

Pramugari Guidebook
Pramugari Guidebook

tombol beli buku

 

 

 

 

Tahap Seleksi Pramugari

Singapore, Singapore – September 29, 2013: A group of Singapore Airlines (SIA) cabin crew arriving at Terminal 3, Changi Airport. SIA stewardesses are nicknamed “Singapore Girl” as part of the airline’s branding campaigns, and are easily recognisable by their traditional sarong kebaya uniforms.

Untuk menjadi seorang pramugari bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa tahaoan yang harus dilalui untuk menjadi seorang pramugari.

1. Tes Penampilan

Pada tes ini, penampilan akan dinilai. Seorang pramugari dituntut untuk selalu ramah dan tersenyum. Tes pada bagian ini meliputi tes tinggi badan, berat badan dan penampilan menggunakan make up. Selain itu, pada tahap ini akan ada tes mengenai gaya bicaranya. Cara berpakaian serta cara berjalan juga akan dinilai pada tahap ini.

2. Tes Psikologi

Tidak hanya memiliki penampilan menarik. Seorang pramugari juga harus sehat secara jasmani dan rohani. Psikotes ini adalah tes seperti tes psikologi lainnya. Selain psikotes, pada tahap ini juga akan diuji mengenai kemampuan dalam menggunakan bahasa inggris. Psikotes yang akan dilakukan berupa tes kepribadian, tes minat dan bakat serta tes menggambar.

Pada tahap ini, sering menjadi momok seseorang dalam mengikuti seleksi untuk menjadi pramugari. Banyak sekali peserta yang mendaftar kemudian gagal ketika mengikuti tes ini. Akibatnya tidak dapat melanjutkan pada tes berikutnya.

3. Tes Wawancara

Tahap selanjutnya adalah tahap wawancara bersama user. Pada tes ini, akan ditanyakan mengenai seberapa jauh peserta mengenal maskapai penerbangan yang ia lamar. Maka, disarankan sebelum melakukan wawancara peserta mencari info sebanyak banyaknya mengenai maskapai yang akan dilamar. Mempersiapkan pengetahuan dan pemahaman mengenai maskapai akan membantu ketika wawancara bersama user.

4. Tes Wawancara Kompetensi

Tidak hanya tes wawancara bersama user. Tahapan selanjutnya berupa tes wawancara kompetensi. Dalam tes wawancara ini, para peserta akan ditanya mengenai pengalaman pribadinya. Berdasarkan pengalaman tersebut, para interviewer dapat mengetahui kemampuan dari peserta. Sehingga mereka akan melihat apakah peserta tersebut layak untuk menjadi seorang pramugari atau tidak.

5. Tes Kesehatan

Tes ini adalah tes yang cukup penting, yaitu tes kesehatan. Pada tahap ini, seorang pramugari diwajibkan untuk sehat secara jasmani maupun sehat rohani. Setiap peserta yang lolos pada tahap ini akan melakukan tes kesehatan. Seperti tes ECG atau kesehatan jantung, tes mata, tes urin, tes paru-paru, tes pernapasan, tes gigi, tes pendengaran, tes kesehatan tulang dan berbagai tes lainnya yang diperlukan.

6. Tes Aspek Keamanan (Background Check)

Tahap selanjutnya yaitu tes mengenai aspek keamanan atau background check. Pada tahap ini, data-data dokumen akan diperiksa. Data-data tersebut meliputi KTP, Ijazah, surat keterangan izin orang tua diatas materai serta surat keterangan belum menikah.

Selain itu, pada tahap ini juga apa ada beberapa pertanyaan. Pertanyaan tersebut seputar wawasan negara. Seperti mengenai NKRI, undang-undang, pancasila dan sejenis lainnya.

7. Tes Pantuhir

Tahap selanjutnya adalah tes pantuhir. Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap yang menegangkan. Pasalnya, tes ini akan berlangsung dengan para jajaran direksi. Jajaran direksi tersebut langsung dari maskapai penerbangan yang akan dilamar. Akan ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para peserta peserta.

Itulah beberapa informasi mengenai pramugari. Temukan beragam informasi menarik lainnya mengenai pramugari di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

 

Ebook ini ditulis untuk mengungkap sebuah rahasia tentang dunia pramugari. Seluk beluk mengenai pekerjaannya, tugasnya, tanggung jawabnya, kesenangan dan tantangannya, serta bagaimana cara menggapai cita-cita untuk menjadi seorang pramugari. Ebook ini mengulas dan memaparkan secara lengkap mengenai 10 tahapan tes dalam sistem perekrutan untuk menjadi seorang pramugari, hingga persiapan dalam menghadapi penerbangan pertama.

Baca juga : 

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih