in

Bagaimana Cara Menang Giveaway? Ini Kiat dan Seluk-Beluknya

unsplash,com

Cara Menang Giveaway – Di era modern ini, giveaway jadi salah satu kegemaran dan rutinitas masyarakat, baik yang berdasarkan keberuntungan acak maupun kompetisi. Setiap harinya, kita pastinya kita akan melihat beberapa pengumuman giveaway kecil atau besar-besaran. Tak jarang pula kita memutuskan untuk turut serta.

Jika Grameds adalah orang yang suka bersaing, giveaway bisa jadi ajang yang tepat untuk sekaligus dapat keuntungan berupa hadiah. Utamanya, giveaway memanglah dijadikan sarana untuk bersenang-senang. Namun, hadiah yang ditawarkan juga sering menggiurkan hingga kita berharap-harap, bukan?

Bagaimana jadinya jika kita memahami “formula” dalam memenangkan giveaway? Tentunya akan sangat menguntungkan! Sayangnya, tentu tak ada formula khusus untuk memenangi setiap hadiah giveaway. Meski begitu, ada kiat-kiat dan cara menang giveaway yang bisa membuat kita lebih menonjol dan siap untuk menang.

Kiat-kiat ini sama sekali tak curang, patut dicoba. Sebelum itu, mari kita simak sama-sama tentang giveaway itu sendiri.

Apa Itu Giveaway?

Secara teknis, ketika mendengar istilah ‘giveaway’, kita akan menganggapnya sebagai pengundian ketika hadiah diberikan kepada peserta yang dipilih dari kumpulan peserta secara acak. Dalam hal ini, sebuah giveaway bersifat sebagai ‘undian’.

Sementara itu, giveaway secara artistik merujuk pada cara yang menyenangkan untuk meningkatkan jumlah audiens dalam suatu promosi. Tentu saja hal ini akan terjadi karena suatu merek akan bagi-bagi hadiah.

Perlu diingat, giveaway secara umum tidak memungut biaya bagi peserta dalam partisipasinya. Oleh sebab itu, kita tentu sering melihat tulisan “tidak dipungut biaya” atau “ditanggung pelaksana”.

Tujuan Giveaway dalam Marketing

Giveaway pastinya tak hanya menguntungkan bagi masyarakat umum, namun juga menjadi bagian dari strategi promosi dan pemasaran secara keseluruhan. Apa saja tujuan diadakannya giveaway? Berikut ulasannya:

1. Menambah Leads

Meski terlihat boros karena membagikan hadiah, giveaway nyatanya dilakukan untuk meningkatkan jumlah calon konsumen potensial alias leads.

Sebagai contoh, jika Grameds mengikuti giveaway karena tertarik dengan jenis barang yang ditawarkan dan harus me-mention tiga teman, maka Grameds dan teman-teman boleh jadi telah menjadi leads di waktu mendatang karena masuk dalam sasaran konsumen merek tersebut.

Adapun, dalam giveaway biasanya akan berkaitan dengan akun kita. Misal, kita akan komentar pada unggahan pelaksana giveaway dengan akun Instagram pribadi. Akun itu nantinya akan memudahkan bagian marketing untuk menghubungi kita kembali dan menawarkan produk.

Selain akun Instagram, kontak ini juga bisa termasuk email hingga nomor WhatsApp. Tentunya, kontak ini dikumpulkan sesuai yang tertera untuk menawarkan suatu produk di lain waktu, dan bukan suatu tindakan ilegal, Grameds!

2. Engagement

Meningkatkan engagement juga menjadi salah satu keuntungan giveaway dalam pemasaran. Mengapa bisa? Engagement sendiri merupakan adanya komunikasi antara usaha dan pelanggannya dengan tujuan menciptakan konsumen yang loyal. Jika engagement-nya baik, maka usaha tersebut jadi makin berkembang.

Hal ini karena merek akan menerima penilaian tentang produk mereka, sehingga dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan produk. Dari sisi konsumen, engagement yang baik menunjukkan kepercayaan pelanggan akan nilai yang ada.

3. Merk Makin Dikenal

Adanya giveaway yang menarik banyak orang untuk turut serta, pastinya juga akan menambah jumlah orang yang tahu mengenai adanya giveaway dan siapa penyelenggaranya. Dengan begitu, merek akan semakin dikenal secara luas.

Dikenalnya suatu merek pun tak hanya berdasarkan nama saja, melainkan termasuk pula bagian lain seperti logo, warna, tagline, dan sebagainya yang berkaitan dengan merek tersebut. Giveaway ini pun bisa meningkatkan kesadaran orang akan adanya merek.

4. Promosi Word of Mouth

Sebagai makhluk sosial, manusia pastinya sering berbincang mengenai berbagai hal satu sama lain. Hal ini termasuk juga tentang suatu barang atau giveaway. Saat Grameds membicarakan suatu giveaway dengan teman, secara tak langsung Grameds juga telah menerapkan promosi dari mulut ke mulut atau word of Mouth.

Jenis promosi ini barangkali terlihat kuno karena kini sudah ada berbagai alat untuk memasarkan produk di era digital. Namun, nyatanya tidak! 90 persen orang masih suka membeli barang yang direkomendasikan, baik melalui teman hingga review di media sosial.

Mengadakan giveaway juga akan meningkatkan promosi. Semakin banyak orang yang tahu dan ikut serta dalam giveaway, maka merek akan makin dikenal dan memperoleh kepercayaan publik.

5. Bisa Jadi Ajang Kolaborasi

Dua perusahaan yang berkolaborasi bisa mengadakan giveaway untuk promosi bagi keduanya. Hal ini karena giveaway bisa saja akan menyertakan hadiah berupa paket lengkap berisi produk keduanya.

Ajang ini adalah peluang bagus untuk menjangkau pelanggan mereka. Hubungan bisnis yang kuat dapat membantu meningkatkan rujukan dan secara keseluruhan akan membantu merek tumbuh lebih kuat.

Jika Grameds tertarik untuk mendalami lebih mengenai pemasaran selain dari ajang giveaway yang sangat menguntungkan ini, berikut rekomendasi dari Gramedia:

Cara Menang Giveaway

Cara Menang Giveaway

Jenis-Jenis Giveaway

Kali ini, mari kita bahas jenis giveaway yang sering terlihat, terutama di internet. Sebenarnya, apa saja jenis giveaway dan peruntukannya?

1. Giveaway Mandiri

Seperti namanya, giveaway mandiri atau self-giveaway adalah ajang yang diselenggarakan secara mandiri oleh suatu merek tertentu. Hal ini dimulai dari ketentuan, promosi, sampai hadiahnya. Secara umum, jenis giveaway ini biasanya dilakukan oleh pengusaha yang sudah mahir, punya banyak pelanggan, sampai memiliki anggaran pemasaran tersendiri.

Oleh sebab itulah, giveaway yang satu ini seringkali beragam, baik dari segi penyelenggaraan, syarat yang diminta, sampai hadiahnya. Biasanya, giveaway memiliki syarat berupa mengunggah di akun medsos atau follow akun penyelenggara.

Sementara untuk hadiahnya, giveaway mandiri biasanya akan memberikan produk berupa barang fisik maupun hadiah digital sesuai dengan jenis usahanya.

2. Giveaway Sponsor

Jenis giveaway yang satu ini berbeda sama sekali dari jenis pertama. Sebab, sponsor yang dimaksud berarti giveaway diselenggarakan oleh pihak ketiga yang biasa disebut host. Sementara itu, perusahaan hanya perlu membayar biaya jasa ke host. Hal ini tentunya akan memudahkan perusahaan karena seluruh rangkaian akan dipikirkan oleh pihak ketiga tersebut.

Bagi kita sebagai masyarakat umum, jenis giveaway semacam ini juga cukup menggiurkan karena umumnya diikuti oleh beberapa merek sekaligus. Bayangkan saja, giveaway akan makin tampak besar dan peluang kemenangan pun meningkat.

Giveaway Kekinian serba Digital

Segala yang kekinian pasti tak lepas dari pengaruh internet. Apalagi mengenai berbagai acara yang menguntungkan. Informasi pun meluas lewat media sosial dan makin menjangkau banyak orang. Makin mudah diakses, kita pun tak perlu sampai melakukan hal merepotkan hanya untuk menang giveaway!

Di masa ini, penyelenggaraan giveaway pun lebih transparan. Merk akan menawarkan hadiah tertentu dan kita sebagai calon konsumennya secara tak langsung akan melakukan kampanye ramai-ramai dan meriah. Jadi, siapa yang tidak tertarik mengikuti giveaway dan memenangkan hadiahnya?

Cara Menang Giveaway

Setelah mengetahui seluk-beluk giveaway, tak ada salahnya jika kita juga turut serta dalam ajang ini dengan mempersiapkan kiat-kiat tertentu. Jadi, peluang menang pun meningkat. Ingin tahu? Simak ulasan di bawah ini!

1. Temukan Giveaway yang Ramai Dikunjungi

Carilah akun atau situs-situs yang baru saja memulai yang belum banyak orang dengar. Akun-akun itu adalah tempat yang bagus guna meningkatkan peluang kita untuk menang. Meski umumnya masih menawarkan hadiah yang lebih kecil, peluang untuk menang masih cukup besar.

Sebagai contoh, jika Grameds suka mengikuti giveaway berhadiah buku, tentunya hadiah ini akan sangat berharga meskipun tidak semahal hadiah motor atau mobil. Terlebih, peluang untuk menang masih besar karena peminatnya lebih mengerucut.

2. Jangan Lupakan Aturannya

Seperti yang kita ketahui, setiap giveaway memiliki aturannya sendiri. Sayangnya, banyak orang yang lupa aturan atau tidak membacanya dengan baik. Selain membuang waktu, kita juga bisa mengalami kekecewaan besar jika memenangkan hadiah. Mengapa? Ini berarti Grameds akan otomatis didiskualifikasi jika ternyata tidak mengikuti aturan seperti semua peserta lainnya.

Jangan sampai situasi ini terjadi pada kita! Yang perlu dilakukan, tentunya adalah membaca lebih teliti mengenai deskripsi dan peraturan giveaway sebelum mendaftar. Janganlah terburu-buru dan terlalu ambisius untuk segera menyelesaikan kompetisi dan mendapatkan hadiah.

Tak hanya bisa membantu kita untuk menang, memperhatikan hal ini juga bisa menghemat tenaga dengan tidak melakukan yang tak diperlukan.Contohnya, Grameds tak perlu sampai menambahkan foto selfie di unggahan yang diminta jika penyelenggara giveaway tidak memintanya.

3. Hindari Kecurangan

Jangan mencoba untuk menggunakan cara curang. Ini adalah salah satu hal terburuk yang bisa kita lakukan saat mengikuti suatu giveaway. Bagaimana pun, giveaway juga merupakan suatu kompetisi, meski kadang tidak terlalu besar dan merepotkan.

Tak hanya merugikan orang lain yang seharusnya berhak, cara curang juga akan menjadi jebakan bagi diri kita sendiri. Misalnya, saat mengikuti giveaway dengan licik, penyelenggara ternyata sudah mewaspadai tindakan curang yang mungkin kita lakukan dan berhasil menghentikan kita. Lalu, apa yang akan terjadi?

Grameds mungkin saja akan dihapus secara permanen dari daftar peserta, diblokir, dan berbagai hal lainnya. Tentu saja, ini adalah risiko terbesar yang sangat tidak direkomendasikan. Jadi, cobalah untuk menjadi peserta yang adil dan hindari segala konsekuensi merugikan yang bisa terjadi.

4. Targetkan Bonus Sebanyak-Banyaknya

Selain giveaway biasa, kini banyak pula merek yang mengadakan giveaway dengan bonus untuk para pesertanya. Grameds, jangan anggap hal ini sepele dan mengabaikannya! Sebaiknya, gunakan peluang ini segera. Semakin banyak kita mengumpulkan bonus, makin baik pula peluang untuk memenangkan berbagai giveaway di masa mendatang.

Bonus ini biasanya terkait dengan berbagi unggahan, mention teman, berbagi dengan media sosial lain, dan berbagai hal. Kita hanya harus mendapatkan keuntungan dari adanya giveaway, dan bonus-bonus seperti ini dapat membantu untuk meraihnya.

Hal hebat lain yang perlu diingat adalah teman-teman kita. Bagaimana mereka bisa membantu? Selain bisa menyumbangkan bonus dengan mengikuti deskripsi kompetisi yang dipersyaratkan, mereka juga bisa melakukan beberapa bantuan lainnya. Hal ini mengacu pada rekomendasi.

Mintalah teman-teman untuk merekomendasikan kita atau sebaliknya, kitalah yang me-mention mereka untuk mengikuti suatu giveaway. Dengan begini, kita secara tak langsung telah membawa beberapa orang untuk tertarik ikut serta dan ini memperbesar peluang untuk “dilirik” oleh pihak penyelenggara. Namun, jika teman-teman tidak ingin melakukannya, ada banyak forum untuk menemukan orang lain yang bersedia.

5. Jangan Terlalu Ragu

Terkadang, kita sangat ingin memenangkan suatu giveaway tertentu sampai enggan untuk mencoba mengikuti yang lainnya. Tentunya, kita harus tetap berpikir realistis! Carilah giveaway lain secara objektif dan perhitungkan setiap peluang untuk menang, jangan membatasi diri untuk mencoba ikut giveaway yang sangat spesifik saja. Mengapa?

Sudah pasti, hal ini karena peluang kita minimal. Di antara sekian ratus atau sekian ribu peserta, peluang untuk menang pastilah sangat kecil. Jadi, lebih baik mencoba fokus untuk mendaftar berbagai giveaway sesuai dengan ketertarikan kita. Pastinya, tak mungkin hanya punya satu keinginan, bukan?

Saat menunggu pengumuman setelah mendaftar giveaway, rasanya akan sangat menyenangkan dan mendebarkan. Meski begitu, jangan hanya menunggu dan diam, cobalah melanjutkan untuk mendaftar giveaway selanjutnya. Ini akan lebih memotivasi dan membuat kita senang saat ternyata memenangkan hadiah.

6. Periksa Email atau DM secara Teratur

Jangan hanya sekadar mendaftar giveaway, kita tentunya juga harus memeriksa email atau DM (direct message) akun kita. Mengapa begitu? Sebab, beberapa giveaway meminta kita untuk mengonfirmasi keikutsertaan lewat perpesanan yang kita gunakan. Email dan DM ini akan berguna untuk menerima pengumuman hingga melihat tawaran giveaway lain.

Secara rinci, jika pengumuman dilakukan lewat email atau DM, penyelenggara biasanya akan memastikan apakah akun kita aktif dan bersedia menerima hadiah tersebut. Jika kita tak segera membalasnya, mereka akan segera mencari pemenang lain dan memberikan hadiah padanya. Sangat disayangkan, bukan?

Jadi, cobalah untuk selalu memantau email dan DM Grameds saat sedang mengikuti giveaway.

7. Jangan Lock Akun Media Sosial

Jika Grameds mengikuti suatu giveaway menggunakan akun yang dikunci alias locked account, penyelenggara akan kesulitan melihat komentar atau unggahan yang telah dibuat. Jadi, peluang untuk memenangkan giveaway pun sangat mengecil hingga rasanya tak mungkin.

Cobalah untuk membuat unggahan atau komentar yang kreatif dengan akun yang terbuka dan aktif, bahkan sebelum masa giveaway, Grameds!

8. Ikutan Giveaway Mendekati Batas Waktu

Ada banyak giveaway yang pemenangnya dipilih secara manual. Meski begitu, tak sedikit pula yang menggunakan aplikasi atau program tertentu untuk mengundi pemenang di antara banyaknya peserta.

Untuk membuat peluang menang giveaway yang lebih besar, kita bisa melaksanakan persyaratan giveaway mendekati batas waktu alias deadline-nya. Sebagai contoh, Grameds bisa mengunggah posting-an atau komentar satu jam sebelum event ditutup. Hal ini bisa memperbesar peluang aplikasi pengundi untuk melihat dan memilih akun kita sebagai pemenang giveaway!

Kesimpulan

Ternyata, mengikuti giveaway pun tak mesti terlalu santai dan berantakan, Grameds. Supaya lebih cepat menang, ada berbagai kiat yang perlu kita lakukan: seperti menyusun strategi giveaway apa saja yang ingin diikuti, tidak terlalu ragu ikut banyak giveaway, mencari peluang di acara yang masih sepi, dan berbagai usaha lainnya.

Meski begitu, jangan lupa bahwa giveaway adalah ajang berhadiah yang menyenangkan. Jangan sampai, kita keburu stres hanya karena kebingungan akan giveaway. Ingat pula bahwa kita tak boleh terlalu berharap dan ambisius.

Kita tahu bahwa giveaway adalah salah satu strategi promosi atas suatu brand, namun tak bisa dipisahkan terlalu jauh dari keberuntungan kita sebagai peserta. Jika Grameds tertarik mengetahui berbagai hal lain tentang pemikiran dan keberuntungan, percayakan pada sumber terpercaya seperti situs resmi atau buku! Melalui Gramedia, #SahabatTanpaBatas yang selalu ingin menyediakan buku terbaik, Grameds bisa mempercayakan pembelian buku marketing sesuai kebutuhan, baik secara on store atau online.

Cara Menang Giveaway

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Menang Giveaway

  1. Lead dalam Digital Marketing: Pengertian Hingga Cara Jitu Dapatkan Lead 
  2. Content Marketing: Pengertian, Bentuk, Kesalahan Umum
  3. Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya 
  4. Pengertian Digital Marketing dan 7 Kelebihannya
  5. Daftar Buku Digital Marketing Best Seller 2022 di Gramedia


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda