in ,

Daftar Brand Terkenal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia, Lho!

Good News from Indonesia

Brand Terkenal di Dunia – Ada banyak brand baru yang mulai bermunculan saat ini. Kebanyakan brand ini pun bersaing untuk menjadi brand terkenal di dunia. Ketika brand tersebut menjadi brand terkenal di dunia, maka tentu saja akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Sebab, akan ada banyak orang yang memiliki potensi untuk menjadi customer baru dan bahkan menjadi customer setia. Selain itu, umumnya brand terkenal di dunia menjadi brand populer, dan barang-barang yang diproduksi merupakan barang yang selalu trendy.

Nah, siapa saja brand terkenal di dunia ini? Berikut daftar brand terkenal di dunia yang bergerak di berbagai industri dan salah satunya ada brand yang berasal dari Indonesia.

10 Brand Terkenal di Dunia

Deretan brand terkenal di dunia tidak hanya diisi oleh brand-brand yang bergerak di industri fashion yang gemilang saja. Berikut daftar 10 brand terkenal di dunia tersebut yang diisi mulai dari pelaku industri gadget, otomotif, food and beverages, bahkan hingga pengembang aplikasi. Siapa saja brand yang masuk dalam list brand terkenal di dunia ini?

1. Nike

Brand Terkenal di Dunia
Pexels.com/Mnz

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan satu ini, perusahaan yang menjual sepatu, pakai serta aksesoris-aksesoris olahraga? Nike merupakan salah satu brand terkenal di dunia yang menghasilkan produk-produk fashion paling dikenal oleh masyarakat global, bahkan hingga berpuluh-puluh tahun, Nike juga menjadi brand yang memiliki top image di mata konsumen global.

Brand Nike didirikan oleh pendiri Nike yaitu Philip Knight, ia menciptakan Nike pada tahun 1964. Lalu pada tahun 1971, brand Nike pun mulai sukses dengan produk sepak bola yang banyak digemari oleh banyak masyarakat dari seluruh dunia.

Nike dikenal dengan ciri khas logonya yaitu yang terlihat seperti tanda centang, logo Nike tersebut diberi nama swoosh dan sangat melekat pada produk-produk yang diproduksi oleh Nike.

Selain karena logo dan produknya yang terkenal berkualitas dan trendy, Nike juga dikenal memiliki slogan yang cukup terkenal yaitu “Just Do It.” Hingga saat ini, Nike telah menjadi brand pelopor pakaian olahraga yang mendunia serta telah memiliki banyak artis, atlet maupun influencers yang berpengaruh untuk mempromosikan brand ini.

2. Apple

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Brand terkenal di dunia berikutnya adalah brand yang bergerak dalam industri produk-produk elektronik. Brand Apple memiliki branding yang exclusive, sehingga produk-produknya pun dikenal sebagai produk mahal dengan terobosan-terobosan baru.

Apple merupakan perusahaan asal Amerika yang sangat terkenal dan telah mendunia. Produk Apple yang cukup terkenal adalah iPhone, iPad, serta Macbook, selain itu brand Apple telah menjadi pionir bagi produk gadget.

Pendiri brand Apple, yaitu Steve Jobs memiliki perang yang cukup penting dalam kesuksesan seluruh produk Apple yang telah dipasarkan. Selain masuk dalam daftar list brand terkenal di dunia, Apple juga menjadi brand termahal di dunia.

Hal ini tentu tidak didapatkan oleh brand Apple secara cuma-cuma atau hanya keberuntungan belaka, sebab setiap memproduksi barang baru, Apple selalu mengedepankan inovasi dalam berbagai produk yang akan dipasarkan secara global. Selain itu, Apple juga turut memproduksi berbagai macam perangkat lunak maupun hardware yang canggih.

Sebagai brand termahal di dunia, Apple disebut-sebut tidak hanya menjual produk bagi konsumen, akan tetapi juga menjual gaya hidup yang dapat memberikan gambaran, bahwa siapapun yang menggunakan produk Apple, maka ia adalah orang yang berada di kelas. Sebab, Apple selalu mematok barang-barangnya dengan harga yang cukup tinggi.

3. Facebook

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Facebook merupakan salah satu platform sosial media yang paling terkenal hingga saat ini. Pendiri Facebook yaitu Mark Zuckerberg berhasil membuat Facebook sebagai salah satu sosial media yang mampu memiliki banyak pengguna serta memberikan banyak fitur yang dapat digunakan oleh siapapun dari berbagai kalangan.

Brand satu ini mulai dikenal dengan luas di seluruh dunia pada tahun 2006. Pada saat mulai terkenal, Facebook memiliki tampilan berbeda dari saat ini. Hal ini dikarenakan Facebook secara berkala telah melakukan update, mulai dari tampilannya hingga fitur-fitur yang disediakan untuk para pengguna.

Facebook saat ini telah menjadi raksasa sosial media, sebab brand terkenal di dunia satu ini berhasil melakukan akuisisi sosial media lain yang cukup terkenal, contohnya seperti WhatsApp serta Instagram.

Kedua media sosial tersebut, berhasil dikuasai oleh Facebook, setelah berhasil mengakuisisi dua media sosial besar, Mark Zuckerberg pun membuat grup Meta yang mengelola ketiga media sosial raksasa tersebut.

Tidak hanya mengakuisisi dua media sosial besar saja, Facebook bahkan semakin melebarkan sayangnya dengan memperkenalkan Metaverse pada dunia. Metaverse yang dikenalkan Facebook telah mendapatkan antusias besar dari masyarakat global, tidak terkecuali masyarakat di Indonesia.

4. Zara

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Brand fashion asal Spanyol yang didirikan oleh Pendiri Amancio Ortega, Zara merupakan brand terkenal di dunia dan menjadi salah satu perusahaan yang berhasil menguasai pasar fashion untuk konsumen kelas menengah.

Sebagai brand fashion, Zara menyediakan berbagai macam pakaian pria maupun wanita dengan harga yang cukup terjangkau. Di Indonesia, Zara menjadi salah satu brand yang produk-produknya banyak digemari oleh masyarakat.

Banyak outlet Zara yang mulai muncul di berbagai belahan dunia, sehingga hal ini menjadi suatu pertanda bahwa Zara adalah brand terkenal di dunia. Produk-produk yang dihasilkan oleh Zara ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya ialah produksi barang yang cepat atau fast fashion. Meskipun saat ini, fast fashion telah menuai banyak kritikan terutama dari para aktivis lingkungan, karena memiliki peran besar sebagai penyumbang sampah dan limbah terbanyak.

Sebagai brand yang memproduksi fast fashion, Zara mampu memproduksi kurang lebih 12,000 desain baru setiap tahunnya. Meskipun Zara menghasilkan fast fashion, akan tetapi desain dari produk Zara berbeda dari brand lainnya.

Desain produk fashion dari Zara telah disesuaikan dengan lokasi geografis dari para konsumennya. Sehingga, desain-desain tertentu biasanya ada pada suatu outlet di negara A, akan tetapi tidak ada di outlet negara B. dengan begitu, Zara pun tidak perlu melakukan branding ulang, akan tetapi bisa langsung menyasar konsumen yang tepat sesuai dengan keinginan perusahaan.

Zara dikenal sebagai sebuah brand yang tidak perlu banyak promosi, akan tetapi mampu menarik banyak konsumen untuk membelinya. Wah, ini adalah bukti lainnya bahwa Zara merupakan brand terkenal di dunia.

5. McDonald’s

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Selain Facebook yang berhasil menempati list brand terkenal dan termahal di dunia, McDonald’s merupakan brand yang memproduksi makanan-makanan fast food dan berhasil berada pada list brand termahal dan terkenal di dunia.

Kesuksesan dari brand makanan fast food satu ini menjadi salah satu pemicu, muncul brand-brand baru sebagai pesaingnya. Didirikan oleh McDonald bersaudara, McDonald’s berhasil meraup keuntungan hingga kurang lebih 6.025 miliar USD menurut catatan pada tahun 2019.

Sebagai brand fast food yang terkenal dan termahal di dunia, McDonald’s berhasil mendirikan 37.855 outlet di lebih dari 100 negara serta memiliki kurang lebih 1,7 juta karyawan.

Produk-produk yang dijual oleh McDonald’s di antaranya ialah hamburger, burger keju, ayam goreng, kentang goreng serta produk fast food lainnya yang umum dan beberapa dessert. Meskipun tidak jauh berbeda dari kebanyak restoran atau brand fast food lainnya, McDonald’s tetap melakukan inovasi yaitu dengan menjual beberapa menu musim yang berbeda di outlet McDonald’s satu dengan lainnya.

Seperti halnya Zara, di negara Jepang contohnya outlet McDonald’s di sana menjual dessert khusus yang khas dari Jepang, di Indonesia sendiri ada menu-menu nusantara yang ada pada musim-musim khusus saja.

Kesuksesan dari brand McDonald’s dinilai tidak bisa dikalahkan oleh brand fast food lainnya. Sebab, McDonald’s berhasil menghadirkan cita rasa yang khas untuk para konsumennya.

6. Rolex

Brand Terkenal di Dunia
Flickr

Memiliki image sebagai luxury brand, Rolex merupakan perusahaan pembuat jam tangan mewah asal Swiss. Konsep mewah yang dipakai oleh Rolex merupakan konsep mewah seperti yang dipakai oleh Vertu dalam ponsel genggam buatannya. Rolex menggunakan material perak, emas hingga kristal untuk jam tangannya.

Meskipun memiliki jam tangan mewah, Rolex disebut-sebut sebagai entry level untuk jam tangan luxury. Rolex memproduksi sparepart jam tangan yang dibuat dari material berkualitas serta bahan langka yang sulit untuk dicari di pasaran.

Pendiri Rolex yaitu Hans Wilsdorf serta Alfred Davis mendirikan brand ini di London pada tahun 1905, lalu pada tahun 1919 kedua pendirinya memindahkan basis operasi Rolex ke Jenewa, Swiss.

Dalam produksi model-model jam tangannya, Rolex disebut-sebut selalu melakukan inovasi pada setiap produknya. Selain itu, untuk menjaga image luxury yang telah melekat pada brand ini, Rolex pun selalu mengedepankan kemewahan serta kenyamanan pada setiap model jam tangan yang mereka produksi.

Rolex berhasil menjadi salah satu brand terkenal di dunia, salah satunya karena faktor dari para kolektor yang memiliki kegemaran mengoleksi jam-jam dari brand Rolex yang diproduksi pada awal tahun 90-an. Karena menjadi salah satu brand terkenal di dunia, barang-barang dari Rolex pun semakin memiliki harga jual yang cukup tinggi.

7. Toyota

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Toyota menjadi brand ketiga yang masuk dalam list brand termahal di dunia sekaligus brand terkenal di dunia. Toyota merupakan brand otomotif yang cukup legendaris serta telah mendunia, sebab kualitas pada produknya serta ragam tipe dan jenis barang yang diproduksi.

Brand otomotif satu ini berhasil laris di pasaran dan bahkan berhasil menyaingi brand-brand otomotif asal Eropa maupun Amerika yang terkenal lainnya. Toyota didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada September tahun 1933. Pada mulanya brand Toyota merupakan perusahaan yang memproduksi mesin tenun otomatis, perusahaan ini kemudian memproduksi otomotif, karena anak dari Kiichiro Toyoda tertarik dalam bidang tersebut.

Perusahaan otomotif yang berpusat di Aichi, Jepang ini saat ini telah berhasil menguasai pasar menengah ke atas dengan produksi mobil yang telah disesuaikan dengan pendapatan dari target pasarnya. Kesuksesan produk dari brand Toyota ini mampu bertahan hingga saat ini, bahkan ketika banyak brand otomotif lain mulai muncul.

8. Starbucks

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Sebagai brand terkenal di dunia, Starbucks sudah menjadi brand yang tidak asing di kalangan banyak orang, terutama bagi para pecinta kopi. Brand Starbucks merupakan brand asal Amerika yang memiliki julukan sebagai kopi mahal.

Karena mendapatkan label kopi mahal tersebut, mengkonsumsi kopi di Starbucks pun akhirnya dianggap sebagai sebuah gaya hidup yang harus dipenuhi, agar seseorang terlihat sebagai orang berada atau orang mampu.

Seperti halnya brand-brand terkenal di dunia lainnya, mendunianya nama Starbucks tentu bukanlah hal yang instan serta untung-untungan belaka dari para pendirinya.

Kedai-kedai Starbucks yang ada di bagian mana pun, umumnya memiliki konsep tempat yang nyaman. Sehingga banyak konsumen yang akhirnya betah untuk berlama-lama di setiap kedai Starbucks, selain itu beberapa kedai bahkan menyediakan wifi gratis yang menjadi salah satu fasilitas yang banyak dicari oleh konsumen.

Karena konsep kedai yang nyaman itulah, Starbucks pun menjadi brand yang merubah cara berpikir pemilik kedai kopi lainnya dalam melayani konsumen serta membuat kedainya. Munculnya Starbucks bahkan disebut-sebut sebagai game changer dalam dunia bisnis kopi.

9. Samsung

Brand Terkenal di Dunia
unsplash.com

Samsung menjadi brand keempat yang masuk dalam list brand termahal dan terkenal di dunia. Samsung juga menjadi brand yang bergerak di industri elektronik kedua setelah Apple yang berhasil masuk list brand terkenal dan termahal di dunia.

Meskipun sama-sama meraih label yang sama, Samsung berhasil bersaing dengan Apple dan mampu memproduksi barang-barang elektronik dengan kualitas yang sama baiknya.

Untuk kelas Android, brand Samsung merupakan raja yang berkuasa. Sebab brand ini tidak hanya mengandalkan produk ponsel saja, Samsung juga dikenal sebagai barang yang memproduksi produk elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, bahan kimia, rekayasa pesawat, keuangan hingga hiburan yang digunakan oleh konsumen di berbagai belahan dunia.

Samsung menjadi brand asal Asia yaitu Korea Selatan yang mampu mendapatkan banyak penghargaan serta menjadi brand yang telah mendunia bahkan telah menguasai pasar dunia.

10. Indomie

Brand Terkenal di Dunia
Pinterest.com

Brand terkenal di dunia lainnya adalah brand yang berasal dari Indonesia dan diproduksi oleh Indofood CBP, yaitu anak perusahaan dari Indofood asal Indonesia.

Sebagai brand yang memproduksi mie instan, Indomie telah berhasil menembus pasar dunia. Perusahaan yang menaungi brand Indomie yaitu Indofood telah berhasil menjadi produsen mie instan terbesar di dunia yang memiliki 16 pabrik serta 15 miliar paket Indomie yang diproduksi untuk setiap tahunnya.

Indomie telah mengekspor produknya ke lebih dari 60 negara di dunia. Pasar ekspor yang pertama dari brand ini di antaranya ialah Australia, Papua Nugini, Timor Leste, Taiwan, Arab Saudi dan negara-negara lain termasuk di Eropa, Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Selain diproduksi di Indonesia, Indomie juga telah diproduksi di Nigeria sejak tahun 1995, sehingga brand ini pun menjadi salah satu brand yang cukup populer, bahkan disebut-sebut Indomie menjadi salah satu makanan pokok di Nigeria. Selain di Indonesia dan Nigeria, Indofood juga memiliki pabrik pembuatan mie instan dengan brand Indomie terbesar di Afrika.

Sebagai brand terkenal di dunia, Indomie memiliki jargon yang terkenal dan mudah diingat oleh para konsumennya yaitu “Indomie Seleraku”, jargon ini juga tertera pada bungkus Indomie.

Itulah sepuluh brand terkenal di dunia yang berhasil menembus pasar internasional dan dikenal oleh masyarakat global. Beberapa brand yang masuk dalam list brand terkenal di dunia tidak hanya memasarkan produk yang mahal, tetapi juga produk yang menyasar masyarakat menengah ke bawah dan dapat dijangkau oleh siapa saja.

Apabila Grameds ingin mengetahui soal branding dan membuat produk Grameds atau brand Grameds menjadi brand yang terkenal, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Buku Tentang Branding/Membangun Merek Best Seller
  2. Pengertian Brand Awareness: Tolok Ukur, Tingkatan, Peran, dan Upayanya
  3. Pengertian & Contoh Personal Branding
  4. Content Marketing: Pengertian, Bentuk, Kesalahan Umum
  5. Daftar Buku Social Media Marketing 2022 di Gramedia
  6. Daftar Buku Digital Marketing Best Seller 2022 di Gramedia
  7. Cara Promosi Produk Online yang Efisien
  8. Mengenal Social Media Marketing dan Strategi Jitu Meningkatkan Promosi


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda