in

Apa Itu Backstreet Hubungan dalam Percintaan dan Tips Menjalaninya!

unsplash.com

Backstreet Hubungan – Pacaran backstreet merupakan jenis hubungan yang biasanya dirahasiakan dari orangtua pasangan. Pacaran jenis ini bisa dibilang sangat melelahkan, sebab kamu harus pandai mengatur strategi yang tepat agar tidak ketahuan oleh orang tua atau orang-orang di sekitarnya. Lalu apa penyebab hubungan tersebut harus dirahasiakan? Umumnya orang tua akan memberikan standar serta batasan umur bagi anaknya untuk menjalin suatu hubungan.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan hubungan backstreet? Grameds bisa temukan jawabannya pada artikel ini. Bukan hanya pengertiannya saja, tetapi tips mempertahankan hubungan backstreet dan dampak pacaran backstreet akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian Hubungan Backstreet

Pada awal tahun 2000-an, terdapat sejumlah istilah yang kerap dibahas dalam suatu hubungan percintaan. Meskipun menjadi salah satu istilah paling banyak dibicarakan, tetapi istilah ini kemudian sempat hilang, sehingga membuat generasi masa kini menjadi bingung dengan makna dari istilah tersebut.

Salah satu istilah percintaan itu adalah backstreet yang populer di awal tahun 2000-an. Setelah membahas tentang ghosting yang juga populer di awal tahun 2000-an, backstreet sendiri tak kalah menghebohkannya. Lalu apa makna dari kata backstreet itu sendiri?

Backstreet adalah suatu istilah singkat dari hubungan rahasia, artinya tentu saja tentang bagaimana seseorang kemudian merahasiakan sebuah hubungan agar hubungan tersebut tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pada masa lalu, biasanya orang melakukan backstreet dari orang tuanya karena kedua orang tua tidak setuju dengan hubungan si anak.

Mereka (sepasang kekasih) akan menjaga rapat-rapat hubungan tersebut agar tidak ketahuan. Bahkan, pada suatu tingkatan yang ekstrim, mereka akan menyembunyikan hubungan ini dari siapapun.

Mereka akan membatasi kebiasaan untuk saling sapa di media sosial yang umumnya dilakukan oleh pasangan lain agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan baik. Istilah ini sendiri sejalan juga dengan arti harfiah dari backstreet yang bermakna jalan atau gang belakang di mana umumnya jalan ini tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Pada dasarnya, backstreet sendiri akan sangat melelahkan bagi pasangan yang menjalaninya, karena mereka menjadi harus selalu waspada dan tidak dapat terbuka dengan orang lain. Mereka juga akan terkekang dan tidak dapat membagikan momen-momen bahagia yang telah mereka lalui.

Banyak orang berpendapat bahwa backstreet sebagai cara yang kurang baik dilakukan. Hal ini dikarenakan prinsip keterbukaan sendiri di dalam suatu hubungan percintaan adalah keutamaan. Selain itu, pasangan yang melakukan hubungan backstreet sendiri rentan terkena masalah karena mereka tidak dapat secara leluasa mencari solusi dari orang lain akibat hubungan yang disembunyikan tersebut.

Istilah ini sendiri memang seiring dengan berjalannya waktu akan memudar dan menjadi istilah yang kurang populer. Meski demikian, tetap tidak salah untuk mengetahuinya apalagi tentu masih banyak yang kurang paham mengenai istilah ini. Jadi apakah kamu sudah paham apa itu backstreet?

Alasan Mengapa Seseorang Menjalani Hubungan Backstreet

Backstreet Hubungan
unsplash.com

Menjalani hubungan yang dirahasiakan atau berpacaran secara diam-diam tentu bukan hal yang mudah. Bahkan, cara ini dapat membuat suatu hubungan menjadi sangat tidak nyaman jika dipertahankan terlalu lama. Lalu, alasan apa saja sebenarnya yang kemudian membuat pacar mengajak backstreet?

1. Aturan Keluarga

Bagi seseorang yang seharusnya serius dalam hal pendidikan serta fokus mengejar prestasi, pacaran kemudian menjadi satu hal yang dilarang keras oleh orang tua dari salah satu pihak. Hal ini kemudian dapat menjadi salah satu alasan yang membuat seseorang enggan untuk mengumumkan suatu hubungan, terutama kepada keluarganya.

Dengan menjalani hubungan backstreet, dia kemudian ingin patuh kepada orang tua dan mungkin juga saat ini masih berupaya untuk membuktikan kepada keluarga bahwa ia mampu membagi waktu dan tetap berprestasi meski telah memiliki pasangan.

2. Mempertahankan Persahabatan

Pacar atau sahabat merupakan dua pilihan yang sulit, jika kita dipaksa untuk dapat memilih di antara keduanya, maka seseorang bisa jadi merasa takut dan belum siap untuk kehilangan teman-teman terdekatnya karena suatu komitmen. Kondisi ini kemudian dapat menjadi jadi salah satu alasan mengapa seseorang menjalani suatu hubungan yang backstreet.

Sebagai orang baru yang dekat dengan pacar, kita juga membutuhkan waktu pendekatan untuk akrab dengan teman-teman atau sahabatnya? Semoga setelah ia lebih banyak melibatkan kita dalam lingkungannya, hubungan yang dijalani tidak lagi harus dilakukan secara backstreet atau sembunyi-sembunyi.

3. Menjauhkan Diri dari Perundungan

Backstreet sebenarnya menjadi hal yang cukup wajar dilakukan ketika pacaran dengan seseorang yang populer, mengapa begitu? Karena ada banyak perasaan pengagum yang perlu dijaga. Terpenting lagi, ia juga ingin menjaga kita (sepasang kekasih) agar tidak disakiti oleh orang-orang yang mengaguminya karena cemburu.

Selain itu, dilakukannya hubungan backstreet karena tidak ingin ada orang lain yang mengetahui tentang hubungan pacaran yang sedang dijalaninya. Dengan begitu, hubungan backstreet bisa jadi mencapai kebahagiaan dan menjadi langgeng.

4. Ada Orang Ketiga

Kita bukanlah satu-satunya orang yang ada di dalam hati pasangan atau orang yang sedang didekatinya. Dengan kata lain, dalam salah satu dari pasangan ada rasa dengan orang lain. Oleh sebab itu, untuk menutupi adanya orang ketiga ini, maka seseorang akan lebih menjalani hubungan secara backstreet.

Maka dari itu, adanya orang ketiga dalam sebuah hubungan bisa menjadi salah satu alasan dilakukannya hubungan backstreet. Bahkan, dengan adanya orang ketiga ini bisa saja, salah satu pihak akan dirugikan, sehingga bisa memunculkan rasa sakit yang mendalam.

Tips Langgeng Menjalani Hubungan Backstreet

1. Bedakan Antara Hubungan Sahabat dan ‘Hanya Kenal’ Belaka

Bagi seseorang yang ingin menjalani backstreet, sebaiknya bedakan antara hubungan sahabat dengan hanya kenal saja. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menemukan sahabat yang dapat menjaga kerahasiaannya. Dengan kata lain, jangan membicarakan pacar kamu dengan orang yang belum dipercayai.

2. Jaga Gaya Berpacaran Saat di Tempat Umum

Hindari bermesraan di manapun dan kapanpun, sehingga ketika sedang berjalan berduaan, harus lihat situasi dan kondisi saat ingin bermesraan. Jangan sampai dilihat oleh tukang gosip yang kemudian akan secara sukarela menyebarluaskan segalanya, sehingga hubungan backstreet jadi tidak langgeng.

3. Atur Waktu Komunikasi

Dalam menjalani hubungan komunikasi adalah hal yang penting termasuk hubungan backstreet, sehingga sangat diperlukan untuk mengatur waktu komunikasi. Komunikasi yang sudah ditentukan, sebaiknya dibuat secara rutin agar hubungan pacaran pun tetap terjalin dengan baik. Misalnya, melakukan komunikasi pada malam hari atau bisa juga berkomunikasi pada hari libur.

4. Bersabar Jika Janji yang Telah Dibuat Batal

Dalam berkomitmen tentunya kamu ingin menghabiskan waktu berdua dengannya, misalnya jika kalian sudah berjanji untuk pergi nonton bioskop di hari sabtu. Namun, pasanganmu malah pergi ke acara keluarga hingga acara kalian kemudian batal. Jika hal seperti itu terjadi dalam hubungan backstreet, maka haruslah bersabar.

5. Buat Kode Rahasia

Jika kamu sedang chat, kamu dan si dia dapat membuat kode rahasia seperti misalnya IMU untuk I Miss You agar ketika tidak sengaja terbaca oleh orang tua mereka tidak langsung mengetahui makna chat tersebut. Meski demikian, tetap beri perhatian kepada keluarga, hindari terlalu banyak senyam-senyum bermain handphone saat bersama dengan kedua orang tuamu di rumah. Sebab hal ini hanya akan memancing kecurigaan mereka.

6. Atur Frekuensi Bertemu

Jika tidak ingin dicurigai karena terlalu sering keluar rumah hingga malam hari, maka kamu dan si dia selayaknya tim dapat meluangkan waktu untuk saling temu kangen. Dengan setiap momen yang harus kalian manfaatkan dengan baik. Dengan kata lain, harus mengatur frekuensi bertemu agar hubunganmu dan si dia akan semakin erat, sehingga bisa saling merindukan satu sama lain dan terus menunggu hari-hari untuk bertemu.

7. Gunakan Namanya di Kontak Handphone dengan Nama-Nama Sahabatmu

Supaya ketika orang tua mengecek handphone tidak ada kecurigaan, maka kamu perlu mengganti nama pasangan dengan nama-nama sahabat. Dengan melakukan hal ini, maka kecurigaan orang tua akan berkurang, sehingga hubungan backstreet pun menjadi langgeng.

8. Siapkan Alasan

Ketika secara tidak sengaja akhirnya bertemu tetangga atau orangtua saat jalan bersama, tetaplah dalam keadaan tenang. Bukan hanya tenang saja, tetapi kamu harus bisa membuat alasan dengan cepat. Contohnya, katakan saja jika kamu sesungguhnya jalan bersama kawan lainnya, teman teman yang lain sedang ke toilet atau berpencar ke tempat lain.

Alasan lain yang bisa digunakan misalnya tidak sengaja bertemu. Utarakan segala alasan ini dengan tenang, dan jangan panik agar orang tua tidak mengetahui kalau kalian berbohong.

9. Berikan Hadiah Hanya yang Bermanfaat

Jika si dia kebetulan berulang tahun, agar tidak dicurigai oleh orang tuamu atau orang tuanya, hadiah termudah yang bisa kamu berikan adalah hadiah-hadiah yang bermanfaat. Misalnya, berikan dia peralatan menulis serta buku bacaan. Selain itu, hindari memberikan pernak-pernik yang terlalu sweet karena bisa memancing pikiran orang tua bahwa kalian sedang menjalin hubungan.

10. Saling Mendukung

Saling dukung untuk bertahan dengan kondisi yang tengah kalian jalani, yakinkan ia bahwa hubungan backstreet ini bisa menjadi hubungan resmi dan serius jika kalian cukup sabar dan menjalaninya dengan baik.

11. Rileks

Tips yang terakhir adalah rileks. Dalam hal ini, rileks dapat diartikan sebagai membangun kepercayaan, saling mengerti, dan bekerjasamalah layaknya tim yang kemudian akan membuat kalian menjadi lebih tenang. Selain itu, rasa cepat panik dan yakin bahwa semua ini akan terasa sulit.

Jika kalian menjalaninya sesuai keinginan hati, maka semua akan baik-baik saja. Siapa tahu beberapa tahun backstreet akan membuat kalian berdua menjadi pasangan seutuhnya di kemudian hari. Tetap semangat, dan saling mencintai satu sama lain ya!

Dampak Pacaran Backstreet

Meskipun pacaran backstreet bisa bertahan cukup lama, tetapi ternyata dibalik itu semua, pacaran backstreet juga memiliki dampak yang kurang baik, diantaranya:

1. Hubungan yang Dijalani Penuh dengan Kebohongan

Dalam menjalani pacaran backstreet, pastinya sepasang kekasih akan selalu berusaha untuk menutupi hubungannya. Untuk melakukan hal itu, maka sepasang kekasih akan berusaha dengan melakukan kebohongan secara berulang kali agar hubungannya tetap tidak diketahui oleh orang tua.

2. Hubungan Menjadi Tidak Tenang

Jika suatu hubungan sudah dipenuhi dengan kebohongan, maka hubungan pacaran menjadi tidak tenang. Jika hal ini terus terjadi, maka bisa membuat kamu menjadi was-was dalam menjalani hubungan pacaran.

3. Bisa Membuat Orang Tua Kecewa

Pacaran backstreet bisa juga membuat orang tua kecewa karena sudah sering membohonginya. Kekecewaan orang tua ini bisa membuat kamu merasa bersalah dan bimbang harus memilih orang tua atau kekasih. Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan hubungan backstreet.

4. Tidak ada yang Memberikan Nasihat

Dalam hubungan pacaran, pastinya tidak selamanya langgeng atau pasti akan ada masalah yang dihadapi. Jika ada suatu masalah, maka sepasang kekasih yang backstreet akan sulit untuk mendapatkan nasihat, sehingga masalah akan sulit untuk diselesaikan.

Demikian pembahasan tentang backstreet, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Grameds. Selain itu, Grameds bisa mencari buku tentang hubungan di gramedia.com. Jadikan hidupmu dengan #LebihDenganMembaca bersama Gramedia.

Buku Terkait Hubungan Backstreet

1. Jangan Membuat Masalah Kecil Dalam Hubungan Cinta Jadi Masalah Besar

Backstreet Hubungan

Sakit hati, amarah, rasa tidak aman, dan berbagai masalah sehari-hari bisa menyebabkan friksi, bahkan bagi pasangan yang paling berbahagia sekalipun. Bagi pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun hidup bersama, yang jadi masalah pada umumnya adalah masing-masing menjadi kurang menghargai dan tidak mencurahkan cukup energi untuk memelihara hubungan agar tetap menggairahkan.

Buku ini menunjukkan cara menjaga agar hubungan dengan pasangan tetap memiliki gairah yang membara, cara mencegah pertengkaran kecil berkembang menjadi besar, dan cara menghargai pasangan. Dalam seratus kiat yang ditulis dengan indah tapi sangat praktis ini, Richard dan Kris Carlson menunjukkan kepada kita cara untuk tidak memberikan reaksi berlebihan terhadap kritik dari orang yang kita cintai, cara melupakan dendam yang lama terpendam, cara untuk tidak mempedulikan kebiasaan aneh pasangan, dan cara untuk memilih berdamai tanpa menunjukkan kekesalan.

2. The Things You Can See Only When You Slow Down

Backstreet Hubungan

Buku terlaris berjuta-juta salinan kebijaksanaan spiritual tentang pentingnya melambat di dunia kita yang serba cepat, oleh penulis Buddhis Love for Imperfect Things, “Nasihat bijak tentang cara merenung dan memperlambat.” Elle Apakah dunia ini sibuk, atau apakah ini pikiran saya?

Dunia bergerak cepat, tetapi itu tidak berarti kita harus melakukannya. Panduan perhatian terlaris ini oleh Haemin Sunim (yang berarti “kebijaksanaan spontan”), seorang guru meditasi Buddhis terkenal yang lahir di Korea dan dididik di Amerika Serikat, menerangi jalan menuju kedamaian batin dan keseimbangan di tengah banyaknya tuntutan kehidupan sehari-hari.

Dengan menawarkan petunjuk jalan menuju kesejahteraan dan kebahagiaan di delapan bidang – termasuk hubungan, cinta, dan kerohanian – Haemin Sunim menekankan pentingnya menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang lain dan berbelas kasih serta memaafkan terhadap diri sendiri. Lebih dari dua puluh ilustrasi penuh warna yang menyertai ajarannya berfungsi sebagai selingan visual yang menenangkan, mendorong kami untuk memperhatikan bahwa ketika Anda melambat, dunia melambat bersama Anda.

3. Nunchi: Seni Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain – Rahasia Hidup Orang Lain

Backstreet Hubungan

Nunchi, indra keenam orang Korea untuk membaca keadaan dan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain, telah dipraktikkan selama lebih dari 5.000 tahun dan diyakini telah melambungkan Korea dari salah satu negara termiskin menjadi salah satu negara paling maju di dunia. Para orangtua di Korea percaya bahwa mengajarkan nunchi pada anak mereka sama pentingnya dengan mengajari anak mereka menyeberang jalan dengan selamat. Nunchi adalah suatu bentuk kecerdasan emosional yang dapat dipelajari siapa pun. Yang kita butuhkan hanyalah mata dan telinga untuk memperhatikan orang lain, bukan menonjolkan diri sendiri. Buku ini akan menunjukkan caranya.

4. Kita Terkadang, Ya, Begitulah

Backstreet Hubungan

Kadang kita merasa bahwa kita adalah orang yang paling malas membaca sampai suatu hari iseng-iseng kita masuk ke perpustakaan atau ke sebuah toko buku dan pulang dengan sebuah kantong terjinjing di tangan yang di dalamnya berisi beberapa antologi cerpen. Banyak lelaki yang acap merasa tidak membutuhkan apa-apa, namun ketika dia pergi ke pasar, pulang dengan entah apa-apa yang terisi dalam sejumlah kantong plastik yang desak-mendesak menggelayut di stang sepeda motornya.

Pertengahan bulan seorang ibu muda acap merasa dirinya miskin lantaran suaminya belum gajian, namun perasaan itu bergegas pergi saat seorang sales pakaian menggelar dagangannya di lantai ruang tamu. Terkadang kita, ya, begitulah seterusnya. Kecuali, kita sudah mengungsi ke gunung dan bertapa dalam goa sambil terus-menerus membangun ilusi tentang rasa bahwa kita tidak membutuhkan apa-apa lagi karena sudah berhasil melihat diri sebagai manusia setengah dewa.

Buku ini merangkum sejumlah perilaku ganjil manusia di sekeliling kita, (mungkin) termasuk kita sendiri, baik disadari maupun tidak. Banyak peristiwa konyol dan menggelitik yang jadi cerminan; ada kalanya membuat kita tersentak, tersenyum-senyum, lalu cekikikan sendiri. Sungguh buku ini menjadi bacaan cerdas yang inspiratif, menghibur, dan sekaligus mencerahkan.

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Cinta? Pengertian, Ciri, dan Makna
  2. 179 Kata-Kata Cinta Romantis Buat Pasangan, Pacar, Kekasih, Keluarga
  3. Kata Motivasi Cinta Singkat
  4. Pengertian Love Language & Cara Memahami Bahasa Cinta
  5. Macam Love Language untuk Meningkatkan Kemesraan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda