Environment

15+ Contoh Desain Kolam Ikan Minimalis

Written by Laeli Nur Azizah

Untuk Grameds yang merupakan salah satu pecinta hewan khususnya ikan pasti akan sangat mendambakan memiliki rumah dengan kolam ikan di halaman rumah. Hal itu tidak mengherankan apabila ada Grameds yang menginginkan hal tersebut. Penggunaan kolam ikan di depan rumah akan sangat menambah keindahan halaman rumah Grameds.

Selain untuk keindahan, penambahan kolam ikan minimalis di halaman depan rumah juga dapat menjadi salah satu upaya untuk Grameds yang menyukai gaya rumah yang tidak bersekat agar halaman rumah tampak luas dan lebih terlihat lega. Ada berbagai macam desain rumah yang meletakkan kolam ikan di depan halamannya. Ada model desain yang menggunakan banyak penggunaan kaca agar terkesan mewah serta dapat dijangkau oleh sinar matahari. Ada juga yang membuat model desain seperti kolam ikan minimalisnya berada di berbagai sudut rumah tersebut.

Dibandingkan dengan penggunaan akuarium yang jelas biasa saja dan terkesan memenuhi ruangan rumah, penggunaan kolam ikan minimalis di depan rumah lebih menguntungkan karena dapat memberikan suasana serta nyawa tersendiri pada bagian halaman depan rumah atau teras serta dengan tambahan suara percikan air yang dibuat oleh ikan dapat memberikan sensasi alam yang lebih besar ketimbang menggunakan akuarium. Penggunaan kolam di depan halaman rumah juga bisa memberikan pengalaman menikmati rumah tersendiri.

Sebelum Grameds memutuskan untuk memilih desain atau menggunakan kolam, ada hal-hal yang merupakan keutamaan dari konsep minimalis yang harus ada dalam penggunaan kolam ikan minimalis halaman rumah. Pastikan bahwa Grameds dapat menikmati kolam ikan minimalis tersebut dengan mudah setiap harinya, ya!
Penggunaan kolam ikan pastilah tidak luput dari berbagai desain yang ditawarkan. Grameds pastinya juga harus memperhatikan desain-desain minimalis yang ada dan mengetahui segala pertimbangannya sebelum memilih salah satu desain minimalis yang akan diterapkan di kolam ikan minimalis milik Grameds.

Ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan sebelum memilih desain yang cocok untuk kolam ikan minimalis halaman rumah Grameds, seperti keadaan rumah Grameds, budget yang Grameds miliki, kecocokan desain kolam dengan eksterior dari rumah Grameds, posisi peletakannya, tingkat minimalis yang Grameds tetapkan dan lain sebagainya. Jika semuanya sudah siap, kami akan memberikan beberapa saran desain kolam ikan depan rumah yang mungkin akan cocok dengan Grameds dan Grameds bisa menerapkan desain-desain ini.

Contoh Desain Kolam Ikan Minimalis di Depan Rumah

Ada beberapa contoh desain kolam ikan minimalis yang sangat cocok diterapkan pada halaman depan rumah Grameds, tentunya desain-desain ini hemat budget loh!

1. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Gaya Akuarium Rendah

Dengan menggunakan desain kolam ikan minimalis ini Grameds bisa menikmati pemandangan melihat ikan dengan gaya seperti akuarium besar yang ada di luar ruangan. Desain kolam ikan minimalis seperti ini selain bisa menambah nilai keindahan halaman rumah, ternyata juga memiliki beberapa keuntungan seperti, cara perawatan dan cara membersihkannya yang relatif lebih mudah. Desain satu ini sangat cocok untuk diletakkan pada lantai yang dapat menggantikan kegunaan serta fungsi dari dinding pembatas yang ada. Dalam penggunaan desain minimalis ini, Grameds hanya perlu menyisakan sedikit bagian untuk kolam ikan minimalis ini.

Desain kolam ikan minimalis yang pertama ini juga dapat memberikan kesan layaknya menonton televisi dalam saluran ikan hias, lo! Sangat unik bukan? Apakah Grameds tertarik dengan desain yang pertama ini?

2. Desain Populer Kolam Ikan Minimalis yang Dapat Mempercantik Rumah

Desain kolam ikan minimalis satu ini menjadi desain kolam ikan yang banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai desain minimalis. Bagaimana tidak? Desain kolam ikan satu ini memiliki ukuran yang kecil yakni hanya sebatas dibawah pinggang sehingga akan sangat cocok dinikmati ketika Grameds sedang bersantai dan duduk di tepian kolam ikan tersebut.

Grameds dapat menerapkan desain kolam ikan minimalis ini dengan catatan, Grameds harus tahu dulu berapa ukuran lahan yang tersedia untuk menerapkan desain kolam ikan satu ini. Akan jauh lebih baik lagi jika Grameds menambahkan tanaman hijau guna memperindang pemandangan yang ada agar terlihat lebih natural dan bisa menambahkan udara yang sejuk juga. Sangat minimalis bukan?

3. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Nuansa Alam

Desain ketiga ini menjadi desain kolam ikan yang menurut kami paling simple dan minimalis. Mengapa demikian? Karena desain ini hanya membutuhkan tambahan sedikit dekotasi yang terkesan alami dan tentunya tidak akan menguras banyak budget Grameds. Ada beberapa benda-benda yang wajib untuk dijadikan dekorasi pada kolam ikan minimalis ini, seperti pohon-pohon berukuran sedang, beberapa batu alam, pancuran air yang sederhana, dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut dapat menambah keindahan serta kerindangan dari kolam ikan yang Grameds buat.

4. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Gaya Etnik dikombinasikan dengan Kaca

Untuk desain yang satu ini, Grameds dapat memadukan sesuatu hal yang konkrit dengan kaca. Desain ini akan menyuguhkan pemandangan kolam ikan yang sangat minimali dibandingkan dengan jenis desain kolam ikan yang lain. Grameds akan dengan mudah melihat pemandangan dimana ikan akan bebas berlari kesana kemari dan melihat tarian yang mereka hasilkan hanya dengan melihat dari samping melalui kaca.

Selain itu, desain kolam ikan minimalis satu ini juga membawakan nuansa tradisional dengan menggiring aksen modern dalam rumah Grameds. Akan lebih indah lagi apabila Grameds menambahkan aksen lampu yang diletakkan dekat dengan kolam, sehingga Grameds dapat melihatnya bahkan saat malam hari telah tiba.

5. Desain Kolam Ikan Minimalis Berpadu dengan Kayu

Desain kolam ikan minimalis kelima ini merupakan desain kolam ikan yang terlihat simple tanpa disertai dengan banyaknya polesan yang ada pada desain ini. Adanya penambahan kayu ini dapat menambahkan kesan hangat pada sekeliling kolam ikan dengan desain ini.

Selain itu, desain ini menjadi desain yang dinilai tidak begitu merepotkan untuk diterapkan pada kolam ikan minimalis Grameds. Untuk menambahkan keindahannya agar tidak terlihat begitu sepi, Grameds dapat menambahkan beberapa dekorasi lain seperti dengan menambahkan furniture kendi yang berukuran besar dan masih banyak lagi. Dengan penambahan dekorasi tersebut, kami menjamin kolam ikan minimalis Grameds akan terlihat lebih indah dan tidak akan memberikan kesan membosankan sedikitpun. Simple bukan? Tertarik untuk menggunakan desain ini?

6. Desain Kolam Ikan dibawah Dek Kayu

Desain kolam ikan minimalis ini akan membawakan kesan kalua area tersebut terpisahkan oleh dek kayu kan Grameds? Padahal aslinya, kolam tersebut tidak dipisahkan dan hanya ditutupi oleh dek kayu diatasnya dan ikan dengan bebas berikan kesana kemari tanpa dibatasi oleh dekat apapun.

Dengan desain kolam ikan minimalis ini, Grameds dapat menciptakan sebuah ruang rahasia yang khusus digunakan untuk menikmati pemandangan hilir mudik ikan setiap harinya. Grameds bisa menambahkan dek kayu diatasnya dan tambahkan beberapa furniture seperti kursi atau sofa agar Grameds dapat menikmati pemandangan tersebut dengan waktu yang lama. Grameds dapat menikmati suasana dan memandangi ikan-ikan dari atas kolam. Asik bukan?

7. Desain Kolam Ikan Minimalis Berukuran Mini

Apabila Grameds sudah tidak memiliki tempat yang cukup untuk membuat sebuah kolam ikan, maka akan sangat pas jika Grameds menggunakan desain kolam ikan yang satu ini. Mengapa? Karena desain ini tidak memakan tempat yang banyak dan sangat-sangat mudah untuk membuatnya. Grameds hanya perlu membuat penyekat antar ruang yang ada, manfaatkan keramik yang ada dan tutup bagian yang menjadi tempat untuk menonton ikan menggunakan kaca.

Kolam ikan dengan desain ini sangat mini dan minimalis dimana ukurannya tidak ada satu meter tetapi membawakan suasana yang sangat sejuk untuk rumah Grameds. Tambahkan beberapa benda yang sesuai untuk menambahkan kesan keindahan pada kolam ikan minimalis ini. Bagaimana menarik bukan? Serta sangat minimalis dan simple.

8. Desain Kolam Ikan Minimalis Menggunakan Konsep Lingkaran Klasik

Desain ini sangat cocok untuk diletakkan pada halaman rumah, jika Grameds masih memiliki sisa tanah yang luas, Grameds bisa membangun kolam ikan dengan desain ini. Memiliki konsep utama dengan mengangkat bentuk kolam lingkaran akan sangat terlihat minimalis dan manis. Grameds bisa menambahkan beberapa ornament lain untuk mempercantik kolam ikan dengan desain ini. Tambahkan pula beberapa tanaman hias yang berukuran kecil, sehingga kolam terlihat seperti dikelilingi oleh benda-benda indah.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

9. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Konsep Efisien

Pada dasarnya, semua jenis kolam ikan dengan model minimalis kebanyakan berbentuk simetris mengikuti dengan bentuk dari suatu rumah tersebut. namun, untuk desain kolam ikan yang ini tidak mengikuti aturan dari dasar desain minimalis kolam ikan.

Kolam ikan minimalis dengan desain ini membuat posisi yang disejajarkan dengan dinding rumah tersebut, kola mini dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada. Jadi apabila kolam tidak berbentuk simetris maka itu bukanlah suatu masalah karena kolam ikan desain ini dapat membaur dengan baik.

10. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Menggabungkan Kedua Gaya

Desain kolam ikan ini juga bisa disebut dengan model raised atau yang dapat diartikan sebagai model yang naik ke permukaan dan digabungkan dengan kolam lainnya. Desain kolam ikan minimalis ini memiliki bentuk yang unik dan mencuri perhatian. Untuk membuatnya sendiri dinilai memang agak sulit dan tak mudah dicapai. Mengapa demikian? Karena dalam membuat kolam desain ini dibutuhkan teknik yang tepat dalam pembuatannya.

11. Desain Kolam Ikan Minimalis Berlekuk

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Apabila Grameds ingin memiliki kolam ikan minimalis dengan bentuk unik dan memiliki beberapa lekukan khusus, maka desain kolam ikan minimalis satu ini bisa kalian coba terapkan dengan bantuan dari tukang pembuat kolam ikan minimalis. Desain kolam ikan satu ini dapat disesuaikan dengan besarnya ruangan. Selain itu, Grameds juga memiliki potensi untuk dapat lebih berhemat serta mengatur budget yang sesuai dengan kantong Grameds.

12. Desain Kolam Ikan Minimalis yang Menyatu dengan Rumah

Diketahui bahwa desain kolam ikan minimalis ini tak bisa dipisahkan dari desain rumah itu sendiri. Grameds haruslah dapat mencocokkannya dengan desain rumah milik Grameds. Untuk desain kolam ikan minimalis ini berbentuk seperti panggung dan membaur baik dengan rumah. Dengan desain ini, Grameds tidak perlu menyisakan tempat lain untuk bersantai, Grameds hanya tinggal menambahkan kursi dan furniture lainnya.

13. Desain Kolam Ikan Minimalis yang Cocok untuk Sudut Rumah

Grameds bisa menggunakan desain kolam satu ini jika Grameds menginginkan kolam ikan minimalis yang bisa menghasilkan kesan rindang dalam rumah Grameds. Desain kolam ikan minimalis satu ini sangat cocok untuk dibangun di bagian sudut-sudut halaman rumah Grameds. Grameds bisa menambahkan beberapa item lain untuk menghidupkan desain kolam ikan satu ini. Saran dari kami untuk memperbanyak dekorasi yang membawa nuansa alam ke kolam ikan minimalis Grameds.

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan budget yang Grameds miliki ya!

14. Desain Kolam Ikan Minimali dengan Dekorasi Air Terjun Mini

Grameds dapat menambahkan akses air terjun mini yang akan memperindah desain dari kolam ikan minimalis. Adanya nuansa pancuran air yang jatuh diketahui akan menambah keindahan dari kolam ikan yang Grameds buat terutama untuk bagian bawahnya. Grameds bisa menggunakan inspirasi seperti model gambar yang kami gunakan di atas.

15. Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Model Raised

Akhir-akhir ini model raised kerap diperbincangkan dan menjadi salah satu dari sekian banyaknya desain kolam ikan minimalis yang menjadi tren saat ini. Desain kolam ikan minimalis satu ini cukup menyita perhatian public karena konsepnya yang unik, yakni menghadirkan sensasi baru dimana ada kolam ikan yang mengapung diatas kolam ikan lainnya.

Kolam ikan model raised ini memanfaatkan penggunaan pompa air yang dapat membuat akuarium dapat dialiri oleh air dengan kapasitas yang pas sesuai dengan yang dibutuhkan. Memang dalam pembuatannya, kolam ikan dengan desain ini terlihat rumit tapi akan sepadan dengan view yang disajikan.

16. Desain Kolam Ikan Minimalis Dekat Tembok

Apabila Grameds memiliki lahan tembok yang kosong, harap jangan sekali-kali Grameds anggurkan ya! Sisa tembok yang kosong tersebut bisa Grameds sulap sebagai kolam loh! Grameds hanya tinggal meletakkan beberapa tanaman hijau seperti sirih-sirihan di tembok atau dinding yang sisa tersebut. Lalu Grameds buatlah kolam kecil di bagian bawahnya. Ukuran sedang atau kecil saja dan tidak perlu besar-besar, terpentingnya adalah nyaman untuk ikan.

17. Desain Kolam Ikan Minimalis Model Tebing

Bagi Grameds yang mencintai model desain dengan gaya yang unik, Grameds bisa mencoba untuk menggabungkan batu batuan cantik yang sekiranya dapat dibentuk seperti tebing. Model kolam ikan dengan gaya tebing akan sangat cocok diterapkan pada lahan yang luas dan otomatis akan memberi kesan bagai sungai yang mengalir.

18. Desain Kolam Ikan Minimalis Memanfaatkan Lahan Luas

Jika Grameds memiliki lahan luas yang tidak terpakai di depan rumah dan memiliki ukuran yang sangat luas, sebaiknya Grameds manfaatkan sebagai kolam ikan minimalis dengan desain satu ini. Dengan lahan yang luas tersebut Grameds bisa menciptakan sebuah kolam mini yang minimalis. Grameds dapat menambahkan beberapa furniture lain seperti ayunan kayu, batu-batu hias, tanaman hidup atau pajangan, pijakan aesthetic yang mengarah ke kolam, dan masih banyak lagi.

19. Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Teras Mini

Tahukah Grameds? Bahwa teras dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kolam ikan minimalis yang indah dan mungil. Desain kolam ikan minimalis depan teras rumah yang mini ini dapat Grameds ciptakan dengan cara membuat bagian tengah teras menjadi berlubang lalu isilah dengan item-item kolam ikan yang diperlukan. Grameds bisa menambahkan beberapa dekorasi yang diperlukan untuk mempercantik kolam ikan tersebut.

Nah itu dia beberapa contoh desain kolam ikan minimalis yang dapat kami sajikan untuk Grameds. Banyak sekali bukan? Ada bermacam jenis desain yang dapat Grameds terapkan untuk kolam ikan minimalis Grameds di rumah!

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien