Sastra

Pengertian Plot Twist Hingga Cara Membuat-Nya dalam Sebuah Cerita!

Plot Twist adalah
Written by Ananda

Plot Twist adalah – Grameds pasti sering mendengar kata “Plot Twist” tapi apakah Grameds mengerti maksud dari kata tersebut? Jangan sampai salah mengartikan. Jika belum mengetahui artinya, jangan khawatir karena artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang Plot TwistYuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Plot Twist

Plot Twist adalah

unsplash.com

Plot twist merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Plot twist adalah adalah pelintiran alur atau pemutarbalikan alur dalam sebuah cerita. Dengan kata lain, adanya plot twist akan menghadirkan alur cerita yang tidak diduga-duga atau bahkan memberikan efek kejutan.

Pada dasarnya, kata plot twist terdiri dari dua kata, yaitu plot dan twist. Plot memiliki arti alur cerita dan twist berasal dari bahasa Inggris yang artinya melintir atau berputar.

Dalam hal ini contoh kalimatnya “Kalian ini siswa kelas 2 sungguh mengecewakan Ibu, nilai kalian dalam matematika merosot. Namun, walaupun merosot, ibu bangga karena sebagian dari teman-teman kalian mengharumkan nama sekolah kita dalam pertandingan sepakbola antar SMA se-Kabupaten.

Ketika merencanakan plot twist, seorang penulis akan dengan sengaja membuat sebuah detail yang menyesatkan, menggiring pembaca dengan mengira arahnya ke A, tetapi kenyataannya ke B. Selain itu, akan membuat pembaca menyangka penjahatnya A ternyata B atau membiarkan pembaca menduga ending-nya A ternyata B.

Plot twist berhasil jika pembaca terkejut, tak menduga, terperdaya, atau tertipu. Apakah Grameds masih bingung? Nah, plot twist sendiri terbagi menjadi beberapa kategori. Dilihat dari kemunculannya di akhir cerita, maka disebut twist ending. Apabila kemunculan di tengah cerita maka bisa disebut middle story plot twist. Jika dilihat dari jeda waktu pengungkapannya, maka terbagi menjadi Long Term Plot Twist dan Short Term Plot Twist.

Sajian plot twist adalah sebagai akhir yang membuat penonton atau audiens semakin tertarik atau dapat menjaga minat audiens. Tentu saja, plot twist tersebut dihadirkan agar menghasilkan akhir cerita atau ending yang bahagia atau happy ending atau akhir yang menyedihkan atau sad ending, tergantung bagaimana penulis tersebut membawa alur.

Bentuk dari plot yang disajikan pada bagian tersebut juga sering digunakan dalam kisah-kisah yang memiliki alur fiksi. Kandungan cerita di dalamnya adalah isi mengenai kejadian atau peristiwa yang arahnya diubah atau hasil plot yang telah dibangun dari awal cerita berubah sangat kontras. Cara tersebut dirancang untuk mengacaukan hal-hal dalam sebuah cerita yang penonton sudah mengetahui atau memahami ending atau akhirnya.

Bentuk Plot Twist dalam Cerita

Plot Twist adalah

pixabay.com

Fungsi adanya perubahan tersebut adalah sebagai cerita dengan melakukan upaya agar penonton atau pembaca terlibat di dalam emosi yang ingin disampaikan oleh penulis. Sejumlah penulis beberapa kali mencoba untuk memunculkan teknik plot twist pada pertengahan atau akhir film atau novel atau karya lain dengan tujuan agar karyanya mendapat kenangan abadi di benak penonton atau audiens.

Tidak berhenti pada plot twist saja, beberapa ahli mengungkapkan bahwa konsep twist ini dapat dikembangkan lebih, sehingga jadi double plot twist. Plot Twist dalam cerita memiliki beragam bentuk, berikut penjelasannya:

1. Pengungkapan

Plot twist dengan jenis pengungkapan atau anagnorisis memiliki ciri khas yaitu memberi informasi baru pada pembaca untuk dapat menciptakan suspense dan akhirnya menimbulkan atau memunculkan pertanyaan.

Biasanya, teknik plot twist ini akan menyebabkan adanya perubahan dari plot. Oleh karenanya, acap kali, alur anagnorisis atau pengungkapan ini memiliki karakter yakni mampu mendorong karakter untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak terduga sebelumnya.

2. Discovery

Bentuk selanjutnya adalah discovery. Plot discovery ini merupakan sebuah situasi yang mana aktor protagonis di dalam cerita sudah berhasil menemukan fakta yang mengejutkan dan tidak pernah ia duga sebelumnya. Biasanya, teknik penyampaian plot ini disertai gaya bahasa persuasif.

Oleh karenanya, pada plot twist discovery dapat diartikan dengan gaya bahasa yang digunakan. Selain itu, dalam alur discovery ini akan menggiring penonton atau audiens untuk dapat menyetujui pendapat dari karakter utama yang terdapat di dalam cerita tersebut.

3. Unreliable Narrator

Bentuk yang ketiga adalah unreliable narrator. Bentuk plot ini merupakan cara narator cerita dalam memanipulasi cerita dan mampu memberikan informasi yang menyesatkan kepada pembaca. Narator harus menyampaikannya dengan sangat hati-hati.

Biasanya, teknik ini digunakan agar penulis dalam menciptakan suspense atau membuat pembaca akan terus menebak-nebak jalan cerita yang diciptakan. Artinya, penulis akan membuat pembaca tidak berhenti membaca karena adanya twist yang disajikan tersebut.

4. Red Herring

Bentuk plot twist red herring ini merupakan alur yang mengalihkan atau memberi pengalihan atau perhatian dengan cara melakukan penyesatan kepada penonton atau audiens. Oleh karena itu, biasanya plot red herring ini akan menampilkan petunjuk yang salah di awal cerita agar penonton atau audiens terkecoh dulu.

Kategori Plot Twist

Setelah membahas tentang bentuk plot twist, maka kita juga perlu mengetahui tentang kategori plot twist. Pada dasarnya, kategori plot twist dibagi menjadi dua, yaitu long term dan short term. Long term plot twist adalah kategori plot twist yang memang sengaja untuk disimpan selama mungkin atau bahkan bisa sampai akhir cerita.
Sementara itu, short term adalah kategori plot twist yang akan diungkapkan dengan cepat atau tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya, short term plot twist bisa muncul di awal-awal atau di pertengahan cerita.

Plot twist yang sudah dirancang harus dikeluarkan di waktu yang tepat. Hal ini harus dilakukan agar tidak menghasilkan plot armor atau plot hole, sehingga penonton atau pembaca bisa menikmati akhir cerita yang seru hingga akhir.

Cara Membuat Plot Twist

Bagi Anda yang ingin membuat plot twist dalam sebuah cerita, berikut beberapa cara yang bisa digunakan atau bisa dijadikan sebagai referensi, yaitu:

1. Menghilangkan Karakter yang Cukup Penting

Jika Anda ingin menarik perhatian penonton, tentukan karakter yang tampaknya cukup penting (bahkan mungkin seseorang yang terlihat seperti karakter utama) dan bunuh mereka pada 1/5 bagian dari cerita Anda.

2. Memberikan Cerita Pada Karakter Anda

Daripada mendeskripsikan alur cerita utama menggunakan narasi, sebaiknya mintalah karakter protagonis Anda mengungkap fakta bahwa dia bukan seseorang yang mereka sangka-sangka. Bisa juga buat orang yang mereka anggap sudah mati masih hidup.

3. Meninggikan Karakter yang Terlihat Minor

Salah satu cara membuat plot twist yang baik adalah dengan membuat karakter yang kelihatannya sepele, tetapi ternyata menjadi tokoh atau karakter yang memiliki peran yang sangat penting.

Misalnya, seorang barista atau petugas kasir yang tampaknya tidak penting sebenarnya adalah mata-mata sepanjang waktu. Selain itu, bisa juga babysitter sebenarnya adalah ibu protagonis.

4. Buat Cerita Besar yang Membuat Rasa Penasaran

Jika Anda memasukkan alur cerita yang bagus di akhir film atau novel, jangan selesaikan ceritanya saat itu. Buat alur cerita yang memiliki konsekuensi ke depan (satu masalah lagi untuk diselesaikan oleh protagonis).

Jika kamu membuat film series, sebaiknya gunakan plot twist yang bisa membuat penonton penasaran untuk menonton episode series selanjutnya. Dengan kata lain, buat cerita series menggantung.

5. Pastikan Alur Cerita

Terakhir, lakukan pengecekan terhadap alur cerita apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau merasa masih ada yang perlu diperbaiki. Dengan begitu, alur cerita bisa menjadi lebih baik.

Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik

Setelah kita mengetahui apa itu plot twist, tentu kita juga harus menonton film dengan plot twist terbaik. Berikut ini rekomendasi film dengan plot twist terbaik:

1. Zodiac

Plot Twist adalah

IMDb

Rekomendasi film teka-teki yang pertama yaitu berjudul Zodiac. Film Zodiac dirilis pada tahun 2007. Film ini menyajikan kisah seru dibalik kasus pembunuhan. Selain itu, yang lebih menegangkan lagi ternyata film ini diadaptasi dari kisah nyata pembunuhan di San Francisco pada tahun 1960 sampai 1970 silam.

Film Zodiac berkisah mengenai pengungkapkan misteri pada kasus pembunuhan oleh seorang pelaku yang menyebut dirinya dengan Zodiac. Setiap aksi pembunuhan yang dilakukan, Zodiac ini seringkali mengirimkan kode-kode misterius sebagai petunjuk kebrutalan aksinya.

Robert Graysmith seorang seniman ini melihat kode rahasia yang dikirim oleh pembunuh Zodiac melalui surat kabar. Dirinya kemudian tertarik untuk mengungkap kasus pembunuhan tersebut bersama Paul Avery, seorang reporter. Dengan berbekal kode-kode rahasia yang dikirimkan pelaku, keduanya berusaha memecahkan kasus tersebut untuk mengungkap identitas asli Zodiac.

2. Salvation

Plot Twist adalah

IMDb

Salvation menjadi rekomendasi film selanjutnya. Film ini dirilis pada tahun 2021 yang diperankan oleh sejumlah bintang ternama di Korea Selatan. Film Salvation berkisah mengenai seorang detektif yang berusaha mengungkap kasus bunuh diri seorang bernama Jin Sook.

Choi Seok Jae, seorang detektif merasakan ada kejanggalan dibalik kematian Jin Sook yang disebut karena bunuh diri. Mayatnya kala itu ditemukan di danau. Karena itulah sang detektif berusaha menemukan fakta dibalik kematian Jin Sook.

Namun, suatu malam dirinya mengalami kecelakaan dan ketika bangun tiba-tiba terkejut sudah berada di aula dengan ritual aneh. Choi Seok Jae kemudian menemukan fakta untuk mengungkap kematian wanita yang ia selidiki termasuk mengenai ritual misterius yang digelar oleh sejumlah orang.

3. Badla

Plot Twist adalah

Movreak

Film Badla ini menceritakan tentang pembunuhan misterius yang belum terpecahkan dari seorang pria. Pengusaha wanita yang ternyata merupakan selingkuhannya dituding sebagai pembunuhnya.

Ia pun menyewa pengacara terkenal bernama Badal Gupta untuk menyelesaikan kasusnya. Badal Gupta pun menemukan fakta lain soal hilangnya pemuda bersamaan dengan kematian misterius pria sebelumnya. Film ini akan menjadi salah satu film dengan banyak misteri dan plot twist yang tidak akan pernah kalian bayangkan sebelumnya.

4. Children

Plot Twist adalah

IMDb

Film dari Korea Selatan berjudul Children ini dirilis pada tahun 2011 yang memiliki genre crime dan thriller. Film ini diperankan oleh sejumlah bintang senior populer seperti Dong-il Sung, Seung Ryong Ryu, Kim Yeo-jin dan sebagainya.

Film Children berkisah mengenai hilangnya lima orang anak di Gunung Waryong sejak tahun 1991 silam. Usai belasan tahun, ditemukan tulang yang ternyata memiliki identitas para anak yang hilang. Kemudian, para detektif berusaha mengungkap kasus dibalik kematian anak-anak tersebut.

Apalagi sebelumnya ditemukan kejanggalan saat ada pemuda misterius yang juga pergi ke gunung ketika para anak tersebut dinyatakan hilang. Film Children ini bahkan didasarkan pada kisah nyata kasus pembunuhan yang belum terungkap.

5. Ugly

Plot Twist adalah

TVTropes

Film UGLY rilis pada tahun 2013. Film ini akan membuat Anda sadar seberapa serakah-nya manusia yang ada di dunia ini. Kisah ini dimulai ketika seorang anak hilang akibat dari kelalaian orang tuanya. Namun, masalah semakin melebar karena pencarian anaknya ini justru mendatangkan masalah baru.

Mereka menyadari bagaimana sistem kepolisian begitu menyulitkan, bahkan ada intrik dan kepentingan pribadi di sini. Sejumlah orang sengaja meminta tebusan atas anak yang hilang demi kekayaan pribadinya, sementara yang lainnya berusaha membalaskan dendam.

Sampai akhirnya anak tersebut ditemukan, namun kalian tidak akan menyangka bagaimana kejutan dalam alur yang terjadi dalam film ini. Bahkan, akan memberikan kalian perasaan miris dan penyesalan yang sangat mendalam. Film ini layak menjadi rekomendasi film teka-teki terbaik India bergenre thriller yang harus Anda tonton.

6. Searching

Wikipedia

Film SEARCHING juga menjadi rekomendasi film yang seru untuk ditonton. Film SEARCHING dirilis tahun 2018 lalu diperankan oleh John Cho dan Debra Messing. Di mana film ini berkisah mengenai pengungkapan kasus dibalik hilangnya seorang anak bernama Margot.

Film SEARCHING memang penuh dengan teka-teki yang bikin kalian penasaran. Kisahnya berawal dari David Kim yang mendapat panggilan Margot, putrinya. Namun David tak menjawab panggilan tersebut ketika berusaha menelpon ulang Margot dirinya tidak bisa dihubungi.

David berusaha mencari putrinya yang dikiranya tengah les piano. Namun ternyata Margot tidak ada di sana, David kemudian melaporkan Margot sebagai orang hilang dan berusaha mencari sang putri dengan cara apapun. Apakah David berhasil menemukan putrinya?

7. Kahaani

Wikipedia

Sebuah serangan gas beracun secara tiba-tiba menyerang kereta metro Kolkata, dan membunuh penumpang yang ada di dalamnya. Dua tahun setelah kejadian itu, seorang insinyur bernama Vidya Bagchi tiba di Kolkata setelah berjalan cukup panjang dari Kota London. Di kota tersebut ia berusaha mencari suaminya, Arnab Bagchi, yang menghilang tanpa kabar.

Dalam pencariannya, ia dibantu oleh seorang polisi bernama Satyaki Rana Sinha. Keduanya lalu pergi ke kantor Pusat Data Nasional (NDC) untuk mencari dokumen-dokumen berisikan latar belakang Arnab. Namun, mereka lalu dikejar-kejar oleh seorang pembunuh bayaran, Bob Biswas, yang ditugaskan untuk mencuri informasi tentang Arnab Bagchi.

Dalam kisah ini, kalian akan ditunjukkan bagaimana perjuangan sang perempuan yang sedang hamil untuk menemukan suaminya. Namun, ada banyak plot twist yang terjadi pada film ini, sehingga kalian akan terkejut dengan berbagai ending yang dimiliki oleh film KAHAANI ini. Bahkan, film ini memperlihatkan tentang berbagai macam kegiatan otentik yang biasa dilakukan oleh masyarakat India.

8. Shutter Island

IMDb

Film SHUTTER ISLAND dirilis pada tahun 2010 silam. Film ini memiliki genre misteri dan thriller yang juga seru kalian tonton. Apalagi film SHUTTER ISLAND punya rating cukup tinggi yakni 8.2 untuk film misteri terbaik.

Diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Emily Mortimer, film SHUTTER ISLAND menyajikan kisah penuh teka-teki. Film SHUTTER ISLAND berkisah mengenai Teddy Daniels yang bertugas mengungkap kasus misterius di rumah sakit jiwa terletak di pulau bernama Shutter.

Teddy Daniels tengah mendalami kasus hilangnya Rachel Solando secara tiba-tiba dengan meninggalkan jejak berupa catatan. Dengan petunjuk tersebut, Teddy dan rekannya mulai mencari fakta-fakta untuk mengetahui hilangnya Rachel Solando.

Dirinya merasa pihak rumah sakit menyembunyikan sesuatu yang mencurigakan. Sampai akhirnya Teddy mengalami kejadian aneh yang membantunya untuk mengungkap kejanggalan di rumah sakit jiwa tersebut. Dan menjadi salah satu rekomendasi film teka-teki yang wajib banget untuk kalian tonton.

9. Yakhsa: Ruthless Operations

liputan6.com

Film yang berjudul YAKSHA: RUTHLESS OPERATIONS berasal dari Korea Selatan ini baru saja tayang pada tahun 2022 dan menjadi rekomendasi film mystery Netflix yang wajib banget untuk kalian tonton.

Film YAKSHA: RUTHLESS OPERATIONS mengusung genre thriller kriminal komplotan mata-mata dengan balutan aksi laga yang intens dari para pemainnya. YAKSHA: RUTHLESS OPERATIONS mengisahkan tentang jaksa terhormat yang bertugas menyelidiki tim operasi rahasia dan pemimpinnya yang tersohor.

10. Ethereum Thunindhavan

IMDb

Film ini tayang pada tahun 2022 merupakan, film dari India yang wajib kalian tonton. Film ini menceritakan tentang Kannabiran yang merupakan seorang pengacara terkenal di Pengadilan Tinggi Chennai.

Ia merupakan seorang pejuang sosial yang akan memerangi kejahatan terhadap perempuan. Film ini akan penuh dengan teka-teki dan perjuangan yang seru bagaimana sosok Kannabiran yang membantu para wanita untuk mendapatkan keadilan mereka. Serta menjadi salah satu rekomendasi film mystery Netflix yang wajib banget untuk kalian tonton.

Itulah beberapa rekomendasi film teka-teki yang wajib kalian tonton. Bukan hanya memiliki alur cerita yang menegangkan saja, tetapi rekomendasi film yang telah disebutkan juga memiliki cerita yang plot twist.

Jika sudah memahami apa itu plot twist, apakah Grameds tertarik untuk membuat sebuah drama, film, atau cerita novel? Demikian pembahasan tentang pengertian plot twist, cara membuatnya, dan memberikan rekomendasi film yang penuh plot twist.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuat Plot Twist dalam Cerita 
  2. Pengertian Alur Cerita serta Fungsi, dan Jenis-Jenisnya 
  3. Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen (Cerita Pendek)
  4. 8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat dari Berbagai Sisi 
  5. Mengenal Struktur Drama Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien