Biologi

Ruang Lingkup Biologi Beserta Cabang Ilmu Biologi dan Manfaat-Nya!

Ruang Lingkup Biologi
Written by Ananda

Ruang Lingkup Biologi – Bicara soal biologi memang sangat banyak yang bisa dibahas. Dari sekian banyak pembahasan, salah satunya adalah pembahasan tentang ruang lingkup biologi. Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui ruang lingkup biologi apa saja, tetapi jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan informasi tentang ruang lingkup biologi. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Biologi

Ruang Lingkup Biologi

pixabay.com

Biologi berasal dari bahasa latin, yaitu “bios” yang artinya hidup dan “logos” yang artinya pengetahuan. Jadi, Biologi memiliki arti ilmu tentang kehidupan. Jadi, bisa kita simpulkan kalau Biologi itu artinya adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan.

Makhluk hidup sebagai objek dan permasalahan Biologi tentu memiliki banyak cabang ilmu yang bisa dipelajari. Cabang-cabang tersebutlah yang kemudian disatukan ke dalam rangkuman ruang lingkup Biologi.

Biologi pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan asal Swedia yang bernama Carolus Linnaeus, beliau menulis istilah biologi tersebut pada karyanya yang berjudul Bibliotheca Botanica (1736).

Biologi merupakan ilmu kehidupan. Itu artinya, biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupan. Sebagai contoh, saat kita sakit lalu minum obat. Tanpa disadari sebenarnya kita sedang terlibat dalam ilmu pengetahuan. Obat yang kita minum merupakan hasil perpaduan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan bagian dari ruang lingkup biologi.

Ciri-Ciri Biologi

Ruang Lingkup Biologi

pixabay.com

Segala yang ada di muka bumi ini tidak bisa lepas dari ilmu pengetahuan. Ketika kita bernapas, berinteraksi dengan makhluk lain dan melakukan aktivitas semua ternyata ada ilmu pengetahuan yang mendasarinya. Ilmu tersebut memiliki karakteristiknya sendiri yang menjadi pembeda dengan ilmu lain.

Pada dasarnya, untuk memahami biologi, kita bisa mengenali ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri biologi sebagai berikut:

  1. Objek kajian berupa benda konkret. Objek tersebut terbagi menjadi objek material dan objek formal.
  2. Dikembangkan berdasarkan pengalaman nyata yang bisa dilakukan setiap orang.
  3. Menggunakan langkah-langkah yang urut dan baku.
  4. Memerlukan pemikiran logis dan konsisten.
  5. Kajian yang dihasilkan bersifat objektif.
  6. Hasil teori berlaku umum.

Ruang Lingkup Biologi

Selain pengertian mengenai biologi, materi ruang lingkup biologi lainnya yaitu tentang tingkatan organisasi dalam kehidupan yang saling berhubungan. Tingkatan objek yang dipelajari dimulai dari tingkat molekul hingga bioma.

Pengertian ruang lingkup Biologi sebenarnya cukup sederhana. Bisa dibilang, ruang lingkup Biologi adalah sebuah rangkuman tentang hal-hal atau bidang ilmu yang dipelajari di dalam ilmu Biologi. Seperti yang udah dibahas sebelumnya, ilmu Biologi mempelajari segala hal tentang makhluk hidup sekaligus sistem kehidupan itu sendiri.

Mustahil kalau Anda menemukan materi Biologi yang tidak ada kaitannya dengan kehidupan. Karena sistem kehidupan itu mekanismenya ada banyak banget, maka sudah pasti cabang ilmu Biologi juga ikutan banyak.

Ruang lingkup Biologi terdiri atas tiga hal, yaitu ada tingkatan organisasi kehidupan, cabang ilmu Biologi dan juga manfaat dari ilmu Biologi di berbagai sektor kehidupan.

Tingkatan dalam Ruang Lingkup Biologi

Tingkat organisasi kehidupan memiliki beberapa tingkatan yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Berikut ini tingkatan dalam ruang lingkup biologi.

1. Tingkatan Molekul

Ruang Lingkup Biologi

pendidik.com

Pertama, ada molekul yang merupakan contoh ruang lingkup biologi yang paling dasar, sebab molekul adalah partikel yang paling kecil dari suatu unsur atau senyawa dalam kehidupan.

Cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari molekul disebut Biologi Molekuler. Tingkatan molekul ini berhubungan dengan proton, neutron, dan elektron yang merupakan penyusun materi sederhana. Jika ketiganya bergabung, maka bisa membentuk atom.

Nantinya atom tersebut yang akan berikatan sehingga terbentuklah molekul. Molekul yang saling berikatan akan membentuk ikatan kompleks penyusun organel sel. Saat organel itu berinteraksi maka akan membentuk sel. Pada tingkat molekul, Biologi mempelajari sub selular atau organel.

Contohnya, pada cabang ilmu virologi yang mempelajari permasalahan virus. Perlu diketahui jika makhluk hidup membutuhkan molekul organik sebagai sumber energi dalam menjalankan kehidupan. Ada empat kelompok utama dari tingkatan molekul, yaitu karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat.

2. Tingkatan Sel

Ruang Lingkup Biologi

kompas.com

Ruang lingkup Biologi pastinya memasuki tingkatan sel, karena semua makhluk hidup tersusun oleh sel. Sel adalah bagian paling kecil dalam sistem yang memiliki fungsi untuk menyusun tubuh dari makhluk hidup.

Sel memiliki materi khusus untuk metabolisme dan tumbuh berkembang. Sebagai suatu unit struktural dan fungsional makhluk hidup, tentunya sel juga dipelajari dalam ilmu Biologi.

Biasanya, sel dipelajari mulai dari struktur, fungsi, serta bagian-bagian sel yang lain. Cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari tentang sel disebut Sitologi.

Sel tersusun atas tiga bagian utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan inti sel. Sel dapat ditemukan di seluruh makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Contohnya, saat kita mempelajari perbedaan sel tumbuhan dan hewan.

3. Tingkatan Organisasi Jaringan

Ruang Lingkup Biologi

Generasi Biologi

Jaringan merupakan kumpulan dari sel-sel yang memiliki fungsinya masing-masing. Jaringan merupakan kumpulan sel dengan bentuk dan fungsi yang sama.

Jaringan memiliki fungsi spesifik. Misalnya, jaringan epitel yang berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya. Saat kamu mempelajari bagaimana cara jaringan otot dapat berkontraksi dan menggerakkan tulang, kamu sudah belajar mengenai ruang lingkup Biologi Tingkatan jaringan.

Perlu digarisbawahi kalau jaringan yang dimaksud di sini bukan jaringan seluler, melainkan gabungan dari banyak sel yang memiliki karakteristik yang sama hingga kemudian membentuk sebuah jaringan.

Misalnya jaringan otot, jaringan tumbuhan, dan masih banyak lagi. Cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari jaringan disebut Histologi. Jaringan pada manusia dan hewan umumnya terdiri dari beberapa macam.

Di antaranya, ada jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan otot, jaringan ikat, jaringan rangka, dan jaringan darah. Di lain sisi, jaringan pada tumbuhan ada jaringan epidermis, jaringan pengangkut, jaringan penguat, jaringan mesofil, jaringan parenkim, dan jaringan meristem.

4. Tingkatan Organisasi Organ dan Sistem Organ

Selanjutnya, terdapat organ yang merupakan sekumpulan jaringan pada makhluk hidup. Definisi organ yaitu sekumpulan jaringan yang bekerja sama dalam menjalankan fungsi tertentu.

Misalnya organ otak yang terbentuk dari jaringan saraf dan jaringan ikat yang bekerja sama menjalankan fungsi koordinasi. Sedangkan organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi dan tugas tertentu dikenal dengan sistem organ.

Contohnya sistem pencernaan yang terbentuk dari organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, dan pankreas. Organ-organ tersebut saling bekerja sama untuk mencerna makanan yang masuk. Dengan mempelajari ruang lingkup Biologi tingkat organ, kamu dapat mengetahui berbagai penyakit pada organ dalam manusia beserta obatnya.

Jaringan yang membentuk suatu organ akan membuat organ tersebut memiliki kemampuan untuk melaksanakan fungsi hidup yang variatif. Contohnya, yakni ada jantung yang berperan untuk memompa darah, organ paru-paru untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida, organ telinga untuk mendengar, dan organ mata untuk melihat.

5. Tingkatan Organisasi Individu atau Organisme

Individu terbagi atas organisme uniseluler dan multiseluler. Contoh organisme uniseluler yaitu protozoa dan bakteri, sedangkan multiseluler yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan.

Organisme multiseluler dibentuk oleh sistem organ yang bekerja sama. Misalnya pada manusia, ketika ada masalah pada sistem organ pencernaan, maka akan mempengaruhi sistem organ lainnya. Individu merupakan satuan makhluk hidup tunggal. Setiap individu memiliki ciri khasnya masing-masing.

6. Tingkatan Organisasi Populasi

Ruang Lingkup Biologi

pixabay.com

Individu sejenis yang berkumpul pada satu tempat pada waktu yang sama disebut sebagai populasi. Dalam organisasi tersebut, nantinya masing-masing individu akan melakukan interaksi seperti perkawinan.

Hasil dari perkawinan tersebut akan membentuk individu baru, sehingga populasinya semakin banyak. Contoh ruang lingkup Biologi tingkatan populasi yaitu, populasi lebah, populasi burung, dan populasi ayam, mempelajari Budidaya lele.

7. Tingkatan Komunitas

Ruang Lingkup Biologi

Ilmu Lingkungan

Pada satu tempat tentu akan terdiri dari banyak populasi. Kumpulan populasi yang saling berhubungan disebut komunitas. Contohnya komunitas sawah yang terdiri dari populasi padi, populasi rumput, populasi ular, dan populasi tikus.

Interaksi yang terjadi dalam satu komunitas yaitu interaksi dalam satu populasi atau interaksi lintas populasi. Komunitas adalah kumpulan dari populasi. Dalam komunitas, makhluk hidup akan berinteraksi dengan sesama spesiesnya atau spesies lain.

8. Tingkatan Ekosistem

Ekosistem merupakan organisasi kehidupan yang saling berhubungan, bergantung, dan ada timbal balik. Interaksi yang dimaksud yaitu hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ciri ekosistem yaitu tersusun atas komponen biotik (hidup) dan abiotik (mati). Satu tingkat di atas komunitas, ada tingkatan ekosistem. Dalam ekosistem, biasanya terdapat rantai makanan yang berfungsi agar makhluk hidup tetap lestari.

9. Tingkatan Organisasi Bioma

Kumpulan dari ekosistem tersebut kemudian membentuk yang namanya bioma. Bioma adalah kumpulan ekosistem yang ada di dunia. Terdapat enam jenis bioma di Bumi, yaitu bioma gurun, padang rumput, hutan gugur, hutan hujan tropis, taiga, dan bioma tundra.

Cabang Ilmu Biologi dalam Ruang Lingkup Biologi

Ruang Lingkup Biologi

pixabay.com

Selain membahas secara detail mengenai tingkatan organisasi kehidupan, ruang lingkup Biologi juga menjelaskan mengenai berbagai macam cabang ilmunya. Berikut cabang ilmu Biologi, yaitu:

1. Agronomi

Agronomi adalah ilmu dan teknologi dalam memproduksi dan memanfaatkan tumbuhan untuk bahan pangan, bahan bakar, serat, dan aplikasi lingkungan seperti reklamasi.

Agronomi merupakan ilmu yang mempelajari budidaya tanaman dengan produksi yang optimum dan kelestarian yang berkelanjutan

2. Anatomi

Anatomi adalah cabang dari biologi yang mempelajari susunan tubuh makhluk hidup. Istilah anatomi digunakan untuk ilmu tentang struktur tubuh manusia dan hewan, sementara struktur tumbuhan dipelajari dalam anatomi tumbuhan. Anatomi telah dipelajari sejak zaman prasejarah.

3. Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia.

4. Ekologi

Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain dan juga dengan lingkungan sekitarnya. Dalam ilmu lingkungan, ekologi dijadikan sebagai ilmu dasar untuk memahami interaksi di dalam lingkungan.

5. Embriologi

Ilmu tentang perkembangan Biologi. Cabang ilmu ini mempelajari tentang cabang ilmu Biologi yang mempelajari perkembangan zigot hingga fetus serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

6. Evolusi

Evolusi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi.

7. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea.

8. Morfologi

Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari bentuk dan struktur organisme dan fitur struktural mereka yang spesifik.

9. Zoologi

Zoologi adalah cabang biologi yang mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan. Ilmu ini selang lain meliputi anatomi perbandingan, psikologi hewan, biologi molekuler, etologi, ekologi perilaku, biologi evolusioner, taksonomi, dan paleontologi.

10. Fisiologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari fungsi-fungsi setiap alat tubuh makhluk hidup.

11. Histologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari susunan jaringan tubuh makhluk hidup beserta fungsinya masing-masing.

12. Sitologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari struktur sel pada makhluk hidup dan fungsinya.

13. Genetika

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari sel yang berasal dari tubuh manusia baik yang terlepas sendiri (exfoliated) dari permukaan epitel atau yang diambil dari berbagai tempat dengan cara tertentu. Berperan untuk menentukan perubahan struktur sel dikenal dengan istilah sitologi diagnostik.

14. Teratologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang perkembangan embrio yang cacat.

15. Patologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari penyakit dan bagaimana suatu penyakit terjadi adalah patologi. Ilmu patologi berperan sebagai penghubung antara ilmu pengetahuan dan kedokteran. Dalam dunia medis, patologi berperan untuk membantu dokter mendiagnosa berbagai penyakit.

16. Endokrinologi

Endokrinologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari sistem endokrin. Sistem endokrin merupakan suatu sistem dimana hormon-hormon diproduksi dan diatur oleh organ dan kelenjar.

17. Ekologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

18. Taksonomi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup

19. Botani

Cabang ilmu tumbuh-tumbuhan. Dengan demikian, dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi, seperti genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi yang mengadakan komunikasi dengan tumbuhan.

20. Mikologi

Mikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fungi (jamur) atau sering disebut juga cendawan. Kajian dalam mikologi antara lain meliputi taksonomi jamur, fisiologi jamur, bioteknologi jamur, budidaya jamur.

21. Entomologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang serangga.

22. Bakteriologi

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang bakteri.

23. Virologi

Virologi adalah cabang biologi yang mempelajari makhluk suborganisme, terutama virus. Dalam perkembangannya, selain virus ditemukan pula viroid dan prion.

24. Imunologi

Imunologi adalah sebuah studi yang berkaitan dengan sistem kekebalan. Studi tersebut termasuk dalam salah satu cabang ilmu kedokteran dan biologi yang sangat penting untuk kehidupan. Sistem kekebalan bertugas untuk melindungi tubuh seseorang dari berbagai infeksi dengan sebuah pertahanan.

Manfaat Biologi dalam Ruang Lingkup Biologi

Ruang Lingkup Biologi

pixabay.com

Mempelajari ruang lingkup Biologi sangat penting untuk kehidupan kita. Nantinya, kita bisa mempelajari mengenai berbagai penyakit dan menemukan obatnya yang ternyata berasal dari alam. Jika mempelajari ruang lingkup Biologi, kita juga dapat menghasilkan uang.

Misalnya, kita mempelajari budidaya ikan tambak. Setiap ikan pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti makanan dan cara berkembang biaknya. Pengetahuan Biologi juga dapat menyadarkan manusia tentang adanya Tuhan yang telah menciptakan berbagai makhluk hidup di semesta ini.

Biologi merupakan ilmu yang sangat bermanfaat terhadap berbagai sektor dalam kehidupan. Berikut ini beberapa manfaat Biologi, yaitu:

1. Bidang Pertanian

Dengan menerapkan ilmu botani, fisiologi, anatomi, dan genetika, maka petani dapat memilih dan menghasilkan jenis tumbuhan yang bersifat unggul

2. Bidang Peternakan

Dengan menerapkan beberapa cabang Biologi seperti zoologi, fisiologi, dan anatomi, maka peternak dapat menghasilkan bibit unggul dengan cara kawin suntik dan kawin silang

3. Bidang Kedokteran

Dengan menerapkan anatomi, fisiologi, dan patologi, maka seorang dokter dapat mengusahakan penyembuhan terhadap suatu penyakit dengan cara operasi atau mengganti jaringan pada tubuh

4. Bidang Industri

Dengan menerapkan zoologi dan bioteknologi, maka manusia dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan tubuh hewan dan tumbuhan sebagai sumber bahan baku industri.

Itulah ruang lingkup biologi beserta dengan cabang ilmu biologi yang bisa kamu pelajari. Terlebih lagi, ilmu biologi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan ini. Jadi, dapat dikatakan bahwa ilmu biologi tak bisa dilepaskan dari manusia. Semoga semua pembahasan yang ada di dalam artikel ini bermanfaat bagi Grameds.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar ruang lingkup biologi. Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Pengertian Biologi dan 19 Cabang Ilmu Biologi di Dalamnya 
  2. Materi & Soal Biologi SMA Kelas 10
  3. Buku Ilmu Biologi Best Seller (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi) 
  4. Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup: Pengertian, Tujuan, & Ragam 
  5. Teori Evolusi Biologi & Teori Perubahan Sosial 
  6. Pengertian Ilmu Ekologi: Macam, Ruang Lingkup, dan Manfaat 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien