Music

13 Lagu Daerah Bali Beserta Makna-Nya yang Harus Kamu Tahu!

lagu daerah bali
Written by M. Hardi

Lagu daerah Bali – Lagu daerah merupakan peninggalan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sangatlah berharga. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai generasi selanjutnya dalam melestarikan hasil budaya daerah, termasuk lagu daerah.

Lagu daerah secara keseluruhan di daerah Indonesia totalnya kurang lebih 439 dengan lirik menggunakan bahasa dari daerahnya masing-masing. Akan tetapi, walaupun menggunakan bahasa daerah yang berbeda-beda, tidak bisa dipungkiri jika suatu lagu daerah bisa menjadi sangat populer seantero Indonesia.

Hal tersebut bisa terjadi karena lagu daerah bersifat turun temurun dan mempunyai lirik yang sederhana. Dengan begitu, lagu daerah mudah untuk dihafalkan. Biasanya, lagu daerah itu mencerminkan alam atau kehidupan masyarakat dari daerah tersebut.

Selain alat musik tradisionalnya, kesenian daerah Bali juga meliputi suara yang berupa kidung, tembang, sampai lagu daerah Bali. Kesenian-kesenian tersebut memiliki peran penuh dalam banyak aspek kehidupan pada masyarakat Bali, mulai dari hiburan keseharian, nilai moral, sampai pengiring kesenian dan juga upacara adat.

Lagu daerah Bali memiliki banyak sekali macamnya, alunan dari alat musik tradisional Bali juga memiliki ciri khas tertentu. Dengan begitu, mampu menciptakan budaya nusantara yang sangat perlu untuk dilestarikan. Lagu daerah Bali adalah bagian dari bentuk budaya yang mengandung nilai seni yang sangat tinggi. Bentuk dari lagu tersebut juga sangat bermacam-macam, mulai dari lagu anak, kidung, atau geguritan yang biasa dikenal dengan pupuh.

Terlebih, lagu daerah Bali juga banyak menggambarkan nilai-nilai luhur masyarakat Bali serta kehidupan sosial. Seperti lagu daerah pada umumnya, lagu daerah Bali juga akan dinyanyikan saat masyarakat Bali sedang melakukan upacara adat atau saat mengadakan pentas kesenian.

Setiap lagu pasti mengandung pesan-pesan moral yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu tersebut, meski tidak sedikit yang menggunakan bahasa Jawa ataupun Bali kuno, sehingga sulit dimengerti oleh generasi saat ini. Untuk mengenal lagu-lagu daerah kamu bisa memahaminya melalui ciri-cirinya. berikut ini adalah ciri-ciri lagu daerah.

Ciri-Ciri Lagu Daerah

  1. Menceritakan mengenai keadaan lingkungan maupun budaya masyarakat setempat yang biasanya dipengaruhi oleh adat istiadat setempat.
  2. Sifatnya sederhana, sehingga untuk mempelajari lagu daerah tidak dibutuhkan pengetahuan musik yang secara mendalam, seperti membaca ataupun menulis not balok.
  3. Biasanya jarang diketahui pengarang lagunya.
  4. Mengandung beragam nilai-nilai kehidupan, unsur-unsur kebersamaan sosial, dan keserasian dengan lingkungan hidup sekitar.
  5. Sulit dinyanyikan oleh seseorang yang berasal dari daerah lain karena kekurangan dalam menguasai dialek/bahasa setempat sehingga penghayatannya menjadi kurang maksimal.
  6. Mengandung nilai-nilai kehidupan yang unik dan khas.

Supaya kamu semakin mengenal kebudayaan Bali melalui lirik lagu daerah Bali, kita bisa menyimak daftar dari lagu daerah Bali beserta dengan makna lagunya berikut ini.

Lirik Lagu Daerah Bali

lagu daerah bali

Sumber: Pixabay

Lagu Meyang-meyong

Lirik Lagu Meyang-meyong

Meong-meong,
Alih je bikule,
Bikul gede gede,
Buin mokoh-mokoh,
Kereng pesan ngerusuhin

Makna Lagu Meyang-meyong

Makna dari lagunya adalah lagu daerah Bali yang berjudul Meyang-Meyong ini berhubungan dengan hewan kucing. Dalam lagu itu diceritakan bahwa ada kucing sedang berusaha untuk menangkap tikus. Lagu daerah Bali ini juga bisa diperkenalkan kepada anak-anak, sehingga bisa menambah wawasan mereka tentang lagu daerah Bali.

Putri Cening Ayu

Lirik Lagu Cening Ayu

Putri cening ayu ngijeng cening jumah,
Meme luas malu kapeken meblanja,
Apang ada darang nasi

Putri cening ayu ngijeng cening jumah,
Meme luas malu kapeken meblanja,
Apang ada darang nasi

Meme tiang ngiring nongos ngijeng jumah,
Sambilan mangempu ajak titiang dadua,
Ditekane nyen gapgapin

Meme tiang ngiring nongos ngijeng jumah,
Sambilan mangempu ajak titiang dadua,
Ditekane nyen gapgapin

Putri cening ayu ngijeng cening jumah,
Meme luas malu kapeken meblanja,
Apang ada darang nasi

Putri cening ayu ngijeng cening jumah,
Putri cening ayu ngijeng cening jumah

Makna Lagu Cening Ayu

Makna dari lagu daerah Bali yang berjudul Putri Cening Ayu adalah menceritakan tentang seorang ibu dengan anaknya. Di mana si ibu meminta anaknya untuk menunggu saja di rumah selama si ibu pergi ke pasar untuk berbelanja. Makna lain dari lagu ini adalah sebagai seorang orang tua, kita perlu memberikan kebebasan kepada anak supaya mereka bisa menemukan jati dirinya mereka sendiri.

Mecepet-cepetan

Lirik Lagu Mecepet-cepetan

Jani m’lati macepet – cepetan,
Nanging limane tusing dadi matiang,
Sejaba ento mekajang dadi,
Nyenje kalah lakar gedhing

Makna Lagu Mecepet-cepetan

Lagu daerah Bali yang berjudul Mecepet-cepetan memiliki makna yang menceritakan kalau masyarakat Bali adalah orang-orang yang cepat, sigap, dan tanggap dalam setiap pengambilan tindakan.

Saat dinyanyikan, lagu daerah Bali ini diiringi dengan alat musik tradisional yang menghentak dan bersemangat. Lagu daerah Bali ini juga bisa menjadi lagu penyemangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari oleh masyarakat Bali.

Ratu Anom

Lirik Lagu Ratu Anom

Ratu anom metangi meilen-ilen
Ratu anom metangi meilen-ilen
Dong pirengang munyin sulinge di jaba
Dong pirengang munyin sulinge di jaba

Enyen ento menyuling di jaba tengah
Enyen ento menyuling di jaba tengah

Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan
Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan

Makna Lagu Ratu Anom

Lagu daerah Bali yang berjudul Ratu Anom memiliki makna agar kita sebagai manusia untuk selalu percaya diri. Terlebih, dalam menjalani kehidupan ini. Lagu ini pada umumnya, dinyanyikan oleh anak-anak dengan tujuan untuk menyemangati berbagai macam aktivitas agar tidak menjadi orang yang malas.

Mejangeran

Lirik Lagu Mejangeran

Jangi Janger, sengsenge sengseng janger,
Sengsenge sengseng janger.
Serere nyo mane nyore
Kelap kelap ngalap bunga

Langsing lanjar pamulune nyandat gading
Saluat jani mejangeran
Seriang ngentur rora roti

Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger

Makna Mejangeran

Lagu daerah Bali ini memiliki makna yang mengajak para pendengarnya untuk menari dan melupakan segala kesedihan. Nilai moral dari lagu ini adalah kita tak perlu bersedih dan carilah hiburan supaya kita bisa melupakannya.

Tresna Mejohan

Lirik Lagu Mejohan

Setegeh langit sedalem pasih
Tresnan tiang ken beli
Tanpa beli hidup kerasa sepi
Yadiastun ejoh jarak dan waktu
Tiang tusing peduli

Makna Lagu Mejohan

Tresna Mejohan adalah lagu daerah Bali yang menceritakan tentang seseorang yang tengah jatuh cinta. Makna tersebut sesuai dengan lirik lagunya yaitu ‘setengeh langit seda pasih tresna tiang ken beli’, yang artinya adalah setinggi langit, sedalam lautan cintaku padamu. Waw, romantis sekali, ya.

Tari Bali

Lirik Lagu Tari Bali

Sorak-sorai riuh rendah bunyi
Bermacam-macam bunyi tari ramai
Liwat gerbang dihias berpanji
Mengendarai kereta kuda kencana

Makna Lagu Tari Bali

Apakah Grameds sudah bisa menebak ini lagu daerah Bali yang bercerita tentang apa? lagu daerah Bali yang berjudul Tari Bali ini menceritakan mengenai keindahan dari tarian Bali. Seperti yang sudah diketahui bahwa tarian dari Bali adalah salah satu tarian tradisional yang sangat terkenal, bahkan terkenal hingga ke luar negeri, selain tari saman.

Bibi Rangda

Lirik Lagu Rangda

Bibi bibirangda apang durus karyan bibi
Bibi mejauman kelod jumah dane jegeg lesenng
Suba jari keto tiang ngaba aled munyi
Sesangan kaon jaja sirat kekuliban bungan duren

Makna Lagu Rangda

Banyak orang yang mengaitkan lagi daerah Bali yang berjudul Bibi Rangda ini seperti lagu Lingsir Wengi dari Jawa karena bernuansa mistis. Padahal, lagu daerah Bali ini adalah lagu spiritual yang dulunya biasa dinyanyikan oleh anak-anak saat upacara Mejauman. Kata ‘Bibi’ dalam lirik lagu ini adalah panggilan untuk wanita atau dayang-dayang pada masa kerajaan. Sedangkan kata ‘rangda’ adalah sebutan untuk wanita janda yang berasal dari golongan Tri Wangsa.

Dadong Dauh

Lirik Lagu Dadong Dauh

Dadong dauh ngelah siap putih
Suba metaluh reka
Minab ada limolas nepukin
Anak cerik-cerik anak cerik-cerik
Kaliwat gudipipun

Makna Lagu Dadong Dauh

Lagu daerah Bali ini adalah lagu daerah yang termasuk ke dalam kategori lagu anak-anak. Lagu ini menceritakan tentang seorang nenek yang memelihara seekor ayam yang mempunyai banyak telur. Lalu, datanglah segerombolan anak-anak yang ingin mengambil telur-telur tersebut.

Ngusak Asik

Lirik Lagu Ngusak Asik

Cai ketut demai rusuh
Bas kaliwat cai ngawe sakit hati
Cang sing demen
Ngidih olas ketut pang enggal megedi

Makna Lagu Ngusak Asik

Lagu daerah Bali ini menceritakan tentang adanya kisah kasih antara sepasang laki-laki dan perempuan. Lagu daerah Bali ini memiliki tempo yang tepat dengan nada yang riang. Sebagaimana lagu daerah Bali kebanyakan, lagu ini juga banyak menggunakan sinkop dan juga pengulangan pola ritme.

Juru Pencar

Lirik Lagu Pencar

Juru pencar, juru pencar
Mai jalan mencar ngejuk ebe
Be gede-gede, be gede-gede
Disawani ajake liu
Be gede-gede, be gede-gede
Disawani ajake liu

Makna Lagu Pencar

Lagu daerah Bali yang satu ini salah satu lagu daerah yang sangat populer di kalangan masyarakat daerah pesisir. Di mana, lagu ini mengandung makna mengenai kehidupan pesisir yang kebanyakan orang-orangnya berprofesi sebagai nelayan.

Bunga Sandat

Lirik Lagu Bunga Sandat

Yen gumanti bajang tanbinaya pucuk nedeng kembang,
Disubaye layu tan ade ngarungwang ngemasin mekutang,
Becik melaksana de gumanti dadi kembang bintang,
Mentik dirurunge makejang mengempok raris kaentungang…

To I bungan sandat selayu layu layune miik,
Toya nyandang tulang sauripe melaksana becik,
Para truna truni mangda saling asah asih asoh,
Menyama beraya to kukuhin rahayu kepanggih…

Becik melaksana de gumanti dadi kembang bintang,
Mentik dirurunge makejang mengempok raris keentungang…

To I bungan sandat Selayulayulayune miik,
Toya nyandang tulang sauripe melaksana becik,
Para truna truni mangda saling asah asih asoh,
Menyama beraya to kukuhin rahayu kepanggih…

Makna Lagu Bunga Sandat

Lagu daerah Bali yang satu ini dilantunkan oleh AA Made Cakra yang menjadi lagu populer di Bali. Penyanyinya juga merupakan seorang penyanyi yang fenomenal di Bali. Bunga Sandat memiliki arti bunga kenanga, yang sering disertakan dalam beberapa upacara adat di Bali dan juga dijadikan sebagai tanaman hias.

Dewa Ayu

Lirik Lagu Dewa Ayu

Dewa ayu ya ya dewa ayu
Margi I Ratu mesolah mesolah mabulu wangsul
Hulu hulu wangsul ya ya hulu hulu wangsul
Telan jake cara Jawa memayog cara den bukit

Makna Lagu Dewa Ayu

Lagu Dewa Ayu juga menjadi lagu yang paling terkenal di Bali. Mungkin karena lirik lagu ini sangatlah pendek dan juga sangat mudah dinyanyikan. Lirik lagu Dewa Ayu bercerita tentang dewa kepercayaan para warga Bali.

Itulah berbagai macam lirik lagu daerah Bali beserta dengan penjelasan maknanya. Semoga bisa meningkatkan wawasan kamu serta menambah ilmu pengetahuan mengenai kekayaan budaya serta sastra Indonesia.

Rekomendasi Buku Lagu Daerah

Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi tentang lagu daerah, terutama lagu daerah Bali, kamu bisa membaca buku lagu-lagu daerah. Berikut buku-buku lagu daerah yang bisa kamu baca antara lain.

1. Kumpulan Terlengkap Lagu Daerah

kumpulan terlengkap lagu daerah - lagu daerah bali

Indonesia sangat terkenal dengan aneka ragaman budayanya. Salah satu kebudayaan yang sangat menonjol adalah lagu daerah yang dimiliki oleh masing-masing provinsi di Indonesia. Lagu-lagu daerah ini tidak hanya sekadar didengarkan, tetapi juga sudah menjadi jati diri serta identitas pada suatu daerah di Indonesia.

Buku ini berisikan lebih dari 200 lagu-lagu daerah dari berbagai macam provinsi yang ada di Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan not angka, lirik, serta akor gitar. Tidak ketinggalan, di dalam buku lirik lagu daerah ini juga terdapat informasi tentang lagu daerah tersebut. Jadi, buku ini sangat cocok tidak hanya untuk kalangan pelajar saja, tetapi juga untuk umum.

2. 127 Lagu Nasional Dan Daerah Terlengkap

127 lagu nasional dan daerah terlengkap - lagu daerah bali

Selain lirik lagu daerah yang sangatlah beragam bahasanya, Indonesia juga mempunyai lagu nasional yang mampu menumbuhkan rasa nasionalisme seseorang untuk mencintai negara Indonesia.

Buku lirik lagu nasional dan daerah ini berisikan 127 lagu nasional dan lagu daerah yang sangat lengkap. Lewat buku ini, kamu tidak hanya bisa mengetahui lagu daerah saja, tetapi juga lagu nasional yang belum kamu hafal.

3. Master Book Lagu Wajib Lagu Nasional & Daerah

master book lagu wajib - lagu daerah bali

Buku Master Book Lagu Wajib Lagu Nasional dan Daerah ini berisi kumpulan lagu nasional dan lagu daerah ini sangat lengkap. Buku ini sangatlah cocok untuk para pelajar jenjang SD, SMP, dan Juga SMP yang sedang menghafal lagu-lagu daerah dan lagu nasional.

4. Koleksi Terbaik Lagu Wajib & Daerah

https://www.gramedia.com/products/koleksi-terbaik-lagu-wajib-daerah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Buku Koleksi Terbaik Lagu Wajib & Daerah ini berisikan lirik lagu wajib dan daerah yang terkenal, seperti lagu Bungong Jeumpa, kicr-kicir, ondel-ondel, bubuy bulan, dan juga Jali-jali. Buku ini sangat cocok untuk para pelajar jenjang SD, SMP, dan juga SMA.

5. 101 Lagu Wajib dan Daerah

https://www.gramedia.com/products/101-lagu-wajib-dan-daerah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Buku ini memuat berbagai lagu-lagu wajib nasional dan juga lagu-lagu daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Berjumlah 101 lagu, buku ini akan memperkenalkan para anak-anak ragamnya budaya di Indonesia, serta bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air serta kebanggan menjadi warga negara Indonesia sejak dini. Buku ini berisikan lagu-lagu seperti Indonesia Raya, Bagimu Negeri, Kicir-kicir, dan sebagainya.

6. Koleksi Lengkap Lagu-Lagu Daerah & Wajib Nasional

https://www.gramedia.com/products/koleksi-lengkap-lagu2-daerah-wajib-nasional?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Sebuah ungkapan rasa cinta kepada tanah air terangkum begitu banyak pada sebuah karya, salah satunya lirik lagu. Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah masing-masing yang jika dinyanyikan akan menimbulkan rasa sayang serta rindu pada tanah air bagi seorang perantau. Buku ini memuat begitu lengkap lagu-lagu daerah serta lagu wajib nasional.

Tidak hanya lagu-lagu daerah Bali saja yang bisa kamu pelajari. Kamu juga bisa mempelajari beragam lagu daerah dari provinsi lain yang ada di Indonesia. Kamu bisa langsung segera memesan buku-buku tersebut di Gramedia.com.

Nah, itulah berbagai kumpulan lagu-lagu daerah Bali beserta dengan beberapa rekomendasi buku lirik lagu daerah yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasan kamu mengenai lirik lagu daerah Bali. Dengan begitu kamu bisa #LebihDenganMembaca tentang lagu daerah Bali yang memiliki banyak sekali pesan serta makna yang tersirat di dalamnya.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien