Agama Islam

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya

pengertian hari kiamat menurut islam
Written by Lely Azizah

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya – Semua yang bernyawa akan mati, entah itu yang sudah berusia lanjut, dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi pun bisa mati kapan saja. Namun, tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan kematian akan datang. Pada akhirnya semua orang di seluruh dunia akan mengalami kematian, tak seorang pun akan hidup kekal abadi. Peristiwa tersebut dinamakan sebagai kiamat.

Sama seperti kematian, kiamat juga tidak akan ada yang bisa menebak atau memprediksi. Biar orang itu memiliki kecerdasan luar biasa, peristiwa terjadinya kiamat tidak akan pernah bisa diketahui kapan waktunya akan tiba.

Maka yang perlu kita persiapkan sebagai bekal menghadapinya adalah amal baik selama hidup yang akan menyelamatkan kita semua dari pedihnya hari kiamat. Sebelum datang, akan ada tanda-tanda yang mengawali peristiwa besar tersebut. Bagaimana perspektif kiamat dalam agama Islam dan apa saja tanda-tanda kiamat?

Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam

Kiamat atau akhir zaman dalam agama Islam merupakan peristiwa puncak dari semua kehidupan yang ada di bumi ini berupa hancurnya alam semesta beserta isinya termasuk manusia dan makhluk lainnya. Tidak ada seorang makhluk pun yang bisa lolos dari kiamat. Umat Islam wajib meyakini adanya hari kiamat sebagai tanda keimanannya kepada Allah SWT.

pengertian kiamat

Kiamat merupakan awal dari kehidupan yang sebenarnya akan dilalui oleh manusia. Sebab, kehidupan yang kita jalani sekarang adalah fana atau sementara. Sedangkan kehidupan yang kekal abadi adalah kehidupan di alam akhirat kelak. Bagi makhluk Allah SWT yang beriman, bertaqwa, menjalankan segala perintah, dan menjauhi larangan-Nya selama hidup akan mendapatkan kebahagiaan setelah melewati kiamat nanti dengan ganjaran nikmat yang abadi di dalam surga.

Sementara makhluk yang tidak beriman dan tidak menjalankan perintah serta banyak berbuat dosa tanpa bisa bertaubat ketika hidup akan merasakan penderitaan setelah kiamat yaitu masuk ke dalam api neraka. Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menjelaskan datangnya hari kehancuran ini, salah satunya dalam Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

“Sesungguhnya hari kiamat itu pasti akan datang, tidak ada sedikitpun keraguan kepadanya. Sungguh Allah akan membangkitkan siapapun yang ada di dalam alam kubur”.

Beriman kepada Allah berarti juga harus mengimani segala peristiwa yang terjadi atas kehendak Allah seperti kiamat. Apabila umat Islam percaya akan adanya kiamat, maka wajib mengetahui tanda-tanda datangnya hari akhir ini.

Jenis-jenis Kiamat

Sebelum mengetahui apa saja tanda-tanda kiamat, maka kita harus tahu bahwa kiamat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra.

1. Kiamat Sugra

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 1

Kiamat sugra atau disebut sebagai kiamat kecil adalah kematian yang terjadi pada sebagian makhluk Allah. Kematian seseorang yang disebabkan karena penyakit atau bencana alam seperti banjir, tsunami, tanah longsor, kebakaran, dan kecelakaan merupakan contoh dari kiamat sugra.

Meskipun dinamakan kiamat kecil, kiamat sugra merupakan peristiwa dapat menyebabkan hilangnya nyawa dalam jumlah yang banyak seperti peristiwa tsunami di Aceh tahun 2004 yang meninggalkan banyak cerita sedih sampai hari ini. Bagaimana ratusan ribu nyawa melayang akibat tersapu derasnya ombak tsunami yang diawali dari bencana gempa bumi berkekuatan luar biasa ketika itu.

2. Kiamat Kubra

pengertian hari kiamat

banner-promo-gramedia

Peristiwa tsunami Aceh tahun 2004 merupakan salah satu kejadian besar yang pernah terjadi. Namun bila dibandingkan dengan kiamat kubra atau kiamat besar, tsunami aceh hanyalah kejadian kecil. Ketika kiamat kubra datang, seluruh makhluk di bumi ini akan musnah dan tidak akan ada yang tersisa satupun dari mereka.

Seluruh dunia akan hancur karena besarnya peristiwa ini. Rumah yang dibangun dengan megahnya akan hancur, monumen-monumen bersejarah di dunia tidak akan lagi dapat berdiri, semua bangunan yang ada akan hilang dalam hitungan sekejap. Itulah besarnya peristiwa kiamat kubra.

Jika pada kiamat sugra mungkin beberapa diantaranya ada yang memiliki tanda-tanda seperti orang yang mati akibat sakit akan dapat dilihat tanda-tandanya atau orang yang mati akibat bencana alam sebelumnya dapat merasakan tanda-tanda akan datangnya bencana tersebut, bahkan ada pula yang tidak memiliki tanda-tanda karena cepatnya peristiwa tersebut terjadi.

Akan tetapi, pada kiamat kubra tanda-tandanya jelas dapat dirasakan dan sudah dijelaskan dengan detail dalam Islam. Lalu seperti apa tanda-tanda kiamat yang akan terjadi pada hari akhir nanti? Berikut beberapa tanda-tanda datangnya kiamat kubra.

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 2

tombol beli buku

Tanda-tanda Kiamat Menurut Islam

tanda tanda kiamat menurut islam

a. Munculnya Dajjal

Datangnya Dajjal merupakan tanda-tanda kiamat sudah sangat dekat. Dajjal merupakan makhluk Allah yang memiliki ciri-ciri tubuh yaitu berambut keriting dan hanya memiliki satu mata di sebelah kiri dikarenakan mata kanannya buta. Pada bagian dahi tertulis kata kafir. Dajjal akan keluar di sebuah tempat yang bernama Danau Tiberias.

Dengan kekuatannya, Dajjal mampu memerintahkan langit untuk menurunkan hujan karena sebelumnya akan ada kemarau yang panjang. Disebabkan karena kemarau, semua tumbuhan dan hewan akan mengalami kesusahan. Namun, Dajjal mampu memerintahkan bumi untuk menyuburkan tanah sehingga membuuat tumbuhan dan membuat hewan ternak dapat berkembang dengan baik.

Kemampuan luar biasa Dajjal yang lain yaitu ia mampu menghidupkan orang yang sudah mati. Dengan kemampuannya tersebut, banyak orang yang akan mengikutinya karena menganggap ia akan menganggap dirinya sebagai Tuhan. Siapapun yang mengikutinya maka ia akan mendapatkan surga, dan barang siapa yang menolak ajaran untuk menyembahkan maka ia akan mendapatkan siksaan yang amat pedih bahkan akan dibunuh jika menolaknya.

Sesungguhnya apa yang dijanjikan oleh Dajjal yaitu surga merupakan neraka bagi Allah dan orang-orang yang berpendirian teguh dan hanya menyembah Allah sebagai Tuhan akan selamat dari neraka Allah. Dajjal akan berkuasa kurang lebih selama 40 hari di bumi.

Sebagaimana yang tertera dalam Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah,
“Empat puluh hari, namun sehari bisa jadi satu tahun, bisa jadi satu bulan, bisa jadi satu minggu, sementara hari-hari lainnya akan sama dengan apa yang kalian rasakan sekarang”.

Namun dalam hadits tersebut, 40 hari berkuasanya Dajjal tidak disebutkan apakah 4o hari seperti waktu di bumi atau 40 hari menurut keadaan yang lain, tidak dijelaskan lebih rinci. Datangnya Dajjal tidak serta merta membuat bumi makmur, melainkan ia akan berbuat kerusakan yang menyebabkan bumi hancur.

b. Kemunculan Imam Mahdi

Tanda-tanda kiamat yang kedua adalah munculnya Imam Mahdi. Namun, Imam Mahdi bukanlah nama, melainkan sebagai julukan yang diberikan untuk seseorang yang diutus oleh Allah.
Imam dalam bahasa Arab berarti pemimpin, sedangkan Mahdi berarti orang yang mendapatkan petunjuk. Maka, Imam Mahdi merupakan utusan Allah yang dijadikan pemimpin dan telah diberikan petunjuk.

Ciri-ciri Imam Mahdi diantaranya yaitu ia merupakan salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW, berkening lebar, dan hidungnya mancung. Imam Mahdi datang untuk memerangi kekejaman Dajjal yang telah berkuasa sebelumnya. Kehadirannya akan menumpas segala bentuk perbuatan yang dilakukan Dajjal.

Hal ini untuk menunjukkan kebenaran kepada umat manusia bahwa ajaran yang diberikan oleh Dajjal merupakan ajaran yang sesat dan memerintahkan umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar meyakini Allah sebagai satu-satunya Tuhan.

c. Turunnya Nabi Isa As

Imam Mahdi tidak akan sendiri dalam memerangi Dajjal. Nabi Isa As juga diutus Allah untuk turun tidak membawa ajaran dan syariat baru, melainkan membawa ajaran yang sudah diberikan sebelumya yaitu Iman Kepada Allah.

Turunnya Nabi Isa telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 55

“Allah Berfirman : Hai Isa, aku akan mewafatkan dan mengangkatmu kembali padaku, menyucikanmu dari orang-orang kafir dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu atas orang yang kafir sampai kiamat tiba. Kepada-Ku engkau kembali dan aku beri keputusan tentang apa yang diperselisihkan olehmu”.

Nabi Isa memiliki ciri-ciri yaitu badannya tidak terlalu tinggi dan tidak juga pendek, rambutnya keriting dan panjang terurai sampai pundak, dadanya bidang, dan memiliki kulit yang kemerah-merahan. Menara putih di sebelah Timur Kota Suriah menjadi tempat turunnya Nabi Isa ke bumi.

Turunnya Nabi Isa sebagai tanda-tanda kiamat yaitu bersama Imam Mahdi untuk melawan Dajjal dan meruntuhkan kekuasaannya selama beberapa waktu di bumi ini. Pertempuran Nabi Isa dan Imam Mahdi untuk menumpas Dajjal berakhir dengan terbunuhnya Dajjal akibat dadanya tertombak oleh Nabi Isa As di depan pintu Lud di kompleks Masjidil Aqsa.

d. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Tanda-tanda kiamat kubra selanjutnya yaitu keluarnya yakjuj dan makjuj. Al-Quran menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Yakjuj dan Makjuj yaitu kaum yang suka berbuat kerusakan di muka bumi.

Disebutkan bahwa Yakjuj dan Makjuj merupakan manusia yang memiliki ciri-ciri diantaranya seperti memiliki mata sipit, berhidung pesek, dan berambut pirang. Yakjuj dan Makjuj disebutkan terkurung dalam lembah yang diapit oleh dua gunung, raja Zulkarnain yang mengurungnya. Dengan tembok besar yang mengelilingi, Yakjuj dan Makjuj tidak bisa keluar darinya.

Namun, dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 96 disebutkan bahwa nantinya tembok penghalang tersebut akan runtuh, maka keluarlah Yakjuj dan Makjuj untuk membuat kerusakan di bumi. Mereka akan meminum air yang ada di Danau Tiberias, tempat yang diyakini keluarnya Dajjal. Tidak ada satu pun manusia yang mampu menghentikannya kecuali atas izin dari Allah SWT.

Pada akhirnya Yakjuj dan Makjuj akan mati karena diserang oleh hewan sejenis ulat yang membuat badannya membusuk, kemudian datang burung-burung yang mengangkat Yakjuj dan Makjuj dari bumi, lalu turunlah hujan yang membersihkannya.

e. Terbitnya Matahari dari Barat

Tanda-tanda kiamat yang tidak kalah mengejutkan bagi umat manusia lainnya yaitu terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya. Terbitnya matahari dari barat telah disebutkan dalam Hadits Riwayat Muslim:

“Hari kiamat tidak akan datang sebelum matahari terbit dari arah barat. Ketika matahari terbit dari barat, semua akan berubah menjadi beriman. Namun, iman seseorang sudah tidak lagi bermanfaat jika sebelumnya tidak beriman atau tidak mendapatkan manfaat dari imannya itu”.

Bukan hanya Islam saja yang menunjukkan bahwa matahari suatu saat akan terbit dari sisi barat, Ilmu Sains juga memprediksi bahwa matahari terbit dari barat bukanlah hal yang mustahil. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa rotasi bumi yang terjadi selama ini akan mengalami perlambatan yang menyebabkan arah perputarannya terbalik.

Selama ini bumi berputar dari barat ke timur sehingga matahari terlihat terbit dari barat. Nantinya bumi akan berputar dari timur ke barat sehingga matahari seolah terbit dari barat. Ketika matahari terbit dari barat, maka sudah tertutup semua amal perbuatan baik. Perintah-perintah Allah yang selama ini tidak dikerjakan akan dikerjakan semua oleh manusia, namun tidak ada artinya lagi karena sudah sia-sia semuanya untuk dilakukan.

f. Munculnya Asap yang Mematikan

Kemunculan asap yang membuat manusia yang menghirupnya mati merupakan tanda-tanda kiamat yang lainnya. Asap atau Ad-Dukhan dalam Al-Qur’an merupakan ancaman bagi manusia. Dukhan pertama kali muncul pada masa kehdupan Nabi Muhammad SAW. Ketika itu Dukhan muncul untuk sebagai azab bagi kaum kafir Quraissy yang telah memusuhi Nabi.

Dukhan akan muncul kembali di hari akhir nanti selama 40 hari 40 malam. Bumi akan terasa gelap akibat asap tersebut. Asap tersebut membuat manusia yang menghirupnya dapat mati. Tetapi, bagi umat manusia yang beriman asap ini hanya akan menimbulkan efek seperti orang terkena flu. Sebaliknya, pada orang yang berdosa akan mengakibatkan panas seperti membakar kulit.

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 3

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 4

Hikmah Dari Percaya Hari Kiamat

Setelah mengetahui tanda-tanda kiamat yang akan datang suatu hari nanti, maka kita dapat memetik hikmah akan mempercayai tanda-tanda tersebut. Berikut hikmah yang dapat diambil dari mempercayai datangnya kiamat.

1. Segala perbuatan baik dan buruk pada akhirnya akan mendapatkan balasan



Bagi orang yang beriman, tanda-tanda kiamat merupakan cara untuk mengingatkan manusia bahwa segala perbuatan yang dilakukannya saat ini akan mendapatkan balasan nantinya. Perbuatan baik selama di dunia akan membawanya pada kemudahan ketika nanti amalnya dihitung di akhirat.

Sedangkan mereka yang melakukan perbuatan buruk dan di larang oleh agama akan mendapatkan balasan yang menyakitkan dan menyedihkan sebagai konsekuensi atas apa yang telah dilakukannya di dunia. Hari kiamat nanti akan menunjukkan mana manusia yang baik dan mana manusia yang buruk di mata Allah SWT.

2. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Tanda-tanda kiamat seolah menjadi alarm bagi kita bahwa waktu kehidupan di dunia sudah tidak akan lama lagi. Amal baik yang dikerjakan mungkin sudah jarang ditemui. Sebagai makhluk yang dikaruniai kecerdasan dalam berpikir, seharusnya munculnya tanda-tanda kiamat merupakan cara agar kita dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi apa-apa yang dilarang.

Jika hari kiamat nanti tiba, pintu ampunan sudah ditutup dan perbuatan baik sudah tidak dicatat sebagai pahala. Menjadi sia-sia perbuatan baik yang dikerjakan oleh seseorang apabila semua itu baru disadari ketika kiamat tiba. Meningkatkan taqwa kepada Allah harus dilakukan sedari dini agar tidak terlambat dan selamat dari pedihnya kiamat.

2. Tidak mengutamakan kepentingan duniawi dibandingkan kepentingan akhirat

Bagi orang yang beriman, tanda-tanda kiamat merupakan tanda bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan kembali ke asalnya yaitu Allah. Maka bagi seorang yang beriman, wajib hukumnya mempersiapkan diri dengan bekal amal perbuatan yang baik selama di dunia. Tidak mementingkan urusan duniawi hanya karena menuruti keinginan nafsu untuk mendapatkannya.

Sia-sia semua hal yang dilakukan apabila mementingkan urusan duniawi, sebab kelak ketika berada di akhirat semua yang dilakukan selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Hidup di dunia harus selaras dan harus seimbang, mengurus kepentingan duniawi dan tidak lupa urusan dengan akhirat menjadi kewajiban bagi kita semua

3. Menyadari bahwa tidak ada yang kekal di dunia ini

Semua makhluk yang ada di dunia merupakan ciptaan Allah SWT. Pada akhirnya semua akan kembali menghadap Allah SWT. Artinya tidak akan ada yang kekal abadi di dunia. Kecantikan, ketampanan, kekayaan, harta benda yang dimiliki di dunia bukanlah hal yang akan selamanya ada, suatu saat semua itu bisa saja hilang dalam sekejap mata.

Seharusnya bagi kita yang masih hidup di dunia, mengembangkan perbuatan yang baik dan luhur merupakan suatu keharusan. Tanda-tanda kiamat menjadikan kita sadar bahwa segala yang ada di dunia ini akan hancur tanpa tersisa, hanya amal baik yang akan menuntun di kehidupan selanjutnya (akhirat).

Baca juga artikel terkait “Pengertian Hari Kiamat dan Tanda-tandanya” :

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 5

Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Tanda-tanda dan Hikmahnya 6

Itulah pengertian dan tanda-tanda kiamat yang akan terjadi nanti. Sebagai makhluk ciptaan Allah, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengimani dan meyakini akan datangnya hari kiamat. Maka dari itu, kita harus mempersiapkannya dengan baik dengan mengembangkan perbuatan yang baik, menjalankan segala perintah, dan menjauhi segala bentuk larangan Allah SWT agar kita dapat terhindar dari pedihnya hari kiamat kelak.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien