Agama Islam

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya 1
Written by Wida Kurniasih

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya – Selain amalan wajib yang dijalankan oleh umat muslim, ada amalan-amalan tambahan atau sunnah yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Amalan-amalan tersebut juga tidak kalah banyak manfaatnya dari amalan wajib.

Amalan-amalan tersebut adalah membaca dzikir berupa tahmid, takbir, dan tahlil. Banyak manfaat yang akan didapat jika sering membacanya. Artikel ini akan membahas mengenai bacaan tahmid, takbir, tahlil, serta keutamaan dari bacaan-bacaan tersebut.

Bacaan Tahmid

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya 2

Arabic calligraphy artwork of Alhamdulillah. Translations: Thank God. Muslims prayer. Khat thuluth style in floral mandalas.

Bacaan yang biasa dilakukan oleh umat muslim dan memiliki banyak manfaat adalah bacaan tahmid. Bacaan ini diucapkan dengan lafal “Alhamdulillah” ( اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) yang memiliki arti “Segala Puji Bagi Allah SWT”. Biasanya bacaan ini diucapkan ketika selesai menunaikan salat, atau dalam kegiatan pengajian. Namun, sebenarnya bacaan ini tidak hanya digunakan pada saat seperti itu saja. Banyak sekali alasan untuk mengucapkan bacaan tahmid tersebut.

Salah satunya ketika sedang mendapatkan sebuah nikmat dari Allah SWT. Nikmat tersebut pun beragam, seperti mendapat rezeki, Kesehatan, keberuntungan, dan lain-lain. Bacaan tahmid tersebut digunakan untuk menandakan bahwa kita bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.

Akan tetapi, yang perlu diingat juga adalah rasa terima kasih atau syukur kepada Allah SWT tidak hanya ketika sedang mendapatkan suatu kebahagiaan. Meskipun sedang mengalami musibah, kita juga tetap harus bersyukur dengan melafalkan kalimat tahmid atau “Alhamdulillah” tersebut.

Keutamaan Membaca Tahmid

Ada banyak keutamaan dalam membaca tahmid, diantaranya sebagai berikut:

1. Kunci meraih cinta Allah SWT

Bacaan tahmid adalah kalimat untuk bersyukur atau berterima kasih kepada Allah SWT. Selain itu, bacaan yang memiliki arti “Segala Puji Bagi Allah SWT” ini adalah bacaan untuk memuji Allah SWT. Ketika kalimat ini sering diucapkan, maka artinya sering pula memuji dan bersyukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu kita bisa meraih cinta Allah SWT melalui bacaan tahmid ini.

2. Penutup ketika doa bagi orang beriman

Salah satu keutamaan lain bagi orang yang membaca tahmid adalah doa penutup orang beriman. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menjelaskan bahwa ketika selesai membaca doa atau menjadi doa penutup, hendaknya membaca kalimat Tahmid.

Hal tersebut tertuang di dalam surat Yunus ayat 10 yang bermakna “Doa mereka di dalamnya ialah, “Subhanakallahumma” (Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam” (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-hamdu lillahi Rabbil ‘alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam)”. Maka bagi seorang muslim ketika selesai berdoa hendaklah membaca tahmid atau “Alhamdulillah”

3. Doa atau dzikir utama

Ada kalimat-kalimat yang disukai oleh Allah SWT. Salah satunya adalah kalimat tahmid atau “Alhamdulillah”. Maka bacaan tahmid adalah doa atau dzikir utama. Ada salah satu hadits yang berisi ucapan Rasulullah SAW mengenai bacaan kesukaan Allah SWT.

Hadits tersebut berbunyi “Diriwayatkan oleh Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ada 4 ucapan yang paling disukai oleh Allah yaitu: Subhanallah, Alhamdulillah,  Laa ilaaha illallah (tahlil), dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.”.” (HR. Muslim, No. 2137).

4. Menghapus dosa

Keutamaan selanjutnya ketika membaca tahmid adalah dapat menghapus dosa-dosa yang sudah dilakukan sebelumnya. Bacaan tahmid dapat membantu untuk menghapus dosa yang diikuti oleh bacaan-bacaan lainnya. Bacaan lainnya tersebut ialah tahlil dan takbir. Hal ini juga ada di dalam hadits No. 158 yang diriwayatkan oleh Ahmad.

Hadir tersebut berbunyi “Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Tidaklah seorang di muka bumi ini mengucapkan: Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah, melainkan dosa-dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.”.”

banner-promo-gramedia

5. Menambah rejeki

Di dalam Al-Qur’an, tepatnya di surat Ibrahim ayat 7, Allah berfirman “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”.”

Surat tersebut menjelaskan bahwa ketika kita bersyukur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, maka Allah SWT akan terus menambah nikmatNya untuk kita. Salah satu kegunaan dari bacaan tahmid adalah untuk menunjukkan rasa syukur kita. Maka dari itu Grameds, sebanyak apapun nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, kita tentu harus selalu bersyukur dengan mengucapkan kalimat tahmid atau lafal “Alhamdulillah”.

6. Meringankan masalah

Ketika mendapatkan suatu masalah atau suatu kesulitan, cara untuk meringankannya adalah dengan membaca tahmid. Bacaan tahmid memang diucapkan salah satunya ketika kita sedang menerima sebuah nikmat dari Allah SWT. Akan tetapi, perlu Grameds ingat bahwa nikmat dari Allah SWT tidak selamanya kita rasa baik. Karena yang baik bagi Allah SWT sudah pasti baik untuk kita, meskipun kadang dirasa tidak.

Maka dari itu, ketika kita mendapatkan suatu masalah maka hendaklah tetap membaca tahmid. Ketika kita membaca “Alhamdulillah” ketika keadaan sedang kurang baik, maka itu akan meringankan masalah yang kita alami. Membaca “Alhamdulillah” akan membuat kita merasa lebih lega dan tenang.

Kekuatan Zikir

Kekuatan Zikir

Beli Buku di GramediaBacaan Takbir

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya 3

Arabic calligraphy artwork of allahuakbar. Translations: God the most Great. Muslims prayer. Khat thuluth style in floral mandalas.

Bacaan takbir diutarakan dengan melafalkan kalimat “Allahu Akbar” (ٱللَّٰهُ أَكْبَرُ)Lafal takbir ini memiliki arti “Allah Maha Besar”. Makna dari kalimat ini adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh Allah SWT, yaitu Maha Besar. Sifat yang tidak dimiliki satupun oleh makhluknya. Bacaan takbir ini sering diucapkan ketika berdzikir.

Keutamaan Membaca Takbir

Ada beberapa keutamaan membaca takbir, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberi kebaikan untuk hidup

Hadits no 2072 yang diriwayatkan oleh Muslim menjelaskan, bahwa ada seorang Arab Badui datang kepada Rasulullah SAW, kemudian berkata: “Ajari aku dzikir untuk aku baca!” Rasulullah SAW bersabda: “Katakanlah: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang banyak. Maha Suci Allah, Tuhan sekalian alam dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana .” Orang Badui itu berkata: “Kalimat itu untuk Tuhanku, mana yang untukku ?” Rasul bersabda: “Katakanlah: Ya Allah! Ampunilah aku, belas kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku dan berilah rezeki padaku”.

Keutamaan dari takbir berdasarkan hadits tersebut adalah untuk kebaikan hidup. Sering membaca takbir dan ditambah dengan bacaan dzikir lainnya akan mempermudah dekat dengan Allah SWT. Sehingga hidup yang dijalani menjadi lebih mudah.

2. Bisa membantu menghapus dosa

Merujuk kembali pada hadits no 158 yang diriwayatkan oleh Ahmad. Membaca bacaan takbir akan membantu menghapus dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya. Bacaan takbir juga ditambah dengan bacaan dzikir lainnya.

3. Mendapat ketenangan pikiran

Mendapat ketenangan pikiran juga merupakan keutamaan dari membaca takbir. Bacaan takbir yang memiliki arti “Allah Maha Besar” bisa memberikan ketenangan pikiran. Ketika membaca takbir akan mengingatkan kita bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Besar, semua bisa terjadi sesuai dengan kehendakNya. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT.

Zikir Penyejuk Jiwa

Zikir Penyejuk Jiwa

Beli Buku di Gramedia4. Memperkuat ketaqwaan

Salah satu keutamaan membaca bacaan takbir lainnya adalah memperkuat ketaqwaan. Ketika sering membaca takbir atau dzikir, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT. Maka lama kelamaan ketaqwaan kita akan menjadi lebih kuat.

5. Menyempurnakan puasa ramadhan

Setelah menjalankan puasa ramadhan selama satu bulan, ditutup dengan merayakan idul fitri. Untuk menyempurnakan ibadah puasa ramadhan, menjelang hari raya idul fitri dianjurkan untuk membaca takbir. Membaca atau mengumandangkan takbir juga digabung dengan bacaan tahlil, atau lafal “Laa ilaha illallah”.

Doa dan Zikir Makbul

Doa dan Zikir Makbul

Beli Buku di GramediaBacaan Tahlil

Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya 4Bacaan tahlil dilafalkan dengan kalimat “Laa ilaha illallah” (لا إله إلا الله) yang berarti “Tidak ada Tuhan selain Allah”. Bacaan tahlil adalah salah satu kalimat yang ada di dalam kalimat syahadat. Kalimat tahlil sering digunakan untuk acara pengiriman doa orang yang sudah wafat. Namun, sebenarnya kalimat tahlil bukan hanya sekadar itu. Banyak sekali kegunaan serta keutamaan dalam membaca kalimat tahlil.

Keutamaan membaca tahlil

Ada beberapa keutamaan membaca tahlil, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terbebas dari api neraka

Keutamaan membaca tahlil adalah akan terbebas dari api neraka. Hadits no 873 yang diriwayatkan oleh Muslim menjelaskan, suatu ketika Rasulullah SAW mendengar muadzin mengucapkan ‘Asyhadu alla ilaha illallah’. Lalu beliau mengatakan pada muadzin tadi, “Engkau terbebas dari neraka.”

2. Memperbaiki iman

Membaca tahlil juga dapat memperbaiki iman menjadi lebih kuat. Jika selalu membaca kalimat tahlil, maka semakin lama iman menjadi lebih baik lagi.

banner-promo-gramedia

Hadits riwayat Ahmad dan Thabrani dari Abu Hurairah RA menjelaskan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Perbaharuilah selalu iman-imanmu.” Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana cara kami memperbarui iman kami?” Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah olehmu ucapan Laa Ilaaha illallah (tiada Tuhan selain Allah).”

3. Kunci untuk membuka 8 pintu surga.

Dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengucapkan, ‘saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan (bersaksi) bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya, dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya, dan (bersaksi pula) bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya, maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki.” (HR. Muslim no. 149)”

Jika sering membaca kalimat tahlil setiap hari, maka ia bisa masuk melalui salah satu dari 8 pintu. Ia bisa memilih pintu manapun yang ingin ia masuki.

4. Mendatangkan Keberuntungan

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah menjawab pertanyaan dari Abu Hurairah RA yang menanyakan siapa orang yang paling beruntung mendapatkan syafaat kelak. Lalu Rasulullah menjawab ia adalah orang yang mengucapkan kalimat Laa ilaha illallah dengan hati yang ikhlas dan ketulusan.

Itulah beberapa informasi mengenai bacaan tahmid, takbir dan tahlil serta keutamaan jika membacanya. Ada banyak informasi-informasi lainnya seputar doa-doa atau bacaan-bacaan yang bisa Grameds amalkan. Temukan banyak buku-buku menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan menampilan buku-buku rekomendasi yang Grameds cari.

Baca juga artikel terkait “Bacaan Tahmid, Takbir, Tahlil dan Keutamaannya” :

Sumber: dari bergabai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien