Music

Ketahui Bagian-Bagian Keyboard (Piano)

Written by Rifda A

Bagian-bagian keyboard  (piano) – Keyboard termasuk kedalam berbagai macam instrumen musik yang modern dari seluruh dunia. Di era modern ini, pemakaian keyboard sudah banyak ditemukan pada beberapa kelompok permainan musik di beberapa negara terutama di Indonesia ini. Permainan keyboard memberikan ketertarikan bagi setiap orang yang menyukai musik dan alat musik.

Pada saat ini, keyboard menjadi bagian dari hiburan bagi masyarakat umum, bagi usia muda hingga usia tua, bagi anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Keberadaan keyboard sangatlah memberikan warna yang sangatlah memikat pendengarnya. Hal tersebut dikarenakan gaya permainan dan teknik yang disajikan dari permainan keyboard bervariatif.

Alat musik keyboard ini memiliki macam-macam tempo, irama, dan suara-suara musik yang disajikan berbeda-beda. Pada umumnya keyboard sudah terprogram, sehingga pemain keyboard dapat memainkannya hanya dengan menekan tombol-tombol yang sudah diatur untuk mengeluarkan irama, tempo, maupun suara apapun yang diinginkan.

Menurut Soewito (1996) keyboard merupakan bagian dari berbagai alat musik maupun komponen alat musik yang dirancang dengan sebaris papan tangga nada atau biasa disebut tuts berwarna putih maupun hitam dan juga bagian dari alat musik lainnya yang dinamakan piano dan organ.

Dalam permainan alat musik keyboard sangatlah diperlukan pemahaman terhadap bagian-bagian pada keyboardnya terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar pemain keyboard mudah dalam mempelajari berbagai Teknik bermain alat musik keyboard. Yuk Grameds! Mari kita pahami dulu, ada apa aja sih yang terdapat pada alat musik keyboard sebelum kita mempelajari cara memainkannya.

Bagian-Bagian Keyboard 

1. Tombol power on atau off

Tombol power on atau off ini adalah tombol yang akan digunakan pertama kali. Tombol power ini digunakan untuk menyalakan keyboard setelah keyboard sudah dihubungkan dengan aliran listrik. Selain itu, tombol power ini juga digunakan untuk mematikan keyboard apabila sudah selesai digunakan. Pada saat tombol power on sudah ditekan dan keyboard sudah otomatis menyala, sudah pasti ketika menekan tuts akan muncul suara piano.

Pada umumnya tombol power on atau off pada piano menggunakan simbol berbentuk seperti huruf “I” dan huruf “O”. Biasanya tombol power on atau off tersebut sudah diukir dengan bentuk garis tegak lurus seperti huruf “I” berada didalam agak menjulur k luar atau di atas bentuk lingkaran seperti huruf “O”.

2. Volume

Volume pada alat musik keyboard merupakan suatu hal yang berkaitan dengan suara. Volume tersebut diartikan sebagai tingkatan dari kekuatan ataupun ketinggian dari suara yang dikeluarkan. Ketika volume ditingkatkan, maka suara yang dihasilkan atau dikeluarkan pun akan semakin kencang. Sebaliknya, ketika volume diturunkan maka suara yang dikeluarkan akan semakin kecil.

Tombol volume yang terdapat pada keyboard merupakan bagian memiliki fungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara. Pengguna keyboard dapat mengatur besar dan kecil atau tinggi dan rendahnya suara secara keseluruhan yang akan keluar pada keyboard setelah keyboard sudah dinyalakan.

Penggunaan tombol volume bukan hanya pada keyboard (piano) saja, melainkan pada smartphone, TV, speaker, dan lainnya. Berbeda halnya penggunaan tombol volume selain memperbesar dan memperkecil suara pada smartphone, juga berfungsi untuk mengambil foto, screen capture, dan lain-lain. Akan tetapi, tombol volume pada keyboard (piano) hanya dapat berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara saja.

Tombol volume pada keyboard diberikan simbol berbentuk plus (+) atau tanda tambah dan tombol minus (-) atau tanda kurang. Simbol berbentuk (+) pada keyboard digunakan untuk memperbesar atau meninggikan suara. Sedangkan simbol berbentuk (-) digunakan untuk mengecilkan atau merendahkan suara.

3. Start atau stop

Start pada alat musik keyboard dimaksudkan sebagai pertanda irama musik yang akan dikeluarkan pada keyboard sudah dimulai. Sedangkan stop diartikan bahwa irama musik yang keluar dari keyboard berhenti.

Tombol start atau stop yang ada pada alat musik keyboard digunakan untuk memulai atau menghentikan irama musik yang biasa disebut rhythm. Pada saat pemain keyboard ingin menggunakan rhythm dapat memencet tombol start, yang dimana irama pada keyboard yang akan keluar pertama adalah berbentuk bunyi drum. Apabila pemain ingin menghentikan irama tersebut dapat memencet tombol stop Kembali untuk kedua kalinya, sehingga irama musik tersebut akan berhenti secara otomatis.

Pada umumnya, tombol start dan stop dirancang menyatu menjadi satu kesatuan pada alat musik keyboard. Maka dari itu, pemain dapat dengan mudah memulai irama musik atau rhythm dengan memencet tombol start satu kali. Selain itu, dapat dengan mudah juga menghentikan irama musik atau rhythm dengan memencet tombol stop satu kali apabila sebelumnya rhythm sudah menyala.

4. Sync

Sync sendiri diartikan sebagai sinkronisasi. Sehingga sync pada alat musik keyboard diartikan bahwa adanya sinkronisasi dalam permainan keyboard, antara irama musik dengan melodi lagu yang diputar sesuai dengan yang diinginkan oleh pemain.

Tombol sync yang terdapat pada alat musik keyboard biasanya digunakan oleh para pemain keyboard untuk mengatur melodi musik agar bisa diputar bersamaan dengan irama musik atau rhythm. Tombol sync tersebut dapat mengatur bagaimana keselarasan terhadap melodi lagu yang diinginkan.

Pada saat pemain alat musik keyboard menekan tombol sync untuk mengaktifkannya, lalu apabila tuts pada keyboard dibagian sebelah kiri tersentuh sesuatu, maka seketika drum beserta dengan iringan musiknya tersebut akan berjalan bersamaan.

5. Rhythm 

Rhythm sendiri diartikan sebagai irama musik yang berkaitan dengan tempo. Rhythm merupakan bagian dari melodi lagu sebagai salah satu unsur dasar dan yang penting dalam menghasilkan alunan musik. Rhythm berasal dari perpaduan bunyi-bunyi dengan ketukan dalam tingkatan panjang dan pendek maupun lama dan singkatnya ketukan bunyi tersebut sehingga menciptakan suatu pola.

Tombol Rhythm dalam alat musik keyboard pada umumnya dipergunakan oleh pemain keyboard dalam memilih berbagai jenis irama musik yang akan dimainkan. Pilihan irama musiknya, diantaranya: waltz, bossanova, rhumba, dan lain sebagainya. Tombol rhythm pada alat musik keyboard dari beberapa orang atau para pemain juga terkadang menyebutnya dengan tombol style.

6. ACMP

Dalam permainan alat musik keyboard, pada dasarnya ACMP adalah accompaniment atau biasa disebut dengan iringan. Tombol ACMP yang terdapat pada alat musik keyboard pada umumnya dipergunakan untuk menyembunyikan suara yang berasal dari berbagai jenis irama musik apabila tombol rhythm atau tombol style sudah ditekan atau dinyalakan.

Jika tombol rhythm atau tombol style dan tombol ACMP sudah ditekan, maka otomatis sudah menyala sehingga tuts pada bagian kiri alat musik keyboard akan berfungsi sebagai chord pengiring.

Selain itu, tombol ACMP yang digunakan pada permainan alat musik keyboard juga dimaksudkan untuk membuat sinkronisasi antara chord dengan style yang telah dipilih oleh pemain. Hal tersebut membuat drum set beserta dengan instrumen lainnya akan ikut berbunyi sesuai dengan akor.

 

7. Voice

Tombol voice yang terdapat pada permainan alat musik voice sama dengan tombol tone atau tombol timbre. Tone sendiri merupakan efek dalam pengaturan suara yang dapat memungkinkan memberikan pengaturan timbre atau kualitas dari bunyi suara sesuai dengan yang dikehendaki atau diinginkan oleh pemain alat musik keyboard. Timbre dikenal sebagai nada warna atau kualitas nada yang merupakan kualitas suara yang akan dirasakan oleh pendengar atau penikmat musik yang berasal dari catatan musik suara atau nada.

Fungsi dari tombol voice tersebut yaitu digunakan untuk memilih berbagai suara alat musik yang ada sesuai dengan keinginan pemainnya. Contoh suara alat musiknya, yaitu: organ, gitar, trumpet, flute, biola, cello, saxofon, drum, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, Voice atau tone dibagi menjadi 3 (tiga) tombol, diantaranya yaitu: Main voice atau right 1, layer voice atau right 2, dan left voice. Main voice atau right 1 merupakan program yang dapat mengaktifkan fungsi kerja dari satu suara yang terdapat pada alat musik keyboard dengan berbagai pilihan (voice choice) yang beraneka ragam.

Layer voice atau right 2 merupakan program pada alat musik keyboard yang dapat mengaktifkan fungsi kerja dari dua suara, selain itu juga dapat menghasilkan dua suara yang berbeda dengan cara menekan satu bilah tuts saja. Sedangkan left voice merupakan program yang terdapat pada alat musik keyboard yang dapat mengaktifkan fungsi kerja suara pada bagian alat musik keyboard tersebut di bagian sebelah kiri dengan batas range tertentu.

8. Tempo

Tombol Tempo dalam permainan alat musik keyboard dipergunakan untuk mengatur kecepatan atau cepat lambatnya ketukan dari irama musik atau yang biasa disebut rhythm sesuai dengan yang diinginkan oleh pemain. Tombol Tempo tersebut dapat berfungsi apabila tombol start pada keyboard sudah dipencet atau dinyalakan.

Berkaitan dengan tempo, terdapat juga metronome pada permainan alat musik keyboard yang memiliki fungsi untuk membantu pemain keyboard dalam menstabilkan ketukan pada lagu yang sedang dimainkan agar tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

9. Sustain

Tombol sustain pada permainan alat musik keyboard dipergunakan untuk membuat suara yang keluar dari keyboard tidak akan langsung terputus ketika tuts selesai ditekan. Hal tersebut juga dimaksudkan bahwa tombol sustain digunakan untuk memperpanjang bunyi instrumen yang keluar dari alat musik keyboard.

10. Transpose

Transpose merupakan sebuah fitur yang terdapat dalam permainan alat musik keyboard yang digunakan mengatur nada tanpa adanya perpindahan posisi jari ketika memainkannya. Fitur tersebut mampu mengubah nada dasar pada alat musik keyboard dengan  menaikkan maupun menurunkan nada sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pemain.

Apabila pemain ingin menaikkan setengah laras dari nada awal, maka permain perlu menekan tombol (+) sebanyak sekali. Sebaliknya, apabila pemain ingin menurunkan setengah laras nada dari nada awal, maka pemain perlu menekan tombol (-) sebanyak sekali.

11. Tombol intro/ending

Pixabay

Intro memiliki fungsi untuk mengawali sebuah lagu dengan menggunakan aransemen intro yang telah ada pada masing-masing irama dalam permainan alat musik keyboard. Sedangkan ending memiliki fungsi untuk mengakhiri sebuah lagu dengan menggunakan aransemen yang telah ada pada masing-masing irama dalam permainan alat musik keyboard.

Dalam permainan alat musik keyboard, tombol intro atau ending dipergunakan dengan cara menekan tombol tersebut dalam mengawali permainan keyboard dan menekan Kembali tombol untuk kedua kalinya sebagai tombol untuk menutup lagu.

Song

Dalam alat musik keyboard terdapat program yang dinamakan song. Program tersebut sangatlah bermanfaat bagi para pemain keyboard, karena dapat digunakan untuk merekam maupun memutar ulang lagu atau instrumen. Adapun demo lagu yang sudah terdapat pada alat musik keyboard, sehingga pemain dapat menggunakannya secara langsung.

Pada umumnya alat musik keyboard tersebut sudah menyediakan beberapa lagu yang dapat langsung dimainkan oleh pemain, tetapi pemain keyboard juga dapat dengan mudah memainkan lagu yang diinginkannya melalui midi file atau mp3. Untuk menyalakannya, pemain hanya perlu menekan tombol play song sesuai yang diinginkan.

12. Fill in

Tombol Fill in pada permainan alat musik keyboard memiliki fungsi untuk memperbanyak atau menambahkan variasi ketukan dan variasi drum. Fill in terbagi menjadi 2, yaitu Fill in to variation dan Fill in to original. Fill in to variation berfungsi untuk menghasilkan variasi pada ketukan sebelum masuk ke bagian reff lagu yang dimainkan. Sedangkan Fill in to original memiliki fungsi untuk menghasilkan variasi pada ketukan setelah reff lagu telah dimainkan.

13. Break

Break dalam permainan alat musik keyboard berfungsi dalam variasi dari permainan drum style atau rhythm. Break ini sedikit memiliki kesamaan fungsi dengan fill in. Variasi dalam break cukup monoton dibandingkan dengan fill in.

14. Main Variation

Main Variation merupakan pilihan dari berbagai varian musik untuk style. Main Variation ini bertujuan agar style permainan alat musik keyboard yang dimainkan oleh pemain dapat terlihat lengkap dan penuh.

15. One Touch Setting

One Touch Setting dalam permainan alat musik keyboard merupakan program yang dapat memaksimalkan pekerjaan alat musik keyboard tersebut dalam kemampuannya untuk menyimpan data. Program tersebut merupakan program yang dapat memberikan kemudahan bagi pemain alat musik keyboard dalam memilih style yang diinginkannya secara otomatis yang telah disajikan.

Apabila pemain alat musik keyboard telah memilih style yang diinginkannya, kemudian program tersebut akan menyimpan dalam memori dan dapat diputar secara otomatis hanya dengan menekan tombolnya saja.

16. Music Finder

Dalam permainan alat musik keyboard, Music Finder adalah program yang terdapat pada alat musik keyboard yang memiliki fungsi untuk memberikan pengaturan secara otomatis pada sebuah lagu yang sedang dimainkan oleh pemain. Music Finder tidak hanya diperuntukkan dalam mengatur suara saja. Program tersebut mampu mengatur style, tempo, efek, dan lain-lain.

17. Registration Memory

Adanya registration memory dalam permainan alat musik keyboard berkaitan dengan segala hal yang berhubungan dengan penyimpanan data pada alat musik keyboard tersebut. Data yang dimaksudkan yaitu, pemilihan style, voice, dan lainnya. Pada umumnya, dalam alat musik keyboard terdiri atas 8 (delapan) tempat penyimpanan data, yang dimana dituliskan berdasarkan urutan angka.

Registration memory memiliki fungsi lain, yaitu berfungsi untuk mempermudah pemain alat musik keyboard dalam hal mengganti style maupun voice tanpa perlu menekan tombolnya. Hal tersebut dikarenakan dalam program registration memory sudah tersimpan pengaturan yang dibutuhkan oleh pemain.

Nah, di atas merupakan berbagai bagian-bagian yang terdapat pada alat musik keyboard beserta dengan penjelasannya. Sudah tahu bukan? Ternyata banyak sekali bagian-bagian pada alat musik keyboard yang belum banyak orang pahami. Jika sudah memahaminya, grameds dapat dengan mudah juga loh mempelajari cara memainkan keyboard sampai mahir. Berbagai cara permainan keyboard bisa grameds dapatkan di Gramedia.com.

 

Demikian pembahasan tentang bagian-bagian keyboard, semoga semua pembahasan di atas dapat membuat kamu tertarik untuk mempelajari keyboard dan piano. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Nabila Frithania

Sumber Referensi

Biantoro, A. S., Raharja, B., dan Taryadi, R. Pembelajaran Keyboard Acompaniment Di Lembaga Kursus Etnictro Music Education Yogyakarta. 1-15.

Meirawati, R. N. (2014). Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard Pada Anak Penyandang Tunanetra Di Yaketunis Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni (Skripsi): Universitas Negeri Yogyakarta.

Yeni Indra. (2018). Teknik Iringan Lagu Anak: Penggunaan Keyboard Sebagai Instrumen Ritmis. Jakarta: Prenadamedia Group

Haspalian, M. A. (2016). Bentuk Dan Fungsi Permainan Keyboard Pada Musik Tradisional Ciledut Di Desa Sakra Lombok Timur. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni (Skripsi): Universitas Negeri Yogyakarta.

Septian, D. A., Suhaya, dan Septian, D. D. (2022). Metode John Thompson’s Pada Pembelajaran Piano Di Unity Music School Serang. Jurnal Musik Tari Teater & Rupa (1): 1, 48-62.

Sihombing, L. B. Peranan Alat Musik Keyboard Pada Musik Tradisional Masyarakat Karo.

Kidjing, J. (2016). Mahir Bermain Keyboard. Depok: Genesis Learning

Hakim, T. (2005). Teknik tercepat belajar bermain keyboard. Jakarta Selatan: Penerbit PT Kawan Pustaka.

Fahri, M. Z. (2015). Rahasia Jago Keyboard Secara Otodidak Tanpa Guru: Khusus Untuk Pemula. Lembar Pustaka Indonesia.

Erzha, E. (2014). Trik Instan Jago Main Keyboard Secara Otodidak. Lembar Langit Indonesia.

Sudibyo, P. Teknik Praktis Bermain Organ dan Kibor Tunggal. Depok: Puspa Swara, Anggota Ikapi.

Hakim, T. Kumpulan Lagu Grup Legendaris dalam Permainan Keyboard. Kawan Pustaka.

Taher, D. (2012). Lancar Bermain Keyboard dari Nol Hingga Mahir. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher (Anggota Ikapi).

About the author

Rifda A

Saya menyadari jika menulis ternyata bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus membawa hal positif dalam kehidupan ini. Dari berbagai macam tema yang suka, salah satunya adalah tema musik.