Food

Apa Itu Caviar, Manfaat, dan Olahannya

apa itu caviar
Written by M. Hardi

Apa itu caviar? Bagi sebagian orang mungkin akan terdengar asing ketika mendengar kata “caviar”. Caviar merupakan salah satu makanan yang diyakini harganya sangat mahal. Meski begitu kandungan di dalamnya sangatlah banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa sih yang membuat makanan satu ini mahal? Serta dari mana asal usulnya dan cara pengolahannya? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Asal Caviar

Caviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, pada umumnya adalah ikan sturgeon yang sudah diproses dan digarami. Makanan ini secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah. Selain itu, caviar ini biasa juga digunakan sebagai pelengkap dari suatu hidangan.

Caviar memiliki berbagai jenis dengan kisaran harga berbeda-beda. Setiap harga dari caviar ini sangat bergantung pada kualitas dan juga jenis caviar itu sendiri. Harga caviar diperkirakan harganya sekitar Rp1.549.000 hingga Rp3.484.000. Harga itu biasanya dijual dalam ukuran 30 gram. Meski harganya mahal, tetapi caviar memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Caviar kualitas tertinggi dipanen saat ikan sturgeon betina siap untuk bertelur. Lalu, saat berada di alam bebas, ikan sturgeon yang akan bertelur biasanya pindah dari air asin ke anak sungai. Di sini, saatnya mereka ditangkap.

Sementara itu, ikan sturgeon betina yang ada di peternakan biasanya dipantau menggunakan mesin khusus untuk mencari tahu kapan telurnya siap dipanen. Jumlah telur yang dihasilkan dalam sekali panen bisa berbeda-beda Perbedaan itu biasanya dilihat dari ukuran ikan sturgeon.

Pada umumnya, caviar hitam paling banyak berasal dari telur ikan sturgeon laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Russia, dan Kazakhstan. Sementara itu, jenis caviar yang paling mahal adalah varian Beluga, Ossetra, dan Sevruga.

https://www.gramedia.com/products/travel-talk-russian?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Macam-Macam Caviar

Setelah membahas tentang asal caviar, maka pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas macam-macam caviar. Berikut penjelasan mengenai macam-macam caviar:

1. Caviar Beluga

apa itu caviar

Sumber: Indozone

Caviar beluga adalah varian paling mahal, mengapa begitu? Hal ini karena caviar memiliki ikan betina membutuhkan waktu sekitar 10-15 tahun sampai dia mulai memproduksi telur.

Manik-manik caviar ini memiliki ukuran yang besar, montok, dan kokoh. Warnanya pun dapat berkisar dari abu-abu terang hingga abu-abu gelap. Caviar beluga memiliki cita rasa yang khas, yaitu lembut bahkan hampir mirip seperti mentega.

Sebelumnya ikan betina harus dibunuh untuk mengambil telur. Namun, sekarang dengan kemajuan teknologi, metode penangkapan ikan ramah lingkungan yang digunakan tidak melibatkan pembunuhan ikan betina.

2. Caviar Ossetra

apa itu caviar

Sumber: Ubuy Indonesia

Caviar ossetra adalah salah satu jenis kaviar yang paling berharga dan mahal (harganya hanya dilampaui oleh caviar Beluga). Caviar ini diperoleh dari ikan sturgeon Osetra yang beratnya 50-400 pon dan dapat hidup hingga 50 tahun.

Caviar Ossetra bervariasi, mulai dari warna coklat tua sampai emas. Varietas yang lebih ringan lebih banyak dicari, karena memiliki rasa yang paling kaya dan berasal dari sturgeon tertua. Golden Ossetra adalah bentuk kaviar Ossetra yang langka, dan berwarna kuning keemasan dengan rasa yang sangat kaya.

Di Rusia, ada perbedaan nama untuk spesies sturgeon yang hidup di berbagai wilayah seperti Beluga (Huso huso), Sevruga (Acipenser stellatus) dan Sterlet (Acipenser ruthenus). Nama Ossetra yang sesuai dengan spesies Acipenser gueldenstaedtii yang jauh lebih kecil dari sturgeon Beluga (Huso huso), dan memiliki tekstur yang lebih kencang.

Di wilayah Federasi Rusia terdapat jenis sturgeon lain, seperti, sturgeon Siberia (Acipenser Baerii) yang dibudidayakan di seluruh dunia karena dapat beradaptasi dengan habitat yang lebih luas. Itu mulai menghasilkan kaviar lebih cepat dari Acipenser gueldenstaedtii.

3. Caviar Sevruga

apa itu caviar

Sumber: Ingredients

Telur asin dari spesies ikan sturgeon sevruga menjadi salah satu varian kaviar yang paling umum dan populer di dunia. Ikan ini berasal dari Laut Hitam dan Kaspia. Caviar sevruga adalah salah satu varietas kaviar dengan harga tertinggi, hanya kalah harga dengan varietas beluga dan ossetra. Caviar sevruga juga dapat ditemukan, terbuat dari campuran caviar Osetra dan Sevruga yang telah dipanaskan dalam larutan garam.

Caviar ini dipanen dari berbagai spesies ikan sturgeon yang terancam punah, yang dikenal dengan telur kecil berwarna abu-abu. Di Eropa Timur, dipanen dari sturgeon Sevruga (Acipenser stellatus), sturgeon Sterlet (Acipenser ruthenus) dan sturgeon Siberia ( Acipenser baerii ), yang berasal dari Laut Kaspia dan sungai-sungai di sekitarnya.

Ikan ini berkembang biak lebih cepat daripada varian sturgeon lainnya, sehingga menyebabkan produksi caviar berlimpah dengan harga yang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan dengan caviar beluga dan ossetra. Selain itu, caviar jenis ini juga mudah ditemukan.

Diperkirakan sekitar setengah dari produksi caviar ini berasal dari Sevruga. Telur kaviar Sevruga berwarna abu-abu mutiara, dan ukurannya lebih kecil dari sturgeon lainnya. Bicara soal rasanya lebih terasa asin bila dibandingkan dengan varietas lain. Meski begitu, terdapat beberapa variasi tergantung dari asal ikannya. Caviar sevruga biasanya dikemas dengan dalam kaleng berwarna merah.

Caviar mempunyai ukuran yang kecil dengan rasa asin dan mentega. Warna umumnya berkisar dari abu-abu muda hingga hitam. Caviar jenis ini paling nikmat saat disajikan begitu saja tanpa diberi tambahan apapun, atau bisa juga dinikmati secara eksklusif dengan mutiara atau sendok kayu.

4. Caviar Starlet

apa itu caviar

Sumber: Mel and Rose Blog

Starlet caviar merupakan varian caviar yang dipanen dari sturgeon starlet yang asalnya dari sungai yang mengalir ke Laut Kaspia, Laut Hitam, Laut Baltik, Laut Barents, dan Laut Azov. Jenis ini adalah salah satu sturgeon terkecil.

Jenis ini memiliki tingkat kematangan lebih cepat daripada varian sturgeon lainnya. Dalam daftar IUCN, starlet sturgeon masuk ke dalam daftar ikan yang rentan. Saat ini, sebagian besar ikan jenis ini dibudidayakan di peternakan.

Telurnya mempunyai ukuran telur kecil dan halus. Warnanya pun berkisar dari abu-abu terang hingga abu-abu gelap. Kaviar mempunyai rasa yang ringan, agak manis, dan mentega. Makanan ini semakin sempurna ketika dikombinasikan dengan roti panggang mentega, blini, kentang, atau telur.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-mi-pasta-favorit?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Nutrisi Pada Caviar

Caviar sangat rapuh dan harus tetap dingin sebelum dikonsumsi. Caviar terpasteurisasi memiliki tekstur yang agak berbeda, sehingga caviar jenis ini tidak rapuh dan boleh tidak didinginkan sebelum dibuka.

Caviar padat terdiri dari telur-telur rusak atau rapuh dan bisa berupa gabungan dari beberapa telur ikan yang berbeda, sehingga caviar jenis ini diperlakukan khusus, diasinkan, dan dipadatkan.

Meski sesendok caviar memenuhi dapat kebutuhan vitamin B12 orang dewasa dalam sehari, tetapi kandungan garam dan kolesterolnya juga tingga. Oleh sebab itu, bagi mereka yang memiliki risiko penyakit kolesterol, sebaiknya jangan mengonsumsi caviar secara berlebihan.

Dalam satu sendok makan caviar atau sekitar 16 gram didalamnya terkandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Kalori: 42
  • Lemak: 2,86 gram
  • Karbohidrat: 0,64 gram
  • Serat: 0 gram
  • Protein: 3,94 gram
  • Natrium: 240 mili gram
  • Kolesterol:94 mili gram

Manfaat Caviar Bagi Kesehatan

Makanan mahal ini apabila kita konsumsi tentu memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat mengonsumsi caviar bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam caviar memiliki manfaat untuk mengoptimalkan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Berikut manfaat asam lemak omega-3 fungsi jantung dan pembuluh darah:

  • Menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.
  • Menurunkan risiko detak jantung tidak teratur (aritmia).
  • Memperlambat penumpukan plak yang dapat menyumbat arteri.
  • Menurunkan tekanan darah.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain di dalam makanan, caviar kerap ditemukan di dalam produk kecantikan. Contohnya produk perawat kulit untuk anti-aging atau anti penuaan. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3, vitamin A, dan vitamin E yang cukup tinggi di dalam caviar.

Itulah mengapa jika mengonsumsi caviar secara rutin membantu menjaga kesehatan kulit. Ini termasuk mengatasi dermatitis kulit bersisik, dan kulit terasa kasar.

3. Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat caviar lainnya terletak pada kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi. Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tulang dalam jangka panjang.

Seiring bertambahnya usia, penyakit-penyakit terkait tulang berisiko terjadi, seperti radang sendi dan osteoporosis. Itulah sebabnya, penting untuk memenuhi asupan kalsium dan vitamin D sejak usia muda. Ada berbagai makanan dan minuman sumber kalsium serta vitamin D, salah satunya terletak di dalam caviar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A berperan penting untuk mengoptimalkan dan menjaga fungsi penglihatan. Salah satu manfaat vitamin A bagi mata adalah menjaga area kornea yakni lapisan bening dan tipis di bagian depan bola mata, agar tetap baik.

Selain itu, vitamin A merupakan komponen di dalam rhodopsin. Rhodopsin adalah pigmen pada mata yang bertanggung jawab dalam menerima cahaya, termasuk saat penerangan sedang rendah (agak gelap).

5. Mendukung Fungsi dan Kesehatan Otak

Asam lemak omega 3, protein, serta antioksidan berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak.

Nutrisi-nutrisi tersebut diketahui berperan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.

6. Meredakan Peradangan

Sebuah riset menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 dapat meredakan gejala rheumatoid arthritis, terutama pembengkakan pada sendi. Manfaat ini berkat sifat asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat caviar, Grameds. Setelah mengetahui manfaat caviar, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi caviar?

Cara Makan Caviar

Cara terbaik untuk menikmati caviar yaitu langsung memakannya dengan memakai sendok. Alangkah baiknya, hindari makan caviar menggunakan sendok berbahan metal karena dapat mempengaruhi rasa.

Ada juga orang yang meletakkan caviar di punggung tangan, kemudian langsung menikmatinya. Cara ini sebenarnya untuk mengetes kualitas caviar sebelum orang membelinya.

Selain itu, caviar juga cocok disajikan dengan cracker, toast point, atau blini. Tidak hanya itu, caviar dapat dijadikan sebagai pelengkap dalam sentuhan akhir makanan pembuka dan topping pasta.

Olahan Caviar

Tertarik mencoba caviar? Berikut olahan menu yang bisa Grameds coba dengan bahan dasar caviar:

1. Telur Isi Caviar Merah dan Keju

apa itu caviar

Sumber: Russia Beyond

Bahan-bahan:

  • 5 telur ayam
  • 50 – 70 gram keju keras
  • 70 – 80 gram kaviar merah
  • Mayones
  • Garam
  • Dedaunan hijau

Cara membuatnya:

  1. Kupas kulit telur yang sebelumnya telah direbus, belah dua dan keluarkan kuningnya.
  2. Parut keju, campur dengan mayonaise dan kuning telur.
  3. Pastikan Anda tak memberi terlalu banyak mayones agar adonan tetap berbentuk.
  4. Campur dan tambahkan sedikit garam.
  5. Isi telur dengan adonan ini. Jangan isi terlalu banyak.
  6. Beri kaviar di atasnya.

2. Biskuit Topping Caviar

apa itu caviar

Sumber: Russia Beyond

Untuk olahan menu satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu biskuit sebagai bahan dasar. Taruh krim keju di atas biskuit, dan beri kaviar di atasnya. Anda bisa menghiasnya dengan dedaunan, atau ganti biskuit dengan keripik.

Anda harus segera menyantap camilan ini secepatnya agar biskuit atau keripiknya tidak basah. Anda juga bisa menyajikan caviar di atas mentimun. Mudah bukan?

3. Panekuk Topping Caviar

apa itu caviar

Sumber: Russia Beyond

Pertama-tama, kamu harus membuat panekuk atau omelet telur terlebih dulu. Lalu, olesi panekuk dengan krim keju, dan gulung. Potong kecil-kecil dan letakkan secara vertikal di piring saji. Beri kaviar di atasnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat draniki, panekuk kentang kecil, dan taruh krim keju dan kaviar di atasnya. Selamat mencoba!

4. Rol Salmon dan Caviar

apa itu caviar

Sumber: Legion Media

Menu yang satu ini juga terbilang mudah. Kamu hanya iris salmon asin atau asap tipis-tipis secara memanjang, atau beli irisan yang sudah jadi sebagai langkah awal. Kemudian, letakkan sesendok teh mentega, gulung dan letakkan secara vertikal di atas piring. Anda bisa mengikat salmon dengan daun bawang, lalu letakkan kaviar di atasnya.

5. Salad Starsky

apa itu caviar

Sumber: Legion Media

Bahan-bahan:

  • Cumi 300 gram
  • Keju 200 gram
  • Kentang rebus 6 buah
  • Telur 6 butir
  • Kaviar merah 160 gram
  • Mayones dan garam

Cara membuatnya:

  1. Membersihkan dan merebus cumi hingga memutih selama maksimal lima menit.
  2. Iris cumi, telur, dan kentang.
  3. Parut keju dengan ukuran sedang.
  4. Semua bahan baku harus disusun di atas piring dengan urutan sebagai berikut: cumi, kentang, telur, dan keju.
  5. Tutup susunan tersebut dengan mayones dan garam. Hias atasnya dengan caviar merah.

6. Telur Topping Caviar

Bahan-bahan:

  • 6 butir telur
  • 50 gram kentang rebus yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt mustard
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 1/2 sdm tobiko

Cara membuat:

  1. Rebus telur hingga matang.
  2. Kupas kulit telur menjadi dua bagian dengan bentuk membujur saat masih panas.
  3. Keluarkan kuning telur dan sisihkan putih telurnya.
  4. Haluskan kuning telur dan campur dengan kentang, mustard, merica, garam, gula dan kemudian aduk rata.
  5. Masukan dalam kantong segitiga. Sediakan spuit bintang lalu spuit kuning telur ke potongan mangkok putih telur.
  6. Taburkan caviar

7. Sandwich Caviar

apa itu caviar

Sumber: nytimes.com

Bahan-bahan:

  • Roti
  • Sayur-sayuran
  • Mayonaise
  • Saus
  • Daging

Cara membuat:

  1. Panggang roti sampai garing
  2. Potong-potong sayuran dan cuci bersih.
  3. Taruh sayuran di atas roti
  4. Beri isian daging, saus, mayonaise
  5. Tutup sandwich dengan roti lagi di atasnya.
  6. Dan jangan lupa beri topping caviar
  7. Sandwich caviar siap dinikmati

https://www.gramedia.com/products/peluang-usaha-camilan-dan-minuman-ala-internasional?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Caviar merupakan salah satu olahan makanan yang harganya bisa dibilang cukup mahal. Oleh karena itu, tak semua orang bisa menikmati caviar. Meski begitu, mengonsumsi caviar, sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping dan bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Demikian pembahasan tentang caviar, mulai dari asalnya hingga olahannya. Lalu, apakah Grameds tertarik mencoba makanan mahal caviar ini?

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien