Food

Bacon: Proses Pembuatan, Cara Memilih, dan Cara Memasaknya

bacon adalah
Written by M. Hardi

Bacon adalah – Bakon atau dalam bahasa Inggris, bacon adalah suatu produk daging yang terbuat dari babi. Bacon dibuat dari beberapa potongan daging. Umumnya diambil dari bagian samping serta belakang daging babi. Di Amerika Serikat sendiri bacon hampir selalu dibuat dari perut babi. Sisi yang dipotong ini kemudian memiliki lebih banyak daging dan sedikit lemak dari perut.

Bakon atau bacon juga dapat dimasak dengan cara cara dipanggang, direbus, digoreng, atau dipotong kecil sesuai selera. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bacon, kamu bisa simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai bacon berikut ini.

Tentang Bacon

bacon adalah

Sumber: Pixabay

Bacon merupakan lembaran daging yang diiris tipis kemudian diawetkan dengan garam. Daging yang digunakan untuk membuat bacon sendiri berasal dari perut atau punggung babi. Selain dapat dinikmati sebagai kudapan dengan citarasa asin, bacon juga kerap kali dimasukkan ke dalam makanan seperti diantaranya pada telur dadar atau omelet, sandwich, sup, salad, burger hingga es krim.

Di Amerika, Bacon sangat populer di mana ia berasal dari bagian perut dengan lapisan lemak panjang sejajar dengan kulitnya. Sementara itu, di Inggris ada Back bacon, yang merupakan bentuk bacon terumum, kadang-kadang disebut juga bacon Irlandia atau rasher atau bacon Kanada yang di imana dagingnya berasal dari bagian pinggang di tengah punggung babi. Back Bacon sendiri memiliki tekstur yang lebih mirip ham.

Meski begitu, saat ini bacon tak selamanya harus daging babi, ada juga beberapa bacon yang berasal dari daging sapi. Bacon yang terbuat dari daging sapi ini lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan istilah beef bacon.

Proses Pembuatan Bacon

Dalam proses pembuatannya, daging akan direndam dalam larutan garam, nitrat, dan terkadang gula serta terkadang ada juga yang diasap untuk kemudian mendapatkan aroma smokey yang khas. Lapisan lemak inilah yang nantinya memberikan citarasa gurih dari bacon dan juga memungkinkannya untuk dimasak menjadi renyah, namun empuk.

Rasio lemak dan daging yang kuat dan besar umumnya setengah hingga dua pertiga lemak terhadap daging untuk menentukan tentang kualitas bacon yang baik. Adapun hal lain yang perlu diperhatikan saat memasak bacon adalah untuk tidak memasaknya pada suhu tinggi dalam waktu yang lama. Panas yang tinggi akan mengubah bahan pengawet nitrit menjadi nitrosamin.

Bacon yang dimasak dalam microwave kemudian mengandung lebih sedikit nitrosamin. Nitrat digunakan tak hanya untuk mengawetkan warna, tetapi juga sebagai bahan pengawet untuk memperlambat ketengikan dalam lemak serta membunuh bakteri botulisme. Nitrit sering menjadi subyek kontroversi sebab berperan juga sebagai agen penyebab kanker di beberapa percobaan hewan, namun hasilnya belum meyakinkan.

Saat ini, sudah ada produk bacon bebas nitrat di pasaran. Selain itu, produsen makanan juga telah mulai menambahkan vitamin C selama proses pengawetan daging, dan hal ini turut menurunkan kandungan nitrosamin.

Cara Memilih Bacon Terbaik

Daging bacon yang baik memiliki lapisan lemak serta daging yang selang-seling. Beef bacon merupakan salah satu hidangan yang lezat untuk disantap, apakah itu disantap dalam kondisi matang ataupun dalam kondisi mentah. Selain kualitas daging, tentunya terdapat beberapa hal lain yang harus diperhatikan ketika menggunakan daging tersebut. Berikut tiga cara bagi konsumen untuk memilih Beef Bacon berkualitas terbaik:

Aroma

Daging bacon yang baik akan diambil dari bagian daging sapi atau babi di area perut dengan aromanya yang sangat khas dan tak mengeluarkan bau anyir.

Warna

Daging bacon juga memiliki perpaduan warna unik, yaitu merah dan putih, yang terlihat natural serta tidak diberi warna sama sekali.

Irisan

Daging bacon juga memiliki bentuk yang tipis sebab irisannya yang sangat hati-hati serta tak akan merusak serat daging sama sekali.

Langkah Memasak Bacon

Ketika ingin memasak bacon, biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan masak, seperti wajan, oven, dan microwave. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing dalam memilih bacon dimasak menggunakan alat masak apa.

Wajan

Berikut adalah metode klasik, dan ideal untuk kemudian menyiapkan enam hingga delapan potongan sekaligus. Keluarkan bacon dari kemasannya serta biarkan hingga mencapai suhu kamar (atau sekitar 20 menit). Jangan panaskan wajan terlebih dahulu, tetapi letakkan potongan bacon (tanpa tumpang tindih) di wajan dingin serta masak dengan api sedang.

Lalu, balik sesuai dengan kebutuhan, masak selama kurang lebih sekitar 10 menit. Tiriskan bacon yang sudah dimasak di atas tisu sebelum akhirnya disajikan.

Oven

Memasak bacon dalam oven, caranya tempatkan bacon di atas loyang berlapis perkamen serta masukkan ke dalam oven dingin. Kemudian panaskan oven hingga ke 200 derajat serta panggang selama 17 sampai 20 menit atau hingga kerenyahan yang diinginkan. Tak perlu dibalik, tetapi sebaiknya tiriskan bacon dengan menggunakan tisu dapur sebelum disajikan. Hal ini akan menghindari bacon terlalu berminyak.

Microwave

Lapisi microwave dengan beberapa lapis tisu, kemudian letakkan potongan daging bacon tanpa tumpang tindih, serta ttupi dengan tisu lagi. Masak dengan suhu tinggi dalam waktu empat hingga enam menit, tanpa dibalik.

7 Kesalahan Memasak Bacon

bacon adalah

Sumber: Pixabay

Siapa yang dapat menolak kelezatan daging bacon? Baru gigitan pertama aja, kamu pastinya sudah akan merasa ketagihan. Agar cita rasa dari bacon tetap enak serta gurih, cara memasaknya pun tak boleh sembarangan.

Jika kamu merasa bacon yang kamu masak rasanya tak sama seperti yang ada di restoran, bisa jadi terdapat kesalahan dalam mengolahnya. Berikut di bawah ini beberapa kesalahan yang harus kamu hindari dalam memasak bacon:

1. Memilih Bacon yang Salah

Dari begitu banyaknya jenis bacon di supermarket, tentunya akan membuat kita bingung memilihnya. Namun Hati-hati saat memilih. Pilihlah bacon yang segar serta potongannya tidak terlalu tebal supaya saat dimasak kamu akan mendapat kerenyahannya.

2. Memasak Bacon Saat Beku

Bacon sebagai salah satu jenis daging, terutama pada bagian lemaknya. Jika kamu kemudian langsung memasaknya dalam keadaan beku, daging bacon-nya tak akan renyah. Tunggu dalam suhu ruangan selama 15 menit, sebelum akhirnya memasaknya.

3. Memasak Terlalu Banyak di Pan

Jika kamu ingin memasak bacon untuk keluarga, sebaiknya hindari untuk langsung memasak semuanya ke dalam satu pan. Hal ini nantinya akan mengakibatkan daging bacon menumpuk serta saling menempel satu sama lain, sehingga tak akan mendapat tekstur renyah. Jadi, memang harus ekstra sabar ya!

4. Memasak Menggunakan Pan yang Panas

Nah, kesalahan yang satu ini pasti sering sekali dilakukan. Biasanya, kita akan memanaskan pan dulu sebelum dipakai. Namun, sebaiknya masaklah di atas pan yang masih dingin. Kemudian mulai api dari yang sedang hingga akhirnya bacon matang dan renyah.

5. Membuang Lemaknya

Salah sekali jika kamu memasak bacon, tetapi lemaknya malah dibuang. Justru lemak inilah yang akan menjadi bagian paling penting. Lemaknya dapat disimpan untuk memasak kentang atau dengan membuat masakan lainnya. Dijamin rasanya nantinya akan menjadi lebih nikmat, karena minyaknya alami dihasilkan dari daging.

6. Terlalu Sering Membalik Bacon

Jika kamu tengah memasak bacon, sebaiknya tak sering-sering membaliknya. Biarkan bacon itu memasak sendiri hingga salah satu bagiannya renyah, barulah kamu dapat membalik sisi lainnya.

7. Memasak Bacon Hanya dengan Kompor

Agar dapat menghasilkan bacon yang renyah, tak harus selalu digoreng dengan menggunakan kompor. Kamu juga dapat memasaknya dengan oven. Hasilnya pun tak kalah renyah. Demikian tujuh kesalahan yang sering dilakukan saat memasak bacon. Selamat mempraktikkan agar tak salah lagi!

Resep Bacon

Nasi Goreng Bacon

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 2 sdm mentega atau margarin
  • Siapkan juga 2 siung bawang putih setelahnya cincang halus
  • Siapkan 20 g bawang bombay, cincang halus
  • Siapkan 5 lembar beef bacon, potong kasar
  • Siapkan 1 butir telur ayam, kocok
  • Siapkan 300 g nasi putih dingin
  • Siapkan 2 sdm kecap asin
  • Siapkan 1/2 sdt merica bubuk
  • Siapkan 1 sdt garam
  • Siapkan 1 sdm kaldu jamur
  • Siapkan 1 sdt minyak wijen
  • Siapkan juga 1 batang daun bawang, kemudian iris halus

Pelengkap: daun ketumbar

Langkah Membuat Nasi Goreng Beef Bacon:

  1. Lelehkan mentega di dalam wajan kemudian Tumis bawnag putih dan bawang bombay hingga akhirnya menjadi harum dan layu. Masukkan beef bacon, kemudian aduk hingga berubah warna dan kaku. Sisihkan ke pinggir wajan. Tuangkan telur lalu kocok di sisi wajan, aduk hingga bergumpal kecil. Aduk rata.
  2. Tambahkan juga nasi putih, kecap, merica, kaldu jamur, garam serta minyak wijen. Besarkan api, kemudian aduk cepat hingga seluruhnya tercampur rata.
  3. Masukkan daun bawang, kemudian aduk sebentar lalu angkat. Sajikan selagi hangat dengan daun ketumbar, jika kamu suka sesuai selera.

Bacon Kulit Pisang ala Hunter

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 1 sendok makan kecap
  • Siapkan 1 sendok makan saus Worcestershire
  • Siapkan 1/4 sendok teh bubuk bawang bombay
  • Siapkan juga 1/4 sendok teh bubuk bawang putih
  • Siapkan 1/4 sendok teh garam kosher
  • Siapkan 1 sendok teh dark brown sugar
  • Siapkan 1/2 sendok teh liquid smoke
  • Siapkan 1/2 sendok teh paprika asap
  • Siapkan 1/4 sendok teh lada hitam
  • Siapkan 2 buah pisang, ambil kulitnya kemudian potong menjadi 4 bagian
  • Siapkan 1/2-3/4 sendok makan minyak alpukat

Langkah membuat bacon kulit pisang:

  1. Kikis daging buah dari kulit dengan menggunakan sendok, pisau atau spatula. Pisahkan. Sementara itu, campurlah semua bahan bumbu di dalam mangkuk. Celupkan kulit pisang dalam bumbu, kemudian pastikan seluruh bagian kulit berlapis lalu biarkan ia dalam kulkas selama 2-4 jam.
  2. Siapkan wajan dengan sedikit minyak kemudian letakkan kulit pisang. Beri jarak agar kulit tidak memenuhi wajan. Sebaiknya bumbu tak dituang ke wajan untuk meminimalisir menggosok kulit pisang karena akan merontokkan bumbu.
  3. Kemudian, nyalakan api kecil hingga sedang dan biarkan kulit pisang mulai mendesis. Saat ada percikan dalam beberapa menit, balik kulit. Lakukan 2-3 kali hingga akhirnya kulit pisang menjadi gelap dan bumbu terkaramelisasi sempurna.
  4. Tiriskan kulit serta segera sajikan selagi hangat. Jika ingin disimpan, bacon kulit pisang maksimal dapat dinikmati dalam waktu 48 jam saja.
    Bacon memang awal mulanya berasal dari daging babi, tetapi seiring dengan berjalannya waktu sudah ada bacon dari daging sapi. Setelah mengetahui tentang bacon, apakah kamu akan mencoba untuk mengolah bacon di rumah?

Buku-Buku Terkait

Resep Nasi Goreng Paling Gampang

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-nasi-goreng-paling-gampang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Siapa tidak kenal nasi goreng? Hampir di seluruh belahan dunia, terutama Asia, ada menu nasi goreng. Anda tentu ingin membuat nasi goreng dengan variasi cita rasa yang berbeda, kan?

Dalam buku ini kami sajikan 20 Resep Nasi Goreng, yang amat mudah, tapi tentu saja lezat. Mulai dari Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Kencur, Nasi Goreng Kepiting, Nasi Goreng Medan, Nasi Goreng Oncom, Nasi Goreng Pontianak, Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Tuna, Nasi Goreng Udang, sampai Sego Mawut-sejenis nasi goreng dari daerah Jawa Tengah.Nah, Sekarang Anda punya banyak koleksi resep nasi goreng dengan aneka cita rasa!

Home Cooking ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

https://www.gramedia.com/products/home-cooking-ala-xanders-kitchen-100-resep-hits-di-instagr?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Instagram salah satu media sosial ampuh dan paling ditunggu oleh berbagai kalangan masyarakat di era digital ini. Ada ribuan akun instagram yang dibuat oleh para pegiat boga, mulai dari ibu rumah tangga, pengusaha makanan, hingga chef professional.

Akun instagram @Xander`s Kitchen pemiliknya adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di pulau terpencil ujung timur Indonesia bernama Lembata, provinsi Nusa Tenggara timur, dan memiliki lebih dari 325 K pengikut (followers). Luar biasa bukan?

Bagi Xander`s Kitchen memasak adalah passion-nya. Setiap kali usai memasak untuk sang suami dan keluarga, ia memotretnya dengan handphone, lalu meng-upload ke akun instagramnya. Kelezatan masakan Xander`s Kitchen dapat Anda buktikan dengan mempraktikkan resep yang ada dalam buku ini.

Buku ini berisi lebih dari 100 resep yang terbagi dalam 9 kategori yaitu: hidangan ikan, daging, ayam, sayur, gorengan, nasi mi bihu, Sambal sedap nikmat, sop dan soto, serta hidangan telur tahu tempe. Semua praktis cara membuatnya dengan bahan yang mudah di dapat di pasar tradisional maupun tukan sayur yang lewat depan rumah kita.

Resep Lengkap Jitu untuk Usaha Katering

https://www.gramedia.com/products/resep-lengkap-jitu-untuk-usaha-katering?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Resep Lengkap Jitu untuk Usaha Catering, Penulis buku ini adalah pengusaha Katering Cindelaras yang berdiri sejak tahun 1994, selain itu 15 tahun lebih aktif sebagai pengajar kursus boga, serta menjabat sebagai Ketua Ikaboga (Ikatan Ahli Boga) Indonesia. Jasa boga adalah dunia yang ditekuninya selama hampir 30 tahun.

Buku ini dilengkapi tips perhitungan biaya bagi pemula bisnis katering agar tepat menentukan harga jual dan pentingnya cadangan biaya. Menu favorit mewakili selera konsumen usaha katering yang menjadi rahasia dapur pun penulis bagikan dalam buku ini, sebanyak 55 resep yang terbagi atas 10 kategori yaitu: Aneka Nasi, Hidangan Pembuka, Hidangan Berkuah, Hidangan Daging, Olahan Ayam, Olahan Ikan & Seafood, Sayuran, Pasta, Snack Asin, Puding & Snack Manis. Bagi Anda yang berniat memulai usaha jasa boga atau katering, buku ini dapat menjadi inspirasi dan referensi.

70 Resep Easy Cook – Praktis, Halal, Non-Msg

https://www.gramedia.com/products/70-resep-easy-cook-praktis-halal-non-msg?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Deskripsi Buku Memasak hidangan yang lezat, sehat, dan praktis merupakan dambaan kita semua. Terlebih masakan rumah selalu memiliki kesan istimewa dan selalu dirindukan oleh keluarga. Melalui buku ini, Yunita Anwar–yang aktif di akun Instagram @yunitaanwar dan baru-baru ini di YouTube–menyajikan 70 resep masakan favorit keluarga yang halal, tanpa MSG, dan praktis dibuat.

Berbagai variasi resep Indonesian Food, Asian Food, dan Western Food dalam buku ini dapat memberikan inspirasi untuk menyajikan makanan yang bervariasi sehingga tidak membosankan dan bisa dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Resep-resep di dalam buku ini di antaranya adalah: Ayam Goreng Lemon, Baked Rice Salmon Mentai, Bakwan Sayur Renyah, Chicken Nugget Mayonnaise, Ebi Furai, Empal Bumbu Kuning, Ikan Goreng Asam Manis, Japchae (Korean noodle), Kari Ayam Praktis, Mongolian Beef, Nasi Tim Kecap, Pizza, Risoles Ragout, Siomay Ayam Jamur, Thai Basil Chicken, Tim Tahu Jepang Udang, Zuppa Soup, dan lainnya.

Penutup

Bagi sebagian orang, mungkin memasak merupakan hal yang sulit, tetapi kamu bisa mempelajarinya melalui buku resep masakan yang bisa ditemukan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien